Gili Trawangan Lombok – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Gili Trawangan Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Gili Trawangan merupakan surga bahari nan eksotis di sebelah barat Lombok yang menarik dijelajahi. Pulau dengan pesona pantai pasir putih dan beragam kegiatan liburan seru.

Biaya Wisata: Mulai Rp 350.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.; Map: Cek Lokasi

Pulau Lombok menjadi tujuan utama pelancong dari dalam maupun luar negeri selain pulau Bali. Salah satu destinasi di Lombok yang sudah mendunia yakni Gili Trawangan. Nama pulau eksotis ini berasal dari kata Gili dan Trawangan. Gili memiliki arti pulau kecil sedangkan, trawangan kata awalnya adalah terangang yang berarti tempat bertelurnya penyu.

Dikarenakan pengucapan terangang yang sulit perlahan banyak orang yang mengucapkan kata terangang sebagai trawangan. Pulau ini memiliki keindahan alam yang dapat menghipnotis wisatawan yang datang. Pulau dengan pantai yang memesona ini, menyuguhkan panorama matahari terbit dan matahari terbenam yang eksotis.

Selain pantai, bagaikan harta karun objek wisata ini memiliki keindahan ekosistem bawah laut. Banyak hal menarik yang dapat wisatawan temukan. Di kawasan wisata ini, wisatawan dapat berekreasi dan bersantai. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Gili Trawangan dan menikmati panorama yang disuguhkan olehnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Trawangan

Daya Tarik Gili Trawangan
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Pulau ini merupakan pulau terbesar diantara tiga pulau lainnya yang terletak di sisi ujung Pulau Lombok. Alam yang masih terjaga dengan baik di objek wisata ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Wisata Bahari ini memiliki pemandangan diatas permukaan laut dan di bawah laut yang memukau.

1. Pantai yang Menawan

Pulau ini memiliki pantai yang unik dengan panorama yang memesona. Pantai Gili Trawangan menghadap ke arah timur maupun ke arah barat. Oleh karena itu, pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam dari pertemuan laut dan matahari ketika matahari terbit dan terbenam.

Di sisi timur pantai ini merupakan pusat kegiatan ekonomi warga lokal sehingga cenderung lebih ramai. Sedangkan, pada sisi barat pantai ini lebih sepi sehingga cocok bagi wisatawan yang membutuhkan ketenangan untuk bersantai atau relaksasi sembari menikmati pesona pantai. Selain memanjakan mata pengunjung pantai ini memiliki berbagai hal menarik.

2. Ekosistem di Bawah Laut yang Eksotis

Keindahan kehidupan dibawah laut di Gii Trawangan tidak perlu diragukan lagi. Memiliki air yang jernih wisatawan dapat menyaksikan ekosistem bawah laut dengan aneka ragam biota laut dan terumbu karang yang eksotis.

BACA:  Pulau Kangean Madura - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Keindahan bawah laut dan kekayaan biota laut di dalamnya membuat lokasi ini jadi idaman para pecinta snorkeling maupun diving. Kecantikan dan kekayaan laut Gili Trawangan masih cukup terjaga sehingga jadi spot utama para wisatawan.

Daya Tarik Gili Trawangan
Image Credit: Instagram.com @carmenslifeunlocked

3. Tempat Penetasan Penyu

Objek wisata ini menawarkan pengalaman yang berbeda, wisatawan dapat berkunjung ke tempat penetasan penyu yang melestarikan penyu di area pulau. Terdapat penyu-penyu kecil yang berada di tangki-tangki kaca.

Selain itu, Anda bisa melepas penyu-penyu itu ke laut. Jika musim bertelur tiba, penyu-penyu akan datang ke pulau ini untuk beryelur. Pada malam hari, wisatawan bersama petugas dapat mengumpulkan telur-telur di pantai dan merawat telur-telur tersebut hingga nantinya menetas di lokasi yang sudah ditentukan.

4. Gili Trawangan Night Life atau Klub Malam

Ketika langit sudah mulai gelap dan bintang-bintang bermunculan di kawasan ini, wisatawan dapat mengunjungi klub malam. Jadwal klub malam dimulai dari pukul 21.00 WITA hingga pukul 03.00 WITA bahkan dapat berlangsung hingga pukul 05.00 WITA

Klub malam mengadakan pesta yang diselenggarakan secara bergantian dari hari senin hingga Jumat. Untuk hari Sabtu dan Minggu semua Klub malam akan menyelenggarakan pesta secara bersamaan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Gili Trawangan

Lokasi Gili Trawangan
Image Credit: Instagram.com @nofitri_agustin

Pulau cantik ini terletak di Lombok, lebih tepatnya berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Kawasan wisata ini dibuka setiap hari. Untuk jam operasional, wisatawan dapat mengakses wisata ini 24 jam.

Untuk menuju ke kawasan wisata ini rute yang dapat di tempuh oleh wisatawan antara lain dari Bali ke Gili Trawangan atau dari Lombok ke Gili Tawangan.

Jika wisatawan berangkat dari Bali, wisatawan dapat menggunakan fast boat atau kapal cepat untuk sampai dengan cepat dan mudah di tempat wisata ini. Wisatawan terlebih dahulu harus memesan keberangkatan fast boat ini dari Pelabuhan Padang Bai dan Pelabuhan serangan bali.

Jika wisatawan berangkat dari Pelabuhan Padang Bai waktu tempuh menuju ke pulau ini kurang lebih 1,5 jam. Sedangkan, berangkat dari Pelabuhan Serangan Bali waktu tempuh menuju ke wisata bahari ini kurang lebih 2,5 jam.

Sebagian besar layanan operator fast boat memberikan kenyamanan layanan penjemputan hotel lebih lanjut pada pukul 07:00 sebelum berangkat dari Pelabuhan Padang Bai dan Pelabuhan Serangan Bali.

Adapun layanan fast boat yang tersedia dari Bali diantaranya Blue Water Express, Gili Getaway, Golden Queen Fast Boat, Wahana Gili Ocean, Patagonia Xpress dan sebagainya.

Jika berangkat dari Lombok, biasanya wisatawan singgah di pelabuhan bangsal karena di pelabuhan ini terdapat banyak transportasi publik. Wisatawan dapat berangkat menggunakan public boat dari Pelabuhan Bangsal dengan waktu tempuh menuju ke Dermaga Pulau Gili Trawangan kurang lebih 30 hingga 45 menit.

Jika ingin lebih cepat dapat menggunakan fast boat yang terletak di teluk nare. Dengan menggunakan fast boat waktu tempuh menuju ke dermaga pulau ini kurang lebih 15 hingga 20 menit.

Biaya Wisata ke Gili Trawangan Lombok

Biaya Wisata Gili Trawangan Lombok
Image Credit: Instagram.com @markus_zeibek

Untuk dapat menuju ke objek wisata Gili Trawangan wisatawan dapat membeli tiket penyebrangan dengan menggunakan speedboat di Teluk Nara. Harga tiket yang dikenai untuk speedboat untuk satu kali perjalanan mulai dari Rp 350.000,- hingga Rp 700.000,-.

BACA:  Gili Air Lombok - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Selain itu, dari pelabuhan Bangsal wisatawan dapat membeli tiket penyebrangan menggunakan transportasi kapal umum. Wisatawan akan dikenai biaya tiket penyebrangan ini sebesar Rp 10.000,-. Untuk wisatawan domestik dan wisatawan luar negeri akan dikenai tambahan biaya dari pemerintah.

Tambahan biaya untuk wisatawan domestik sebesar Rp 2.500,- dan untuk wisatawan luar negeri sebesar Rp 5.000,-. Untuk dapat memasuki dan menikmati objek wisata ini wisatawan cukup membayar secara sukarela.

Di objek wisata ini,wisatawan dapat melakukan kegiatan snorkeling dengan mengikuti trip gabungan dan kumpul di depan Reggae Bar setiap pukul 10.00 WITA. Biaya untuk snorkeling sebesar Rp 150.000,- per orang. Selain snorkeing wisatawan dapat melakukan diving.

Biaya untuk diving bagi yang sudah memiliki diving license sebesar Rp 490.000/spot sedangkan, bagi yang belum memiliki diving license biaya yang dikenai sebesar Rp950.000/spot.

Bagi wisatawan yang ingin menyewa sepeda biaya yang dikenai sekitar Rp 20.000,- per jam. Selain sepeda wisatawan dapat menyewa Cimodo dengan tarif sekitar Rp 100.000,- per hari. Wisatawan juga dapat berkuda dengan biaya yang dikenai sekitar Rp 350.000,- per jam.

Meski biaya yang dikeluarkan untuk menikmati wisata di Gili Trawangan lumayan mahal, tetapi sensasi serta kepuasan yang didapatkan melebihi apa yang dibayarkan. Anda tidak akan bisa menemui lokasi wisata seperti ini di daerah lainnya. Untuk lebih berhemat, biasanya ada banyak agen-agen traveling yang menawarkan paket wisata menarik.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gili Trawangan

Aktivitas di Gili Trawangan
Image Credit: instagram.com @james_nst1

1. Berekreasi di Laut

Jika berkunjung ke objek wisata ini rasanya tidak lengkap jika tidak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air seperti berenang ataupun bermain air. Dan jika ombak mendukung wisatawan dapat berselancar. Wisatawan dapat berekreasi dengan bebas di tempat ini.

2. Melihat Penetasan Penyu

Wisatawan dapat berkunjung ke tempat penetasan penyu sambil melihat penyu dan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan penyu disana seperti melepas penyu ke laut dan masih banyak kegiatan lainnya.

3. Snorkeling dan Diving

Wisatawan bisa melakukan Snorkeling dan Diving di kawasan wisata ini. Laut dengan aliran yang relatif tenang dan suhu yang hangat sangat cocok dijadikan tempat untuk menikmati keindahan ekosistem di bawah laut. Selama snorkeling wisatawan akan menyaksikan keindahan aneka ragam biota laut dan terumbu karang.

4. Berburu Kuliner Laut

Setelah beraktivitas seharian di pulau Gili Trawangan, Anda bisa berburu kuliner laut untuk menghilangkan rasa lapar sembari beristirahat. Sebagai lokasi wisata bahari, sudah tentu hidangan yang disajikan disini sangat terkenal dengan sea food-nya.

Berbagai pilihan kuliner laut yang lezat dan menggugah selera bisa Anda coba. Namun, tentunya Anda harus menyiapkan budget untuk hal ini.

5. Bersantai dan Berjemur di Pantai

Wisatawan bisa bersantai diatas pasir pantai yang lembut di pagi atau pun sore hari. Desiran ombak yang bergulung memberikan ketenangan membuat rileks wisatawan.

Anda bisa menyewa payung atau tikar yang ada di sekitar pantai. Biar lebih maksimal, bersantai di pinggir pantai sambil menikmati segarnya air kelapa merupakan pilihan yang tepat.

6. Olahraga Santai

Salah satu aktivitas asik yang dapat wisatawan lakukan adalah berlari santai di area pantai. Berlari santai baik untuk melatih otot kaki.

BACA:  Pulau Onrust Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Wisatawan dapat berkeliling menggunakan sepeda di sekitar area wisata ini. Selain berlari dan bersepeda, wisatawan dapat menyewa kuda.

7. Menikmati Gili Gelato

Di kawasan wisata ini terdapat deretan penjual yang menjajakan Gili Gelato. Harga Gili Gelato Rp 20.000,- per scoop. Wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar sembari menyantap gelato. Selain gelato, terdapat kentang goreng, crepes, dan pasta dengan harga yang terjangkau.

Penginapan Murah di Kawasan Gili Trawangan

Penginapan Gili Trawangan
Image Credit: Booking.com

1. La Bella Hotel Villa and Spa

La Bella Hotel Villa and Spa merupakan tempat penginapan yang berjarak 0,45 km dari Gili Trawangan. Penginapan ini cukup mudah dijangkau karena berdekatan dengan fasilitas publik.

Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas diantaranya Wi-Fi di area umum, Spa, Kolam renang indoor, dan masih banyak lainnya. Untuk harga per malam mulai dari Rp 292.500.

2. Pearl of Trawangan

Pearl of Trawangan merupakan penginapan yang berjarak 1,28 km dari lokasi wisata. Hotel berbintang 4 ini cukup mudah dijangkau karena berdekatan dengan fasilitas publik.

Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas diantaranya Kolam renang outdoor, bar, mini market, Wi-Fi di area umum, dan masih banyak lainnya. Untuk harga per malamnya dimulai dari Rp 896.426.

3. Hotel Ombat Sunset

Hotel Villa Ombak merupakan tempat penginapan yang berjarak 1,16 km dari Gili Trawangan. Penginapan ini cukup mudah dijangkau karena berdekatan dengan fasilitas publik.

Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas diantaranya Wi-Fi di area umum, Pendingin ruangan (AC), Kolam renang outdoor, resepsionis 24 jam, dan masih banyak lainnya. Biaya untuk menginap dimulai dari Rp 499.000 per malamnya.

4. Natya Hotel

Bagi anda yang ingin menginap di hotel mewah tapi dengan harga yang cukup terjangkau Natya Hotel bisa jadi pilihan. Harga per malam penginapan ini dimulai dari Rp 393.138 per malamnya.

Hotel berbintang tiga ini memiliki banyak fasilitas menarik. Disini, Anda bisa menikmati akses free. wifi, restoran, breakfast, kolam renang dan masih banyak lainnya. Jaraknya pun sangat dengan pantai Gili Trawangan yakni hanya 4 menit saja.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Gili Trawangan Lombok

Fasilitas di Gili Trawangan Lombok
Image Credit: instagram.com @james_nst1

Fasilitas di kawasan wisata ini cukup lengkap. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya terdapat cafe, tempat ibadah, restoran, banyak pilihan penginapan dan banyak lainnya. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung lain diantaranya terdapat perahu, fasilitas surfing, fasilitas diving, ATM (Automatic Teller Machine) dan lainnya.

Hal yang perlu diketahui ketika berwisata di tempat ini adalah adanya larangan menggunakan motor atau segala jenis kendaraan bermesin. Masyarakat Gili Trawangan mengusung hidup sehat. Udara di pulau surga ini dijaga agar terhindar dari polusi dan juga jauh dari kata bising.

Transportasi yang tersedia di kawasan ini adalah Cimodo atau andong yang merupakan kereta yang di tarik oleh kuda. Selain cimodo wisatawan dapat menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Itulah ulasan menarik terkait Gili Trawangan yang bisa jadi destinasi utama saat liburan tiba. Bagi Anda yang ingin berlibur di pantai yang eksotis, maka lokasi ini bisa jadi pilihan menarik.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending