Nusa Ceningan Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Nusa Ceningan Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Nusa Ceningan salah satu pulau kecil dengan sejuta pesona di Klungkung, Bali. Pulau yang menawarkan pesona bahari yang menakjubkan menarik dijelajahi saatt liburan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 250.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lembongan, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata Nusa Ceningan, salah satu pulau kecil yang berada di Kabupaten Klungkung ini merupakan satu dari sekian keeksotisan tempat wisata yang ditawarkan Bali. Pulau mungil ini menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan dua nusa terdekat dari sini, yaitu Nusa Penida dan Nusa Lembongan yang terkenal.

Pulau ini terapit oleh dua nusa tersebut, gugusan-gugusan indah yang juga memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Terletak di Tenggara Pulau Bali, Nusa Ceningan dengan segala daya tariknya yang terlukis di atas tanah seluas 300.6 hektar ini dihuni oleh 1523 jiwa. Dengan 300 kepala keluarga terdaftar yang menggantungkan mata pencaharian mereka sebagai nelayan dan petani rumput laut.

Pulau yang terkecil dibanding dua nusa lainnya ini memiliki banyak keindahan yang tidak kalah dengan yang lainnya. Tempat ini memiliki banyak spot liburan yang dapat menghibur Anda. Walau begitu, destinasi wisata ini belum terlalu ramai dikenal. Jika Anda berlibur kemari, Anda dapat merasakan rasanya berlibur di pulau pribadi. Tempat ini juga cocok untuk menenangkan diri.

Daya Tarik yang Dimiliki Nusa Ceningan Bali

Daya Tarik yang Dimiliki Nusa Ceningan
Image Credit: Twitter.com @win10spotlight

Destinasi wisata ini memang belum banyak dikenal, tetapi di sini menyediakan banyak keindahan dan keeksotisan yang mampu memanjakan mata. Selain cocok untuk menenangkan diri sejenak dari kesibukan, tempat ini juga dapat menjadi ajang bagi Anda menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh pulau kecil ini.

1. Berada di Antara Dua Gugusan

Pulau kecil yang memiliki keindahan tersembunyi ini terletak tidak jauh dari Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Hanya berjarak 100 meter dan dipisahkan oleh laut yang luas, Anda dapat mengunjungi Nusa Ceningan jika tengah berlibur di Nusa Lembongan serta sebaliknya.

BACA:  Nusa Lembongan Bali - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Spot Foto di Jembatan Kuning

Warna serba kuning yang melapisi jembatan ini sangat cocok dengan namanya. Walau sempat roboh pada 2016 lalu, kini jembatan yang menjadi penghubung antara Nusa Lembongan dan Ceningan ini bertransformasi menjadi lebih kokoh dan kuat.

Nama lain jembatan ini adalah Jembatan Cinta, bermula dari banyaknya wisatawan yang membawa pasangan mereka setiap melewati tempat ini. Ikon pulau ini memiliki lebar kurang lebih 2 meter dan panjang 138 meter yang menjadi media penyeberangan bagi pengunjung lokal maupun luar negeri.

3. Mencoba ‘Meluncur’ di Antara Dua Tebing (Abyss Zipline)

Nusa Ceningan terkenal akan ombaknya yang ganas, sama seperti Nusa Lembongan. Di tempat ini juga terdapat dua tebing yang saling berseberangan. Di sana terdapat sebuah fasilitas zipline yang sering digunakan wisatawan untuk meluncur. Mirip seperti flying fox, Anda akan dibawa menyeberangi lautan yang memiliki ombak yang besar. Cukup menantang dan menarik untuk dicoba.

Image Credit: Istagram.com @mizushima_maria

4. Permata Tersembunyi Bali, Secret Point Beach

Kawasan tenang dan lengang ini akan membuat Anda merasakan rasanya berlibur di pantai pribadi. Keindahan di sini memang tersembunyi dan sangat indah. Pasirnya yang putih dengan air laut jernih ini akan membuat Anda terpesona. Kegiatan ringan dapat Anda lakukan di sini seperti mengoleksi kerang cantik, berjalan-jalan santai, dan menjelajahi gua kecil yang ada di sana.

5. Menguji Keberanian Dengan Melompati Tebing di Blue Lagoon Cliff Jump

Uji keberanian Anda dengan melompat dari atas tebing di sini. Batas aman melompat dari ketinggian di tebing ini berkisar 4 meter sampai 20 meter. Untuk melompat di sini Anda harus berhati-hati. Ombak yang besar dapat menyeret Anda dan membenturkan ke batu karang.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Nusa Ceningan

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Nusa Ceningan
Image Credit: Instagram.com @mani_travels

Nusa Ceningan ada di Desa Lembongan, tempat ini sendiri termasuk ke daerah Kecamatan Nusa Penida, yang mana merupakan wilayah Kabupaten Klungkung, Bali.

Jika Anda memulai perjalanan dari Sanur, Anda akan berkendara menggunakan kapal cepat dan menyeberangi lautan menuju Lembongan. Lama perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan seperti Gunung Agung yang indah. Dengan ombaknya yang lumayan besar, mungkin hal ini akan menciptakan sensasi mabuk laut.

Setelah melewati perjalanan laut ini, Anda akan melanjutkannya lewat jalur darat. Anda akan menyewa mobil pick up atau kendaraan lain untuk mengantar Anda ke Jembatan Kuning. Jalanan yang akan dilalui sudah halus, tetapi memiliki kontur naik-turun dan berkelok-kelok. Perjalanan ini hanya memakan waktu seperempat jam atau sekitar 15 menit.

Ketika sampai di Jembatan Kuning, Anda akan melihat pemandangan sebuah jembatan panjang yang akan membawa Anda menyeberangi lautan. Dari Lembongan menuju Nusa Ceningan dapat ditempuh dengan menaiki kendaraan bermotor atau menggoes sepeda. Jika Anda ingin sedikit lebih santai, jalan kaki dapat menjadi opsi lain yang dapat dipilih.

BACA:  Pulau Pramuka Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Biaya Wisata ke Pulau Nusa Ceningan Bali

Biaya Wisata ke Pulau Nusa Ceningan Bali
Image Credit: Instagram.com @1mmehr

Jika Anda memulai perjalanan dari Pantai Sanur, Anda memerlukan sebuah kapal yang akan membawa Anda menyeberang menuju Lembongan. Sebuah kapal cepat dapat Anda sewa dengan biaya minimal Rp 250.000 per orang. Kapal ini akan membawa Anda menyeberangi pulau untuk perjalanan pulang-pergi.

Namun, jika Anda merasa kalau biaya sejumlah itu terlalu mahal, Anda dapat memilih Kapal Roro sebagai gantinya. Biaya sewanya cukup murah, dengan membayar Rp 75.000 per orang, Anda sudah dapat mengakses jalur penyeberangan menuju Lembongan. Sayangnya, kapal ini hanya bisa digunakan untuk sekali jalan dan memiliki banyak peminat sehingga Anda harus memesannya jauh hari.

Sesampainya di Lembongan, Anda akan membutuhkan kendaraan untuk mengantar Anda ke Jembatan Kuning. Berbagai opsi dapat Anda pilih. Jika dengan mobil bak terbuka, tarif yang dipatok minimal Rp 150.000. Anda harus pintar tawar-menawar untuk mendapatkan biaya lebih murah.

Dengan lama perjalanan 15 menit, Anda akan sampai di Jembatan Kuning. Untuk sekali menyeberang jembatan ini menuju Nusa Ceningan, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000, sementara untuk warga lokal sekitar Rp 5.000.

Sampailah Anda pada pulau menawan ini. Jika Anda ingin berjalan-jalan dan menikmati wisata yang ada di pulau ini. Dengan biaya minimal Rp 80.000 untuk menyewa kendaraan beroda dua, Anda dapat mengelilingi pulau ini selama 2 sampai 3 jam.

Tidak ada pungutan biaya ketika Anda memasuki Nusa Ceningan, tetapi untuk mencoba fasilitas dan berkunjung di beberapa tempat wisata di pulau ini akan dikenai biaya. Seperti di Blue Lagoon Cliff Jump yang akan mematok harga Rp 50.000 tiap tiga kali lompatan. Atau di Abyss Zipline, wisata ini memasang tarif Rp 50.000 per orang yang ingin meluncur menyeberangi lautan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Nusa Ceningan

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Nusa Ceningan
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

1. Bermain Surfing

Ombak di sini dikenal besar sehingga tidak cocok untuk berenang bahkan snorkeling. Dengan keadaan tersebut, tempat ini ramai akan orang yang ingin bermain surfing dan menantang ombak.

Tetapi, jika Anda tidak dapat bermain surfing, Anda bisa menikmati pemandangan pulau ini saja. Pemandangan yang memukau ditemani para wisatawan yang tengah mencoba menaiki ombak dengan papan surfing mereka.

2. Melompati Tebing

Fasilitas berenang dan melompati tebing tinggi ini dapat Anda temukan di Blue Lagoon Cliff Jump dan Mahana Cliff Jump Point. Masing-masing dari keduanya memiliki keindahan dan ketinggian bukit yang berbeda.

Di Blue Lagoom, Anda dapat menikmati melompat dari ketinggian 4,6,8, sampai 13 meter. Sementara di Mahana Cliff Jump Anda juga dapat merasakan rasanya melompati tebing setinggi 5 dan 10 meter. Dengan ombak yang lumayan besar membuat Anda harus waspada dan berhati-hati agar tidak terseret atau terbentuk ke batu karang.

BACA:  Pulau Seribu Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

3. Swafoto dan Mengabadikan Momen Lainnya

Latar belakang foto yang cocok digunakan adalah sinar fajar dan senja yang dapat Anda abadikan di pulau Nusa Ceningan. Birunya lautan dan tingginya batu karang juga bisa menjadi pemandangan yang cocok untuk foto Anda. Sembari berjalan-jalan, Anda dapat membawa kamera ponsel untuk menangkap momen berharga liburan Anda.

4. Melihat Matahari Terbenam dan Matahari Terbit

Memandangi pemandangan senja atau fajar merupakan kegiatan favorit para wisatawan di pulau ini. Dengan jam buka yang tidak ditentukan, Anda dapat mengunjungi pulau ini sesuka hati. Ditambah, untuk memasuki pulau dan pantai-pantainya tidak dipungut biaya sepeserpun kecuali untuk fasilitasnya.

Penginapan Murah di Sekitar Nusa Ceningan

Penginapan Murah di Sekitar Nusa Ceningan
Image Credit: Traveloka.com

1. Blue Lagoon Secret Villas

Dengan fasilitas kolam renang, kamar ber-ac, dan akses wifi, Blue Lagoon Secret Villas ini termasuk mewah dan cocok bagi Anda beristirahat. Memiliki akses jalan yang strategis menuju Jembatan Kuning, Blue Lagoon, dan Secret Beach membuat penginapan ini ramai didatangi pengunjung yang ingin bermalam.

Tarif yang dipasang di sini dimulai dari Rp 500.000 per malam. Untuk alamat lengkapnya, penginapan ini ada di Lembongan, Nusa Penida. Atau lebih tepatnya di Jalan Sarang Burung, Pulau Ceningan.

2. Le Pirates Hotel

Dengan luas kamar 3 x 5 meter, kamar ini memiliki lantai dan dinding dari kayu. Terdapat tempat tidur dengan dua kasur yang bertingkat dan fasilitas ac serta kipas angin tersedia di sana. Penginapan ini memiliki tempat khusus bagi para pengunjungnya untuk melihat pemandangan laut dari teras setiap kamar. Tarif harga menginap di sini adalah Rp 650.000 per malam.

3. Ocean Brothers Ceningan

Seperti dua penginapan di atas, tempat ini juga berada di Nusa Ceningan, Bali. Dengan tarif menginap mulai dari Rp 360.000 per malam, Anda sudah bisa menikmati fasilitas kolam renang, akses wifi kencang, serta restoran yang tersedia di penginapan.

Fasilitas yang Tersedia di Nusa Ceningan Bali

Fasilitas yang Tersedia di Nusa Ceningan Bali
Image Credit: Instagram.com @tpdonthego

Fasilitas yang tersedia di pulau ini sudah sangat lengkap, mulai dari fasilitas wahana hiburan yang ada di tiap destinasi wisata dan fasilitas tambahan seperti toilet dan tempat beristirahat. Sayangnya, di tempat seindah ini dengan banyaknya tempat wisata seperti Nusa Ceningan belum banyak diketahui.

Penambahan fasilitas dan hiburan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan wisatawan tentu akan bertambah seiring berjalannya waktu. Promosi dan iklan untuk pulau ini harus digencarkan agar pengunjung yang datang untuk berlibur di pulau ini bertambah.

Nusa Ceningan merupakan satu dari tiga gugusan pulau yang ada di Selat Bali. Sebagai pulau terkecil dari Nusa Lembongan dan Nusa Penida, pulau ini tetap memiliki pesona dan memancarkan keindahannya yang memukau.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending