7 Pantai di Nusa Penida yang Wajib Dikunjungi

Pantai Nusa Penida

Nusa Penida yang berada di sebelah tenggara Bali ternyata tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Deretan wisata pantai di Nusa Penida yang eksotis dan Instagramable menarik untuk tujuan liburan.

Pulau Bali memang dikenal sebagai surga tropis yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun dibalik keramaian tersebut, ternyata ada sebuah pulau di sebelah tenggara Bali bernama Nusa Penida. Pulau kecil ini dipenuhi dengan deretan pantai memukau yang harus masuk dalam agenda liburan.

Tertarik melihat keindahan alamnya? Berikut rekomendasi wisata pantai terindah di Nusa Penida yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Broken Beach atau Pasih Uug

Broken Beach atau Pasih Uug
Image Credit: Trivindo.com

Namanya yang unik seakan menggambarkan pesona alamnya yang tidak terbayang dalam benak. Coba saja Anda bayangkan, berdiri di atas tebing tinggi yang memiliki formasi layaknya mangkok atau cincin. Terdapat rongga besar yang menghubungkan bagian pantai ini dengan laut lepas, sehingga muncullah tampilan layaknya sumur raksasa. Cukup susah untuk dibayangkan.

Karena itulah, Anda harus menyaksikan sendiri dengan kedua mata secara langsung. Lokasi ini tentunya menjadi salah satu spot favorit para pencinta fotografi atau mereka yang ingin mendapat jepretan unik untuk akun Instagram. Berjalan di pinggir tebing setinggi 50 – 200 meter tersebut tentunya perlu berhati hati, pasalnya kondisi alamnya masih sangat natural.

Sehingga cukup licin dan berbahaya. Selain itu, meski tampilan dasar lautnya memukau, namun tidak disarankan untuk berenang di Broken beach ini. Hal ini dikarenakan banyak sekali terumbu karang tajam dan juga ombaknya cukup tinggi. Namun jika ingin menantang maut, maka pastikan diri Anda siap melawan ombak dan jaga keselamatan diri dengan baik.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi wisata bahari yang masih sangat asri ini, Pasih Uug ada di jalan bunga mekar, sakti, kabupaten Klungkung. Yang jelas Anda harus menyeberang dulu dari Bali untuk mencapai Nusa Penida, kemudian menuju ke Broken beach dengan kendaraan pribadi selama sekitar 90 menit. Siapkan diri karena jalanannya masih cukup terjal.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

2. Pantai Atuh atau Raja Lima

Pantai Atuh atau Raja Lima
Image Credit: Flickr.com @madesuwita

Jika ingin menikmati dinginnya air laut di sekitar pulau Nusa Penida, ada baiknya untuk mengunjungi pantai Atuh. Menariknya, banyak yang memanggil pantai ini dengan nama Raja Lima karena keindahan kerajaan lautnya yang tidak kalah dengan Raja Ampat. Benar saja, begitu menjejakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan tampilan air laut jernih.

Bahkan hamparan pasir putih lembut yang menyelimuti bibir pantainya pasti akan membuat pengunjung berdecap kagum. Tidak hanya itu saja, lokasinya yang masih tersembunyi memberi kesan terselubung tersendiri. Rasa sunyi dan sepinya seakan membaur dengan deburan ombak, embusan angin, dan juga tebing cantik yang mengelilinginya.

Lalu apa yang bisa dilakukan di pantai ini? Sudah pasti, keindahan lautan asri tersebut tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jadi siapkan kamera dan skill foto yang baik untuk menjepret pesona Pantai Atuh. Agar tampilan foto semakin menarik, Anda juga bisa kunjungi pesisir pantai selanjutnya yang hanya dipisahkan oleh tebing karang.

Pesisir pantai ini sebenarnya masih termasuk dari Pantai Atuh, yang mana memiliki tiga pesisir yang hanya dipisahkan dengan tebing karang. Melakukan diving dan snorkeling di sekitar pantai ini merupakan salah satu aktivitas favorit pengunjung. Tidak hanya itu, pantai di Bukit Atuh ini juga punya fenomena alam unik berupa mata air tawar yang muncul tepat di pinggir laut.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

3. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking
Image Credit: Baligetaway.co.id

Seakan tidak pernah kehabisan pesona tebing indah, pulau Nusa Penida juga memiliki pantai Kelingking yang tidak kalah memukau. Di balik pesona tebing terjal di Daerah Bunga Mekar, Nusa Penida yang indah, ternyata terdapat hamparan pasir putih halus yang mengarah ke lautan biru. Tepat di balik liukkan tebing tersebutlah pantai kelingking berada.

Keindahan pantai ini seakan tampilan lukisan maestro. Kontras warna biru laut yang jernih, pasir putih yang bersih, dan hitam kehijauan tebing tingginya pasti memanjakan mata. Yang menarik dari lokasi ini adalah tebing karang yang memiliki bentuk dinosaurus T-Rex. Keunikan inilah yang menjadi salah satu magnet wisatawan untuk mengunjungi pantai kelingking.

Berenang di pantainya yang berombak tenang bisa menjadi solusi untuk menghilangkan penat. Pasir putihnya juga lebih dan bersih, sehingga asyik untuk bersantai dan berbaring. Berfoto di daerah ini juga pastinya akan memberi jepretan yang indah. Selain itu, jika beruntung Anda juga bisa diving bersama dengan manta Ray atau pari manta.

Sayangnya, untuk mencapai pantainya Anda harus rela turun melalui anak tangga di tebing yang cukup terjal. Bahkan, tebing terjal dengan kemiringan 70 – 80 derajat tersebut hanya diamankan dengan pagar kayu seadanya. Meski demikian, keindahan pantai yang sudah diakui dunia ini pasti akan meleburkan semua rasa lelah tersebut.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

4. Pasih Andus atau Smoke Beach

Pasih Andus atau Smoke Beach
Image Credit: Tourmurahnusapenida.com

Ingin mencari lokasi yang cocok untuk jepretan foto fenomenal? Jangan sampai lupa untuk mengunjungi pantai asap atau Smoke beach Pasih Andus. Sebutan pantai asap ini diberikan bukan tanpa alasan. Yang jelas bukan karena asap, namun karena deburan ombak laut Selatan yang membuat percikan tinggi layaknya asap.

Saat ombak menghantam dan menghasilkan tampilan asap tinggi inilah waktu yang tepat untuk diabadikan. Cipratan atau yang juga disebut waterblow inilah yang menjadi salah satu daya tariknya. Hal ini tentunya akan sangat asyik bagi mereka yang suka fotografi, pasalnya Anda harus pintar memilih waktu, teknik, dan juga angle yang tepat untuk hasilkan jepretan menarik.

Jika membayangkan deburan ombak yang ganas, sudah pasti Anda tahu kalau lokasi ini tidak cocok untuk berenang. Hal ini semakin diperkuat dengan bebatuan karang yang tajam. Meski Anda bisa mencapai lokasi ini hanya dalam 15 menit dari pantai Uug, namun lebih baik siapkan diri untuk melawan jalan berbatu yang harus dilalui.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

5. Pantai Crystal Bay

Pantai Crystal Bay
Image Credit: Conservenusapenida.wordpress.com

Kalau sebelumnya pantainya masih sepi, beda lagi dengan Pantai Crystal Bay yang merupakan destinasi wisata utama di Nusa Penida. Tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung baik dari lokal ataupun mancanegara. Semuanya tertarik untuk menyaksikan secara langsung keindahan lautannya yang sangat jernih bak kristal.

Dari situlah nama Crystal Bay diambil. Tidak hanya lautannya yang indah, pantai ini juga memiliki hamparan pasit putihnya yang luas. Ditambah dengan dinding tebing dengan rambatan pohon, Anda pasti akan betah untuk bersantai di pinggiran pantai. Anda pun tidak akan dibuat kecewa jika ingin berenang, scuba diving, atau snorkeling.

Hal tersebut dikarenakan kekayaan flora dan fauna dalam lautnya sungguh spektakuler. Garis pantainya mencapai 1 Km, sehingga Anda bisa dengan santai menikmati waktu libur. Beragam spesies air dan terumbu karang hidup di perairan ini. Menariknya, jika beruntung Anda juga bisa saja bertemu dengan para manta Ray yang berenang di dekat garis pantai.

Pantai yang satu ini berada di desa sakti, Nusa Penida, yang mana cukup mudah untuk diakses. Bahkan Anda hanya perlu menempuh jarak 15 Km dari pelabuhan utama untuk ke lokasi pantai ini. setelah itu, siapkan diri untuk melewati anak tangga tebing untuk mencapai pantai dengan pasir putih dan laut biru ini.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

6. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong
Image Credit: Hotels.com

Dinamakan sebagai Angle Bilabong, karena lokasinya seakan menggambarkan tempat bermain para bidadari. Pantai ini memang tidak seperti wisata lainnya, pasalnya tidak ada hamparan pasir putih yang indah. Pasir pantai tersebut digantikan dengan deretan tebing karang yang membentuk sebuah muara buntu yang berubah menjadi kolam alami.

Genangan air yang ada di muara ini sungguh jernih, sehingga Anda bisa melihat dasar kolamnya yang penuh dengan keindahan karang alami. Anda bisa berenang dengan tenang di lokasi, bahkan tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri berfoto di Angels’ Blllabong. Uniknya lagi, di lautan lepasnya sering ditemukan Ikan Pari Manta yang berenang bebas.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

7. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan
Image Credit: Shutterstock.com @Leo_nik

Pantai yang satu ini berada di Ujung tenggara Nusa Penida. Karena lokasinya yang cukup jauh dari dermaga utama, pantai ini pun relatif lebih sepi dari lokasi lain. Untuk mencapainya Anda bisa langsung menuju lokasi dengan menaiki speed boat dari Pantai Sanur. Hal ini karena akses daratnya juga masih kurang nyaman untuk dilewati.

Meski demikian, keindahan pantai yang lapang, lautan biru, pasir putih yang halus, dan ombaknya yang tenang pasti akan meluluhkan rasa capek tersebut. Bahkan, Anda juga bisa bersantai menikmati pemandangan alam. Mengabadikan momen dengan berfoto berlatar batu karang besar berbentuk gunungan dalam pewayangan.

Yang jelas, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sekitar pantai ini. Mulai dari berjalan santai di bibir pantainya, berenang di lautannya yang tenang, atau bahkan bersantai menikmati kesejukan alamnya. Karena masih relatif sepi pula, lokasi ini masih memiliki keindahan alam yang sangat terjamin alami.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Meski harus menyeberang dari pulau Utama Bali, pastinya perjalanan panjang ke pulau Nusa Penida tidak akan membuat kecewa. Lihat saja dari deretan pantai memukau yang bisa dikunjungi. Dari wisata alam yang masih asri, keadaan alam yang unik, hingga tempat yang paling Instagramable, sudah jelas liburan ke pantai di Pulau Nusa Penida pasti akan membekas di hati.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending