10 Wisata Pantai di Makassar yang Paling Indah

Wisata Pantai Makassar

Inilah Daftar Wisata Pantai Cantik di Makassar, Sulawesi Selatan. Objek Wisata Bahari Terbaru yang Eksotis, Hits dan Terindah yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan.

Makassar merupakan ibukota dari Sulawesi Selatan yang menyimpan sejuta pesona keindahan alam. Keindahan tersebut dituang dalam wisata bahari yang mengundang decak kagum bagi siapapun pengunjungnya. Gugusan pulau kecil membuatnya unik dan eksotis.

Destinasi wisata pantai di kota tersebut menjadi buruan dan primadona bagi setiap wisatawan yang datang. Selain keindahan, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di beberapa pantai agar liburan lebih berkesan. Berikut rekomendasi pantai hits di Makassar dengan keindahan yang menakjubkan.

1. Pantai Losari

Daya Tarik Pantai Losari
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Losari tak hanya menjadi ikon utama Kota Makassar saja, melainkan juga menjadi wisata bahari favorit keluarga yang patut dikunjungi. Di lokasi tersebut, terdapat sebuah masjid yang bernama Amirul Mukminin. Selain dijadikan sebagai tempat beribadah, keberadaan masjid tersebut juga dijadikan sebagai spot foto untuk mengabadikan momen liburan keluarga.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Pantai Losari ialah sore hari. Pasalnya, disaat sang surya kembali ke persembunyiannya, semburat warna jingga dan ungu yang berpadu di langit langit menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata bahari ini. Menjelang sore, tempat tersebut selalu dipenuhi dengan para wisatawan lokal dan luar daerah untuk menghabiskan waktunya.

Bagi anda yang berminat untuk mengunjungi objek wisata ini, bisa menempuh perjalanan sekitar 21 km dari pusat kota. Pantai Losari memiliki letak yang juga berdekatan dengan Taman Rekreasi Trans Studio Makassar. Jadi setelah merasa puas menikmati wisata bahari, anda bisa mengunjungi destinasi wisata keluarga Trans Studio Makassar yang sudah sangat terkenal.

Lokasi: Jl. Somba Opu No.57, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

2. Pantai Pasir Putih Samalona

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pulau Samalona
Image Credit: Pegipegi.com

Pulau atau pantai Samalona memiliki pasir berwarna putih dengan air laut biru yang jernih. Di sekeliling pantai juga terdapat tumbuhan pohon kelapa yang semakin memberikan suasana nyaman bagi siapapun pengunjungnya. Selain memberikan suasana yang nyaman, pantai tersebut juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Ada banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Samalona, mulai dari berenang, bermain pasir, menyelam, hingga berburu foto. Bagi anda yang gemar melakukan petualangan bawah air, bisa memanfaatkan fasilitas snorkeling yang sudah disiapkan pihak pengelola. Airnya yang jernih memungkinkan anda untuk melihat beragam terumbu karang dan biota laut unik.

Untuk menuju ke pantai Samalona, anda perlu menempuhnya dengan menggunakan perahu nelayan. Perjalanan tersebut ditempuh dengan waktu kurang lebih 0,5 jam, dengan biaya penyeberangan sekitar Rp 300 hingga Rp 500 ribuan. Bagi anda yang datang dari luar kota dan ingin menginap disana, bisa memanfaatkan penginapan yang ada di sekitar area.

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

3. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena
Image Credit: Instagram.com @pantaiakkarena

Salah satu daya tarik yang menonjol pada Pantai Akkarena, ialah kawasannya sangat ramah untuk anak anak. Secara visual wisata bahari yang satu ini memiliki pasir hitam yang membuatnya terlihat sangat eksotis. Sebenarnya, fungsi utama dari pantai yang satu ini ialah sebagai dermaga kapal yang mengantat wisatawan setelah mengitari laut Makassar.

Karena pemandangannya sangat memukau, Pantai Akkarena menjadi objek wisata liburan yang banyak dikunjungi wisatawan luar daerah. Ketika menjelang sore hari, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang sekedar menyaksikan matahari terbenam. Selain menikmati pemandangan, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti jetski, banana boat, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

4. Pantai Pasir Putih Pulau Kodingareng Keke

Pantai Pasir Putih Pulau Kodingareng Keke
Image Credit: Twitter.com @cumilebaycom

Wisata bahari yang satu ini sering kali disebut dengan surga tersembunyi di Kota Makassar. Pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang cocok dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas air. Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di wisata bahari ini ialah snorkeling. Di sana, anda akan melihat kehidupan laut berupa terumbu karang dan biota yang unik.

Tak hanya snorkeling, kegiatan bermain air yang bisa dilakukan di Pulau Kodingareng Keke ialah berenang mengitari ruas pulau. Setelah puas bermain air, anda bisa mengisi perut yang lapar dengan mencicipi beragam kuliner yang dijual di sekitar wilayah pulau. Umumnya, harga yang dibanderol untuk setiap kuliner sangatlah terjangkau dan pas di kantong.

Apabila anda tertarik untuk mengunjungi wisata bahari yang satu ini, maka diharuskan untuk menyewa perahu motor yang berada di dermaga dekat pulau. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi Pulau Kodingareng keke sekitar 40 menit perjalanan. Sebagai saran, anda bisa menyewa satu kapal agar dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Lokasi: Pulau Kondingareng, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar.

5. Pantai Pasir Putih Pulau Lae Lae

Pantai Pasir Putih Pulau Lae Lae
Image Credit: Google Maps (Sons Bdg)

Pantai Pasir Putih Lae Lae memiliki keindahan alam yang sangat eksotis. Uniknya, di lokasi wisata tersebut anda bisa menemukan objek sejarah berupa terowongan yang berhubungan dengan benteng Fort Rotterdam. Jadi, selain menikmati wisata bahari anda juga bisa menikmati wisata sejarah dalam satu waktu.

Selain peninggalan sejarah, ada banyak sekali aktifitas seru yang bisa dilakukan di lokasi tersebut. Beberapa aktifitas seru yang bisa dilakukan mulai dari menyelam, snorkeling, bermain pasir, dan berburu foto menarik. Bahkan, pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa titik yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto menarik.

Lokasi: Pulau Lae Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

6. Pantai Barombong

Pantai Barombong
Image Credit: Twitter.com @jagalaut

Pantai Barombong berlokasi di Kecamatan Tamalate yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Makassar. Bagi anda yang ingin beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dan padatnya aktifitas harian, wisata ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, suasana Pantai Barombang cenderung tenang dan tidak pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Barombang, tak perlu membutuhkan banyak biaya. Hal ini dikarenakan, pihak pengelola dan pemerintah daerah tidak membebankan biaya tiket masuk bagi siapa saja yang mengunjunginya. Bahkan, anda bisa mampir ke Pantai Barombang kapanpun anda inginkan.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di wisata bahari Barombong ialah berburu seafood dari perkampungan sekitar pantai. Soal harga anda tak perlu khawatir. Pasalnya, penduduk sekitar membanderol segala jenis seafood dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, selain menikmati keindahan pantai, anda juga bisa membeli oleh oleh berupa seafood khas Barombong.

Lokasi: Jl. Permandian Alam No.1, Barombong, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

7. Pantai Kuri Indah

Pantai Kuri Indah
Image Credit: Facebook.com @negeribahariku

Pantai Kuri Indah atau yang biasa disebut dengan Pantai Kuri Maros, merupakan destinasi bahari yang memiliki pasir putih nan bersih. Ketika berjalan di atas pasir, anda dapat merasakan sensasi menenangkan. Hal inilah yang menajdi daya tarik utama bagi wisata Pantai Kuri Indah. Di sekitar pantai terdapat bebatuan alam yang semakin membuatnya eksotis.

Suasana yang tenang seperti pedesaan terpencil juga berhasil memikat siapapun pengunjungnya. Lokasi tersebut juga memiliki hutan mangrove yang digunakan sebagai oencegah abrasi pantai. Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di lokasi tersebut ialah snorkeling. Namun, anda tak diperkenankan untuk bersnorkeling di sore hari karena air laut meningkat.

Lokasi: Jl. Kuri Pattene, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros.

8. Tanggul Pantai Cinta

Tanggul Pantai Cinta
Image Credit: Google Maps (Muh Ritwan)

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata romantis bersama pasangan dan sang buah hati, pantai yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Pemerintah daerah dan pihak pengelola berhasil menata Tanggul Pantai Cinta sedemikian rupa, hingga menjadi destinasi wisata keluarga favorit. Ada banyak sekali fasilitas dan wahana yang ada di lokasi tersebut.

Beberapa fasilitas di antaranya, penginapan, kolam renang di bibir pantai, seluncuran, dan spot romantis. Seperti yang sudah dijelaskan, di beberapa area terdapat spot romantis yang bisa digunakan sebagai latar belakang swafoto menarik. Tak hanya itu, anda juga bisa mengajak sanga buah hati untuk bermain seluncuran yang sudah tersedia di lokasi.

Lokasi: Topejawa, Kec. Mangara Bombang, Kab. Takalar.

9. Pantai Galesong

Pantai Galesong
Image Credit: Instagram.com @visitsulselofficial

Sebagai informasi, Pantai Galesong merupakan wistaa bahari yang kini tengah menjadi primadona bagi masyarakat Kota Makassar. Alasan utama yang menjadikan pantai ini banyak dikunjungi, ialah keberadaan fasilitas lengkap yang memadai. Adanya fasilitas memang diperuntukkan guna menjamin kenyamanan paara pengunjung yang datang.

Beberapa fasilitas lengkap yang bisa anda gunakan mulai dari, permainan air, outbond, kolam renang, penginapan, tempat makan, dan live music. Dengan adanya fasilitas tersebut, membuat Pantai Galesong menjadi salah satu tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga. Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung, silahkan menuju ke Kecamatan Galesong Utara, Kota Makassar.

Lokasi: Sampulungan, Kec. Galesong Utara, Kab. Takalar.

10. Pantai Tanjung Bira

Daya Tarik Pantai Tanjung Bira
Image Credit: Pegipegi.com

Para pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Bira tak hanya wisatawan lokal saja, destinasi bahari yang satu ini juga dikunjungi wisatawan yang datang dari luar negara. Bukan tanpa alasan, mereka berkunjung untuk merasakan sendiri pesona pantai berpasir putih nan bersih. Jadi, jangan kaget jika anda banyak melihat orang asing di sekitaran area tersebut.

Untuk bisa sampai ke Pantai tanjung Bira, anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 200 km dari Kota Makassar. Meski perjalanannya tergolong cukup jauh, rasa lelah anda dijamin akan langsung terbayarkan ketika sampai ke lokasi. Airnya yang sangat jernih dan pasirnya yang lembut akan memanjakan hati siapapun pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

Kota Makassar tak henti hentinya menawarkan pesona pantai yang begitu memukau. Bahkan, beberapa wisata bahari yang ada di kota tersebut sudah tersohor hingga luar negeri. Hal tersebut seakan menjadi bukti, bahwa keindahan pantai di Makassar memang layak diadu. Bagi anda yang sedang berada di Makassar, sempatkanlah mampir ke salah satu pantai dalam ulasan tersebut.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending