Pantai Losari, Makassar

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Dikenal sebagai ikon kota Makassar, Pantai Losari menjadi salah satu destinasi yang menyajikan pemandangan sunset indah yang dapat dinikmati melalui Anjungan.

Lokasi: Jl. Penghibur, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Bahkan negara satu ini sering diibaratkan zamrud di khatulistiwa. Potensi yang besar ini mendorong kehadiran berbagai wisata alam, terutama pantai. Salah satu wisata pantai yang mengagumkan berada di Makasar yaitu Pantai Losari. Jadi untuk mendapatkan liburan yang tak terlupakan, tak perlu jauh jauh ke luar negeri. Anda bisa menjadikan destinasi satu ini sebagai pilihan untuk berlibur. Berikut ulasannya

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Losari

Daya Tarik Pantai Losari
Image Credit: Ksmtour.com

Setiap pantai memang memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan di pantai lain. Begitupun dengan pantai Losari yang menyajikan suasana yang berbeda. Ada banyak keistimewaan yang bisa Anda dapatkan selama liburan ke pantai satu ini. Jika umumnya saat mengunjungi pantai, Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan ombak yang deras lengkap dengan bebatuan yang besar. Maka di pantai satu ini, Anda justru menemukan anjungan.

Anjungan ini memang sengaja dibangun oleh pemerintah setempat, agar masyarakat Makassar bisa memanfaatkanya untuk menikmati pemandangan di sekitar pantai Losari. Selain itu, daya tarik pantai ini bisa Anda lihat dari panorama sunset yang mengagumkan lewat Anjungan. Banyak yang mengatakan jika sunset di pantai Losari merupakan sunset terbaik yang pernah ada. Pemandangan satu ini akan tampak sangat jelas ketika cuaca sedang cerah.

Daya Tarik Pantai Losari Makassar
Image Credit: Blog.tripcetera.com

Saat malam pantai ini justru semakin ramai, terutama pada saat malam malam liburan. Memang pemandangan laut saat malam hari tidak bisa terlihat dengan jelas. Namun penerangan yang ada di sekitar pantai membuat suasana di pantai ini lebih hidup. Bahkan anjungan di pantai ini menjadi tempat favorit untuk nongkrong di malam hari. Selain itu, ada banyak penjual makanan yang berjejeran di sekitar pantai, sehingga membuat pantai satu ini semakin meriah.

Sebelumnya pantai Losari menjadi pasar ikan di pagi hari hingga menjelang siang. Saat sore, pantai satu ini berubah menjadi pasar diisi oleh penjual yang menjajakan berbagai jenis makanan. Selanjutnya, di tepi pantai ini dilakukan pembangunan oleh pemerintah. Pembangunan awalnya hanya untuk menjaga fasilitas di sekitar agar tidak terkena ombak. Kemudian pembangunan di sekitar pantai semakin bertambah sehingga menjadi objek wisata yang menarik banyak wisatawan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Losari

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Losari
Image Credit: Matamatapolitik.com

Pantai satu ini berada di Ujung Pandang, Kota Makassar. Menemukan pantai satu ini sebenarnya tidak sulit, apalagi saat ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi penunjuk arah. Selain letaknya di pusat kota, kepopuleran pantai satu ini membuat masyarakat sekitar tak asing dengan pantai satu ini Jadi apabila dalam perjalanan merasa kebingungan Anda bisa menanyakan kepada warga, mereka dengan mudah akan menunjukkan lokasi pantai ini.

Jika berasal dari luar pulau Sulawesi, maka Anda harus memilih tujuan bandara Hasanuddin, Makassar. Selanjutnya, Anda bisa memakai angkutan umum atau menyewa kendaraan. Perjalanan dari bandara menuju ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar satu jam. Bahkan jika melewati jalan tol, waktu perjalanan akan semakin singkat yakni empat puluh menit. Sedangkan jika perjalanan dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, waktu tempuhnya hanya sekitar dua puluh menit.

Liburan ke pantai satu ini tidak membutuhkan biaya yang banyak, terutama jika Anda tinggal di sekitar Makassar. Mengingat masuk ke pantai satu ini tidak dikenakan biaya sama sekali atau gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan. Tarif parkirnya tergantung dari jenis kendaraan yang dibawa. Namun biaya parkir di pantai ini cukup terjangkau, tidak sampai sepuluh ribu rupiah. Terhitung murah bukan?

Mungkin untuk pengunjung yang berasal dari luar pulau membutuhkan biaya yang lebih besar, terutama jika menggunakan pesawat. Namun, mengunjungi pantai satu ini tentu tidak akan mengecewakan karena ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar pantai. Menariknya lagi, Anda bisa mengunjunginya kapanpun tanpa ada batasan waktu. Sore dan malam hari menjadi waktu favorit bagi wisatawan untuk mengunjungi pantai satu ini.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Losari

Kegiatan di Pantai Losari
Image Credit: Wovgo.com

Berkunjung ke pantai ini, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Salah satunya menikmati pemandangan matahari terbenam yang tampak begitu indah. Banyak yang mengabadikan momen sunset di pantai ini. Tempat wisata ini juga menyediakan spot yang menarik, sangat cocok hunting foto selama liburan. Spot foto terbaik bisa Anda dapatkan pada saat malam hari, dimana cahaya lampu di anjungan membuat pantai ini tampak semakin cantik.

Tak hanya tulisan letter besi “Pantai Losari” yang bisa dijadikan sebagai background. Spot dengan nama nama suku di Sulawesi Selatan juga tak kalah keren. Puas berfoto dengan latar tulisan ikonik tersebut, Anda bisa pindah ke monumen patung pahlawan Sulawesi Selatan yang terdiri dari Sultan Hasanuddin, Arung Palakka, Sultan Alauddin hingga patung patung suku. Mendatangi masjid Amiruddin yang berada di seberang pantai juga bisa menjadi ide yang menarik.

Masjid ini tampak seperti masjid terapung dengan dua menara dan dua kubah. Gaya arsitektur yang unik karena dipancang di atas lautan pantai, sehingga menarik perhatian banyak pengunjung Pantai Losari. Masjid ini sering dijadikan sebagai spot foto untuk mengabadikan momen saat liburan bersama keluarga. Masjid yang megah tersebut setidaknya bisa menampung sekitar 400 jamaah.

Pantai satu ini juga sangat cocok disambangi untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Pengunjung biasanya melakukan aktivitas satu ini di tepian pantai dengan tanggul batu. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan ikan atau binatang laut lainnya. Memang pantai satu ini tidak memungkinkan untuk aktivitas renang. Namun, Anda bisa mencoba aktivitas yang tak kalah seru yaitu menaiki perahu bebek, sepeda udara atau banana boat untuk merasakan suasana di lautan.

Menariknya lagi, wisata ini juga memungkinkan pengunjung untuk berolahraga. Jika Anda menyukai olahraga futsal, tidak ada salahnya mencobanya di lapangan pantai satu ini. Banyak yang melakukan futsal saat sore hari di tepian pantai Losari. Puas berolahraga dan menikmati keindahan pantai, Anda bisa mencoba kuliner yang dijual di sekitaran pantai. Ada banyak pilihan menu makanan yang bisa Anda nikmati, tentu dengan harga yang ramah di kantong.

Penginapan di Sekitar Pantai Losari Makassar

Penginapan di Sekitar Pantai Losari Makassar
Image Credit: Aryaduta.com

Mengunjungi pantai satu ini memang membutuhkah waktu yang lebih lama, apalagi pantai ini semakin indah saat malam tiba. Mungkin muncul keinginan untuk menikmati suasana malam di pantai ini. Tidak perlu kebingungan mencari tempat menginap, karena Anda bisa menemukan tempat bermalam dengan mudah. Lokasinya yang berada di pusat kota, sehingga banyak hotel yang dibangun di sekitar pantai. Berbagai pilihan hotel dengan harga murah hingga yang mahal bisa Anda temukan.

Dengan demikian, Anda bisa memilih hotel yang sesuai dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memiliki budget terbatas, Anda bisa memilih hotel dengan harga dibawah Rp 200 ribu permalam. Bahkan hotel dengan harga tersebut sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari televisi, AC hingga WiFi. Namun, rata rata pada saat hari libur harga sewa kamar dibandrol lebih mahal. Akan lebih baik, jika Anda booking penginapan jauh jauh hari.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Losari

Fasilitas di Pantai Losari
Image Credit: Anugerahkubah.com

Fasilitas di pantai ini terbilang sangat lengkap. Hal ini tidak terlepas dari campur tangan pemerintah setempat untuk mengembangkan wisata ini. Jadi tempat wisata satu ini merupakan wisata yang sangat recomended. Beberapa fasilitas di wisata ini diantaranya toilet umum, mushola, rumah makan, papan informasi hingga tempat sampah. Selain itu, disediakan area parkir yang cukup luas untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Tak hanya itu, pihak pengelola juga menyediakan wahana permainan yang beragam. Berbagai spot foto unik di tempat wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan. Fasilitas yang tak kalah menarik yaitu adanya hotspot area gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengakses internet. Tujuan dari adanya fasilitas ini, agar para pengunjung semakin gencar mempromosikan pantai Losari melalui media sosial yang mereka miliki.

Pantai satu ini memang cukup unik karena menawarkan pemandangan yang berbeda dengan pantai yang lain. Berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan membuat pantai satu ini menjadi wisata favorit bagi masyarakat Makassar. Deretan spot foto keren hingga wahana yang seru membuat aktivitas di pantai ini semakin menyenangkan. Bahkan pengunjung dari luar kota juga tertarik untuk mengunjunginya. Sudah merencanakan liburan ke pantai satu ini?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending