Pantai Kuri Indah, Maros

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Kuri Indah di Maros memang terkenal sangat menawan, terlebih memiliki pasir putih ini sangat cocok untuk habiskan liburan Anda yang berkesan.

Lokasi: Jl. Kuri Lompo, Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros.
Map: Cek Lokasi

Sulawesi Selatan menjadi destinasi wisata yang tak kalah kondang dengan pulau lain di Indonesia. Meskipun begitu, tapi sebenarnya ada banyak yang bisa dijelajah di Sulawesi. Salah satunya adalah keindahan wisata baharinya yang tak akan membuat Anda kecewa sudah mengunjungi. Dan pantai di Sulawesi Selatan yang banyak direkomendasikan adalah Pantai Kuri Indah yang berada di Kabupaten Maros. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki di Pantai Kuri Indah

Daya Tarik Pantai Kuri Indah
Image Credit: Youtube.com (Ant Yusril)

Singgah di Kota Maros rasanya memang tak lengkap jika Anda tak mampir ke Pantai Kuri. Begitu Anda menginjakkan kaki di pantai ini, Anda sudah disambut dengan penduduknya yang begitu ramah. Pantai satu ini memiliki pasir putih yang lembut lengkap dengan bebatuan yang berada di bibir pantainya. Hingga kini tidak ada yang mengetahui, bagaimana lempengan batu ini memenuhi area pantai ini. Padahal lokasi pantai satu ini jauh dari pegunungan.

Tetapi banyak yang meyakini, jika bebatuan tersebut memang berasal dari magma gunung berapi di ribuan tahun yang lalu. Bebatuan ini semakin terlihat jelas ketika kondisi air sedang surut. Untuk berjalan di atasnya, Anda harus berhati hati sebab bebataun ini terbilang licin. Mengingat selalu terendam oleh air sehingga lumut juga tumbuh di atasnya. Tak jauh dari bibir pantai Anda juga bisa melihat Bukit Batu, dengan bongkahan batu besar di puncaknya.

Daya Tarik Pantai Kuri Indah Maros
Image Credit: Travelingyuk.com

Pemandangan paling mempesona adalah ketika waktu sudah memasuki sore hari. Terutama ketika matahari mulai tenggelam, tentunya akan semakin cantik. Anda bisa berjalan ke bagian samping, dimana Anda bisa singgah ke Kampung Nelayan Kuri Caddi. Adanya kampung ini turut memberikan sisi alami dari wisata Pantai satu ini. Hadirnya dermaga kecil yang digunakan untuk bersandarnya perahu milik nelayan juga menambah nilai plus.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan lorong lorong yang instagenic di antara Hutan Mangrove. Udaranya yang sejuk dengan alamnya yang masih terjaga akan jadikan liburan Anda makin berkesan. Penduduk lokal juga menjaga kebersihan dan keindahannya, bahkan terumbu karangnya sekaligus. Permukaan maupun bawah lautnya memiliki perpaduan yang pas. Pesonanya sama sama akan membuat siapapapun terpukau dan enggan untuk pulang.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Kuri Indah

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Kuri Indah
Image Credit: Sulsel.idntimes.com

Pantai yang indah ini, ternyata tak jauh dari pusat kota Makassar maupun Maros. Jika Anda melakukan perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Untuk rutenya, Anda bisa melalui Jalan tol Ir. Sutami, dan kemudian dilanjutkan dengan menuju Jl. Poros Pattene. Jalan ini sekitar 7 km dari tujuan Anda yaitu pantai Kuri. Perjalanan Anda tentunya masih belum berakhir dan terbilang masih panjang.

Mengingat 1 km menuju Pantai, kondisi jalannya masih cukup rusak dan juga sempit. Jembatan yang Anda lewati bahkan masih menggunakan jembatan kayu. Setelah itu Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Tak perlu khawatir, medan yang harus Anda lewati berupa pematang sawah. Selain itu juga jaraknya tak terlalu jauh, namun tetap harus berhati hati. Apalagi jika Anda datang di musim penghujan karena medannya menjadi licin.

Biaya Wisata ke Pantai Kuri Indah

Biaya Wisata ke Pantai Kuri Indah
Image Credit: Inflash.co.id

Apabila Anda mengunjungi pantai ini dengan menggunakan kendaraan umum, maka pengeluaran Anda akan cukup banyak. Sekitar Rp. 50 hingga Rp. 60 ribuan dengan menggunakan bis. Dengan menggunakan kendaraan umum, maka waktu yang Anda butuhkan akan semakin lama. Sementara jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, hanya membutuhkan biaya untuk mengisi bahan bakar saja. Karena nanti juga dilanjutkan dengan jalan kaki hingga ke pantainya.

Anda juga akan ditarik tiket masuk ketika sudah tiba di gerbang masuknya. Harga tiketnya berkisar Rp. 10 ribuan setiap orangnya. Namun ada baiknya Anda berjaga jaga, sebab bisa saja harga tiketnya sudah naik tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Pantai satu ini juga buka sepanjang hari, sehingga Anda bisa datang kapan saja. Bahkan ada pengunjung yang datang ketika malam hari.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Kuri Indah

Kegiatan di Pantai Kuri Indah
Image Credit: Travelingyuk.com

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, Anda akan disuguhkan pemandangan yang membuat semua lelah Anda hilang. Udara pesisir yang menyapa akan membuat jiwa Anda terasa lebih ringan. Segala penat yang selama ini menumpuk di pundak, bisa dihempaskan seketika. Anda bisa menyaksikan birunya laut dan juga lalu lalang perahu milik nelayan yang turut menghiasi pantai ini. Jika malam hari, kelap kelip kota juga bisa Anda nikmati.

Pengunjung banyak yang menghabiskan waktu dengan menjelajah hutan mangrovenya. Untuk bisa berkeliling, Anda bisa menyewa perahu miliki nelayan. Dengan begitu Anda bisa sekalian berburu foto foto yang instagenic. Tentunya tidak akan lengkap jika selepas liburan Anda tak memiliki foto baru. Apalagi liburannya ke tempat seindah Pantai Kuri Indah ini. Di antara tanaman bakau ini memang membentuk lorong lorong eksotis yang menawan.

Suasanannya yang tenang sangat cocok untuk menenangkan diri. Anda juga bisa duduk di bebatuan di antara hutan bakau untuk menikmati semilir angin. Setelah puas menyusuri hutan bakau, Anda juga bisa bermain di pantainya. Mengingat pantai satu ini memiliki keindahan yang masih terjaga. Sehingga akan tidak lengkap jika Anda tak sekalian bermain di pantainya. Sekedar bermain air ataupun melakukan kegiatan snorkeling.

Pasir pantai ini berwarna putih yang begitu lembut ketika bersentuhan dengan kulitmu. Anda bisa berlarian di atasnya atau membangun istana pasir. Berkejaran dengan ombak juga bukanlah ide yang buruk. Yang jelas ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Besantai di atas hammock di antara pepohonan yang ada juga bisa jadi aktivitas yang seru untuk Anda.

Barulah ketika sore menyapa, Anda bisa menunggu hingga matahari mulai tenggelam. Sebab keindahan pantai ini akan berkali kali lipat cantiknya. Jangan lupakan untuk mengabadikan semua aktivitas Anda selama di pantai Kuri Indah ini. Apalagi ada banyak spot foto yang juga bisa Anda manfaatkan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan banyak foto baru untuk diunggah ke media sosial. Yang jelas liburan Anda kali ini akan makin berkesan.

Penginapan di Sekitar Pantai Kuri Indah

Penginapan di Sekitar Pantai Kuri Indah
Image Credit: Sulsel.idntimes.com

Menikmati keindahan pantai satu ini memang rasanya sangat kurang jika hanya sekejap. Anda bisa menginap di pantai Kuri Indah ini dengan mendirikan tenda. Walaupun ada juga penginapan di sekitar, namun yang paling banyak dipilih wisatawan adalah mendirikan tenda. Anda bisa menyaksikan sunrise sekaligus jika menginap di Pantai yang cantik ini. Anda juga tak perlu membawa peralatan dari rumah, sebab tersedia juga penyewaan alat camping.

Keluar dari kawasan pantai sekitar 100 meteran, Anda bisa menemukan hotel kelas 3 yang bisa dijadikan alternatif menginap. Kamar yang disediakan cukup bersih dan juga nyaman untuk Anda mengistirahatkan tubuh. Selain memilih hotel ini, Anda juga bisa memilih home stay yang berada di sekitar pantai. Tentunya dengan begitu Anda bisa lebih menghemat biaya akomodasi Anda. Homestay di sekitaran pantai ini memang dibandrol dengan harga lebih terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kuri Indah

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kuri Indah
Image Credit: Detik.com

Meningat pantai satu ini termasuk dalam pantai andalan, maka Anda juga bisa menikmati fasilitas yang memadai. Bukan hanya untuk memudahkan, namun juga memberikan kenyamanan pada para pengunjung. Area parkir kendaraan cukup luas untuk menampung semua wisatawan yang datang. Belakangan diketahui area parkirnya diperluas lagi, langkah ini diambil untuk mengatasi jika terjadi pelonjakan wisatawan di musim liburan.

Selain area parkir Anda juga bisa mendapatkan fasilitas mushola yang bersih. Belum lagi toilet yang juga bisa dijadikan tempat Anda membilas diri. Penginapan terdekat juga bisa Anda jangkau dengan mudah. Fasilitas lain seperti penjual makanan maupun minuman juga bisa Anda temui di pantai ini. Yang jelas Anda bisa liburan dengan nyaman dan memudahkan semua aktivitas Anda selama liburan.

Keindahan pantai satu ini tidak akan ada yang bisa menolaknya. Panoramanya yang masih alami lengkap dengan ekosistem yang masih terjaga menjadi daya tariknya. Bahkan Anda juga bisa beramah tamah dengan warga di kampung nelayan. Jangan lupakan juga untuk mencicipi kuliner andalannya berupa kepiting bakau. Menginjakkan kaki di Sulawesi Selatan jangan sampai lupa untuk singgah di pantai yang cantik ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending