Pantai Kelingking Bali, Pantai Eksotis yang Tersembunyi di Nusa Peninda

Pantai Kelingking Bali, Pantai Eksotis yang Tersembunyi di Nusa Peninda

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Kelingking salah satu wisata pantai yang cantik dan tersembunyi di Nusa Penida, Bali yang dikelilingi tebing curam yang menyerupai jari kelingking. Pantai pasir putih yang eksotis, air laut yang biru dan pesona bawah laut yang indah.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Map: Cek Lokasi

Pesona alam Pantai Kelingking sukses membius para wisatawan baik lokal maupun asing. Pemandangan lautnya bak keindahan surga, membuat banyak orang yang tertarik untuk kembali mengunjunginya. Pantai ini kerap dijadikan ikon keindahan pesona alam pariwisata. Area yang luas membentang disuguhkan dengan sangat epik dan murni karya alam tanpa adanya pembaharuan yang berarti.

Pantai dengan segala bentuk eksotis ini menjadi memiliki keunikan tersendiri. Tidak hanya pantainya saja, tetapi samudera lautan yang luas memiliki desir ombak yang cantik. Bagi orang yang mengunjunginya, akan merasakan ada di tingkat keindahan dengan level yang berbeda. Hamparan samudera yang dibingkai dengan hamparan langit biru memberikan suasana bak lukisan.

Destinasi Pantai Kelingking menjadi objek wisata dengan rating kunjungan yang tinggi. Hal tersebut tidak mengherankan, karena banyak sekali keindahan yang bisa di eksplore lebih jauh. Daya tarik yang sangat memukau menjadikan para pengunjung memiliki kepuasan tersendiri setelah mengunjungi pantai ini. Ada pula wisatawan asing yang memilih tinggal di area pantai, agar bisa menikmati keindahannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kelingking

Daya Tarik Pantai Kelingking
Image Credit: Google Maps (Muftika)

Pantai yang masuk ke dalam nominasi 25 besar pantai terbaik di Indonesia ini, nyatanya memiliki daya tarik yang tidak main-main. Banyak para pengunjung yang mengulas keindahan pantai ini. Bahkan sulit untuk di terjemahkan dengan kata-kata, saking indahnya. Berikut beberapa daya tarik yang ada di Pantai Kelingking.

1. Tebing Curam Pusat Pemandangan

Pantai ini memiliki tebing yang curam. Tebing tersebut memiliki bentuk menjorok ke lautan. Keindahan tebing tersebut membuat para wisatawan rela bersusah payah untuk mengambil momen terbaik. Tempat ini juga menjadi lokasi yang instagramable. Meskipun demikian, sangat disarankan untuk berhati-hati saat bermain di tebing ini. Keselamatan tetap menjadi kunci yang utama.

Tebing ini hampir mirip seperti puncak. Apabila menaikinya, para pengunjung bisa puas melihat keseluruhan Pantai Kelingking yang tidak begitu panjang. Apabila dilihat dari atas, tebing ini memiliki bentuk yang menyerupai salah satu jenis dinosaurus.

2. Warna Air yang Memukau

Hal utama yang paling menarik perhatian adalah warna air laut yang menarik. Pada bagian tepi, warnanya sedikit kehijauan, sedangkan apabila sudah ke tengah, warnanya menjadi biru laut. Air laut juga menyegarkan pandangan mata karena warnanya yang jernih. Banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut sebagai latar belakang dalam berfoto.

3. Memiliki Pasir Putih yang Memesona

Pasir yang ada di pantai ini, tergolong pasir berwarna putih. Hal tersebut tentu saja membuat banyak orang yang semakin tertarik. Warna laut yang memukau dibingkai dengan pasir berwarna putih akan memberikan pemandangan yang luar biasa indah. Meskipun tidak berenang, hanya bermain pasir sambil memandang keindahan lautan yang luas, sudah menjadi kepuasan tersendiri.

4. Keindahan Sunset

Sunset di pantai ini sukses membuat setiap pengunjung terhipnotis. Dari lokasi atau spot manapun, sunset bisa dinikmati. Banyak pengunjung yang rela menunggu hingga waktu sore hanya dengan tujuan menikmati sunset. Suasana di pantai ini memang sangat mendukung. Terlebih lagi apabila pengunjung duduk di bawah tebing dengan menikmati sunset.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Kelingking

Alamat Pantai Kelingking
Image Credit: Google Maps (l li)

Bagi para pengunjung, tentunya sangat penting untuk mengetahui alamat dan rute terbaik untuk menuju Pantai Kelingking. Nusa Penida menjadi lokasi adanya pantai ini. Bagi warga Bali tentunya sudah tidak asing dengan alamat tersebut. Sedangkan terkait rutenya sendiri, terdapat beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi pantai.

Rute pertama bisa melalui Padang Bai. Karena di Bali sebagian besar dipisahkan oleh laut, maka untuk menuju lokasi Pantai ini, para pengunjung harus menggunakan kapal feri ataupun speedboat. Estimasi waktu untuk mengunjungi pantai ini sekitar 1 jam. Tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola akan langsung mengarahkan menuju lokasi pantai.

Sedangkan apabila melalui rute Pantai Sanur, cara yang digunakan untuk menuju Pantai Kelingking adalah menggunakan perahu biasa atau perahu tradisional. Tentunya, waktu tempuh yang dibutuhkan juga sedikit lebih lama, selisih 30 menit jadi sekitar satu setengah jam. Itu pun, pengunjung baru memasuki lokasi Nusa Penida. Kemudian butuh waktu 45 menit untuk sampai ke pantai tujuan.

Pasti banyak yang berpikir bahwa biaya masuk ke pantai ini mahal. Tidak perlu khawatir, pantai ini tidak dikenakan biaya masuk. Meskipun keindahan yang disajikan sangat luar biasa memesona. Hanya saja, perjalanan untuk menjangkau pantai ini memerlukan waktu yang lama dan sedikit jauh. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk kendaraan saja.

Misalkan apabila pengunjung memilih untuk menggunakan kapal feri, maka uang yang harus dikeluarkan adalah 30 ribu untuk setiap orang. Sedangkan untuk speedboat dikenakan tarif 45 ribu tiap orang. Kemudian jika menggunakan perahu tradisional, maka biayanya 40 ribu. Tapi hal tersebut tidak sebanding dengan keindahan yang akan dinikmati di pantai menawan ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kelingking

Aktivitas di Pantai Kelingking
Image Credit: Twitter.com @ayuhtravel

Sangat disayangkan, apabila berkunjung ke pantai tanpa melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menambah kepuasan tersendiri. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

1. Berfoto Selfie

Pantai cantik ini dilengkapi dengan lokasi atau spot yang bisa digunakan sebagai background foto. Bahkan pantai ini kerap dijadikan objek bagi setiap pasangan yang hendak menikah atau prewedding. Spot yang paling populer adalah love tree atau pohon cinta. Selain itu, masih banyak lokasi lagi yang bisa dijadikan tempat berfoto.

2. Memandang Keindahan Alam Pantai Kelingking

Banyak para pengunjung yang bersusah payah untuk naik ke tebing tinggi. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk menikmati keindahan alam yang tersaji diatas. Dengan naik ke tebing, pengunjung bisa melihat lokasi secara keseluruhan panorama alam yang tersaji di sekitar pantai. Banyak yang berusaha mengabadikan momen ini.

3. Diving dengan Pesona Bawah Laut yang Menakjubkan

Pada pantai ini, para pengunjung bisa melakukan diving. Banyak ikan pari manta yang bisa dilihat. Keindahan alam bawah laut pantai ini juga sangat indah. Sangat disayangkan apabila berkunjung ke pantai ini tanpa melakukan diving. Tidak perlu khawatir mengenai peralatan diving, karena pihak pengelola pantai ini telah menyediakan fasilitas lengkap untuk melakukan diving.

Selain itu, lokasi yang digunakan untuk diving juga telah disediakan. Sehingga para pengunjung akan langsung mendapatkan pengarahan dari pihak pengelola.

4. Berenang di Tepi Pantai

Tentunya hal yang sangat umum dilakukan ketika di pantai adalah berenang. Rasanya akan kurang apabila mengunjungi pantai tanpa berenang. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menyiapkan peralatan renang sendiri. Tetapi, jika mendesak, banyak pula orang yang menyewakan baju atau peralatan berenang diarea pantai.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Kelingking

Penginapan Pantai Kelingking
Image Credit: Booking.com

Bagi para pengunjung yang masih merasa belum puas dalam menikmati keindahan Pantai Kelingking, maka bisa menyewa penginapan di sekitar pantai. Banyak sekali penginapan dengan harga yang relatif murah, tetapi memiliki fasilitas yang memadai.

1. Nitya Homestay

Harga sewa untuk penginapan ini tidak terlalu mahal. Mulai dari harga 300 ribu, para pengunjung sudah bisa merasakan kenyamanan fasilitas. Bisa berkunjung ke Pantai Kelingking setiap waktu. Penginapan ini bertempat di Jungutbatu. Berbagai layanan yang tersedia, menjadikan penginapan ini populer dan paling banyak digunakan oleh para pengunjung.

2. Mega Cottage

Penginapan ini memiliki harga yang sedikit lebih tinggi. Tetapi masalah tempat dan fasilitas sudah tidak bisa diragukan lagi. Penginapan ini memiliki lokasi terdekat dengan pantai. Harga yang ditawarkan untuk penginapan ini adalah berkisar 560 ribu untuk setiap malam. Bahkan penginapan ini juga menyediakan fasilitas untuk berolahraga. Penginapan ini juga masih termasuk wilayah Jungutbatu.

3. Linda Resort

Penginapan dengan fasilitas yang serba ada ini hanya dibanderol dengan harga 450 ribu rupiah setiap malam. Banyak pengunjung yang memberikan rating tinggi untuk layanan yang diberikan. Bahkan terdapat fasilitas yang hanya diperuntukkan bagi penyandang difabel. Penginapan yang satu ini selalu dipadati oleh pengunjung. Apabila tidak segera memesan sebelumnya, pasti kehabisan kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kelingking Nusa Penida

Fasilitas Pantai Kelingking
Image Credit: Instagram.com @amolrobert

Pantai ini merupakan pantai dengan sejuta pesona alamnya. Pihak pengelola pastinya ingin setiap pengunjung merasakan kepuasan saat berkunjung ke pantai ini. Segala bentuk fasilitas sebagai penunjang pariwisata juga tersedia. Mulai dari fasilitas umum atau pun khusus. Fasilitas umum seperti kamar mandi dan toilet, warung makan, pos bersantai dan masih banyak lagi.

Bagi para pengunjung yang ingin melakukan diving, pihak pengelola juga telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk diving. Mulai dari sarana prasarana, kemudian lokasi yang digunakan telah lengkap. Sehingga pengunjung hanya cukup mengikuti arahan dari pihak pengelola saja.

Pantai Kelingking di Nusa Penida Bali sangat disarankan bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan pesona alam Indonesia. Pantai ini menyuguhkan berbagai kelebihan dari alam yang tidak terbatas. Tidak hanya itu, setiap pengunjung akan selalu terpancing untuk mengunjungi pantai ini kembali dan tidak akan pernah merasa bosan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending