Pantai Akkarena, Makassar

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena salah satu wisata andalan Kota Makassar yang memberikan pengalaman menyenangkan dan miliki panorama indah lengkap dengan fasilitas terbaik.

Lokasi: Jl. Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Makassar menjadi kota di Sulawesi yang juga banyak dikunjungi wisatawan. Terutama wisata baharinya yang menawan dan selalu ramai pengunjung. Salah satu pantai yang bisa dijadikan alternatif adalah Pantai Akkarena. Pantai satu ini lokasinya tak jauh dari pantai Losari. Keindahan yang ditawarkan juga tak kalah indah dengan pantai andalan Makassar tersebut. Dan untuk mengintip pesona pantai satu ini, Anda bisa menyimak ulasan satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Akkarena

Daya Tarik Pantai Akkarena
Image Credit: Instanbooking.id

Banyak orang yang mengira jika pemandangan pantai selalu seperti itu. Melihat gulungan ombak, hamparan pasir dan udara lautan yang menghempas. Padahal setiap pantai selalu memiliki daya tarik sendiri yang tentunya berbeda dengan pantai lainnya. Seperti halnya dengan pantai Akkarena yang berada di Makassar ini. Pemandangan sekeliling dan juga ekosistem pantai ini menjadi salah satu magnet yang menarik wistawan dari berbagai kota maupun negara.

Untuk lebih mengenal pantai satu ini, ada baiknya jika mengetahui sedikit tentang sejarahnya. Nama pantai ini dahulu bukanlah pantai Akkarena melainkan Tanjung Bunga. Dinamakan demikian karena lokasinya yang dekat dengan 3 Tanjung andalan Makassar yaitu, Tanjung Bayang dan juga Tanjung Merdeka. Nama Tanjung Bunga sendiri berubah lantaran telah diambil alih sebuah perusahaan kontraktor yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Adanya perusahaan ini merubah wajah pantai Akkarena sendiri, karena sebelumnya pantai satu ini memang tidak terawat. Saat ini Pantai ini berada dalam naungan PT. Gowa Makassar Tourism Develompment dan pengelolannya dipegang oleh Town Management Tanjung Bunga. Dengan adanya pengelolaan ini tentunya menjadikan pantai ini miliki fasilitas yang memanjakan pengunjung. Dan menjadi surga wisata yang tak boleh dilewatkan wisatawan.

Daya Tarik Pantai Akkarena Makassar
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tentunya bisa berubah hingga menjadi saat ini membutuhkan perjalanan yang tak singkat. Apalagi dengan sematan nama baru yang membuatnya makin kondang. Perubahannya seakan seperti angin segar untuk wisata Makassar. Bahkan banyak yang mengakui jika pengelolaan wisata pantai satu ini jauh lebih unggul, dibandingkan pantai Losari. Apalagi kedua pantai andalan ini memang lokasinya dekat sehingga mudah untuk menjangkaunya.

Kawasan satu ini juga sangat ramah anak anak, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai destinasi andalan keluarga. Terutama ketika sore hari, karena pantai satu ini menyajikan panorama matahari yang begitu memukau. Belum lagi, pantai ini juga berada di pusat kota sehingga mudah untuk di akses. Banyak warga yang menghabiskan waktu petangnya dengan mengunjungi Pantai Akkarena ini. Wajar jika banyak yang merekomendasikan pantai satu ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Akkarena

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Akkarena
Image Credit: Labirutour.com

Pantai Akkarena terletak di Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Makassar. Seperti yang sempat disinggung pantai satu ini berada di tengah kota. Lokasinya tidak jauh dari Mall GTC dan juga pantai Losari. Dari Jantung kota Makassar hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk bisa sampai di pantai ini. Mengandalkan GPS juga bisa dijadikan pilihan jika Anda belum tahu arahannya.

Bagi Anda yang bukan merupakan warga Makassar, untuk menuju pantai cantik ini Anda hanya perlu menyusuri Jl. H. M Patompo. Jalanan ini termasuk berkelok kelok yang di sepanjang jalan ditumbuhi dengan pepohonan. Sehingga jalanan menuju pantai ini terbilang teduh. Selain mengandalkan GPs, Anda juga bisa bertanya kepada warga sekitar. Warga umumnya menyebut jalan satu ini dengan nama lamanya yaitu Jl. Metro Tanjung Bunga.

Harga Tiket Masuk di Pantai Akkarena

Harga Tiket Masuk di Pantai Akkarena
Image Credit: Raddien.com

Keindahan yang dimiliki pantai satu tak membuat tiket masuknya mahal. Sebab, Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp. 10 ribuan. Harga tiket tersebut belum termasuk dengan parkir kendaraan pribadi. Besaran harga parkir kendaraan tergantung dari kendaraan yang Anda gunakan, jika Anda menggunakan roda empat harga parkirnya akan berkisar di angka Rp. 10 ribuan. Sementara untuk kendaraan roda dua berkisar Rp. 5 ribuan.

Harga tiket dan juga harga parkir bisa berubah sewaktu waktu, terutama ketika hari besar maupun musim liburan. Selain harus menyiapkan budget untuk tiket masuk dan juga parkir, Anda juga memerlukan biaya tambahan untuk fasilitas outdoornya. Mengingat pantai satu ini memiliki banyak fasilitas dan wahana yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Selain fasilitas, keamanan dari wisata pantai di Makassar ini juga diutamakan sehingga Anda akan merasa nyaman dan aman.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Akkarena

Kegiatan di Pantai Akkarena
Image Credit: Pegipegi.com

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Akkarena ini tak hanya menikmati sunset yang mempesona. Anda juga bisa menjajal banyak wahana yang akan membuat liburan semakin seru. Wahana permainan seperti banana boat hingga jetsky akan menjadi aktivitas yang menantang sekaligus penuh keseruan. Tak hanya di sore hari, Anda bisa menikmati kegiatan satu ini ketika siang hari. Wahana ini memang menjadi favorit, sehingga jangan harap Anda bebas antrian ketika liburan tiba.

Pantai Akkarena memiliki pasir pantai yang berwarna hitam, namun bukan berarti tidak indah. Justru membuatnya semakin eksotis, apalagi jika berpadu dengan jernihnya air. Anda pasti tak bisa melewatkan berenang ataupun sekadar bermain air. Sekadar bermain pasir juga bukanlah ide yang buruk. Rasanya memang ada yang tidak lengkap jika ke pantai tidak bermain air serta pasir pantai. Begitu juga ketika Anda singgah di pantai yang cantik ini.

Wahana lainnya yang tak kalah seru adalah fly spot, waterfox, kano maupun wahana outbond. Menjadikan wisata bersama keluarga atau anak anak semakin seru dan menyenangkan. Setelah mencoba aneka permainan, jangan lupakan untuk mengabadikan semua moment Anda. Apalagi saat ini wisata dengan spot swafoto begitu digemari dan dicari pengunjung. Dan di pantai satu ini Anda bisa menemukan jembatan selfi.

Jematan ini merupakan yang paling dikenal atau yang juga dikenal dengan dermaganya. Ada beberapa dekorasi yang sengaja ditambahkan agar bisa dijadikan sebagai tempat mengambil gambar. Inilah yang membuat dermaga ini dikenal dengan dermaga cinta. Suasana romantis di dermaga ini memang begitu terasa, terutama ketika senja sudah mulai datang. Sehingga tak sedikit juga dijadikan sebagai tempat untuk menyatakan perasaan.

Puas bermain dan berjalan jalan, rasanya tak lengkap jika tidak sekalian wisata kuliner. Anda tenang saja, di pantai satu ini Anda bisa menemukan fasilitas tempat kulineran. Tersedia berbagai menu yang akan memanjakan perut dan lidah Anda. Menikmati segarnya es kelapa muda dengan pemandangan pantai memang yang terbaik. Bila Anda sedang beruntung, Anda juga bisa menikmati live music jazz di sekitaran resto maupun cafe di pantai ini.

Penginapan di Sekitar Pantai Akkarena

Penginapan di Sekitar Pantai Akkarena
Image Credit: Pegipegi.com

Berada di pusat kota dan berdekatan dengan Pantai Losari, membuat segala kebutuhan liburan Anda mudah untuk dipenuhi. Banyak sekali hotel maupun penginapan yang lokasinya dekat dengan Pantai Akkarena ini. Bahkan Anda juga bisa memilih resort juga homestay yang juga banyak.

Masalah harga, Anda bisa memilih sesuai dengan fasilitas dan harga yang ditawarkan. Ada baiknya Anda memesan jauh-jauh hari, terutama ketika musim liburan dimana banyak hotel yang sudah fullbook.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Akkarena

Fasilitas di Pantai Akkarena
Image Credit: Trepelin.com

Pantai Akkarena terbilang cukup luas, dan Anda bisa menemukan dermaga yang memiliki panjang sekitar 150 m dengan lebar 5 m. Pengunjung banyak menghabiskan waktu di dermaga ini, apalagi jika untuk menikmati sunset. Dermaga ini tak hanya menjadi daya tarik, namun juga menjadi sandaran banyak kapal wisata. Terdapat juga kursi maupun meja pada bagian ujungnya yang bisa dijadikan sebagai tempat Anda istirahat atau bersantai.

Selain dermaga, Anda juga akan menemukan fasilitas umum lainnya seperti toilet maupun area parkir. Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner lezat dengan panorama yang menawan, terdapat juga resto serta cafe yang bisa Anda singgahi. Fasilitas lain seperti sewa ban maupun pelampung juga tersedia. Bagi Anda yang ingin mengadakan pertemuan, terdapat ruang meeting dengan suasana pantai. Dengan begitu kegiatan meeting atau acara Anda tak lagi membosankan.

Keindahan serta fasilitas yang memanjakan di pantai satu ini memang menjadi magnet untuk menarik pengunjung. Sehingga ketika Anda singgah di Makassar, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi pantai Akkarena ini. Aksesnya yang mudah juga turut memberikan nila plus pada pantai satu ini. Belum lagi, Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas agar liburan makin berkesan dan menyenangkan. Bagaimana tertarik untuk jadi destinasi liburan selanjutnya?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending