10 Pulau Terindah di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Pulau Terindah Nusa Tenggara Timur

Selain pulau cantik di kawasan Taman Nasional Komodo, masih ada beberapa pulau terindah di Nusa Tenggara Timur yang tak boleh Anda lewatkan untuk liburan yang menyenangkan.

Banyak wisatawan yang tertarik ke NTT karena keindahan pulau Komodo dan lestarinya alam sekitar. Salah satu provinsi di nusa tenggara ini ternyata dianugerahi gugusan pulau yang sangat cantik nan eksotis, sehingga menarik untuk dieksplor lebih jauh. Anda akan disuguhi pulau cantik dengan keindahan alam yang luar biasa. Berikut rekomendasi pulau terbaik di Nusa Tenggara Timur yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Pulau Kanawa

Pantai Pulau Kanawa
Image Credit: Facebook.com @joglowisata

Salah satu pulau cantik yang berada di kawasan Indonesia Timur ini memiliki luas daerah sekitar 32 hektar. Menuju pulau satu ini, Anda perlu menempuh jarak sejauh 15 km dari Labuan Bajo dengan jalur darat. Waktu tempuh yang terlalu jauh membuat para wisatawan dapat segera menikmati keindahan wisata bahari Pulau Kanawa dengan menyenangkan.

Aktivitas yang ditawarkan, yaitu snorkeling atau diving untuk menikmati biota laut di dalamnya. Mulai dari Manta Ray, Hiu Paus, Parrot Fish, dan Mola Mola dapat Anda temui dengan mata telanjang. Tak ketinggalan berbagai jenis kuda laut, salah satunya Pigmi dan ada pula nudilbranch yang menarik bisa Anda eksplor lebih dalam.

Berlibur ke tempat yang sangat cantik seperti ini tentu tak lengkap bila hanya dihabiskan selama satu malam. Anda bisa menikmatinya selama beberapa hari untuk menikmati pantai dan terumbu karang yang sangat menawan. Terdapat 14 bungalow yang ada di kaki bukit batu dengan sajian langit senja serta air laut yang jernih di depannya.

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat.

2. Pulau Pangabatang

Pulau Pangabatang
Image Credit: Twitter.com @indrayanilaksmi

Diklaim sebagai salah satu pulau tak berpenghuni dan belum terjamah yang ada di NTT, sehingga suasananya pun sangat tenang. Anda akan disuguhi pantai yang tenang dengan semilir angin serta debur ombak yang menemani. Liburan di tempat ini tentu akan jadi salah satu momen spesial yang cocok untuk melepas penat atau menyepi dari perkotaan yang ramai.

Anda akan merasa seperti dibawa ke pulau pribadi, karena tak banyak orang yang tahu tentang Pulau Pangabatang ini. Selain sepi pulau ini juga menjadi surga tersembunyi yang ada di Teluk Maumere, sehingga para wisatawan akan disuguhi pantai yang sangat indah. Daya tarik utamanya yaitu pasir berwarna putih serta air laut yang jernih.

Pantai yang jernih ini mampu menarik minat siapa saja untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Bagi yang tidak bisa berenang, Anda bisa berjalan hingga ke tengah pantai karena air lautnya landai. Aktivitas ini membuat para wisatawan dapat melihat ikan ikan cantik, karena berseliweran di sekitar kaki yang membelah air pantai.

Lokasi: Parumaan, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka.

3. Pulau Kojo Doi

Pulau Kojo Doi
Image Credit: Instagram.com @daniel_dhani

Menjadi salah satu pulau yang tak boleh Anda lewatkan karena memiliki keunikan yang tidak ada di pulau lain. Pasalnya, pulau ini tidak dikelilingi pulau lain di sekitarnya dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Anda harus menempuh sekitar 28 km dari pusat Kota Maumere dengan kendaraan darat, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup panjang.

Lokasi tepatnya berada di utara Laut Flores, sehingga cukup jauh dari dua pulau yang sudah dipaparkan sebelumnya. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan di kawasan ini karena diklaim sebagai spot terbaik untuk menikmati sunset. Anda bisa melihat secara jelas bias jingga di langit saat mentari hendak kembali ke peraduannya.

Lokasi: Kojadoi, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka.

4. Pulau Pemana

Pulau Pemana
Image Credit: Facebook.com @habel.therik

Bila sebelumnya menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset, maka kali ini Anda akan disuguhi spot sunrise terbaik. Pemana jadi tempat terbaik untuk menikmati matahari yang muncul malu malu di pagi hari. Waktu paling tepat berkunjung ke tempat ini, yaitu di siang hari pada pukul 1 siang dan kembali lagi ke kota Maumere pada pukul 6 sore.

Bila Anda ingin memiliki liburan lebih lama di tempat ini, maka bisa menginap di rumah warga sekitar. Hal tersebut disebabkan tidak adanya penginapan yang tersedia untuk para pengunjung. setelah menginap, keesokan harinya dapat menikmati sajian langit pagi yang menawan karena semburat warna kuning dari munculnya mentari.

Daya tarik utama dari lokasi ini, yaitu memiliki spot spot menarik untuk snorkeling dan melihat kekayaan biota di dalamnya. Oleh sebab itu, setiap wisatawan hendaknya sudah membawa peralatan untuk menyelam saat berkunjung ke pulau ini. Anda dapat menyelam di beberapa spot menarik dan berswafoto bersama ikan yang berenang di laut Pemana ini.

Lokasi: Pemana, Kec. Alok, Kab. Sikka.

5. Pulau Kera

Pulau Kera
Image Credit: Twitter.com @manda_ab

Tak perlu khawatir membaca namanya, karena pantai ini tidak dikelilingi kera. Pulau ini justru masuk ke dalam sederet pulau cantik nan eksotis di Nusa Tenggara Timur. Keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Kera yaitu pasir yang putih dan halus seperti salju. Bahkan, para wisatawan dapat melihatnya dari kejauhan atau seberang lautan.

Daya tarik lainnya yang disuguhkan untuk para wisatawan, yaitu air laut yang tenang dan tampak jernih. Oleh sebab itu, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat berenang dengan sangat leluasa bahkan hingga diving. Arus yang tak terlalu besar membuat Anda bisa melihat kekayaan biota dengan nyaman bahkan dapat memotretnya dari jarak dekat.

Lokasi: Uiasa, Kec. Semau, Kota Kupang.

6. Pulau Meko

Pantai atau Pulau Meko
Image Credit: Instagram.com @fiona.callaghan

Pulau Meko mengisi deretan pulau terindah yang ada di NTT, tepatnya pulau Flores. Anda bisa melakukan perjalanan langsung dari Maumere dengan kendaraan darat menuju kota Larantuka. Dari kota ini, para wisatawan hanya perlu menyewa kapal penduduk setempat untuk sampai ke Pulau Meko atau pulau kecil di sekitarnya yang tak kalah cantik.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, tentu tak lengkap bila Anda tidak mendapat pemandangan yang luar biasa. Daya tarik utama dari pulau ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan tidak ditumbuhi pepohonan. Anda juga tak akan menemukan batu karang yang biasanya tersapu ombak hingga ke tepi pantai.

Lokasi: Kec. Witihama, Kab. Flores Timur.

7. Pulau Gili Dasami

Pulau Gili Dasami
Image Credit: Instagram.com @royalexplorersclub

Sebagian orang belum pernah melihat secara langsung Komodo di Taman Nasional Komodo. Habitat asli ini membuat reptile satu ini dapat hidup dengan baik dan populasinya pun jauh meningkat. Oleh sebab itu, tak banyak pula yang tahu bahwa ada pulau lain yang juga dihuni oleh Komodo secara alami dan populasinya pun tak kalah melimpah.

Pulau Gili Dasami jadi salah satu pulau yang jadi tempat tinggal Komodo, sehingga kondisi alamnya pun sesuai dengan habitat reptile ini. Itulah salah satu daya tarik dari pulau kecil ini, sehingga tak banyak orang yang berani ke tempat ini. Meskipun kecil, ternyata Gili Dasami termasuk dalam gugusan Kepulauan Sunda kecil yang juga jadi bagian dari Taman Nasional Komodo.

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat.

8. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Image Credit: Twitter.com @indo_picture

Tak lengkap rasanya bila membahas Nusa Tenggara Timur bila tidak menyinggung pulau satu ini. Pulau Bidadari diklaim menjadi salah satu surga yang wajib dikunjungi oleh pecinta wisata bahari. Pasalnya, pulau ini jadi primadona untuk urusan kekayaan hayati dan biota laut yang dapat Anda nikmati dengan cara menyelam ke dalamnya.

Penyelam dapat memakai peralatan lengkap atau hanya sebatas alat snorkel untuk melihat secara langsung Taman Lautnya. Anda akan disuguhi berbagai jenis ikan hias yang sangat cantik dan tentu jara terumbu karang. Primadona wisata bahari di NTT satu ini mampu menghipnotis setiap wisatawan yang datang ke pulau Bidadari.

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat.

9. Pulau Kepa

Pulau Kepa
Image Credit: Facebook.com @beritadarialor

Bagi masyarakat Indonesia yang lelah dengan keramaian kota, maka dapat berkunjung ke pulau Kepa. Anda akan disuguhi ketenangan dan keindahan alam yang luar biasa, seperti pasir putih yang lembut dan laut yang tenang. Ketenangan ini dapat Anda peroleh dengan menempuh jalur laut selama kurang lebih 10 menit dari dermaga Alor Kecil.

Bagaikan menyepi dari keramaian, Pulau Kepa jadi salah satu tempat yang terlupakan oleh dunia. Anda tak akan menemukan kemajuan zaman di tempat ini, sehingga hanya ada keindahan laut yang luar biasa. Termasuk Taman Laut yang sangat indah di kawasan Taman Laut Teluk Mutiara yang diklaim sebagai taman terindah di dunia.

Lokasi: Desa Alor Kecil, Kec. Alor Barat Laut, Kab. Alor.

10. Pulau Kambing

Pulau Kambing
Image Credit: Instagram.com @acs.sese

Pulau satu ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, tapi justru diklaim sebagai pantai terkecil. Luas wilayahnya tak terlalu besar, tetapi justru memiliki keindahan alam yang mampu menghipnotis wisatawan. Di lokasi ini, para pengunjung hanya akan melihat bukit yang tinggi tegak dan koral beraneka warna yang menghiasi laut.

Daya tarik yang mampu menarik minat wisatawan, yaitu hamparan pasir putih yang lembut serta air laut yang biru. Pantai yang cukup tenang ini mampu menarik minat wisatawan untuk berenang, diving, atau snorkeling. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendaki bukit untuk mendapatkan pemandangan luar biasa dan mengabadikannya dalam potret foto.

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat.

Nusa Tenggara Timur terkenal dengan Taman Nasional Komodo, tetapi banyak yang tidak tahu bahwa kawasan dilindungi itu memiliki pulau pulau kecil di sekitarnya. Di luar itu, NTT juga memiliki beberapa pulau cantik yang tak boleh dilewatkan. Anda akan disuguhi berbagai keindahan alam dan kekayaan hayati yang dapat dieksplor lebih dalam.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending