Pulau Tidung, Jakarta

Pulau Tidung, Jakarta

Lokasi: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.
Map: Cek Lokasi

Berwisata adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kepenatan dari rutinitas harian yang dimiliki. Bersama dengan keluarga yang dimiliki, kegiatan tersebut juga akan menjadi lebih semarak dan menyenangkan. Terdapat banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan Jakarta. Seperti misalnya adalah Pulau Tidung. Lalu apa keistimewaan dari pulau tersebut? Mari simak ulasannya lebih lengkap disini.

Daya Tarik Pulau Tidung

Daya Tarik Pulau Tidung
Image Credit: Pulauseributraveling.com

Sama halnya dengan Pulau Bidadari, Pulau Tidung ini masih termasuk di wilayah Kepulauan Seribu. Banyak wisatawan yang berasal dari daerah Jakarta maupun daerah lainnya yang berkunjung ke pulau tersebut. Salah satu faktor penyebabnya tentu saja dari keindahan dan daya tarik yang dimiliki oleh pulau ini. Dengan daya tarik tersebut membuat banyak pelancong betah berlama lama di pulau tersebut.

Salah satu daya tarik dari Pulau Tidung ini adalah dari keindahan alam yang dimilikinya. Di pulau tersebut Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang elok dan eksotik. Tak hanya itu keanekaragaman dari biota laut di kawasan tersebut pun menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Dengan informasi yang dapat dicari dengan mudah saat ini, keindahan pulau in juga menjadi banyak dikenal oleh masyarakat secara luas.

Daya Tarik Pulau Tidung Jakarta
Image Credit: Duniatravel.co.id

Dengan keindahan alam yang dimilikinya, Anda dapat menjadikan pulau tersebut sebagai pilihan destinasi wisata saat musim liburan. Di akhir pekan pun Anda juga bisa merencanakan untuk berlibur ke pulau nan indah tersebut. Pulau ini sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Setiap pulau tersebut juga memiliki kelebihan dan keindahannya masing masing.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Tidung

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Tidung
Image Credit: Yukpigi.com

Masih berapa di kawasan Kepulauan Seribu menjadikan Pulau Tidung banyak dikunjungi oleh orang orang yang tinggal di daerah ibukota. Karena dengan jarak tempuh yang ada, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam tanpa perlu pergi ke daerah lain di luar Jakarta. Dengan jarak yang ada, biaya yang diperlukan untuk sampai ke pulau tersebut juga cenderung akan lebih ramah di kantong.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, terdapat rute tersendiri yang bisa Anda tempuh. Anda dapat juga menggunakan kendaraan umum untuk sampai kesana. Dengan menggunakan kapal feri, Anda bisa sampai ke pulau yang eksotis ini. Untuk sampai kesana diperlukan waktu sekitar 2 jam saja dengan menggunakan kapal feri tersebut yang berangkat dari dermaga yang ada.

Begitu sampai disana, Anda akan sampai di dermaga Pulau Tidung yang dikelilingi pemandangan yang indah. Harga dari tiket kapal feri ini juga terbilang pas di kantong. Dengan kendaraan tersebut, Anda bisa mengajak rombongan keluarga besar untuk turut serta berlibur ke pulau yang tidak kalah indah dengan Bali dan Lombok meskipun terletak tidak jauh dari ibukota.

Biaya Wisata ke Pulau Tidung

Biaya Wisata ke Pulau Tidung
Image Credit: Onlineshop0603.blogspot.com

Sedikit berbeda dengantempat wisata lain, untuk masuk dan berlibur ke pulau ini tidak ada tiket khusus yang harus Anda beli terlebih dahulu. Anda hanya perlu membayar biaya tiket kapal untuk masuk ke pulau tersebut. Tiket kapal itu juga sudah akan termasuk di dalam harga paket wisata saat Anda berlibur dengan menggunakan agen. Dengan jumlah harga yang ada akan terbayar lunas melalui panaroma yang akan Anda nikmati disana.

Dengan kemajuan zaman yang ada saat ini, saat Anda hendak menggunakan agen wisata juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda dapat memilih jenis paket yang memiliki harga berbeda beda di dalamnya. Biasanya harga tersebut akan berbeda sesuai dengan berapa lama waktu yang ditawarkan dalam berlibur ke pulau tersebut. Juga dapat tergantung dari fasilitas yang akan Anda peroleh saat berwisata.

Namun pastikan untuk memilih agen yang terpercaya sebelum berlibur ke pulau ini. Dengan cara in diharapkan dapat membuat liburan Anda menjadi semakin menyenangkan. Anda juga bisa mencari promo menarik yang biasanya ditawarkan untuk para wisatawan. Dengan promo yang ada tentu akan menjadikan anggaran dana dapat difungsikan untuk hal hal lainnya saat berwisata di pulau tersebut.

Kegiatan Menarik di Pulau Tidung

Kegiatan Menarik di Pulau Tidung
Image Credit: Pulautidung-indonesia.com

Tidak hanya menikmati pemandangan yang indah saja, banyak kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan di pulau tersebut. Contoh aktivitas yang bisa Anda lakukan ialah menikmati biota laut secara langsung di area sekitar pulau tersebut dengan snorkeling. Di pulau ini Anda dapat menikmati wisata water sport yang disediakan oleh pihak pengelola. Anda bisa mencoba menggunakan kano, jet ski, banana boat, dan maih banyak lagi yang lainnya.

Di pulau ini, Anda juga bisa berkunjung ke Pantai Pasir Putih yang memiliki pemandangan indah seperti layaknya berlibur ke pantai di pulau dewata. Selain berkunjung ke pantai yang ada disana, aktivitas lain yang dapat Anda lakukan adalah adalah bersepeda mengelilingi pulau. Anda dapat menikmati kegiatan bersepeda tersebut sembari mengenal lebih jauh tentang aktivitas masyarakat yang tinggal di pulau tersebut.

Bagi Anda penggemar senja, tentu momen terbenamnya matahari merupakan salah satu momen yang dinantikan. Saat berada di pulau ini, Anda bisa menikmati sunset tersebut dari atas jembatan yang ada disana. Siluet jembatan yang dilatarbelakang oleh sunset tentu menjadikan pemandangan menjadi semakin indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja oleh para pengunjung. Anda pun dapat melakukan pesta barbeque di tempat wisata ini.

Penginapan di Pulau Tidung

Penginapan di Pulau Tidung
Image Credit: Limakaki.com

Bagi Anda yang hendak tinggal lebih lama dan menikmati momen liburan di pulau tersebut juga terdapat banyak pilihan penginapan disana. Penginapan atau homestay tersebut juga memiliki spesifikasi yang berbeda beda. Mulai dari harga, fasilitas, kapsitas, dan juga kondisi dari tempat penginapan tersebut. Dengan banyaknya penawaran tempat penginapan tersebut tentu akan lebih menguntungkan bagi para wisatawan yang datang ke pulau tersebut.

Letak dari beragam penginapan tersbut juga beragam. Terdapat beberapa penginapan yang berada di pinggir pantai bagi Anda yang menyukai pemandangan laut untuk mengatasi kepenatan. Dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda bisa memesan penginapan yang ada jauh jauh hari seblumnya. Hal tersebut tentu dilakukan sebagai upaya agar membuat liburan yang Anda miliki menjadi lebih menyenangkan.

Dapat diketahui sebelumnya bahwa Pulau Tidung ini terbagi menjadi dua bagian. Di antara kedua pulau tersebut terdapat jembatan kecil yang diburu oleh banyak pengunjung yang datang. Nama dari jembatan itu sendiri adalah Jembatan Cinta. Letak dari jembatan ini juga cukup tinggi di atas permukaan laut, yaitu sekitar 8 meter di atas permukaan laut yang ada di bawahnya. Sementara kedalaman dari laut di bawah jembatan ini kurang lebih adalah 5 meter.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tidung

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tidung
Image Credit: Dinotraveling.com

Pulau Tidung yang merupakan salah satu tempat wisata populer di Kepulauan Seribu ini juga menawarkan banyak fasilitas bagi Anda. Seperti misalnya adalah fasilitas berupa warung makanan yang menjual aneka sajian lezat di dalamnya. Anda dapat menemukan aneka hidangan dari hasil laut yang masih segar saat berkunjung ke warung makanan tersebut. Tak hanya itu, juga masih terdapat banyak jenis sajian yang lain disana.

Fasilitas lain yang tidak kalah menarik di pulau ini adalah camping ground yang bisa Anda gunakan. Anda hanya perlu membayar sekitar 50 ribu rupiah saja untuk dapat kemping di tempat tersebut. Sementara untuk fasilitas lain di pulau ini juga tidak kalah memadai sama halnya tempat wisata di daerah lain. Seperti misalnya fasilitas berupa kamar mandi dan juga tempat beribadah berupa  mushola bagi pengunjung yang datang ke pulau tersebut.

Sementara juga terdapat tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh oleh khas dari Pulau Tidung ini. Di pulau ini Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk memperoleh liburan yang unik dan berbeda. Dengan fasilitas selengkap ini tentu saja tidak dapat dipungkiri bahwa Pulau Tidung menjadi disukai oleh para pengunjung di antara pulau di Kepulauan Seribu yang lainnya.

Dengan daya tarik yang dimilikinya, Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi hingga saat ini. Selain memiliki keindahan alam yang eksotik, hal lain yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk sampai kesana. Fasilitas yang memadai juga dapat Anda peroleh saat berkunjung ke pulau yang memiliki pantai indah tersebut.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending