10 Pulau Cantik di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Pulau Cantik Jawa Timur

Jawa Timur tak hanya memiliki wisata alam yang indah. Beragam pulau kecil yang mengelilinya juga memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat Anda terpukau.

Beribukota di Surabaya, Jawa Timur dikenal memiliki wisata alam berupa pegunungan dan pantai yang sangat memukau. Namun, tak hanya itu saja di provinsi ini juga terdapat beberapa pulau yang memiliki pemandangan dan daya pikat tersendiri. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjunginya, berikut ulasan beberapa pulau indah yang ada di Jawa Timur.

1. Pulau Nusa Barong, Jember

Pulau Nusa Barong, Jember
Image Credit: Indonesiatraveler.id

Siapa sangka di daerah Jember ternyata menyimpan pesona alam yang begitu memuaskan. Selain dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau utama, Jember ternyata memiliki satu pulau indah yang wajib untuk Anda kunjungi. Memiliki nama Pulau Nusa Barong, destinasi satu ini berada di daerah Desa Puger. Dapat dikatakan jika Nusa Barong merupakan pulau terluar yang ada di Indonesia, tepatnya di Samudra Hindia.

Nusa Barong sendiri telah ditetapkan menjadi cagar alam sejak tahun 1920. Dengan memiliki nama Cagar Alam Pulau Nusa Barong, pulau ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur. Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda cukup menyebrang dengan menggunakan perahu nelayan. Pulau yang indah ini mempunyai hutan pantai, hutan mangrove dan juga hutan dataran rendah.

Untuk Anda yang ingin berlibur dengan suasana alam yang masih asri dan hijau, maka Pulau Nusa Barong tentu saja menjadi jawaban yang bisa Anda dapatkan. Disini, menyimpan berbagai keindahan aneka ragam flora dan fauna. Mulai dari spesies mamalia, reptil, burung hingga serangga yang dilindungi. Ada pula penyu hijau, rusa jawa, hingga elang laut dada putih yang sangat indah bisa Anda temukan disini.

Lokasi: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Kab. Jember.

2. Gili Labak, Sumenep

Gili Labak, Sumenep
Image Credit: Pantainesia.com

Gili Labak menjadi salah satu pulau yang kerap kali disambangi wisatawan untuk berlibur. Pulau ini sendiri menjadi salah satu wilayah terkecil diantara 127 pulau lainnya yang ada di daerah Sumenep. Meskipun memiliki luas tak sampai 5 hektar, namun Anda bisa melakukan berbagai macam aktifitas menarik disini. Bahkan Anda pun bisa mengelilingi pulau ini hanya dengan waktu setengah jam saja.

Namun, pesona dari Gili Labak tak bisa ditampik lagi. Keindahan alam bawah lautnya sungguh mempesona. Anda pun akan dibuat terbuai dengan biota laut indah yang akan memanggil Anda untuk menyelam. Tak mengherankan jika wisata ini sering digunakan sebagai jujukan pelancong yang ingin melakukan snorkeling. Pasalnya, keindahan bawah lautnya akan sangat memanjakan mata.

Lokasi: Jl. Pulau Gili Labak, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

3. Pulau Kambing, Sampang

Pulau Kambing, Sampang
Image Credit: Putramandanginblogadrees.blogspot.com

Masih di daerah Madura, tepatnya Sampang juga terdapat pulau yang memiliki panorama super eksotis. Dengan berjarak sekitar 1,5 jam saja dari Kabupaten Sampang maka Anda sudah bisa sampai ke pulau yang indah ini. meskipun memiliki nama Pulau Kambing, namun pulau satu ini tidak dihuni oleh hewan ternak tersebut. Disini, Anda bisa mengunjungi berbagai macam destinasi menarik yang ada di dalamnya.

Mulai dari wisata Pasir Putih hingga Batu Alam Candin. Pesona wisata alam yang sangat memukau bisa Anda nikmati di tempat satu ini. Ditambah lagi dengan panorama alam yang masih asri dan pantainya yang sangat eksotis membuat Anda betah untuk berlama lama di tempat satu ini. Selain itu, bagi Anda yang ingin menikmati momen sunset yang indah, Pulau Kambing menjadi lokasi yang cocok untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Gunung Sekar, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

4. Pulau Kangean, Madura

Pulau Kangean, Madura
Image Credit: Indonesiatravel.news

Pulau Madura menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pulau pulau cantik lainnya. Memiliki letak di sebelah utara dari Pulau Bali dan dekat dekat Pulau Lombok ini, ternyata Pulau Kangean masih menjadi wilayah dar Sumenep. Pulau yang indah ini keberadaannya masih belum banyak diketahui oleh orang. Anda bisa mengunjungi pulau satu ini dengan menempuh kapal Ferry dalam waktu sekitar 8 jam saja.

Pulau yang dikelilingi oleh lautan ini memiliki beberapa spot untuk snorkeling yang sangat bagus. Ketika masuk ke wilayah perairan pulau ini, maka Anda akan disuguhkan dengan cantiknya terumbu karang dan jernihnya air laut yang bisa Anda temukan di perairan di Pulau Kangean. Keindahan alam bawah lautnya tersebut, juga didukung dengan memukaunya panorama alam yang dihadirkan oleh wisata ini.

Lokasi: Kangayan, Kab. Sumenep.

5. Gili Ketapang, Probolinggo

Gili Ketapang, Probolinggo
Image Credit: Explorebromo.com

Tak hanya di Madura dan Lombok saja, gili gilian juga bisa untuk Anda temui ketika berada di kota Probolinggo. Hal ini dikarenakan di kota yang indah ini memiliki pesona yang akan membuat banyak wisatawan menjadi terpukau. Dengan berjarak sekitar 8 km saja dapat pantai utara kota Probolinggo dan di Selat Madura, Anda bisa menyebrangnya melalui Pelabuhan Ujung Tembaga.

Disini, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastinya Anda wajib untuk snorkeling. Sebab, pulau indah satu ini memiliki keindahan biota laut yang tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Terumbu karang yang berwarna warni hingga ikan kecil yang beraneka jenis akan membuat Anda betah melakukan aktivitas menyelam di lautan Gili Ketapang ini.

Segerombolan ikan badut yang lucu juga bisa untuk Anda temukan ketika menyelam di pulau satu ini. Ketika lelah melakukan snorkeling, Anda juga bisa untuk berjalan jalan menyusuri pulau yang memiliki luas sekitar 68 hektar ini. Tentu saja, daya pikat dari destinasi satu ini akan menyihir Anda untuk mengunjunginya. Untuk itu, tak ada salahnya singgah sejenak untuk menikmati indahnya alam di tempat wisata satu ini.

Lokasi: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo.

6. Pulau Bawean, Gresik

Pulau Bawean, Gresik
Image Credit: Kompasiana.com

Bawean merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah Laut Jawa. Untuk lebih tepatnya, berada sekitar 120 kilometer dari kota Gresik bagian utara. Disini, Anda bisa menemukan spesies rusa endemik yang hanya bisa untuk Anda temui di wilayah Pulau Bawean saja. Rusa tersebut berjenis Axis Kuhli, yang tentu saja asing bagi sebagian besar telinga Anda.

Di Pulau satu ini menawarkan destinasi menarik yang bisa untuk Anda kunjungi. Sebut saja seperti pemandian air panas yang sangat menyegarkan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk mengunjungi Danau Kastoba, Tanjung Gaang, Pulau Noko dan juga Pulau Gili. Melihat rusa di penangkarannya juga menjadi destinasi wisata menarik yang bisa untuk Anda coba. Ditambah lagi dengan menjelajahi pantai saat surut menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Lokasi: Pulau Bawean, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

7. Gili Iyang atau Pulau Oksigen, Sumenep

Gili Iyang, Sumenep
Image Credit: Takaitu.id

Gili Iyang atau yang kerap kali dijuluki dengan Pulau Oksigen ini dikenal karena mempunyai kandungan oksigen yang tertinggi nomor dua di dunia setelah Yordania. Dengan memiliki udara yang bersih dan juga segar akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama mereka yang ingin mencari nuansa alam yang masih asri dan hawa yang segar.

Pulau satu ini memiliki pepohonan yang cukup rimbun. Sehingga akan mampu meningkatkan kadar oksigen hingga di atas kadar rata rata. Tak hanya dikenal dengan udaranya yang sejuk dan segar saja, Pulau Oksigen juga memiliki aktivitas laut yakni snorkeling dan diving yang akan Anda sukai. Ketika melakukan aktivitas ini, Anda pun akan bisa menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Lokasi: Desa Dungkek, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

8. Gili Bidadari, Sumenep

Gili Bidadari, Sumenep
Image Credit: Instagram.com @amos_pls

Pasir putihnya yang indah, tentu saja akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika mengunjungi pulau satu ini. Pulau ini merupakan salah satu wilayah yang cukup kecil, sehingga hanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga saja. Nama pulau satu ini disebut dengan Gili Bidadari dikarenakan mayoritas penduduk yang mendiami pulau ini adalah kaum hawa.

Selain memiliki hamparan pasir yang sangat putih dan halus, pulau satu ini juga memiliki air laut yang cukup jernih. Kegiatan yang biasanya Anda lakukan di pulau ini adalah menikmati hembusan angin pantai dan juga melihat beragam aktivitas dari warga. Mulai dari melaut dan juga mengolah ikan teri. Anda pun tentu saja bisa membawa ikan teri tersebut untuk oleh oleh di rumah.

Lokasi: Banmaleng, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

9. Gili Raja, Sumenep

Gili Raja, Sumenep
Image Credit: Bangsaonline.com

Daerah Sumenep, Madura memiliki banyak pulau yang bisa untuk Anda kunjungi. Diantaranya adalah Gili Raja yang berada di sebelah tenggara dari Pulau Madura. Gili satu ini menyimpan keindahan tersendiri. Sehingga Anda pun akan dibuat kagum akan pesonanya. Terutama, bagi Anda yang menyenangi kegiatan menyelam di bawah laut.

Hal ini dikarenakan pulau yang indah ini memiliki wisata alam bawah laut yang sangat mempesona dan tidak kalah menakjubkan dibandingkan yang lain. Selain dibius dengan keindahan biota laut, maka Anda juga bisa mengunjungi Pantai Beringin yang memiliki pesona indah tersendiri. Tidak jauh dari tepi pantai tersebut, Anda akan bisa menemukan pohon beringin yang sangat besar.

Ketika Anda melangkahkan kaki menuju ke bawah pohon beringin tersebut, maka Anda akan menemukan sebuah sumur tua yang anehnya tidak pernah kering. Keunikan satu ini tentu saja bisa untuk Anda temukan di pulau yang indah ini. selain itu, di Gili Raja Anda juga akan bisa menemukan Makam Ki Agung Demang yang katanya merupakan penghuni pertama dari pulau satu ini.

Lokasi: Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

10. Gili Pandan

Gili Pandan
Image Credit: Instagram.com @jm_adventour

Ada satu lagi pulau yang bisa Anda singgahi ketika berada di daerah Sumenep. Dimana pulau satu ini bernama Gili Pandan yang menyimpan keindahan tak kalah mempesona dibandingkan dengan pulau yang lain. Meskipun termasuk salah satu pulau yang tidak memiliki penghuni, namun Gili Pandan kerap kali menjadi tempat wisata bagi pelancong.

Tak mengherankan, pasalnya pulau satu ini menyimpan keindahan yang tak bisa diungkapkan dengan kata kata. Airnya yang sangat jernih, pemandangan yang sangat memukau hingga suasana yang sangat asri akan membuat Anda terlena. Oleh karena itu, ada baiknya Anda sekaligus mengunjungi gili satu ini ketika bertandang ke wilayah Sumenep.

Lokasi: Gilipandan, Banmaleng, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

Itulah deretan pulau cantik di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan liburan yang berkesan. Pulau tersebut memiliki keindahan yang sangat mempesona dan tak kalah menarik dibandingkan dengan tempat wisata yang lain. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat yang seru dan baru, maka deretan pulau cantik yang ada di timur Pulau Jawa tersebut wajib untuk dikunjungi. Sehingga, Anda pun bisa merasakan indahnya alam di tengah pulau tersebut.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending