Pulau Bawean Gresik – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Bawean Gresik

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Bawean merupakan pulau kecil yang eksotis dan kaya pesona di Gresik. Wisata bahari yang menyuguhkan keindahan pantai, danau, mangrove dan berbagai daya tarik lainnya.

Biaya Wisata: Mulai Rp 162.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Sangkapura dan Kec. Tambak, Kab. Gresik, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Bawean dari Gresik memang termasuk destinasi wisata yang jarang terdengar di telinga. Meski tidak seterkenal destinasi laut lain, pulau ini memiliki keunikan tersendiri, seperti letaknya yang berada di tengah-tengah Laut Jawa.

Pulau Bawean berjarak 120 kilometer dari daratan Pelabuhan Gresik atau kurang lebih 80 mil. Di pulau ini Anda bisa mendapatkan banyak fasilitas liburan. Untuk datang ke sini, Anda harus naik perahu menyeberangi lautan atau bisa menggunakan kapal feri yang bisa Anda pesan beberapa hari sebelumnya.

Pemandangan di pulau ini akan sangat memanjakan mata, apalagi jika Anda menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit. Birunya lautan dan putihnya pasir pantai tidak akan membuat Anda menyesal telah memutuskan untuk berlibur kemari. Bisa dikatakan, Anda akan mendapatkan paket lengkap liburan jika berkunjung ke pulau cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Bawean

Daya Tarik Pulau Bawean
Image Credit: Twitter.com @ghiast25

1. Danau Kastoba

Kecamatan Tambak adalah salah satu dari dua kecamatan yang ada di Pulau Bawean, yang satunya adalah Kecamatan Sangkapura. Di tempat ini terdapat sebuah danau yang dikenal sebagai Danau Toba versi lebih kecilnya.

Dikelilingi pepohonan dan berair tenang membuat tempat ini cocok untuk mencari ketenangan. Area sini masih jarang dikunjungi wisatawan. Memiliki luas 725 hektar disertai kejernihan airnya membuat tempat ini sering untuk berenang. Anda juga bisa mengabadikan foto Anda bersama keluarga atau teman-teman Anda di sini.

Untuk sampai di Danau Kastoba, Anda yang sudah melakukan perjalanan dari Pelabuhan Gresik menuju lokasi wisata harus menaiki kendaraan menuju Desa Paromaan. Setelah itu, Anda harus menaiki bukit terlebih dahulu sebelum akhirnya sampai ke Danau.

2. Keindahan Bawah Laut Pantai Pulau Noko Selayar

Terletak hampir 4,5 kilometer jauhnya dari Pulau Bawean membuat Anda yang ingin ke pulau kecil ini harus menyeberang menggunakan perahu. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah, apalagi jika Anda melihat matahari tenggelam di sini. Sinar jingga yang mewarnai ufuk Barat seolah menyihir mata Anda untuk terus menatapnya.

BACA:  Pulau Bidadari Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Walau terpisah, Pulau Noko Selayar masih satu kecamatan dengan Sangkapura, Desa Sungairujing. Di pantai ini pemandangan bawah laut adalah yang paling menarik. Terkenal di antara pengunjung bahwa terumbu karang di sini indah dan tertata. Berbagai warna ikan dan tumbuhan laut menghiasi pemandangan bawah air pantai ini.

3. Keindahan Pantai Gili Noko

Berpasir putih dan lembut, Pantai Gili Noko adalah salah satu dari sekian pilihan pantai yang bisa Anda kunjungi di Pulau Bawean. Dengan air pantainya yang cocok digunakan untuk snorkling, Anda juga dapat berenang santai sambil menenangkan pikiran Anda sejenak.

Di area ini juga terdapat penjual makanan yang tersebar di beberapa tempat, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan setelah berenang. Untuk datang ke sini Anda perlu menaiki perahu dan menempuh kurang lebih 10 menit perjalanan. Biaya menaiki perahu bervariasi, dari 250 ribu rupiah sampai 350 ribu untuk setiap 10 orang yang menyeberang.

4. Air Terjun Laccar

Tingginya sekitar 20 meter dengan pemandangan batu dan hijaunya alam di sekitar air terjun ini yang menyegarkan. Air terjun ini berada di wilayah Kecamatan Sangkapura, Desa Teluk Dalem. Walau jaraknya dari kecamatan Sangkapura sejauh 15 kilometer dan harus melewati jalan licin kecil dan berbatu, para wisatawan tetap berjuang untuk melihat pemandangan Air Terjun Laccar.

Suasana alamnya yang asri dan natural menjadikan wisata ini ramai wisatawan. Kepenatan yang Anda dapatkan ketika melakukan perjalanan kemari akan hilang terbayar oleh keindahan air terjun. Spot foto yang eksotis dan instagramable akan banyak Anda temui di sini.

Daya Tarik dari Pulau Bawean
Image Credit: Twitter.com @inigresik

5. Pantai Kuburan Panjang

Dipercaya sebagai makam salah satu bawahan Aji Saka, Pantai Kuburan Panjang memiliki banyak keindahan yang patut diperhitungkan. Letaknya di Desa Lebak, sebuah desa yang berada di Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean.

Salah satu keunikan pantai ini adalah adanya dua sisi pantai yang terpisah dengan daratan. Dua sisi pantai ini bagai tidak berada di wilayah yang sama, dengan satu berombak tenang dan satunya lagi lumayan kencang. Pantai ini cocok dijadikan spot bagi penikmat senja maupun fajar.

6. Pantai Mayangkara

Tanah berpasir di dekat pantai yang luas ini biasanya dijadikan tempat bermain sepak bola bagi warga di sekitar sana. Beberapa wisatawan menjadikan pertandingan bola ini sebagai tontonan hiburan mereka. Salah satu daya tarik di Pantai Mayangkara adalah ombaknya yang dingin serta pasirnya yang seputih salju.

Menempuh perjalanan sejauh 500 meter dari jalan raya Singkapura – Tambak, pantai yang berada di Desa Kepuhteluk ini dikatakan tidak kalah dari pantai di Pulau Dewata. Keindahan yang masih alami memenuhi pemandangan pulau ini. Anda tidak akan menyesal jika datang ke Pantai Mayangkara.

BACA:  Pantai Pangi Blitar - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

7. Tanjung Gaang

Dikatakan, tempat ini adalah favorit dari semua destinasi di Pulau Bawean. Berada di Dusun Somor-Somor, Tanjung Gaang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kecamatan Sangkapura. Daya tarik yang dimiliki tempat ini terletak pada jejeran batu karangnya yang berdiri gagah.

Selain karang, terdapat bukit-bukit yang menjulang indah menghadap ke lautan. Anda dapat melihat ke bawah dimana terdapat pemandangan jernihnya air pantai. Tempat ini juga menjadi spot terbaik bagi Anda yang ingin melihat jingganya matahari terbenam.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Bawean

Lokasi Pulau Bawean
Image Credit:  Facebook.com @baweantourism

Pulau eksotis ini memiliki dua kecamatan, yaitu Tambak dan Sangkapura. Dengan total penduduk sebanyak 107 ribu jiwa, Anda akan disambut ramah ketika sampai di sana. Pulau Bawean ada di tengah Laut Jawa, kurang lebih 120 kilometer dari daratan. Wilayahnya termasuk di daerah Gresik, Jawa Timur.

Ada dua pilihan rute perjalanan yang bisa Anda pilih, yaitu lewat laut atau udara. Jika dari udara, Anda dapat langsung terbang dari Surabaya menuju Bawean. Dan jika dari laut, Anda bisa menyewa kapal boat dengan lamanya perjalanan sekitar 4 sampai 5 jam untuk tiba di lokasi wisata.

Anda juga dapat membawa kendaraan Anda dengan menumpangkannya di kapal feri. Anda dapat memesan pengantaran beberapa hari sebelumnya.

Biaya Wisata ke Pulau Bawean Gresik

Biaya ke Pulau Bawean
Image Credit: Twitter.com @amanda_a_k

Pulau ini tidak memasang tarif untuk masuk menikmati keindahan alamnya. Hanya saja, ketika Anda kemari, mau tidak mau Anda akan menyewa kapal atau menaiki pesawat. Uang awal yang akan keluar adalah biaya transportasi. Jangan lupakan biaya untuk perjalanan dari Bawean – Gresik sepulangnya Anda berlibur.

Biaya selanjutnya yang dihitung adalah biaya penginapan. Empat hotel yang tertulis di atas hanya beberapa dari yang aslinya tersedia di Pulau Bawean. Carilah penginapan termurah yang strategis dan fasilitasnya cukup untuk menunjang Anda selama berada di sana.

Selain itu, beberapa destinasi wisata mematok tarif masuk bagi para pengunjungnya. Jika ada yang gratis, maka Anda hanya perlu membayar tempat parkir juga uang transportasi. Transportasi yang dimaksud adalah ketika Anda harus menyewa kendaraan darat maupun laut untuk menyeberang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Bawean

Aktivitas di Pulau Bawean
Image Credit: Facebook.com @backpacker-nusantara

1. Berenang di Pantai

Seperti yang sudah tertulis di atas, Anda dapat berenang dan menikmati pemandangan bawah laut yang sangat indah. Beberapa pantai memiliki ombak yang kencang sehingga cocok untuk berselancar atau hanya sekedar snorkling.

Mulai dari Danau Kastoba sampai Tanjung Gaang, semuanya adalah tempat yang indah dan sangat direkomendasikan untuk liburan. Mereka menampilkan pemandangan masing-masing yang masih terjaga keasriannya dan eksotis.

2. Mengabadikan Momen Liburan

Sebuah kewajiban bagi Anda untuk membawa kamera ketika bepergian, entah itu dari ponsel atau go-pro. Tidak hanya ketika Anda berlibur ke Pulau Bawean, semua destinasi wisata akan menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto.

BACA:  10 Wisata Bahari Terindah di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dijelajahi

Terdapat banyak spot foto indah dan menarik di pulau ini, berhubung destinasi liburan di pulau ini juga banyak. Dari pantai, atas bukit, danau, hingga pepohonan hijau yang rindang. Bagai satu paket lengkap, Anda akan mendapatkan semuanya jika berlibur ke tempat ini.

3. Menyantap Hidangan Laut Segar

Seperti di Mangrove Hijau Daun dimana Anda dapat memakan ikan bakar, terdapat juga hidangan lain dari laut yang dapat Anda nikmati. Di sekitaran tempat liburan ini hampir semuanya memiliki restoran atau tempat makan pinggir jalan.

4. Menikmati Matahari Tenggelam di Atas Bukit atau Karang

Menaiki karang atau bukit-bukit mini memang menimbulkan sedikit tantangan, berhubung medannya pasti lebih terjal dan berbatu dari jalan biasa. Anda akan dituntut untuk berhati-hati melangkah agar tidak terpelosok dan terluka.

5. Menengok dan Memberi Makan Rusa Bawean

Pada awalnya hanya terdapat dua ekor rusa milik salah satu warga Pulau Bawean, sebelum akhirnya dibeli oleh pihak pemerintah dan dikembangbiakkan hingga pada saat ini sudah berjumlah 30 ekor. Pemerintah merasa perlu mengembangkan jenis rusa endemik dan menjadikannya salah satu destinasi wisata Bawean.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Bawean

Penginapan di Pulau Bawean
Image Credit: Google Maps (Fathurrahman Mp)

1. Hotel Pusaka Bawean

Sebuah hotel yang berdiri tidak jauh dari dermaga. Di tempat ini Anda akan mendapatkan fasilitas yang lumayan memadai, seperti AC, kamar mandi dalam, wifi gratis yang akan memberi Anda kenyamanan dalam beristirahat.

2. Hotel Intan

Di antara kamar standar atau VIP yang dapat Anda pilih, fasilitas di sini cukup memadahi untuk Anda beristirahat seperti AC, breakfast, kipas angin, televisi dan lain-lain. Terletak di Jalan Dermaga nomor 8B Sangkapura, Gresik.

3. Hotel Barokah

Terletak di Jalan Perikanan no 49, Anda dapat menemukan hotel berlantai dua ini berdiri, persis di depan pelabuhan baru. Anda akan mendapat fasilitas AC dan kamar mandi dalam di sini. Kamar hanya tersedia 10 pintu.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Bawean Gresik

Fasilitas di Pulau Bawean
Image Credit: Facebook.com @wego.indonesia

Destinasi wisata di Pulau Bawean sangat menarik dikunjungi. Fasilitas di sini pun sedikit-banyak cukup untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Fasilitas utama di sini adalah banyaknya destinasi yang bisa dikunjungi. Banyak dari tempat-tempat itu memiliki spot untuk makan dan beristirahat.

Selain itu, terdapat fasilitas tambahan seperti kamar mandi, lahan parkir, juga penginapan yang akan menjadi tempat istirahat wisatawan.

Pulau Bawean adalah salah satu pulau yang ada di Indonesia, pulau ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang kedepannya akan terus ramai seiring berjalannya waktu. Fasilitas di pulau ini pun akan turut berkembang supaya memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelancong yang berlibur ke pulau eksotis di Gresik.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending