Keindahan Pulau Payung, Destinasi Favorit Para Pecinta Snorkeling

Keindahan Pulau Payung, Destinasi Favorit Para Pecinta Snorkeling
Biaya Wisata: Mulai Rp 75.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Payung adalah sebuah pulau yang berlokasi di daerah Kepulauan Seribu. Namanya memang kalah tenar dengan nama pulau populer di Kepulauan Seribu lainnya seperti Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Tidung yang berada di dekatnya. Namun jangan sampai salah, jika pulau yang satu ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pulau-pulau sekitarnya.

Di area yang memiliki luas sekitar 20 hektar ini masih ada warga yang tinggal disana, oleh sebab itu untuk berkunjung ke pulau yang memiliki pantai berpasir putih ini cukup mudah. Ada banyak rute dan sarana umum yang bisa digunakan untuk menginjakan kaki ke pulau yang masih sangat alami tersebut.

Ketika sudah sampai di lokasi Pulau Payung ini, para wisatawan akan dibuat terpesona dengan keindahannya. Dari pantai hingga laut dan bahkan akan membangunkan jiwa narsis para wisatawan untuk berfoto sepuasnya. Pulau ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau ramai-ramai bersama teman-teman, karena akan lebih menarik jika semakin banyak orang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Payung

Daya Tarik Dimiliki Pulau Payung
Image Credit: Instagram.com @hantulaut_onny

Jika berbicara tentang daya tarik dari pulau yang berlokasi di Kepulauan Seribu tidak akan hilang dari alamnya. Seperti yang sudah diketahui daya tarik utama dari Kepulauan Seribu adalah pantai dan lautnya, atau gampangnya adalah alam dari pulau tersebut. Begitu juga dengan Pulau Payung yang berada di lokasi Kepulauan Seribu. Berikut adalah beberapa daya tariknya.

1. Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih memang menjadi sebuah daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Oleh sebab itu pulau yang berada di daerah Kepulauan Seribu ini juga mengandalkan keindahan pantainya dalam menarik pengunjung. Di pantai pasir putih ini para wisatawan bisa bermain bersama keluarga atau teman-teman mereka.

Bahkan dengan pasir putih yang ada di pantai ini membuat hasil foto akan lebih bagus. Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan berfoto jika sudah menginjakan kaki ke pulau ini.

2. Ombak Pantai

Dimulai dari ombak pantai yang tergolong kecil bisa membuat siapa saja bisa bermain air di pinggir pantai. Bahkan anak-anak atau orang dewasa yang tidak tahu berenang bisa dengan puas bermain air laut dengan ombak yang kecil disini. Ombak yang kecil ditambah pantai pasir putih akan sangat cocok untuk wisata keluarga terlebih bersama anak-anak.

3. Wisata Bawah Laut

Berikutnya beralih ke perairan yang lebih dalam para wisatawan bisa melakukan kegiatan snorkeling dan menikmati keindahan alam bawah lautnya. Kepulauan Seribu terkenal dengan alam bawah laut yang sangat indah, karena dijaga dan jauh dari para tangan-tangan nakal perusak alam. Oleh sebab itu, jika sudah sampai di sini cobalah melakukan snorkeling dan menikmati alam bawah lautnya.

Daya Tarik Pulau Payung
Image Credit: Google Maps (Hendra Widianto)

4. Alam Sekitar Pulau

Dari wisata bawah laut sekarang beralih ke pemandangan indah dari laut dan beberapa pulau sekitar Pulau Payung Dumai. Dari pinggir pantai para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang diberikan, mulai dari pemandangan beberapa pulau dari kejauhan di hamparan birunya laut hingga alam sekitar pantai dengan beberapa pohonnya.

5. Sunset

Salah satu momen yang paling indah setiap harinya adalah sunset atau saat matahari terbenam. Dari pinggir pantai Kawasan pulau ini para wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan momen yang terjadi ketika sore hari ini, dimana dari kejauhan akan terlihat langit yang mulai berubah warna menjadi merah kekuningan dan matahari mulai terbenam diantara pulau dan lautan.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Alamat Pulau Payung
Image Credit: Google Maps (Salman Makam)

Pulau Payung berlokasi di daerah Kepulauan Seribu yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Dengan lama perjalanan antara 1 jam sampai 2 jam dari Ibukota Jakarta. Untuk rutenya bisa dimulai dari Dermaga Marina Ancol menggunakan speed boat sewaan selama 1 jam, atau dari Pelabuhan Kali Adem menggunakan kapal feri selama 2 jam perjalanan.

Untuk biaya berlibur ke Pulau Payung melalui Dermaga Marina Ancol dengan kapasitas 21 orang akan memakan biaya sebesar Rp. 740.000 yang akan menemani para wisatawan dari pergi hingga pulang kembali ke Dermaga Marina Ancol. Sedangkan bagi wisatawan yang mau berangkat melalui Pelabuhan Kali Adem dengan kapasitas 21 orang seharga Rp. 440.000 untuk pulang pergi.

Jika mau yang lebih murah para wisatawan bisa menggunakan transportasi umum kapal feri dari Pelabuhan Kali Adem. Harga tiket yang harus dibayar adalah seharga Rp. 75.000 per orangnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Payung

Aktivitas Seru di Pulau Payung
Image Credit: Instagram.com @lazuardie

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika mengunjungi pulau yang memiliki luas sebesar 20 hektar ini. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan apa yang yang bisa dilakukan di Pulau Payung.

1. Bermain Air di Pinggir Pantai

Kegiatan paling pertama dan merupakan salah satu kegiatan wajib ketika menginjakan kaki ke pulau ini adalah bermain air laut di pinggir pantai. Mulai dari ombaknya yang kecil, air laut yang terlihat begitu biru, hingga pasir putih pantai yang begitu indah akan membuat para wisatawan merasa harus untuk bermain air laut di pantai tersebut.

2. Snorkeling

Menikmati keindahan bawah laut merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan di sekitar perairan pulau ini. Terdapat banyak terumbu karang yang begitu cantik yang bisa dilihat langsung dengan mata kepala sendiri, bagi para pecinta snorkeling pasti tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang langkah ini untuk terjun ke dasar laut.

3. Bermain di Pasir Pantai

Pasir pantai yang begitu cantik dengan warna putihnya membuat beberapa orang akan terlihat sibuk membuat istana pasir. Bermain diatas hamparan pasir putih pantai memang salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Selain untuk mengisi liburan, kegiatan ini bisa membuat seseorang lebih kreatif.

Aktivitas di Pulau Payung
Image Credit: Instagram.com @raja.adventure

4. Bersantai Menikmati Alam

Jika kamu mencari tempat yang cocok untuk bersantai dan jauh dari keramaian, maka berlibur ke pulau ini merupakan jawabannya. Pasalnya pulau yang diapit oleh Pulau Pari dan Pulau Tidung ini jauh dari keramaian, jadi sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dan mencari ketenangan dari hiruk pikuknya dunia kota yang begitu ramai.

5. Menikmati Sunset

Bersantai sambil menyaksikan sang matahari yang terbenam dari kejauhan lautan lepas bisa disaksikan bersama orang terdekat di pantai ini. Keindahan langit yang berwarna kuning kemerahan ditambah keindahan lautan yang begitu biru membuat mata siapa saja akan terpana. Apalagi dengan suasana alam yang tenang akan membuat para wisatawan lebih merasakan ketenangan.

6. Berfoto Sepuasnya

Liburan tidak akan lengkap jika tidak melakukan foto bersama. Berfoto dan membuat kenangan bersama orang terdekat memang hal wajib bagi siapa saja, begitu juga ketika berlibur ke pulau di daerah Kepulauan Seribu ini. Dengan alamnya yang begitu luar biasa indah membuat jiwa narsis para wisatawan akan keluar dengan sendirinya.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat Pulau Payung
Image Credit: Google Maps (Mutiara Tidung Resort)

1. Sera Homestay

Bagi kamu yang ingin menginap bersama keluarga bisa menggunakan Sera Homestay yang berada di Pulau Tidung. Untuk harga permalamnya seharga Rp 300.000. Dengan fasilitas seperti AC dan free wifi. Perlu diketahui untuk lama perjalanan dari Pulau Tidung ke Pulau Payung hanya memakan waktu sekitar 5 menit sampai 10 menit menggunakan speed boat.

2. Homestay Safari Pulau Tidung

Masih di Pulau Tidung terdapat sebuah homestay yang bisa digunakan untuk menginap bagi para wisatawan yang ingin bermalam. Untuk harga bermalam di homestay ini adalah seharga Rp 350.000 per malam.

3. Mutiara Tidung Resort

Bagi para wisatawan yang hanya datang bersama pasangan dan ingin mencari penginapan yang lebih murah maka bisa bermalam di Mutiara Tidung Resort. Di resort yang berlokasi di Pulau Tidung ini akan memakan biaya seharga Rp 126.000 per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Payung

Fasilitas Pulau Payung
Image Credit: Google Maps (Travel Pulau Payung)

Pulau Payung merupakan objek wisata yang masih sangat alami maka tidak banyak fasilitas yang bisa ditemukan di pulau ini. Selain pemukiman warga berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan yang datang untuk berlibur.

1. Pelabuhan Kapal

Fasilitas yang pertama ada pelabuhan kapal bagi kapal-kapal yang keluar masuk ke pulau ini. Di pelabuhan ini tidak hanya kapal para wisatawan saja yang bersandar, namun terdapat beberapa kapal milik warga setempat yang digunakan untuk mencari ikan di lautan.

2. Warung Makan

Di pulau ini juga memiliki warung makan milik warga setempat yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Jadi wisatawan bisa memuaskan rasa lapar mereka dengan makan di warung tersebut.

Berlibur ke Kepulauan Seribu merupakan impian beberapa orang, hal ini karena daerah wisata tersebut begitu indah baik dari alam sekitar hingga perairannya. Ketika mengunjungi Kepulauan Seribu jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Payung yang berada di dalam daerah tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending