Gili Ketapang, Probolinggo

Gili Ketapang, Probolinggo

Lokasi: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo.
Map: Cek Lokasi

Wisata alam memang menawarkan liburan yang berbeda dengan wisata yang lain. Salah satu ciri khasnya adalah jauh dari hiruk pikuk kota sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang. Jika sedang mencari tempat wisata dengan menyajikan keindahan pemandangan seperti Gili di Lombok, Anda bisa mengunjungi Gili ketapang yang ada di Probolinggo. Ingin mengetahui lebih banyak tentang wisata bahari terindah di Jawa Timur in? Yuk simak info lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Gili Ketapang

Daya Tarik Pulau Gili Ketapang
Image Credit: Idnjurnal.com

Pesona Gili Ketapang di Probolinggo dapat dilihat dari pasir pantai putih dan keindahan pantainya. Pasir yang ada di tempat ini tampak halus dan lembut, karena memang wilayah ini sangat terjaga kebersihannya. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik menghabiskan liburan di pulau kecil ini. Ada banyak titik titik yang digunakan khusus untuk berfoto, maka tempat ini tujuan yang tepat bagi Anda yang sedang hunting foto saat liburan.

Tak hanya hamparan pasirnya putihnya yang indah ataupun birunya air pantai yang memanjakan mata, keindahan bawah lautnya juga tidak kalah menarik untuk diburu. Ikan ikan yang cantik dan lucu dengan warna warna yang cerah menyelinap di terumbu karang menjadi salah satu pemandangan yang tak boleh dilewatkan. Maka pastikan Anda membawa kamera terbaik untuk mengabadikan setiap momen liburan di Gili Ketapang.

Daya Tarik Pulau Gili Ketapang Probolinggo
Image Credit: Ladies.id

Daya tarik wisata ini tak hanya berfokus pada keindahan alamnya saja, keramahan penduduk sekitar juga menjadi keuntungan selanjutnya yang akan didapatkan oleh para pengunjung. Mengunjungi tempat ini akan membuat Anda seperti berada di rumah sendiri. Mereka menyambut wisatawan dengan baik. Dengan luas wilayah hingga 68 hektar, pulau kecil ini dihuni oleh penduduk dengan jumlah sekitar 7.600 jiwa.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Gili Ketapang

Alamat & Rute Menuju Lokasi Gili Ketapang
Image Credit: Mytrip.co.id

Lokasi tempat wisata ini terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo. Maka perjalanan pertama untuk sampai ke tempat ini, Anda harus mengambil arah menuju Probolinggo.  Jika berasal dari Malang, Surabaya dan sekitarnya maka Anda bisa mengambil rute k arah Probolinggo melewati kabupaten Pasuruan. Setelah melewati jalur kota Probolinggo, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalan Pantura yang nantinya akan melewati pinggir laut.

Rute ini akan mengarahkan Anda menuju ke Pelabuhan Tembaga Probolinggo. Sedangkan jika berasal dari wilayah Selatan yang meliputi Lumajang, Jember dan sekitarnya maka Anda bisa mengambil rute ke pusat Probolinggo atau ke alun alun kota. Selanjutnya, Anda bisa mengambil rute ke utara sampai Anda menemukan pelabuhan Probolinggo. Namun, jika berasal dari Bondowoso, Situbondo dan sekitarnya, maka Anda bisa mengambil rute pantai utara.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa naik transportasi umum menuju ke terminal maupun stasiun Probolinggo. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Namun, jika liburan bersama keluarga sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Setelah sampai di pelabuhan Tanjung Tembaga, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menaiki kapal agar bisa sampai ke Gili ketapang Probolinggo.

Biaya Wisata ke Gili Ketapang Probolinggo

Biaya Wisata ke Gili Ketapang Probolinggo
Image Credit: Explorebromo.com

Berlibur ke suatu tempat, tentu Anda juga mencari tahu tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke tempat wisata tersebut. Mengunjungi Gili Ketapang sendiri, Anda tidak dibebankan biaya atau bisa dikatakan gratis. Namun, saat melewati pelabuhan Probolinggo Anda harus membayar tiket masuk sekitar dua ribu rupiah untuk setiap orangnya. Sedangkan untuk biaya penyeberangan ke pulau Gili ketapang dibanderol dua puluh ribu rupiah.

Untuk  biaya parkir sepeda motor di pelabuhan dibebankan sebesar lima ribu rupiah dan jika Anda membawa mobil, maka biaya parkir menjadi lima belas ribu rupiah. Namun untuk menikmati wisata yang lebih banyak, Anda bisa memilih menggunakan paket wisata. Biasanya harga yang ditawarkan sangat beragam mulai dari Rp 95 ribu hingga Rp 150 ribu setiap orangnya. Namun, untuk paket wisata ini lebih tepat jika Anda liburan bersama rombongan.

Selain itu, saat memilih paket wisata maka Anda harus mematuhi  jadwal kegiatan dan beberapa ketentuan lainnya. Namun perlu diketahui jika jam penyeberangan menuju ke tempat wisata ini tidak selama dua puluh empat jam, dimana pelabuhan hanya dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore saja. Maka jam operasional dari wisata ini juga mengikuti waktu buka pelabuhan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengunjunginya pada saat pelabuhan ini masih dibuka.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Gili Ketapang

Kegiatan Menarik Dilakukan di Gili Ketapang
Image Credit: Explorewisata.com

Mengunjungi tempat wisata ini tentu Anda bisa melakukan banyak hal. Mulai dari menikmati keindahan pantainya hingga berenang di pinggir pantai. Namun, diantara sekian kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini,aktivitas yang menjadi andalan bagi para wisatawan adalah snorkeling. Apalagi Gili Ketapang menawarkan keindahan bawah laut yang memukau. Salah satu ikan yang bisa Anda jumpai saat snorkeling di tempat ini yaitu ikan nemo.

Setidaknya ada sekitar 20 meter yang merupakan daerah snorkeling untuk menyaksikan pesona bawah laut di Gili Ketapang. Anda tidak perlu khawatir jika kesulitan mendapatkan lokasi snorkeling yang tepat, karena warga sekitar sangat mengetahui spot spot tertentu yang menyajikan pemandangan yang keren. Inilah yang menjadi salah satu keuntungan bagi Anda ketika mengunjungi tempat wisata satu ini.

Spot foto dengan balok kotak segi empat menjadi salah satu titik andalan bagi wisatawan untuk mengabadikan momen saat snorkeling di Gili Ketapang. Ada beberapa tulisan menarik yang bisa Anda jumpai seperti selamat datang di Gili Ketapang, Kapan kamu berkunjung ke Gili Ketapang dan tulisan tulisan unik lainnya. Penempatan balok ini juga sudah disesuaikan dengan keadaan terumbu karang, sehingga keberadaannya tidak akan mengganggu spesies laut yang tinggal di tempat ini.

Penginapan di Gili Ketapang Probolinggo

Penginapan di Gili Ketapang Probolinggo
Image Credit: Ksmtour.com

Jika berasal dari wilayah yang dekat dengan Probolinggo, tentu Anda tidak membutuhkan tempat penginapan saat liburan di tempat ini. Meskipun demikian, banyak wisatawan yang ternyata tidak cukup jika menghabiskan liburan sehari saja di Gili Ketapang, sehingga memutuskan untuk menginap. Bagi Anda yang juga ingin bermalam di tempat ini, terdapat homestay yang disediakan di sekitar pantai Gili Ketapang Probolinggo.

Banyak juga wisatawan yang ternyata lebih memilih camping di pinggir pantai. Mengingat dengan mendirikan tenda, maka Anda bisa menikmati alam di sekitar Gili Ketapang pada malam hari. Tentu ini akan sangat menyenangkan apalagi jika Anda liburan bersama keluarga atau orang orang terdekat. Namun, semua kembali pada selera Anda lebih menyukai menginap di homestay atau camping.

Fasilitas yang Tersedia di Gili Ketapang

Fasilitas yang Tersedia di Gili Ketapang
Image Credit: Detik.com

Mengunjungi tempat wisata dengan sarana dan prasarana yang lengkap tentu dapat menunjang aktivitas di tempat wisata. Di Gili Ketapang sendiri, sudah disediakan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari area parkir, homestay untuk menginap, dan spot foto yang menarik. Ada juga warung makan di sekitar pantai yang bisa Anda kunjungi untuk menghilangkan lapar. Jika ingin menikmati liburan yang lebih seru, Anda bisa memilih beragam paket snorkeling.

Fasilitas untuk snorkeling sendiri sangat lengkap sehingga Anda tidak perlu repot repot membawa peralatan snorkeling dari rumah. Selain itu, ada pemandu snorkeling yang berpengalaman yang akan mengarahkan Anda untuk menikmati keindahan bawah laut di pulau ini, termasuk menunjukkan spot snorkeling terbaik. Selain itu, tersedia juga spot memancing bagi Anda yang ingin merasakan serunya menangkap ikan di pulau ini.

Fasilitas lainnya meliputi banana boat dan kapal motor. Mengunjungi tempat wisata ini tidak akan membuat Anda kecewa dengan berbagai fasilitas yang sudah tersedia di tempat wisata ini. Namun, untuk menikmati fasilitas tertentu, Anda perlu membayar biaya tambahan seperti banana boat dan snorkeling. Tentu sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda jauh jauh ke pulau Gili Ketapang tanpa mencoba berbagai aktivitas seru yang ada di sana.

Mengunjungi Gili Ketapang menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai snorkeling, Pasalnya, di tempat ini menawarkan keindahan terumbu karang dan hewan bawah laut. Jika ingin menikmati liburan yang lebih praktis, Anda bisa memilih paket wisata yang banyak ditawarkan oleh jasa tour dan travel. Karena Anda hanya perlu membayar sekali saja untuk biaya akomodasi, hingga penginapan. Namun bukan menjadi masalah jika Anda ingin menikmati liburan dengan menjadi backpacker.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending