10 Pantai Terindah di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Aceh

Ingin Liburan di Aceh? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Aceh. Objek Wisata Bahari Terindah, Populer dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Aceh yang memiliki julukan yang beragam seperti Negeri Sultan Iskandar Muda hingga Tanah Rencong, karena Aceh dikenal akan lokasi yang sangat agamis dan juga penuh wisata religi. Namun, jangan salah. Aceh juga punya gugusan pantai yang tidak kalah memukau dan pastinya sayang jika dilewatkan.

Jika Anda berlibur ke Aceh untuk menikmati keindahan alam, berikut beberapa destinasi wisata pantai di Aceh yang mampu membuat liburan Anda lebih seru dan menyenangkan.

1. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga
Image Credit: Alamnegaraqq.wordpress.com

Apa yang muncul di benak Anda saat akan berkunjung ke pantai? Pemandangan indah dan air beserta udara yang sejuk? Jika demikian, Anda akan dibuat puas dengan apa yang disuguhkan di Pantai Lanaga. Terletak di kabupaten Aceh barat, tepatnya di Jl. Bakti Pemuda, pantai ini tampil cantik dengan hamparan pasir putih yang luas dipadu dengan tanaman hijau di sekitarnya. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pasalnya, deretan pohon kelapa yang tinggi berada tidak jauh dengan bibir pantai. Sehingga memberi banyak lokasi teduh dan membuat lokasi pantai tidak terlalu panas. Jika dipandang secara langsung, kontras kehijauan dan juga putih pasir pantai plus ombak yang menggulung seakan tampak bagai lukisan. Tidak hanya menikmati keindahan alam, Anda juga bisa berenang atau kendarai fasilitas jetski dengan aman di air lautnya yang relatif tenang.

Lokasi: Jl. Bakti Pemuda No.04. Meulaboh, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

2. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai Pasir Putih Lhok Mee
Image Credit: Pegipegi.com

Lokasi wisata bahari pantai yang tidak bisa dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Lhok Mee yang ada di desa Lamre, kecamatan Mesjid Raya. Destinasi alam ini dikenal karena bibir pantai berpasir putih yang sangat luas. Selain itu, ada beberapa pohon unik yang bisa tumbuh di pasir pantai dan terendam air laut. Keunikan pohon ini menjadi daya tarik tersendiri, dimana banyak dijadikan warga sebagai spot swafoto dengan latar belakang lautan biru beningnya.

Lokasi: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar.

3. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Image Credit: Gomuslim.co.id

Jika Anda ke pantai ini, jangan kaget dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Hal tersebut karena Pantai Iboih adalah salah satu objek wisata populer warga lokal ataupun mancanegara. Hal tersebut tentu bukan karena alasan. Pantai ini sendiri berlokasi di tepi Pulau Weh yang merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia, karena itulah lokasi dan juga atmosfer pantai ini terlihat sungguh alami dan masih perawan.

Bayangkan saja, air pantainya begitu jernih sehingga Anda bisa melihat biota laut dengan sangat jelas. Tidak hanya itu, hamparan pasir putih pantainya pun masih bersih seakan belum dijamah oleh manusia. Bahkan, pemandangan sekitarnya juga berupa deretan pepohonan hijau yang sangat lebat. Lokasi ini seakan memberikan kesan yang berbeda, jadi jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto dan bermain di lautnya yang tenang.

Lokasi: Jl. Pantai lboih, Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

4. Pantai Lange

Pantai Lange
Image Credit: Acehtourism.info

Pantai Lange di desa Lam Lhome, kec. Lhoknga, memiliki fenomena yang tidak mudah ditemukan di pantai lain. Di sini terdapat area dataran luas yang terbentuk dari batu karang. Formasi batu karang yang memiliki banyak lubang ini membuat fenomena alam berupa semburan air laut. Semburan tersebut muncul seketika lubang lubang tersebut dihempas dengan ombak lautan. Atraksi alam ini kerap dijadikan tujuan berswafoto menarik para wisatawan.

Namun, bukan berarti pantai ini hanya dipenuhi batu karang. Masih terdapat beberapa bagian bibir pantai yang diselimuti oleh hamparan pasir putih lembut. Sembari menikmati keindahan alam dan menanti semburan air laut yang mencapai 5 meter, Anda bisa bersantai di pasir pantainya yang empuk. Di sini juga diperbolehkan untuk bermalam dengan berkemah. Anda bisa menyiapkan api unggun dan menikmati keindahan alamnya.

Lokasi: Lam Lhom, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Image Credit: Ksmtour.com

Panti Lampuuk adalah salah satu wisata alam idola warga Aceh. Meski sempat mengalami kerusakan parah pasca tsunami, namun animo masyarakat tidak kunjung luntur begitu saja. Kondisinya yang sudah baik akan membuat Anda terbelalak dengan hamparan pasir putih dan air laut, tampil semakin sempurna dengan lengkungan garis pantainya. Disini, Anda bisa bersantai menikmati pemandangan, berfoto, atau bermain di pasirnya yang bersih.

Lokasi: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

6. Pantai Anoi Hitam

Pantai Anoi Hitam
Image Credit: Dolandolen.com

Berbeda dengan pantai sebelumnya yang tampil cantik dengan pasir putih, lokasi ini justru menarik pengunjung karena warna pasirnya yang hitam kecokelatan. Keindahan warna ini terjadi secara alami karena adanya hutan bakau di sekitarnya. Kesan eksotis dari perpaduan warna hitam pasir, air laut yang jernih, dan hutan bakau lebat, menjadikannya objek fotografi yang menawan. Untuk bisa saksikan keindahannya, pantai ini berada di Anoe hitam, kota Sabang.

Meski berada di pulau weh yang cenderung memiliki deretan pantai berpasir putih, ternyata Anoi Hitam ini memang sangat unik. Tidak hanya warnanya, namun ternyata pasir hitam tersebut memiliki berat 3 kali lipat berat pasir hitam pada umumnya. Hal ini pastinya beri kesan yang unik pada liburan pelepas penat Anda. Selagi berkunjung ke pantai unik ini, tidak ada salahnya untuk mengabadikan foto dengan lautan pasir hitamnya yang pekat.

Lokasi: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

7. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Disbudpar.acehprov.go.id

Setelah berkunjung ke Anoi hitam yang eksotis, Anda bisa datang ke lokasi wisata Sumur tiga yang masih berada di kota Sabang. Tepatnya berada di lem Muelee, le Muellee kecamatan Sukajaya, lokasi ini berikan tampilan yang berbanding terbalik dengan tetangganya. Hal ini terlihat sangat jelas dari dataran landai pasir putih yang diikuti dengan kerimbunan tanaman hijau di bibir pantainya.

Yang membuatnya begitu berbeda dengan Anoi hitam adalah lokasi Pantai Sumur Tiga. Pantai ini memang berada di kota Sabang, namun lokasi tepatnya ada di Pulau Weh. Berada di pantai ini, Anda akan dibuat terlarut dengan atmosfernya yang asri dan alami. Sehingga, Anda bisa melepas penat dari hiruk pikuk keramaian kota Aceh. Selain itu, objek sumur air tawar di sekitar pantai ini kerap menjadi daya tarik pengunjung.

Lokasi: Iem Meulee, Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

8. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah
Image Credit: Merahputih.com

Masih berada di Pulau Weh, terdapat pantai bernama Tapak Gajah yang ternyata berikan tampilan geografi yang berbeda. Jika pada umumnya garis pantai dan bibir pantai pada daerah lain cukup luas, di sini Anda akan menemukan kebalikannya. Tidak ada area pasir putih kering yang bisa untuk bersantai, melainkan hanya tebing landai yang mengarah langsung ke tepian laut yang sangat jernih dan tenang.

Lalu apa yang menarik? Jangan remehkan pantai yang satu ini. Meski tidak bisa bersantai duduk di pinggiran pantai, Anda akan disuguhi dengan biota laut yang sangat beragam. Keindahan kehidupan bawah laut inilah yang menjadi daya tarik utama Pantai Tapak Gajah. Tidak sedikit dari para pengunjung yang rela berjauh jauh hanya untuk merasakan snorkeling dan menyaksikan panorama lautnya yang masih belum terjamah manusia.

Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

9. Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga
Image Credit: Pasirpantai.com

Berpindah ke daerah laut Andaman, Alue naga. Di pantai yang juga dinamai Alue Naga ini, Anda akan disuguhi dengan hamparan laut yang sangat luas seakan tidak terbatas. Tidak hanya itu, sedikitnya jumlah pepohonan di sekitar bibir pantai semakin menambah kesan luas objek wisata yang satu ini. Lokasinya yang berada di kawasan Kajhu Aceh besar, membuatnya sangat mudah untuk diakses oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi ini juga cukup dekat dengan pusat kota, sehingga jangan kaget jika sangat banyak ditemukan pengunjung yang hilir mudik ke pantai Alue Naga. Pantai ini juga memiliki bibir pantai yang diselimuti dengan pasir putih. Anda bisa menikmati keindahan alam, bersantai, atau berswafoto di sini. Namun, jangan keburu pulang. Saat matahari mulai condong ke barat, pantai ini akan suguhkah pesona sunset yang tidak akan pernah bisa ditemukan di lokasi lainnya.

Lokasi: Alue Naga, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

10. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Image Credit: Pesonaindo.com

Kota sabang lagi lagi memberikan kandidat pantai cantik yang tidak bisa dilewatkan. Di kota ini, ternyata terdapat sebuah Palau yang disebut dengan nama Rubiah. Nama ini sendiri sebenarnya diambil dari Taman Laut pulau Rubiah yang merupakan dataran dengan luas 2.600 hektar. Yang menjadi daya tarik utama lokasi ini adalah kerajaan bawah lautnya yang masih sangat kaya, terlindungi, dan juga masih alami.

Berbagai macam biota laut dari jenis ikan dan terumbu karang pun disinyalir masih hidup dengan bebas dan tenang di perairan pulau Rubiah. Tidak heran jika lokasi ini juga disebut sebagai surganya para pengunjung yang hobi menyelam. Anda bisa melakukan menyelam hingga mencapai kedalaman 15 meter untuk berenang bersama dengan beragam jenis ikan, seperti kerapu, kepe – kepe, botana biru, dll. Tidak hanya itu, Anda juga bisa sewa perahu untuk berkeliling pulau.

Lokasi: Iboih, Kec. Sukaraya, Kota Sabang.

Berada di daerah paling barat Indonesia, wisata pantai di Aceh ini memang tidak boleh dianggap remeh. Apalagi mengingat lokasinya yang berbatasan dengan samudra Hindia dan Selat Malaka, tidak heran jika deretan pantainya seakan tidak pernah habis. Seperti beberapa pantai yang sudah disebut, setiap daerahnya memiliki daya tarik tersendiri yang pastinya tidak boleh dilewatkan saat bertandang ke provinsi Serambi Mekkah ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending