Pantai Payung, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunset & Sunrise di Batam

Pantai Payung, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunset & Sunrise di Batam
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kampung Melayu, Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Batam memang menjadi tempat tujuan wisata yang banyak dikunjungi traveller. Salah satu destinasi alam yang cukup populer di Kota Batam yaitu Pantai Payung karena menawarkan beragam kecantikan. Disana menyuguhkan air laut yang jernih dan memiliki warna biru tampak begitu indah. Ketika siang hari pelancong pasti merasa kagum ketika melihat Pantai.

Area pasir yang putih selalu dibersihkan oleh petugas agar wisatawan yang datang bisa merasa betah. Apalagi terdapat kursi Pantai yang cukup banyak untuk tempat bersantai selama berlibur. Para pelancong juga dapat menghabiskan waktu dengan mencoba beragam wahana seru. Hal itulah yang membuat para tamu tertarik untuk datang ke wisata.

Disana terlihat pohon dan tanaman lain yang membuat udara di sekitar semakin segar. Suasana asri ini membuat Pantai semakin indah dan menjadi daya tarik tersendiri. Maka dari itu jangan lupa menyempatkan waktu untuk melipir ke Pantai Payung ketika berada di sekitar Batam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Payung

Daya Tarik Pantai Payung
Image Credit: Google Maps Ruiyu Liang

1. Nuansa Alami

Pantai Payung diketahui mempunyai nuansa yang masih begitu alami. Air laut sangat bersih karena tidak tercemar sampah dan terlihat biru kehijauan. Biasanya saat air sedang surut pengunjung akan melihat biota di sekitar pesisir. Mulai dari kerang, kepiting, dan rumput laut akan membuat traveller terpesona dan ingin berada lama di kawasan pantai.

Pada sudut lain pelancong dapat merasakan keasrian dengan melihat pohon kelapa dan bakau. Tanaman tersebut dikelilingi dengan pasir putih yang melengkapi kecantikan destinasi. Nuansa alami itu sangat dijaga dengan baik oleh pengelola supaya bisa dinikmati sepanjang masa. Anda yang datang juga diharapkan turut serta menjaga alam.

2. Spot Sunrise dan Sunset

Sunrise atau matahari terbit bisa dinikmati secara kasat mata saat berkunjung ke Pantai. Para pelancong dapat duduk di sekitar pesisir dan merasakan udara sejuk. Anda juga bisa camping ketika berkunjung jika ingin mendapatkan pemandangan ketika sunrise. Panorama ini memang menarik untuk dinikmati dengan kerabat selama berlibur.

Ketika sore menjelang malam juga ada pemandangan sunset yang tidak kalah cantik. Warna langit akan berubah dan cocok digunakan untuk berfoto. Biasanya pengunjung membawa alas ketika menikmati sunset dari arah Pantai. Maka dari itu destinasi alam Pantai Payung menjadi wisata hits untuk melihat sunrise dan sunset.

3. Tempat Nyaman

Suasana menenangkan di Pantai Payung Batam memang menjadi tempat nyaman untuk melepas penat. Suara ombak dan angin yang berasal dari pohon kelapa membuat traveller ingin beristirahat di gazebo. Selain itu Pantai juga jauh dari kerumunan rumah warga yang membuat pelancong tidak ingin cepat pulang. Jadi Anda bisa datang dengan kerabat dekat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Payung
Image Credit: Google Maps KODARUDIN JA

Pantai Payung Batam tepat berada di Kampung Melayu Batam yang dekat dengan jalan raya. Letak destinasi memang sangat strategis karena dekat dengan pusat kota. Hal tersebut akan membuat traveller mudah menemukan Pantai tanpa merasa takut tersasar. Bahkan biasanya ada pula wisatawan yang datang dengan mengajak rombongan keluarga besar.

Para pelancong yang berkunjung dari arah Hang Nadim dapat lurus ke Jalan Hang Tuah. Lalu ikuti arah jalan dengan masuk ke kawasan Jalan Hang Kesturi. Lanjutkan perjalanan sampai menemukan gapura Pantai karena jarak lokasi sudah dekat. Ketika hari libur pengunjung disarankan datang mulai pagi supaya tidak terkena macet saat berkendara menuju wisata.

Titik lokasi mudah dicari melalui google maps atau melihat papan petunjuk jalan secara langsung. Para tamu juga bisa menyewa tour guide yang akan mengantarkan Anda sampai ke destinasi. Sepanjang jalan wisatawan dapat melihat keindahan sekitar yang berbeda dengan wilayah lain. Jadi Anda tidak akan bosan meskipun perjalanan lumayan jauh.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Payung
Image Credit: Google Maps andy anjoyh

Pantai Payung Batam termasuk tempat rekreasi yang murah dengan menawarkan kecantikan menakjubkan. Harga tiket mulai Rp 5.000 sampai Rp 10.000 yang berlaku untuk semua tamu. Turis dari luar negeri pun dikenai tarif tersebut karena semua harga sama. Tidak heran setiap hari kawasan pantai tidak pernah sepi dipadati oleh wisatawan luar.

Sepanjang destinasi dilengkapi dengan sewa permainan yang tidak terlalu mahal. Para pelancong bisa menyewa untuk menikmati waktu liburan agar tidak membosankan. Tak hanya itu, Anda juga dapat meletakkan kendaraan pribadi di lahan yang telah tersedia. Tarif karcis hanya Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor yang termasuk murah.

Biaya yang ada di Pantai memang cocok untuk dijadikan rekreasi bersama keluarga. Apalagi Anda yang datang ke wisata cantik tersebut bisa membawa bekal dari rumah. Hal itulah yang membuat budget destinasi ramah di kantong dan tentu membuat Anda senang. Maka dari itu jadikan pantai cantik yang ada di Batam sebagai tempat yang wajib dikunjungi.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Payung

Aktivitas Seru Pantai Payung
Image Credit: Twitter Sarah Nyai

1. Snorkeling

Keindahan bawah laut memang menarik untuk dilihat dari arah dekat. Apalagi Pantai Payung memiliki terumbu karang dan biota air yang sangat cantik. Traveller dapat membawa peralatan dari rumah atau menyewa langsung ketika disana. Anda bisa pula mengabadikan keindahan dengan kamera anti air selama menyelam bersama kerabat.

2. Melihat Sunset

Kecantikan langit pada saat sore hari dapat dinikmati di pesisir Pantai. Para tamu bisa duduk di kursi atau pasir yang ada disana untuk melihat sunset. Selain itu perubahan warna langit menjadi orange juga sering dijadikan background untuk berfoto yang tampak seperti siluet. Matahari yang terbenam akan seperti berada di belakang air laut jernih tersebut.

3. Bermain Voli

Hamparan pasir yang berwarna putih bersih cocok dimanfaatkan untuk bermain voli. Bahkan wisatawan bisa pula membawa net dan bola dari rumah untuk menikmati liburan. Permainan voli dijamin akan seru apalagi area pasir terasa lembut ketika disentuh. Apalagi terdengar suara deburan ombak yang akan menemani pelancong selama melakukan voli.

4. Memotret Foto

Pantai Payung menyuguhkan spot bagus untuk sekedar memotret foto. Traveller bisa melipir ke area air laut atau pasir yang akan menghasilkan foto bertema alam. Tak hanya itu saja, kursi Pantai dan pohon hijau yang berjejer juga sering dijadikan background unik. Hal yang terpenting pilih pencahayaan yang bagus agar jepretan semakin cantik dan menarik.

Aktivitas Seru di Pantai Payung
Image Credit: Google Maps muhammad Iqbal

5. Berjemur

Pada saat pagi hari kawasan Pantai disinari dengan matahari yang bagus digunakan berjemur. Pengunjung dapat membawa alas dan kacamata hitam jika ingin melakukan aktivitas tersebut. Namun Anda perlu datang mulai pagi karena udara masih terasa sejuk. Nikmati kegiatan seru dengan mencoba berjemur di tempat destinasi alam yang indah.

6. Membeli Kuliner

Sepanjang sudut wisata menyuguhkan kuliner yang terasa enak ketika dicoba. Anda dapat mampir untuk sekedar membeli olahan seafood dan es kelapa muda yang segar. Kuliner tersebut cocok dinikmati selama bersantai di kawasan Pantai Payung. Apalagi pedagang juga sangat ramah kepada semua pembeli jadi Anda akan merasa nyaman saat mencoba kuliner.

7. Berenang

Berenang menjadi salah satu olahraga yang wajib dilakukan ketika berlibur ke Pantai. Air laut yang begitu jernih akan membuat wisatawan betah saat berenang. Apalagi disana juga menyediakan pelampung dan alat lain yang bisa disewa. Tetapi Anda harus hati-hati selama olahraga renang dengan memperhatikan ombak yang datang agar tetap aman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Payung
Image Credit: Google Maps Sakri siragar sakri siragar

Fasilitas Pantai Payung Batam cukup lengkap yang dapat digunakan secara gratis dan berbayar oleh pelancong. Area pesisir disediakan gazebo yang tersebar luas untuk sekedar duduk bersantai. Anda akan merasa nyaman dengan ditemani angin sejuk yang berasal dari pohon kelapa. Terdapat pula kamar mandi yang terlihat sangat bersih ketika digunakan.

Demi menjaga kebersihan petugas menyediakan tempat sampah supaya kawasan tidak kotor. Selain itu di Pantai ini juga menyewakan beberapa permainan yang menarik mulai dari banana boat hingga jet ski. Anda bisa pula memakai pelampung yang disuguhkan di tepi Pantai. Jadi bagi yang tidak mahir berenang dapat memakai fasilitas tersebut.

Pada area lain traveller bisa mengunjungi warung makan yang menjual aneka seafood. Bagi yang membawa kendaraan dapat menaruh di tempat parkir dekat pintu masuk. Fasilitas itu diharapkan bisa membuat semua tamu merasa nyaman ketika berada lama di Pantai. Maka dari itu gunakan fasilitas seperlunya saja dengan baik saat berlibur ke pantai cantik ini.

Demikian beberapa hal menarik mengenai Pantai Payung yang cukup populer di Kota Batam. Wisatawan dapat mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu bermain air di wisata alam tersebut. Hal yang terpenting patuhi aturan di dalam Pantai dengan tidak merusak alam. Siapkan pula perlengkapan yang perlu dibawa dan akan digunakan selama berkunjung ke Pantai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending