15 Wisata Pantai di Batam yang Paling Hits

Wisata Pantai Batam

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Batam, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Populer dan Paling Hits Sebagai Tujuan Liburan yang Berkesan.

Batam merupakan salah satu kota industri namun juga menarik dikunjungi, karena banyaknya destinasi wisata bahari yang siap memanjakan hari libur wisatawan. Setiap pantainya bahkan memiliki keistimewaan tersendiri dan tidak akan ditemukan pada wisata bahari lainnya, oleh sebab itu sempatkan diri Anda untuk singgah sebentar dan nikmati nuansanya. Berikut daftar wisata pantai terbaik di Batam yang layak Anda kunjungi.

1. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Nongsa termasuk wisata bahari yang sayang dilewatkan begitu saja. Lokasinya pun cukup strategis dan mudah ditemukan, karena letaknya yang berdekatan dengan Bandara kota Batam. Apa yang membuat pantai satu ini begitu istimewa dibandingkan wisata bahari lainnya ? Pasalnya wisatawan dapat melihat langsung Negara seberang karena jaraknya terbilang cukup dekat.

Wisatawan juga bisa menikmati sajian negara Singapura sambil bermain air lautnya yang begitu menyegarkan. Wisatawan pun diperkenankan berenang di sekitar bibir pantainya karena ombaknya yang cenderung tenang. Bahkan Anda tidak perlu takut membiarkan si kecil ikut merasakan kesegaran airnya asalkan masih berada dalam pantauan.

Lokasi: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam.

2. Pantai Melayu

Pantai Melayu
Image Credit: Pantainesia.com

Bermimpi piknik santai bersama teman teman sambil menyaksikan pemandangan lautan lepas ? Sepertinya impian tersebut dapat diwujudkan ketika Anda mengunjungi Pantai Melayu. Cocok dijadikan sebagai tempat berpiknik bersama dengan orang tersayang, pasalnya pihak pengelola menambahkan sejumlah gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai.

Pengujung semakin betah berlama lama di Pantai Melayu, berkat adanya pepohonan yang membuat kawasan wisatanya terasa semakin sejuk dan segar. Selain piknik sederhana, wisatawan diperbolehkan bermain air atau berenang di sekitar bibir pantainya karena air lautnya cenderung tenang. Silahkan sewa berbagai wahana bermain airnya agar acara liburan semakin menyenangkan.

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Kec. Galang, Kota Batam.

3. Pantai Melur

Pantai Melur
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu pantai yang tidak kalah populer dikunjungi adalah Pantai Melur. Pantai yang berlokasi cukup strategis ini menyuguhkan hamparan pasir putih serta air lautnya yang berwarna biru jernih. Deburan ombaknya pun cenderung tenang, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat mengembalikan pikiran yang kalut.

Puas menjelajahi kawasan daratannya, kini saatnya menikmati kecantikan bawah lautnya yang tidak kalah menarik di jelajahi lebih dalam. Ekosistem bawah lautnya pun seakan tidak pernah tersentuh oleh tangan manusia. Usai menelusuri setiap sudut pantai, Anda bisa mengisi energi kembali dengan mencicipi aneka kuliner lezatnya.

Lokasi: Sijantung, Kec. Pulau Galang, Kota Batam.

4. Pantai Setokok

Pantai Setokok
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Setokok tampaknya wajib masuk ke dalam daftar kunjungan ketika menginjakkan kaki di kota Batam. Layaknya wisata bahari lainnya, disini pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih berwarna putih bersih serta kejernihan air lautnya yang begitu menyegarkan. Lalu apa yang membuat pantai satu ini begitu ramai dikunjungi wisatawan ?

Jika umumnya Anda melihat hamparan lautan lepas, maka disini wisatawan dapat melihat air laut yang justru tersebar di beberapa pulau kecil. Justru keunikan pantai inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Sejak menapakkan kaki di kawasan wisatanya, dijamin Anda merasa gatal untuk mengabadikan momen berlibur disana.

Lokasi: Pulau Setokok, Kec. Bulang, Kota Batam.

5. Pantai Marina

Pantai Marina
Image Credit: Bintantravel.co.id

Siapa yang tidak mengenal pantai Marina ? Pantai yang begitu populer ini berada di kawasan mewah bernama Marina Water Front City, sekaligus masih menjadi bagian dari resort mewah. Selain berada di kawasan elit, pantai satu ini menyuguhkan pemandangan yang begitu menyejukkan mata berkat air lautnya yang jernih dan pasir pantainya yang putih bersih.

Disokong dengan banyaknya fasilitas demi memenuhi kebutuhan pengunjungnya, rasanya tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang merasa betah berlama lama disana dan tertarik kembali di lain waktu. Selagi menikmati sajian alamnya, jangan lupa untuk mencicipi aneka menu kuliner lezat yang siap menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya.

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam.

6. Pantai Pulau Abang

Pantai Pulau Abang
Image Credit: Enjoybatam.com

Ketika berkunjung ke Selatan kota Batam, Anda bisa menemukan sebuah destinasi wisata bahari populer bernama Pantai Pulau Abang. Untuk menyaksikan keindahannya dari dekat, wisatawan dapat meraihnya dengan menyewa perahu yang bersandar di bibir Jembatan 6 Barelang. Tidak perlu takut isi dompet akan terkuras, karena biaya penyeberangan cukup bersahabat di kantong.

Meski termasuk pantai populer, ternyata pantai satu ini cenderung sepi dikunjungi karena wisatawan harus menyeberang ke pulau seberang. Namun ketika sudah sampai di pulau mungilnya, dijamin Anda enggan angkat kaki dari kawasan wisatanya. Sebab pantai satu ini begitu cantik berkat sajian alamnya yang masih terjaga dengan baik.

Daya tarik utamanya terletak pada keindahan bawah lautnya. Dimana wisatawan dapat melakukan snorkeling atau diving santai untuk menyaksikan keindahannya dari dekat. Selagi asyik menikmati dan berkenalan dengan biota lautnya, jangan sampai lupa mengabadikan momen berlibur Anda dengan kamera waterproof.

Lokasi: Pulau Abang, Kec. Galang, Kota Batam.

7. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak
Image Credit: Lihat.co.id

Satu lagi pantai yang berlokasi tidak jauh dari Bandara adalah Pantai Sekilak. Pantai cantik satu ini sedikit berbeda dengan wisata bahari lainnya, karena kawasan pantainya dikelilingi oleh bebatuan yang justru menjadi daya tarik utamanya. Selama berada disana, Anda juga bisa menyaksikan langsung penangkaran penyu dari dekat.

Tidak jauh dari kawasan pantainya, kemungkinan Anda bisa menemukan sebuah danau buatan yang tidak kalah cantik untuk dikunjungi. Tidak hanya menyajikan pesona alam memukau saja, pasalnya danau tersebut kerap dijadikan sebagai tempat mengadakan lomba mendayung terpopuler yang ada di Batam. Sudahkan Anda mengunjunginya ?

Lokasi: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam.

8. Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban
Image Credit: Google Maps (Riski Irawan)

Pantai Tanjung Bemban merupakan salah satu ikon wisata bahari yang ada di kota Batam. Sebenarnya informasi tersebut tidaklah mengherankan, mengingat sajian alamnya yang memang luar biasa indah dan sedikit berbeda dengan pantai lainnya. Kecantikannya sendiri terpancarkan dari air lautnya yang begitu jernih tampak berpadu dengan pasir putihnya yang putih bersih.

Pengujung tidak akan pernah bosan mengunjungi destinasi wisata satu ini, karena banyaknya aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan melihat berbagai jenis kapal laut tampak berlayar santai di lautan lepasnya. Mulai dari kapal feri, kapal tanker, hingga sejumlah kapal kargo tampak sibuk melewati area sekitar pantai tersebut.

Lokasi: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam.

9. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir
Image Credit: Instagram.com @amazingkepri

Apabila Anda berkunjung ke daerah Sekupang kota Batam, sebaiknya tidak melewatkan kesempatan emas untuk menyaksikan langsung keindahan dari Pantai Tanjung Pinggir. Pantai cantik dan populer satu ini lebih cocok bagi mereka yang ingin menikmati liburan tanpa diganggu orang lain, karena lokasinya berdekatan dengan KTM Resort.

Layaknya wisata bahari pada umumnya, disini pengunjung bisa menyaksikan hamparan lautan dengan warna airnya yang begitu jernih. Di tempat ini pula, Anda bisa menyaksikan negara tetangga karena lokasi keduanya cukup berdekatan. Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu sore hari, dimana Anda bisa menyaksikan langit senja ditemani gemerlap lampu Singapura.

Lokasi: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam.

10. Ocarina Coastarina

Ocarina Coastarina
Image Credit: Ksmtour.com

Jika kota Jakarta memiliki Ancol sebagai daya tarik utamanya, maka kota Batam memiliki Ocarina Coastarina sebagai destinasi wisata andalannya. Selama berada disana, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas berkat banyaknya wahana menarik yang wajib dicoba. Mulai dari wahana waterboom, trampolin, flying fox, hingga giant wheel dapat ditemukan disini.

Semua aktivitas tersebut terasa lebih menyenangkan, karena wisatawan dapat mencoba berbagai wahana yang ada sambil menikmati keindahan dari pantai cantik yang membentang luas di hadapan mata. Air lautnya yang jernih tampak berpadu mesra dengan pasir lembutnya yang berwarna kecoklatan.

Lokasi: Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam.

11. Pantai Elyora

Pantai Elyora
Image Credit: Instagram.com @ezcapetheroom

Pantai Elyora masuk sebagai salah satu wisata bahari yang tidak sayang dilewatkan begitu saja. Sebenarnya pantai satu ini berada di salah satu pulau yang ada di Batam, namun akses menuju kesana terbilang cukup mudah. Sebab lokasinya memang berdekatan dengan kota Batam, sehingga banyak wisatawan yang tertarik singgah sebentar di sana.

Pihak pengelola juga menambahkan sejumlah fasilitas demi menunjang kebutuhan para pengunjungnya. Beberapa fasilitas tersebut dapat digunakan secara cuma cuma, yang berhasil membuat wisatawan merasa betah berlama lama di sana. Air lautnya pun terbilang cukup tenang, seakan melambaikan tangan agar pengunjung mencoba kesegarannya.

Lokasi: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam.

12. Pantai Dangas

Pantai Dangas
Image Credit: Youtube.com @Ostv

Bagi Anda yang membutuhkan tempat liburan privat dan tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan, maka berkunjung ke Pantai Dangas bisa menjadi pilihan tepat. Meski jarang dikunjungi, ternyata keindahan dari pantai populer ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan wisatawan dimanjakan dengan akomodasi lengkap yang mampu memenuhi kebutuhan pengunjungnya.

Kondisi alamnya yang asri dan terjaga, membuatnya seperti pantai perawan karena belum terjamah oleh manusia. Berdasarkan informasi tersebut, pantai cantik ini pun kerap direkomendasikan bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk khas perkotaan. Wisata bahari satu ini juga bisa menjadi tempat tujuan tepat ketika wisata bahari lainnya penuh sesak.

Lokasi: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam.

13. Pantai Payung

Pantai Payung
Image Credit: Instagram.com @nanabim.bajuanak

Pantai Payung sepertinya harus masuk dalam daftar kunjungan berikutnya, mengingat keindahannya yang selalu berhasil mencuri hati wisatawan. Tidak hanya warga lokal, ternyata wisata bahari satu ini kerap dikunjungi oleh wisatawan dari tetangga sebelah yang berarti keindahannya sudah tidak perlu diragukan kembali.

Selama berada disana, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan harian. Kawasan wisata pun masih asri, sehingga banyak wisatawan yang merasa enggan untuk pulang lebih cepat. Sejumlah aktivitas dapat dilakukan disini, sehingga pengunjung tidak akan pernah bosan mengunjunginya kembali di lain waktu.

Lokasi: Kampung Melayu, Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam.

14. Pantai Viovio

Pantai Viovio
Image Credit: Facebook.com @pantaiviovio

Selagi menapakkan kaki di kota Batam, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Viovio. Pantai cantik ini bahkan sempat menjadi topik hangat diperbincangkan di berbagai media sosial, mengingat sajian alamnya yang asri dan terjaga membuatnya menarik dikunjungi. Wajar saja jika kawasan wisatanya seakan tidak pernah sepi dikunjungi setiap tahunnya.

Pantai cantik ini pun terkenal akan pasir putihnya yang lembut serta deburan ombaknya yang cenderung tenang, sehingga banyak wisatawan tertarik berenang santai di sekitar bibir pantainya. Selagi berada disana, Anda juga bisa melakukan sejumlah aktivitas yang siap menemani hari libur menjadi lebih menyenangkan.

Lokasi: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam.

15. Pantai Mirota

Pantai Mirota
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai ini cocok bagi mereka yang ingin menjelajahi alam bahwa laut yang begitu memanjakan mata. Air lautnya pun sangat jernih, sehingga wisatawan dapat melihat kecantikan bawah lautnya bahkan tanpa menyelam ke dasar lautan. Suasana di sekitar pantainya pun terasa sejuk, sehingga wisatawan merasa betah berada disana.

Lokasi: Desa Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam.

Siapa yang tidak mengenal kota Batam ? Di balik kota yang super sibuk tersebut, ternyata Anda bisa menemukan sejumlah wisata bahari yang menarik dikunjungi. Cocok dijadikan sebagai tempat refreshing sambil menikmati waktu berlibur, pasalnya setiap pantainya memiliki sebuah daya tarik tersendiri. Pantai di Batam manakah yang sudah Anda kunjungi?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending