Pantai Tanjung Pinggir, Menikmati Keindahan Singapura dari Kejauhan di Batam

Pantai Tanjung Pinggir, Menikmati Keindahan Singapura dari Kejauhan di Batam
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-19.00 WIB, Alamat: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Salah satu aktivitas yang membuat banyak sekali orang bersemangat yaitu pergi berlibur. Dengan pergi berlibur tentunya pikiran akan jadi lebih fresh sehingga Anda. bisa kembali melakukan aktivitas kerja dengan semangat seperti sedia kala. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Salah satu wisata yang paling menarik yaitu wisata pantai. Anda pun juga akan menemukan keindahan wisata pantai ketika berkunjung ke Kepulauan Riau. Salah satunya yaitu di Pulau Batam. Pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Tanjung Pinggir. Batam itu sendiri merupakan sebuah kota yang padat aktivitas perdagangan.

Selain itu juga, Batam merupakan pulau yang dekat dengan Negara Singapura. Di kota tersebut nantinya akan banyak sekali pantai cantik yang bisa Anda temukan. Salah satunya yaitu Pantai Tanjung tersebut. Bagi Anda yang tertarik melancong ke pantai ini, berikut akan diulas mengenai apa saja fasilitas, harga tiket, rute dan hal-hal lain terkait tempat wisata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Pinggir

Daya Tarik Pantai Tanjung Pinggir
Image Credit: Google Maps Mohamad Fathur Rohman

1. Keelokan Pantai yang Mempesona

Daya tarik utama yang dimiliki oleh pantai tersebut yaitu keelokan dari pantainya. Panorama alam yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Pinggir memang tidak bisa disangkal lagi. Anda bisa menemukan banyak sekali pohon menghias, berjajar di area sepanjang pantai, membuat pantai tersebut terlihat begitu teduh.

Selain itu, di area sekitar pantai ini pun telah tersedia tenda kecil. Dimana nantinya Anda beserta dengan saudara, kerabat ataupun orang-orang yang Anda ajak berlibur, bisa duduk bersantai. Pantai Tanjung tersebut mempunyai keindahan alam yang terbilang cukup unik. Anda bisa melihatnya dari hamparan pasir yang berwarna coklat dan cukup bersih.

Selain itu, ombak yang ada di tempat ini tidak terlalu besar. Memberikan sensasi aroma laut yang begitu menyegarkan. Pantai ini sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dari hiruk pikuk keramaian kota. Hamparan pasir yang bisa Anda saksikan di pantai memang cukup luas, sekitar 250 m.

Dengan pemandangan yang cukup unik tersebut, di bagian sisi kanan Anda bisa menemukan area hutan bakau. Hutan bakau tersebut juga menyuguhkan suasana alam yang tampak begitu memukau.

Hutan inilah yang berfungsi sebagai pelindung untuk Pantai Tanjung Pinggir dari berbagai macam potensi kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas abrasi. Karena tekstur pasirnya yang sedikit kasar, maka disarankan untuk Anda tidak bermain pasir di tempat ini. Selain itu sebaiknya Anda menggunakan alas kaki.

2. Aneka Macam Water Sport

Daya tarik selanjutnya yang juga membuat banyak wisatawan tergoda untuk mengunjungi tempat wisata ini yaitu di pantai Tanjung Anda akan menemukan aneka macam water sport. Jika Anda termasuk orang yang cukup bernyali, maka nantinya ada banyak wahana yang bisa dicoba. Wahana-wahana tersebut merupakan wahana yang mampu memacu adrenalin.

Salah satu water sport yang cukup populer di tempat ini yaitu snorkeling dan banana boat. Banana boat sangat digemari, terutama bagi mereka para wisatawan yang datang berkunjung bersama dengan keluarga. Menaiki banana boat ini adalah aktivitas yang banyak dinantikan para wisatawan.

Nantinya banana boat akan ditarik menggunakan sebuah perahu motor. Anda akan diajak berkeliling ke area Pantai Tanjung Pinggir dengan kecepatan yang berubah-ubah. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dalam segi keamanannya sendiri, pihak penyedia telah menyiapkannya dengan sangat matang.

Nantinya para penumpang akan diberikan jaket pelampung sebelum akhirnya menaiki banana boat. Anda pun juga dapat menikmati keindahan panorama laut seperti contohnya rumput laut, terumbu karang dan ikan yang beraneka ragam dengan melakukan aktivitas snorkeling.

Ketika berencana untuk melakukan snorkeling ini, pastikan Anda telah menggunakan perlengkapan keamanan. Seperti contohnya baju pelampung dan lain sebagainya. Untuk melakukan snorkeling Anda tidak akan dituntut kemampuan khusus. Bagi Anda yang pemula pun tidak masalah untuk melakukan aktivitas yang menarik ini.

3. Camping Ground

Di Pantai Tanjung Pinggir tersebut Anda pun juga akan menemukan area Camping Ground. Di area tersebut nantinya para wisatawan bisa melakukan kegiatan alam seperti contohnya berkemah. Bagi Anda yang kebetulan tidak mempunyai perlengkapan untuk berkemah, maka tidak perlu khawatir, karena di sana telah tersedia perlengkapan yang bisa Anda sewa.

Pihak pengelola telah menyiapkan berbagai macam perlengkapan. Seperti tikar, tenda, matras dan perlengkapan lain untuk menunjang kegiatan berkemah. Oleh karena itulah, tidak heran jika banyak orang yang selalu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Terlebih lagi momen ketika menjelang tahun baru.

Karena seperti diketahui, momen tahun baru umumnya akan dimanfaatkan oleh para wisatawan guna menikmati malam bergantinya tahun dengan cara mereka berkemah di area pantai. Bahkan pihak pengelola pun juga telah menyiapkan tenda besar, sehingga dapat memuat hingga 100 orang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tanjung Pinggir
Image Credit: Google Maps Kajor Kat

Pantai Tanjung Pinggir ini terdapat di sebelah utara dari kawasan Pulau Batam. Tepatnya yaitu terdapat di Bilangan Sekupang, Kecamatan Sekupang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Untuk menemukan area pantai tersebut, memang terbilang mudah. Hal itu dikarenakan lokasi dari pantai berada dekat dengan area Pelabuhan Ferry Sekupang.

Selain itu, pantai ini berada dekat dengan area dari Taman Habibie dan Rumah Sakit BP Batam. Anda yang ingin mencapai area tersebut, maka bisa menempuh jalur laut ataupun jalur darat. Nantinya Anda pun bisa menikmati keindahan alami selama berada dalam perjalanan.

Bagi yang berasal dari luar pulau Batam, maka bisa menggunakan pesawat lebih dahulu, kemudian mendarat di Bandara Hang Nadim. Dari arah bandara tersebutlah nantinya Anda bisa memakai jalan darat, kurang lebih 30 menit hingga 46 menit untuk tiba di area Pantai Tanjung Pinggir.

Anda nantinya dapat menggunakan bus dengan menggunakan rute Hang Nadim dan turun di wilayah Simpang Jam. Dari sinilah nantinya Anda pun perlu meneruskan perjalanan dengan menaiki bis ke arah Sekupang. Setibanya di daerah Sekupang, Anda dapat memakai ojek supaya bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Pinggir tersebut.

Jika disini Anda memutuskan untuk melewati jalur laut, maka bisa mendarat di Pelabuhan Sekupang Batam. Setelah dari pelabuhan ini, tinggal meneruskan perjalanan dengan memakai kapal yang berukuran kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di pantai kurang lebih selama 10 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Tanjung Pinggir
Image Credit: Google Maps Mr R

Seperti tempat wisata pada umumnya, di Pantai Tanjung Pinggir pun Anda juga perlu membayar uang tiket supaya bisa menikmati panorama alam yang ditawarkan. Harga tiket sendiri sangatlah terjangkau.

Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 10.000 untuk tiap pengunjung Jam operasional dari pantai yaitu dibuka pada pukul 7 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 7 malam. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, nantinya juga akan dikenakan biaya parkir.

Untuk kendaraan roda dua, besaran biaya parkir yaitu Rp 5.000. Sedangkan jika Anda membawa kendaraan roda empat, maka biaya parkirnya Rp 10.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Tanjung Pinggir

Aktivitas Seru Tanjung Pinggir
Image Credit: Google Maps Fiko Agung

1. Melihat Keindahan Singapura dari Jauh

Pesona utama yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Pinggir ini yaitu panorama dari bangunan tinggi yang terdapat di Negara Singapura. Saat Anda mengunjungi pantai tersebut waktu cuaca tengah cerah, maka gedung-gedung tinggi yang menghiasi tanah Singapura Bisa Anda lihat dari pantai ini.

Salah satu gedung yang terdapat di Negara Singapura dan menjadi landmark negara tersebut, bisa disaksikan dengan cukup jelas. Anda pun juga dapat melihat gedung populer kembar 3 yang ada di negara itu. Tentunya pemandangan ini tidak akan bisa Anda dapatkan saat mengunjungi pantai lain kecuali Pantai Tanjung.

Karena itulah, tak jarang banyak wisatawan menjadikan pantai tersebut sebagai destinasi utama ketika menjelang liburan, terlebih saat momen tahun baru. Karena pesta kembang api yang begitu indah yang diadakan di Singapura, bisa Anda lihat dari pantai ini.

2. Berburu Foto

Aktivitas berikutnya yang juga tak boleh dilewatkan yaitu berburu foto. Ada banyak sekali keindahan yang bisa Anda lihat ketika berada di Pantai Tanjung Pinggir. Dan hal itu akan sangat sayang jika tidak diabadikan melalui jepretan foto. Karena itu, jangan lupa untuk membawa serta kamera saat berencana berlibur ke Pantai Tanjung.

Ketika keadaan pantai tengah surut, maka saat itulah Anda bisa melihat keindahan dari bawah laut Pantai Tanjung. Momen itu tidak boleh Anda sia-siakan. Spot foto di tempat tersebut sangatlah Instagramable.

Aktivitas Seru di Tanjung Pinggir
Image Credit: Instagram Muhammad Septian Bayu

3. Mecoba Kano

Di Pantai Tanjung tersedia tempat penyewaan kayak atau kano. Kano tersebut disewakan khusus bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu mereka dengan melihat pemandangan pantai dari arah laut lepas. Setidaknya terdapat dua jenis kano yang bisa di sewa.

Kano tersebut yaitu double kano dan kano single. Tentunya masing-masing dari kano memiliki harga sewa yang tidak sama. Untuk kano single biaya sewanya sebesar Rp 30.000. Sedangkan Jika Anda ingin menaiki kano doble, biaya sewanya sendiri sebesar Rp 50.000.

4. Paint Ball

Di Pantai Tanjung Pinggir ini ada beberapa wahana yang bisa memacu adrenalin seperti yang sudah di singgung di atas. Salah satunya yaitu outbound dan paintball. Melakukan outbound tidak hanya bisa dilakukan di area pantai saja, melainkan Anda pun juga bisa melakukannya di atas bukit.

Luas area untuk melakukan outbound secara keseluruhan mencapai 4 hektar. Ada banyak sekali ragam aktivitas menarik, seperti contohnya adrenaline activities, team building, ice breaking, trouble solving, fun games.

Untuk aktivitas paint ball memang banyak digemari oleh para wisatawan. Pihak pengelola dari tempat wisata ini telah menyediakan sebanyak 10 orang peserta maksimal untuk melakukan permainan paintball tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Tanjung Pinggir
Image Credit: Google Maps Anissa Fatmiyati

Pantai Tanjung Pinggir merupakan pantai yang sudah dikelola dengan sangat profesional. Di tempat inilah nantinya Anda bisa menemukan fasilitas pendukung yang cukup memadai. Fasilitas tersebut seperti mushola, tempat parkir yang aman dan luas, toilet dan juga kantin.

Dengan adanya kantin tersebut, tentu Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan dari rumah. Selain itu, tersedia juga tenda untuk para pengunjung yang ingin duduk bersantai di pantai. Anda bisa merilekskan pikiran ketika berada di pantai ini.

Wahana-wahana menarik yang disediakan oleh pihak pengelola juga merupakan fasilitas yang sangat menarik untuk dinikmati. Selama berada di tempat ini, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Tanjung Pinggir. Anda yang tertarik untuk mengunjungi pantai tersebut bisa segera meluncur ke Pulau Batam. Dijamin ketika Anda sudah sampai di tempat tersebut tidak akan dibuat kecewa.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending