15 Pantai Terindah di Riau yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Terindah Riau

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Provinsi Riau. Objek Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Populer dan Terhits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda Selanjutnya.

Wisata bahari merupakan salah satu pilihan liburan yang tidak pernah sepi akan peminat. Jika membahas pantai, setiap daerah di Indonesia selalu memiliki wisata pantainya sendiri yang begitu menarik untuk dijelajahi. Tak terkecuali dengan Provinsi Riau, yang juga memiliki sederet pantai dengan panorama alam yang begitu indah tak kalah dari Bali.

Penasaran dengan wisata bahari apa saja yang ada di Riau? Berikut deretan wisata pantai populer di Riau yang menarik untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Pantai Selat Baru

Pantai Selat Baru
Image Credit: Bapenda.inhukab.go.id

Salah satu wisata pantai di Riau yang layak untuk dieksplorasi adalah Pantai Selat Baru yang berada di kawasan Desa Selat Baru. Wisata bahari ini merupakan salah satu objek wisata unggulan di daerah setempat, tidak heran jika Anda ke sini maka bisa menjumpai banyak pengunjung lainnya. Terlebih saat akhir pekan atau musim liburan tiba, pengunjung akan semakin membludak dan memenuhi area Pantai Selat Baru tersebut.

Suasana yang disajikan oleh pantai satu ini memang sangat menarik. Mulai dari debur ombaknya yang tidak begitu besar sehingga cukup aman untuk berenang, hingga pasir putihnya yang begitu lembut untuk bermain istana pasir. Selain itu, Anda juga bisa menemukan cukup banyak warung makan yang siap memanjakan perut ketika lapar. Berbagai kuliner laut maupun beberapa jajanan lainnya bisa Anda temukan cukup lengkap di sini.

Lokasi: Desa Selat Baru, Kec. Bantan, Kab. Bengkalis.

2. Pantai Purnama

Pantai Purnama
Image Credit: Wisatalengkap.com

Jika Bali memiliki Pantai Purnama yang terkenal di Gianyar, maka Riau juga mempunyai Pantai Purnama di kawasan Dumai. Namun perbedaannya yaitu di sini Anda tidak bisa turun ke bibir pantai untuk menikmati pasirnya. Pasalnya kawasan bibir Pantai Purnama satu ini masih berupa pasir berlumpur. Kendati demikian, tidak sedikitpun mengurangi animo pengunjung yang datang ke wisata bahari ini.

Salah satu daya tarik dari Pantai Purnama terletak pada pemandangannya yang begity menakjubkan. Tidak heran jika pantai satu ini disebut sebut sebagai salah satu pantai tercantik yang ada di Indonesia. Anda bisa menikmati pemandangan laut biru yang begitu cantik, sembari duduk santai di beberapa pondok yang memang telah disediakan. Selain itu di kawasan pantai juga terdapat banyak sekali penjual es kelapa yang bisa Anda nikmati saat hari terik.

Lokasi: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

3. Pantai Rupat Utara

Pantai Rupat Utara
Image Credit: Riau.go.id

Keindahan dari Pantai Rupat Utara tidak kalah cantik dari pantai pantai yang lainnya, sehingga akan sangat disayangkan bila Anda tidak berkunjung kemari. Destinasi wisata satu ini belum banyak diketahui orang, jadi kawasannya masih sepi dan begitu asri. Suasana yang sepi bisa membuat Anda merasa seolah olah pemilik dari pantai cantik satu ini. Menikmati kedamaian di area pantai yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan tentu akan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Rupat Utara Anda dijamin akan langsung jatuh cinta, karena panorama alamnya yang begitu mempesona. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu saat menjelang sore. Menikmati pemandangan matahari terbenam yang begitu cantik dan elegan di area pantai, akan memberikan suasana eksotis nan romantis yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lainnya.

Lokasi: Teluk Rhu, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

4. Pantai Lapin

Pantai Lapin
Image Credit: Wisatalengkap.com

Memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan begitu halus, serta ombak yang tidak terlalu besar menjadikan Pantai Lapin layak untuk dijelajahi. Meski masih terbilang objek wisata baru, namun pamor dari Pantai Lapin ini langsung mampu menyedot perhatian masyarakat. Saat akhir pekan pantai yang berada di kawasan Bengkalis ini, tidak pernah terlihat sepi. Bahkan pengunjung yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

Hal tersebut membuktikan bahwa wisata bahari satu ini memang memiliki keindahan yang tidak main main. Di sini Anda juga bisa menyewa kapal milik penduduk setempat untuk berputar putar mengelilingi area pantai, dan menikmati hembusan angin laut yang begitu menyegarkan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Lapin yaitu pada sore hari ketika senja, karena pemandangan matahari terbenam di sini begitu menawan dan sangat cantik.

Lokasi: Desa Tanjungpunak, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

5. Pantai Sisi

Pantai Sisi
Image Credit: Twitter.com @ersongempa

Memiliki garis pantai dengan panjang sekitar 7 km, dengan padang pasir yang berwarna putih bersih membuat Pantai Sisi menjadi begitu populer dan wajib untuk Anda kunjungi. Pantai yang berada di kawasan Serasan ini memiliki pemandangan bawah laut yang penuh dengan aneka terumbu karang cantik, sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling di sini.

Lokasi: Kampung Genting, Kec. Serasan, Kab. Natuna.

6. Pantai Batu Kasah

Pantai Batu Kasah
Image Credit: Naldoleum.blogspot.com

Wisata bahari selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Kepulauan Riau yakni Pantai Batu Kasah. Pada tepi pantainya Anda bisa menjumpai barisan pohon kelapa yang berjejer tumbuh dengan subur, serta batu granit besar yang tersebar di beberapa tempat. Batu granit tersebut merupakan salah satu daya tarik dari Pantai Batu Kasah ini, dan seringkali dijadikan sebagai objek foto oleh para pengunjung.

Lokasi: Cemaga Tengah, Kec. Bunguran Selatan, Kab. Natuna.

7. Pantai Padang Melang

Pantai Padang Melang
Image Credit: Keprinews.co

Pantai Padang Melang mempunyai garis pantai yang terpanjang di Provinsi Kepulauan Riau, dengan hamparan pasir putih yang begitu halus dan bersih. Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan, terlebih bagi keluarga yang memiliki anak. Karena anak anak bisa bebas bermain berlari larian di area pantainya yang begitu luas, ditambah lagi terdapat cukup banyak ikan kecil yang berenang cantik yang tentunya akan disukai oleh putra putri Anda.

Lokasi: Letung, Kec. Jemaja, Kab. Kepulauan Anambas.

8. Pantai Pelawan

Pantai Pelawan
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Pelawan yang berada di kawasan Pangke, Meral, ini memiliki hutan mangrove di sekitarnya yang membuat area pantai menjadi lebih sejuk dan menjadi daya tarik sendiri. Selain itu fasilitas yang tersedia di pantai ini juga cukup memadai, sehingga pengunjung betah untuk berlama lama di sana. Mulai dari tempat parkir yang cukup luas, toilet yang bersih, kamar bilas, beberapa gazebo yang tersebar di area pantai, hingga lokasi penginapan yang tidak jauh.

Lokasi: Pangke, Kec. Meral, Kab. Karimun.

9. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak
Image Credit: Lihat.co.id

Wisata bahari berikutnya yang juga wajib untuk Anda kunjungi yaitu Pantai Sekilak. Pantai satu ini menawarkan pemandangan yang sangat alami, dengan panorama tebing tebing bukit yang rindang. Selain tebing, ada juga hutan mangrove yang di dalamnya terdapat banyak jenis tanaman mangrove. Hutan mangrove yang berwarna hijau tersebut membuat kawasan pantai menjadi semakin rindang dan sejuk.

Lokasi: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam.

10. Pantai Mirota

Pantai Mirota
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Mirota memiliki air laut yang begitu jernih dan bersih, bahkan pemandangan bawah lautnya pun terlihat jelas dari permukaan air. Anda bisa berenang atau bermain main air di sekitar bibir pantai sambil mengagumi surga bawah laut yang tampak begitu mempesona. Selain itu di Pantai Mirota juga terdapat beragam pohon yang memenuhi tepiannya, sehingga membuat suasana di sekitar menjadi lebih sejuk, segar, dan rindang.

Lokasi: Desa Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam.

11. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Lagoi merupakan wisata bahari dengan paket lengkap, sebab di sini Anda tidak hanya bisa menemukan hamparan pasir putih dan laut biru yang indah saja. Tetapi Anda juga dapat menjumpai wisata hutan bakau serta Sungai Sebong yang bermuara langsung ke laut. Di sini Anda juga bisa menikmati resort dengan fasilitas lengkap, untuk menginap serta bersantai bersama dengan keluarga, pasangan, maupun teman teman.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

12. Pantai Batu Berdaun

Pantai Batu Berdaun
Image Credit: Detik.com

Di Pantai Batu Berdaun Anda akan menemukan pemandangan yang cukup tidak biasa, karena pantai satu ini terletak di antara beberapa danau dengan ukuran kecil yang memiliki air berwarna hijau. Selain itu Anda juga bisa menjumpai banyak pohon kelapa dan pohon cemara di sekitar tepian pantai, yang membuat area Pantai Batu Berdaun menjadi lebih sejuk.

Lokasi: Batu Berdaun, Kec. Singkep, Kab. Lingga.

13. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pantai Trikora berada di kawasan Kawal, dan menjadi salah satu wisata bahari yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berlibur ke Riau. Pantai ini memiliki beberapa spot menarik yang bisa Anda jelajahi, seperti lokasi perlindungan mangrove dan perkampungan para nelayan. Ada juga beberapa resort mewah dengan fasilitas lengkap di sekitar pantai, yang bisa Anda gunakan sebagai tempat menginap.

Lokasi: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

14. Pantai Melayu

Pantai Melayu
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Melayu memiliki air laut yang berwarna biru jernih dengan debur ombak yang relatif tenang, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat berenang maupun berbagai aktivitas olahraga air lainnya. Area pantainya juga cukup luas, sehingga Anda bisa melakukan berbagai permainan seperti sepak bola, volly pantai, bermain layang layang, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Kec. Galang, Kota Batam.

15. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Nongsa berada cukup dekat dengan Pantai Singapura bagian selatan. Jadi dari area pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan lampu lampu gedung yang menjulang tinggi, dari kota megapolitan Singapura pada malam hari. Pemandangan sunset nya pun begitu indah dan mempesona, bisa memberikan kesan yang begitu romantis dengan panorama lembayung senja yang begitu menakjubkan.

Lokasi: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam.

Riau yang terkenal dengan kebun kelapa sawit dan tambang minyak, ternyata juga menyimpan deretan pantai yang begitu mempesona. Bahkan keindahan pantainya tidak kalah dari pantai yang ada di Bali maupun pantai pantai lainnya. Beberapa pantai tersebut juga memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas, sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai dengan nyaman.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending