Pantai Viovio, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Batam

Pantai Viovio, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Batam
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Bagi warga Kota Batam, Pantai Viovio merupakan sebuah tempat wisata populer yang wajib untuk dikunjungi terlebih pada hari libur. Pantai yang berlokasi di sekitaran Jembatan 5 Barelang ini memiliki keindahan alam yang luar biasa cantik, mulai dari hutan Bakau hingga pasir putih pantai yang sangat bersih.

Air laut di pantai cantik ini tergolong memiliki ombak yang kecil jadi bagi wisatawan yang mau bermain air atau menyelam bisa melakukannya di pantai asal Batam tersebut. Jika anda datang bersama keluarga maka anda bisa menyewa Gazebo yang dapat menampung 1 keluarga.

Dari dalam Gazebo tersebut anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih Pantai Viovio hingga cantiknya Matahari saat terbenam di ufuk barat. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi pantai nan indah ini silahkan simak review singkat berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Viovio

Daya Tarik Pantai Viovio
Image Credit: Google Maps Jhoni Lim

1. Hamparan Pasir Putih

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pantai Viovio adalah pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai. Pasir putih ini terlihat sangat cantik bersama dengan birunya lautan yang membentang di depan anda. Wisatawan yang menginjakan kakinya di wisata alam ini dijamin akan mengeluarkan kameranya untuk mengambil gambar sepuasnya.

2. Ombak Pantai

Tidak semua pantai memiliki ombak yang cocok untuk bermain air, namun pantai hits ini memiliki ombak yang kecil dan cocok bagi wisatawan untuk bermain air. Jadi bagi wisatawan yang datang ke destinasi wisata alam ini bisa bermain air sepuasnya tanpa takut dengan ombak yang besar.

Namun, bagi anda yang memiliki anak kecil sebaiknya tetap mengawasi anak anda ketika bermain air. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati tercinta anda.

3. Panorama Sunset

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa wisatawan bisa menikmati momen terbenamnya Matahari dari Gazebo yang ada di Pantai Viovio. Momen pergantian tempat antara Matahari dan Bulan ini menjadi salah satu keindahan alam yang selalu dinikmati oleh siapa saja setiap harinya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Viovio
Image Credit: Google Maps cristina howard

4. Spot Foto yang Instagramable

Daya tarik berikutnya dari Pantai Viovio adalah memiliki spot foto yang instagramable. Dengan pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai membuat tempat wisata alam ini menjadi sangat populer untuk berburu foto cantik, bahkan pihak pengelola juga menyediakan beberapa spot untuk berfoto seperti ayunan dan tempat duduk.

5. Tempat Nongkrong di Malam Hari

Anda pasti pernah nongkrong atau berkumpul bersama teman-teman di cafe atau restoran, namun pernahkah anda merasakan bagaimana rasanya nongkrong di cafe pinggir pantai dengan lampu warna-warni di sekeliling anda. Hal tersebut bisa anda dapatkan ketika mengunjungi pantai cantik asal Batam ini di malam hari.

Tidak hanya menikmati suasana nyaman pantai di malam hari saja, tetapi wisatawan juga akan ditemani dengan live musik yang akan diadakan oleh pihak pengelola setiap weekend atau hari libur. Jadi jika anda sedang berada di Kota Batam atau sekitarnya cobalah untuk nongkrong malam hari di pantai hit ini.

6. Memiliki Area Camping

Daya tarik terakhir dari Pantai Viovio nan indah ini adalah 2 area campingnya yang dapat menampung lebih dari 100 tenda. Bagi anda yang memiliki hobi bermalam di alam bebas atau camping bisa mencoba bagaimana rasanya bermalam di pantai cantik dengan pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai dan ditemani suara ombak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Viovio
Image Credit: Google Maps Hesadarma Harmin

Alamat dari Pantai Viovio berada tepat setelah Jembatan 5 Barelang yang merupakan sebuah jembatan penghubung antara Pulau Rembang dan Pulau Galang di Kecamatan Galang, Desa Sijantung Batam. Untuk rute menuju pantai cantik ini bisa ditempuh menggunakan mobil dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim sejauh 65 KM.

Ketika anda keluar dari Bandara silahkan belok kiri ke Jl. Hang Tuah sampai menemukan bundaran lalu ambil jalur keluar ke 2 menuju Jl. Sudirman. Ikuti Jl. Sudirman sampai anda menemukan perempatan Jl. Ahmad Yani lalu belok kiri dan terus di jalan tersebut sampai memasuki Jl. Letnan Jenderal Suprapto dan masuk lagi ke Jl. Trans Barelang.

Dari Jl. Trans Barelang ini anda akan melewati Jembatan Barelang 1, 2, 4 dan 5 kemudian anda akan menemukan tujuan anda yang berada di sebelah kanan jalan. Lamanya perjalanan dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam ke Pantai Viovio akan memakan waktu sekitar 1 jam 14 menit dengan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Image Credit: Google Maps Ircham Manthof

Pengunjung yang ingin menikmati panorama alam dari Pantai Viovio ini dibebankan biaya tiket masuk seharga Rp 10.000 per orangnya. Tentunya harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk kawasan pantai dengan berbagai daya tarik dan fasilitas yang memadai.

Namun tiket masuk tersebut belum termasuk retribusi parkir kendaraan (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi) yang memiliki harga mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 5.000 per kendaraan sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Viovio

Aktivitas Seru Pantai Viovio
Image Credit: Google Maps AL Hafis

1. Bermain Air di Pantai

Namanya wisata alam pantai pasti rata-rata wisatawan yang berkunjung ingin bermain air laut. Di pantai hits asal Batam ini wisatawan bisa bebas bermain air laut sepuasnya, bahkan anak kecil dan mereka yang tidak bisa berenang juga dapat dengan puas bersenang-senang di laut pantai nan indah ini.

Hal tersebut karena pantai dengan pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai ini memiliki ombak yang kecil. Jadi anak-anak dan mereka yang tidak bisa berenang tetap bisa dengan bebasnya bermain air laut. Namun, anda yang membawa anak kecil sebaiknya tetap memperhatikan anak anda agar tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan.

2. Menikmati Keindahan Pantai

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Pantai Viovio adalah menikmati keindahan alamnya. Jika anda duduk di Gazebo maka anda bisa menyaksikan bagaimana indahnya pantai ini mulai dari pasir putih yang selalu disapu oleh ombak kecil dengan laut biru dan pada bagian ujung setiap sisi pantai terdapat hutan Bakau yang hijau.

3. Menikmati Sunset

Sangat disayangkan jika anda melewati momen sunset di pantai menawan ini, karena ketika sore hari Matahari akan mulai turun di ujung lautan dan membuat suasana pantai seketika berubah menjadi begitu tenang dan nyaman. Momen ini sangat cocok bagi wisatawan yang membawa pasangan karena mereka bisa semakin menikmati waktu romantis bersama.

Aktivitas Seru di Pantai Viovio
Image Credit: Google Maps Semua Tentang Batam

4. Berfoto

Sia-sia jika ada wisatawan yang melewati kegiatan berfoto ketika menginjakan kakinya di wisata alam pantai ini. Pasalnya pantai yang berada tidak jauh dari Jembatan 5 Barelang ini merupakan salah satu tempat foto instagramable yang populer di sosial media.

Hal tersebut karena banyak sekali tempat foto menarik yang bisa anda gunakan untuk berfoto, mulai dari pasir putih, ayunan di pinggir pantai, Gazebo, tempat duduk dan beberapa spot menarik lainnya. Oleh karena itu, pastikan anda tidak lupa berpose didepan kamera ketika sudah sampai di pantai hits ini.

5. Menikmati Malam Bersama Orang Terdekat

Ketika Matahari mulai terbenam dan hari menjadi malam jangan buru-buru pulang dari Pantai Viovio karena keseruan berikutnya baru saja dimulai. Salah satu kegiatan yang tidak boleh anda lewati ketika malam mulai tiba di pantai cantik ini adalah menikmati indahnya langit malam sambil ditemani orang terdekat dan hembusan angin pantai.

Keseruan tersebut semakin terasa berkat lampu warna-warni yang membentang di dekat The Whitesand Cafe sampai ke Gazebo yang ada di sekitarnya. Bahkan ketika malam weekend anda akan ditemani dengan iringan live musik dari cafe pantai pasir putih ini.

6. Camping di Sekitar Pantai

Kegiatan menarik terakhir yang bisa dilakukan di pantai nan indah ini adalah camping atau bermalam di alam bebas. Terdapat 2 lokasi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk membangun tenda yaitu lokasi kecil yang bisa menampung sebanyak 20 tenda dan lokasi besar yang bisa menampung hingga 100 tenda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Viovio
Image Credit: Google Maps Savann SV

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas paling pertama yang akan anda temui di pantai pasir putih asal Batam ini adalah tempat parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraan mereka di tempat ini, namun sebaiknya jangan meninggalkan barang berharga anda di dalam kendaraan meskipun tempat parkir ini dijaga oleh petugas.

2. Cafe

Pantai Viovio memiliki sebuah cafe bernama The Whitesand Cafe yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Menu yang paling difavoritkan di cafe ini adalah makanan laut atau seafoodnya. Namun, pihak pantai juga tidak melarang wisatawan untuk membawa bekal dari rumah mereka.

3. Gazebo

Dari awal sudah sempat disinggung bahwa di pantai cantik ini memiliki beberapa Gazebo yang akan disewakan kepada wisatawan. Gazebo tersebut dapat menampung 1 keluarga dan bisa digunakan selama 1 hari full dengan harga mulai dari 175 ribu sampai 250 ribu.

Demikian ulasan singkat mengenai hal menarik Pantai Viovio yang merupakan sebuah destinasi bahari asal Kota Batam. Pantai ini menggabungkan wisata pantai dan wisata modern seperti cafe dan live musik yang membuatnya populer di kalangan wisatawan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending