Curug Bidadari Bogor – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Curug Bidadari Bogor

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Curug Bidadari salah satu wisata air yang populer berada di Kawasan Sentul Paradise Bogor. Air terjun eksotis yang menyuguhkan pesona alam pegunungan, kesegaran perairan biru dan kawasan yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 08.00-19.00 WIB, Alamat: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Bidadari merupakan destinasi wisata alam pilihan yang sedang banyak diminati. Berlokasi di wilayah Bogor, menjadi alternatif liburan yang mudah dijangkau oleh orang-orang di Jabodetabek. Tempatnya tidak jauh dari pusat kita dan mudah untuk ditemukan.

Keindahan alamnya menjadi salah satu daya tarik utamanya. Aliran airnya sangat segar dengan pemandangan pegunungan dan pepohonan hijau di sekitar. Dahulu dikenal dengan nama curug bojong koneng, namun kemudian diganti saat diambil alih pengelolaannya oleh sentul paradise park.

Berbagai hak menarik bisa dilakukan di sana, tidak perlu kehabisan cara untuk menikmati liburan Anda, cukup sediakan sedikit uang dan waktu ke curug bidadari, semua bisa. Penasaran bagaimana keindahannya, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Bidadari Sentul

Daya Tarik Curug Bidadari Sentul
Image Credit: Twitter.com @kitabogor

1. Batu Belah

Satu pesona yang dimiliki oleh wisata Curug Bidadari Sentul dan tidak bisa ditemukan di tempat lain yaitu keberadaan batu belah. Keberadaannya sebagian difungsikan sebagai alat untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses jalan menuju sumber utama air yang mengalir dari atas bukit. Pengelola menemukannya terbenam pada bagian lapisan tanah yang akan dibangun sebuah kolam.

Karena bentuknya yang besar dan dibutuhkan untuk membuka jalan pintas, pihak pengelola kemudian mengangkatnya dan membelah ke dalam dua bagian. Ternyata keberadaannya saat ini justru memberikan nilai estetik yang banyak menarik perhatian para wisatawan yang datang berkunjung dan tidak sedikit juga yang mengambil foto.

2. Jembatan Kayu

Jembatan kayu ini pada mulanya dibangun dan atau dibuat oleh pihak pengelola untuk membantu pengunjung saat ingin menyeberangi wilayah air terjun. Namun ternyata, desainnya yang estetik justru memberikan nilai tambah akan keberadaannya. Dari kejauhan akan nampak lanskap yang terlihat semakin eksotis dan menawan tentunya.

Lokasi penempatan jembatan kayu ini difungsikan sebagai alat akses dari pintu masuk menuju ke tempat utama wisata curug bidadarinya. Kemudian juga ada yang diletakkan pada bagian tengah kolam yang menghubungkan dengan lokasi fasilitas umum seperti toilet dan lain sebagainya. Kondisinya juga terawat dengan baik, sehingga tidak perlu khawatir untuk melintasinya.

3. Air yang Segar

Pergi Curug Bidadari Sentul, sudah pasti Anda akan menikmati sensasi air yang segar dan menyegarkan tentunya. Mandi di bawah guyuran air yang berasal dari sumber pegunungan ini tentu akan memberikan sensasi berbeda. Setiap tetes air yang mengalir akan menyalurkan energi positif dari alam ke dalam tubuh yang penuh dengan pikiran negatif.

Berbeda dengan beberapa titik lokasi wisata air terjun yang ada di sekitarnya, di curug ini aliran airnya memang cukup deras namun aman untuk dijadikan lokasi berendam. Inilah daya tarik yang berhasil memikat pengunjung datang setiap harinya tanpa jeda, terutama saat musim liburan sekolah dan kantor tiba.

BACA:  22 Curug (Air Terjun) di Bogor yang Populer & Terindah
Daya Tarik Curug Bidadari
Image Credit: Twitter.com @dongscrews

4. Pemandangan Asri

Lokasinya yang berada di antara bukit-bukit dan pegunungan, memberikan sentuhan pemandangan yang nampak begitu asri. Saat Anda baru saja tiba di lokasi, panorama seperti ini adalah suguhan utama yang akan dinikmati. Jajaran bukit dan pegunungan hijau menghiasi setiap sisi lokasi air terjun di curug bidadari. Ditambah lagi pohon-pohon yang rindang dengan rimbunnya daun hijau menambah indahnya.

Karena kondisi sekitarnya yang masih sangat asri, tidak heran jika kemudian udaranya juga terasa sejuk serta segar. Kondisi ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata dengan suasana yang nyaman, sepi dan bisa untuk bermeditasi melepas semua penat.

5. Waterpark Paradise

Ini adalah daya tarik yang membedakan dengan tempat lainnya, di sana terdapat sebuah spot waterpark paradise. Pembangunannya ditujukan untuk memfasilitasi liburan keluarga dengan anak-anak bersamanya. Kolam-kolamnya di aliri air dari sumber utama yaitu air terjun, maka dari itu kesegarannya sama dengan yang berada di bawah aliran langsung curug bidadari.

Ada dua sisi dengan tingkat kedalaman yang berbeda, seperti bagian sisi kirinya cukup dangkal dan direkomendasikan untuk anak-anak. Sedangkan bagian kanan bisa digunakan oleh orang dewasa. Luas dari area ini sekitar 6000 meter persegi dengan panjang sekitar 150 meter. Sebagai pelengkap pengelola juga menambahkan pasir putih yang berasal dari Bangka.

6. Saung Kuliner

Pengelola telah menyediakan berbagai titik yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung saat berada di lokasi, salah satunya yaitu saung kuliner. Ketika Anda tidak sempat memasak bekal untuk disantap di tengah liburan, tidak perlu khawatir untuk kelaparan karenanya. Di sana ada sebuah saung kuliner yang menyajikan beberapa olahan makanan siap santap.

Ada beberapa pilihan menu yang disajikan, bisa disesuaikan dengan selera dan juga kondisi kantong. Esensi utama makan di saung kuliner adalah menikmati makanan dengan pemandangan alam sebagai sajian pelengkapnya. Bagi yang ingin tetap membawa bekal dari rumah, tentu bisa dan tidak dilarang. Bahkan ada beberapa spot saung yang disewakan per jam, Anda bisa memanfaatkannya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Bidadari

Alamat Curug Bidadari
Image Credit: Instagram.com @moanskywardz

Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah tentu akan bertanya terkait alamat lengkap yang perlu dituju saat ingin mengunjunginya . Curug bidadari sentul beralamat di daerah Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari pusat kita, dengan akses yang mudah dilalui serta ditemukan oleh setiap pengunjung yang akan datang berwisata di sana.

Rute yang bisa dilalui saat Anda ingin menuju lokasi yaitu melalui tol Sentul selatan, dengan mengambil akses keluar lalu belok ke kiri. Perjalanan tidak berhenti di situ, tentu saja masih terus berlanjut dengan mengikuti arus jalan utamanya. Setelah beberapa meter akan ada sebuah persimpangan dan silahkan ambil yang menyerong ke arah kiri.

Dari persimpangan tersebut lanjutkan perjalanan sejauh jalan utama membentang. Pertama Anda akan di bawah masuk ke sebuah jalan yang berada di area perumahan daerah Sentul. Terus lanjutkan sampai bertemu jalanan desa setelahnya. Jika Anda sudah melewatinya, berarti lokasi curug bidadari sudah tidak jauh lagi, akan ada petunjuk arah yang membantu menemukan pintu masuknya.

Sampai di lokasi silahkan parkir kendaraan pribadi Anda dan lakukan pembayaran sejumlah yang diminta oleh pengelola untuk keamanan. Perjalanan yang telah terlewati dari titik tol Sentul sekitar kurang lebih 50 menit saja. Jika Anda berasal dari luar daerah maka pilihlah rute yang mengarah ke tol sentul selatan terlebih dahulu, lalu ikuti langkah selanjutnya.

Jam buka untuk curug ini berbeda saat hari aktif dan juga weekend. Setiap hari kecuali Sabtu minggu, dibuka mulai jam 8 pagi hingga setengah 7 malam. Sedangkan untuk akhir pekan dimulai pada pukul 8.30 pagi hingga jam 5 sore saja.

BACA:  14 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Pesona Alam yang Menakjubkan

Saat memasuki wilayah air terjun tentunya harus ada biaya masuk yang dibayarkan. Harga yang diberikan untuk setiap orang berkisar sekitar Rp 25.000,- saja, termasuk semua fasilitas yang ada di sana, kecuali penyewaan wahana pelengkap. Namun harga tersebut tidak sama saat Anda melakukan kunjungan pada weekend, karena naik menjadi Rp 40.000,- per orangnya.

Sedangkan untuk biaya parkir tidak termasuk dalam tiket masuk tersebut. Bagi yang membawa kendaraan roda empat dikenakan tarif keamanan dengan harga Rp 10.000,-. Sedangkan untuk yang membawa kendaraan roda dua hanya dikenakan pembayaran parkir sejumlah Rp 4000,- saja. Hati-hati dengan pungutan liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, bayarkan uang hanya pada pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Bidadari

Aktivitas di Air Terjun Bidadari Sentul
Image Credit: Google Maps (m safei)

1. Bermain Flying Fox

Apa saja yang bisa dilakukan saat berada di Curug Bidadari? tentunya banyak sekali kegiatan yang bisa Anda pilih. Namun, satu rekomendasi bagi Anda yang senang dengan kegiatan menantang untuk mencoba wahana ekstrimnya yaitu flying fox. Pengelola telah menyediakan fasilitas tersebut tentunya dengan biaya tambahan jika ingin menggunakan.

Keamanannya sudah dijamin sehingga tidak perlu khawatir untuk menggunakan. Dari atas bisa terlihat dengan langsung indah dan juga mempesonanya pemandangan lanskap dari lokasi sekitar. Pegunungan, bukit, hingga hutan lindungnya terlihat begitu segar di mata dengan warna hijau yang menyejukkan. Udara dari atas juga sangat sejuk, sangat cocok bagi jiwa-jiwa yang senang dengan hal menantang.

2. Berendam di Kolam Air Terjun

Setelah perjalanan yang cukup menguras tenaga dan juga waktu, berendam di kolam-kolam yang ada di Curug Bidadari menjadi rekomendasi kegiatan untuk dilakukan. Kesegaran dan dinginnya aliran air dari sumber utamanya tentu akan menghapus semua penat selama di jalan. Ke dalamnya cukup dangkal sehingga aman bagi semua golongan usia terutama anak-anak yang ikut bersama.

Terdapat beberapa kolam yang tertata rapi dan juga bersih. Pengelola memberikan pelayanan terbaiknya agar pengunjung benar-benar bisa memanfaatkannya secara maksimal. Sembari melihat sekeliling yang asri dengan pepohonan hijau dan rimbun, berendam dan menyusuri setiap bagian kolam akan menjadi kegiatan menarik selama di sana untuk dilakukan.

3. Menyewa Perahu

Selain melakukan beberapa kegiatan air seperti berenang dan lain sebagainya, Anda juga bisa menyewa perahu untuk digunakan menyusuri setiap sudut area alirannya. Jika ingin menikmati wahana ini diperlukan sebuah tambahan biaya yang harus dikeluarkan. Namun, tentunya tidak akan percuma dengan pengalaman yang ditawarkan.

Anda hanya perlu mengatakan ke pihak pengelola untuk mencari tempat yang menyewakan perahu dimaksud. Kemudian akan diarahkan untuk proses penyewaannya, bayar biaya yang diberikan, lalu nikmati fasilitasnya.

4. Berfoto

Di zaman digital seperti ini semua kemudahan berada pada satu genggaman, termasuk melakukan aktivitas berfoto. Saat melakukan kunjungan ke sebuah tempat wisata, ritual berswafoto ini adalah hal yang tidak boleh tertinggal. Terutama bagi para milenial yang gemar memberikan atau membagikan ceritanya melalui media sosial, tentu ini menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh terlewat.

Menanggapi antusias dari pengunjung untuk mengabadikan setiap sudut area Curug Bidadari, pengelola membangun sebuah spot yang bisa dijadikan lokasi paling pas mengambil gambar. Dari titik ini seluruh penampakkan lanskap pemandangan yang ada akan terlihat dengan indahnya tanpa satu lokasi yang terlewat. Namun, Anda juga bisa mengambil foto dari beberapa lokasi lainnya yang juga menarik.

Aktivitas di Air Terjun Bidadari
Image Credit: Google Maps (nurasiah jamil jamil)

5. Kulineran

Saat melakukan sebuah perjalanan wisata tentunya perut tidak boleh kosong, karena dibutuhkan tenaga yang cukup agar bisa mengeksplorasi keindahan yang ada. Terlebih setelah berendam tentunya rasa lapar akan menghampiri setiap orang. Tidak nyaman tentunya jika terus melanjutkan kegiatan tanpa memakan sesuatu yang bisa memulihkan tenaga.

BACA:  15 Curug (Air Terjun) di Bandung yang Populer & Terindah

Jangan khawatir jika Anda ada pada posisi tersebut, karena di sana sudah dibangun sebuah lokasi saung kuliner yang menyediakan olahan makanan siap santap. Lokasinya ada yang di dalam area air terjun, juga di luar lokasi. Berkulineran di alam terbuka tentu akan menjadi satu kesan yang tidak biasa, jadi ini adalah kegiatan dengan dua keuntungan sekaligus, perit kenyang mata juga terpuaskan oleh pemandangan alam.

6. Membasuh Diri di Pancuran Bambu

Aliran air yang ada di Curug Bidadari tidak terlalu ekstrim dan masih ramah pengunjung. Namun jika Anda mencari yang lebih aman, bisa memanfaatkan keberadaan pancuran bambu di sekitarnya. Sensasinya tidak berbeda dengan yang ditawarkan oleh aliran utama dari atas tebing batu disebut dengan curug tersebut. Hanya saja hantaman airnya tidak terasa karena memang tidak terlalu kuat.

Di bawah pancuran bambu tersedia di sana, Anda bisa membasuh diri yang sudah lelah. Duduk dan berendam di bawahnya akan memberikan pengalaman luar biasa. Kesejukan dan kesegarannya akan mengalir dari atas kepala hingga ujung kaki. Perasaan segar itu akan terus terbawa hingga nanti pulang ke rumah. Bermeditasi dan berendam menjadi kegiatan yang cocok dilakukan.

7. Menyewa Saung untuk Beristirahat

Jika Anda telah berangkat dengan bekal yang terbungkus rapi dari rumah, maka tidak perlu khawatir untuk membawanya ke dalam area curug. Tidak terdapat sebuah larangan terkait, bahkan jika memang menginginkan untuk menyantapnya sembari beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar, tentu sangat bisa dilakukan.

Ada beberapa saung yang disewakan untuk keluarga yang ingin beristirahat dan menyantap bekal makanannya. Anda bisa menyewanya dengan hitungan jam, harga telah ditentukan sesuai kebijakan berlaku. Sedangkan jika ingin berhemat bisa kemudian membawa tikar dan menggelarnya di bagian ruang kosong di sekitar area Curug Bidadari Sentul.

8. Bermain Pasir Putih

Tidak hanya di pantai, di tempat ini Anda juga bisa bermain pasir putih. Bagaimana bisa? pengelola telah membuat sebuah wilayah dengan ditambahkan pasir yang berasal dari Bangka. Lokasinya berada di tepian kolam yang dekat dengan lokasi utama aliran curug. Jika Anda ingin melakukan permainan pasir tentu saja diperbolehkan, karena fasilitas ini memang dibuat untuk memfasilitasi kegiatan pengunjung.

Apakah ada biaya tambahan? tentu saja tidak, ini termasuk ke dalam pembiayaan tiket masuk di awal. Sehingga semua pengunjung terutama anak-anak bisa memanfaatkannya sesuka hati tanpa batasan. Namun, bukan berarti boleh untuk mengotorinya dengan sampah, karena menjaga kebersihan dan kenyamanan juga menjadi tugas bersama antara pengunjung dengan pengelola.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Bidadari Bogor

Fasilitas di Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (imran 078)

Pengelolaannya saat ini sudah semakin membaik setelah diambil alih oleh Sentul Paradise Park. Pembangunan sarana prasarana pendukung terus dilakukan untuk menjaga kenyaman dari wisatawan yang datang. Mulai dari fasilitas penunjang berupa wahana permainan, hingga dengan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Keberadaan Curug Bidadari masuk ke dalam daftar pilihan wisata alam yang direkomendasikan saat berada di Bogor. Selain karena gambaran panoramanya yang asri dan masih alami, juga karena pesona aliran air terjunnya. Hati-hati ketika datang ke lokasi dan gerbang masuk belum di buka, akan ada orang yang melakukan pungutan liar, selalu ingat untuk membayar tiket masuk di loket dan petugas resmi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending