Curug Leuwi Hejo Bogor – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Curug Leuwi Hejo Bogor - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Curug Leuwi Hejo salah satu air terjun hits di Sentul, Bogor. Wisata air yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan, dekat sungai berbatu dan hutan yang rimbun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Berwisata di Curug Leuwi Hejo menjadi hal yang tepat jika Anda ingin mencari kesegaran alam yang masih asri. Untuk diketahui, curug adalah nama lain dari air terjun. Curug ini memiliki nama Leuwi Hejo, sehingga bisa disebut juga sebagai air terjun Leuwi Hejo, meski sebenarnya sudah ada nama lain dari air terjun ini.

Curug Leuwi Hejo ini terdiri dari tiga kata yang berasal dari bahasa daerah setempat yaitu bahasa Sunda. Curug ini memiliki artian tersendiri ternyata. Untuk kata curug memiliki arti sebagai air hujan. Sedangkan untuk kata Leuwi juga memiliki arti kata tersendiri yaitu lembah. Sedangkan Hejo memiliki arti sebagai hujan.

Sangat cocok jika dikatakan Leuwi Hejo karena kota Bogor sendiri memiliki julukan sebagai kota hujan. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta wisata yang bertemakan alam. Pesona curug yang indah ini tentunya sangat menjanjikan bagi siapapun yang mengunjunginya. Untuk Anda yang sedang berada di Kawasan Bogor, maka jangan ragu-ragu untuk menjelajahi indahnya curug ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Leuwi Hejo

Daya Tarik Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Eka Prastica)

Setiap lokasi wisata pastinya memiliki daya tarik masing-masing. Begitu juga dengan Leuwi Hejo yang memiliki daya tarik bagi wisatawan yang datang.

1. Air Curug yang Jernih nan Segar

Sebuah tempat wisata memang tidak bisa terlepas begitu saja tanpa adanya sebuah daya tarik yang dimilikinya. Hal inilah yang dimiliki oleh air terjun Curug Leuwi Hejo. Air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat para wisatawan terpesona dan berkeinginan untuk mengunjunginya. Daya tarik yang dimilikinya berupa air curug yang sangat jernih dan juga asri.

Keindahan ini sangatlah natural tanpa rekayasa sedikitpun. Karena airnya sangat jernih, maka kolam yang terbentuk di bawah air terjun ini pun menjadi berwarna hijau. Hal ini dikarenakan adanya pantulan sinar matahari terhadap air yang dikelilingi oleh kawasan pepohonan yang hijau dan rindang.

Selain itu warna hijau ini juga disebabkan karena dalamnya kolam yang terbentuk di bawah air terjun. Semakin dalam maka semakin pekat.

2. Kawasan yang Sejuk

Wisata alam memang tidak bisa dipungkiri jika memiliki lokasi yang sejuk. Hal ini tentunya karena alam yang berada di kawasan wisata sengaja untuk dijaga keasriannya dan juga naturalnya. Sehingga kondisi sekitar terasa sangat sejuk dan sedap untuk dipandang mata.

Kawasan curug yang sejuk ini juga dikarenakan keberadaannya yang terletak di ketinggian sekitar 500-1.000 meter dari permukaan laut. Hal inilah yang menyebabkan hawa dan udara di curug ini seperti di pegunungan, yaitu dingin.

Dinginnya udara di kawasan curug ini tentunya sangat menyegarkan. Sehingga hal ini pun dapat membuat para wisatawan merasa betah untuk belama-lama di lokasi wisata ini. Faktor penyebab kawasan wisata ini sejuk selain beberapa hal di atas juga karena alam sekitar yang mendukungnya.

BACA:  Air Terjun Sikulikap Karo - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Hal ini dapat dibuktikan melalui banyaknya pepohonan yang rindang dan juga lebat di sekitar curug. Pepohonan yang rindang membuat lokasi wisata ini menjadi lebih sejuk. Tak heran jika curug ini seakan memiliki cadangan oksigen yang berlimpah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Leuwi Hejo

Alamat Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Doni Herdiansyah)

Pergi ke suatu tempat wisata alangkah lebih baiknya jika mengetahui keberadaannya secara tepat. Karena jika sudah mengetahui, maka akan memudahkan para wisatawan untuk sampai di lokasi dengan cepat. Akan tetapi bagi yang belum mengetahui keberadaan tempat wisata Curug Leuwi Hejo ini Anda tidak perlu khawatir. Karena keberadaan dari curug ini sudah terdeteksi aplikasi google maps.

Letak curug ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor dengan jarak sekitar 10 km dengan estimasi waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke tujuan. Dengan lokasi tempat wisata di daerah Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor.

Karena lokasi keberadaan curug ini sudah diketahui, maka alangkah baiknya jika para wisatawan juga mengetahui rute menuju curug. Untuk rute menuju lokasi wisata maka Anda dapat melewati jalan tol yang mengarah ke Bogor. Setelah keluar dari tol, maka Anda berada di daerah Sentul Selatan yang kemudian dilanjutkan perjalanannya menuju Sentul Nirwana.

Setelah berada di Sentul Nirwana maka Anda akan menemukan Jungle Land. Sesampainya di lokasi tersebut, maka para wisatawan sudah berada di sebuah pedesaan yang masuk ke dalam rute perjalanan wisata.

Para wisatawan hanya perlu mengikute rute yang ada di pedesaan tersebut sembari mengikuti arahan hingga akhirnya menemukan sebuah objek wisata yang bernamakan Curug Leuwi Hejo. Rute tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Untuk yang menggunakan fasilitas kendaraan umum, maka jika Anda berada di Jakarta bisa dengan menggunakan KRL yang nantinya turun di Stasiun Bogor. Selepas dari stasiun tersebut, maka wisatawan dapat memanfaatkan jasa antar seperti ojek online yang pamornya kini mulai merebah.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo Bogor

Harga Tiket Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Instagram.com @xridersindependentdepok

Jika Anda sudah mengetahui keberadaan dari objek wisata curug ini, maka langkah selanjutnya tinggal menunggu action untuk berkunjung. Ketika berkunjung ke objek wisata ini, maka sudah pasti para wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk wisata. Wisata Leuwi Hejo tidak mematok harga yang tinggi, akan tetapi harga yang dipatok sangatlah bersahabat dan juga murah meriah.

Wisata alam sepeti curug ini memang biasanya menerapkan taraf tiket masuk dengan harga yang murah. Untuk dapat masuk ke lokasi wisata curug ini Anda hanya perlu merogoh uang sebesar Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Benar-benar harga yang sangat fantastis. Dengan harga yang cukup murah ini Anda dapat menikmati keindahan curug ini dengan sepuasnya.

Perbedaan harga tiket masuk tersebut disebabkan oleh dua faktor. Faktor tersebut terletak pada pos ke berapa Anda akan masuk dan menjelajahi Curug Leuwi Hejo. Jika Anda mengunjungi curug ini melalui pos pertama, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Akan tetapi jika Anda mengunjunginya melalui pos kedua maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000.

Selain akan dikenakan oleh biaya tiket masuk, wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Untuk biaya parkir dikelompokkan sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Jika Anda menggunakan sepeda motor, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk mobil, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000.

BACA:  Curug Malela Bandung - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Area parkir ini sudah terjamin keamanannya. Bagi wisatawan yang akan berkunjung biasanya sudah memiliki rencana waktu untuk berlibur. Banyak dari wisatawan yang merencanakan untuk berlibur di tiap weekend. Akan tetapi tidak sedikit pula yang ingin berlibur di weekday biasa. Meski kapasitas orang yang berlibur ketika weekend memang lebih mendominan daripada ketika weekday.

Objek wisata curug ini pun menjadi salah satu destinasi wisata yang buka setiap hari mulai pukul 07:00 sampai pukul 17:00 WIB. Dan jika Anda ingin berlibur di tempat ini, maka alangkah lebih baiknya untuk pergi di pagi hari ataupun di sore hari. Tetapi banyak yang memilih untuk pergi pagi hari. Hal ini dikarenakan udara pagi yang belom terkontaminasi dengan hal lainnya. Selain itu juga udaranya masih fresh dan segar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Leuwi Hejo

Aktivitas di Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Dodi Mahfud)

Curug ini memang mampu memikat hati wisatawan yang mengunjunginya. Tak jarang juga wisatawan yang datang juga beragam baik dari domestik maupun mancanegara. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan disini.

1. Bermain Air

Jika Anda kebingungan ketika mencari tempat wisata ini, maka Anda dapat mencarinya dengan nama lain dari curug ini. Nama lain dari curug ini yaitu Curug Bengkok. Untuk aliran utama dari curug atau air terjun ini yaitu Sungai Cilengsi.

Bagi Anda yang merupakan wisatawan di Curug Leuwi Hejo, maka kegiatan yang bisa Anda lakukan pertama kali ketika sampai di lokasi yaitu bermain air. Mengingat tempat wisata ini mayoritas didominasi dengan air yang dimilikinya. Biasanya mereka yang bermain air akan bermain air di pinggiran curug atau air terjun. Hal ini dilakukan untuk mentaati himbauan dan juga menjaga keselamatan bersama.

2. Berenang di Sekitar Curug

Karena tempat wisata ini bertemakan curug yang memang menyuguhkan wisata airnya, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba berenang di sekitar curug ini. Curug ini cukup dalam meski tidak terlalu dalam. Kedalaman yang dimiliki oleh curug ini berkisar di angka 3 meter saja. Akan tetapi jika Anda tidak bisa berenang, maka lebih baik untuk tidak mencoba berenang.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keselamatan semua pengunjung. Terlebih bagi yang memang belum bisa berenang. Akan tetapi jika tetap ingin berenang, maka para wisatawan dapat menyewa pelampung yang disediakan di sekitar lokasi wisata. Selain itu juga ketika berenang lebih baik di pinggiran air terjun saja, jangan sampai ke tengah air terjun.

3. Menikmati Pemandangan Sekitar Curug

Pemandangan sekitar curug memang tidak ada duanya. Seperti halnya air terjun lainnya, di curug ini juga terdapat pepohonan yang menghiasi dan juga mengelilinginya. Suasana alam yang sangat asri dan juga sejuk bisa Anda rasakan dan dapatkan ketika memutuskan untuk mengunjungi area wisata ini.

Selain itu, suasana alam yang asri ini juga disertai dengan kicauan burung di sekitarnya dan juga gemericik air yang menenangkan. Ditambah dengan angin yang sepoi-sepoi menambah suasana para wisatawan seperti seakan-akan terhanyut dalam alam tersebut.

Aktivitas Menarik di Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Alifa Ramadhina Faiha)

4. Lompat Tebing

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan di curug ini selanjutnya yaitu lompat tebing. Hal ini dikarenakan banyaknya tebing yang mengelilingi air terjun ini. bagi para pecinta alam maupun para wisatawan yang menyukai kegiatan yang dapat memicu adrenalin, maka hal ini cocok sekali untuk dilakukan di objek wisata ini.

Kegiatan lompat tebing ini membutuhkan energi serta keberanian yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Wisatawan yang akan melakukan kegiatan lompat tebing ini harus berhati-hati dan mempersiapkan fisik yang lebih. Karena hal ini tentunya sangat menantang.

BACA:  15 Curug (Air Terjun) di Subang yang Populer & Terindah

Bagi Anda yang akan mencoba melompat dari tebing yang berada di ketinggian ini, jangan khawatir juga. Karena di objek wisata ini juga akan disediakan seutas tali oleh pengelola objek wisata ini. tali ini memiliki fungsi sebagai alat untuk berpegangan dan juga membantu dalam proses menaiki tebing sampai akhirnya lompat dari tebing.

Kegiatan lompat dari tebing dan menceburkan diri ke kolam yang memang terbentuk di bawah curug ini cukip ekstrem. Namun, ketika sampai di bawah tentu para wisatawan akan mendapatkan sensasi air yang dingin dan juga segar.

5. Hiking di Lokasi Curug

Mengapa berlibur di curug bisa dikatakan hiking? Tentu saja bisa dikatakan sebagai tempat yang sangat direkomendasikan ketika Anda ingin melakukan hiking kecil-kecilan. Atau ketika Anda rindu dengan rimbunnya alam, maka salah satu obatnya adalah pergi menjelajahi alam. Area wisata Curug Leuwi Hejo menjadi salah satu curug yang memiliki ciri khas tersendiri.

Curug ini sedikit berbeda dari yang lainnya, pasalnya untuk dapat sampai di lokasi Anda harus melalui proses trekking terlebih dahulu. Hal inilah yang menyebabkan Anda wajib hiking di tempat meski dalam frekuensi kecil.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Leuwi Hejo Bogor

Fasilitas di Curug Leuwi Hejo

Fasilitas yang disediakan di objek wisata curug ini juga sudah cukup memadai. Di antara beberapa fasilitas tersebut yaitu:

1. Lahan Parkir Luas

Lahan parkir yang disediakan oleh objek wisata cukup luas. Sehingga setiap kendaraan yang ada di lokasi dapat masuk ke area parkir. Dengan adanya fasilitas parkir yang memadai maka hal ini dapat menciptakan tatanan kendaraan yang rapi dan nyaman dipandang.

2. Mushola dan Toilet

Sarana penunjang lainnya yang disediakan di objek wisata ini yaitu toilet. Meski terlihat sepele, akan tetapi fasilitas ini bersifat urgent atau penting. Toilet yang terdapat di objek wisata ini sudah terjamin kebersihannya. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi. Selain itu, juga terdapat mushola yang memang disediakan bagi wisatawan yang beragama Islam. Mushola ini cukup bermanfaat bagi yang menggunakannya.

3. Tempat Penyewaan

Adapun untuk fasilitas penunjang berbagai kegiatan menarik lainnya yang disediakan di lokasi wisata Curug Leuwi Hejo yaitu adanya tempat penyewaan. Tempat penyewaan yang ada di lokasi wisata pun beragam macam dan bentuknya. Ada yang menyewakan alat untuk berenang, seperti pelampung dan sebagainya. Ada juga yang menyewakan alat dan juga perlengkapan untuk kegiatan lompat tebing.

Orang yang menyewakan alat untuk lompat tebing ini menyediakan perlengkapannya seperti tali atau webbing yang nantinya dikaitkan di kaki dan juga perut para wisatawan. Untuk biaya sewa alat-alat renang maupun lompat tebing ini sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong Anda. Maka jangan risau dan khawatir jika Anda belum memiliki alat-alat tersebut.

4. Warung Makan

Fasilitas lainnya yang dapat Anda temukan di kawasan wisata ini yaitu adanya warung makan yang menyajikan berbagai makanan dengan harga yang terjangkau. Yang istimewa dari warung makan di kawasan wisata ini yaitu berbagai menu yang dihidangkan pun ada yang termasuk menu kuliner khas Jawa Barat. Jadi, bagi Anda yang cukup lapar boleh sekali untuk mampir di warung makan sekitar sini.

Itulah sedikit ulasan mengenai Curug Leuwi Hejo yang terletak di kawasan Sentul, Bogor. Bagi Anda yang ingin berlibur di kawasan Bogor jangan lupa untuk mampir di curug ini. Destinasi wisata yang indah namun cukup murah meriah sehingga sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending