Pantai Ora Maluku Tengah, Pantai Cantik & Spot Favorit Bagi Pecinta Snorkeling

Pantai Ora Maluku Tengah, Pantai Cantik & Spot Favorit Bagi Pecinta Snorkeling
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kabupaten, Kec. Seram Utara, Kab. Maluku Tengah, Maluku; Map: Cek Lokasi

Tidak mau kalah dari wisata-wisata di kawasan Indonesia bagian barat, lokasi-lokasi wisata di kawasan Indonesia timur tidak patut dipandang sebelah mata. Sebagai contoh, sebut saja Pantai Ora di kawasan Maluku Tengah. Meski tidak setenar pantai-pantai di Bali, pantai ini memiliki ciri khasnya sendiri yang dapat membuatnya dijuluki sebagai surga tersembunyi.

Air laut yang jernih memudahkan pengunjung untuk dengan mudahnya melihat dan mengagumi keindahan bawah laut. Tak hanya itu, karena lokasinya yang bisa dikatakan terpencil, Anda bisa bersantai di resor-resor yang tersedia tanpa perlu khawatir terganggu dengan wisatawan lain. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai hingga tengah malam, berkemah pun bisa menjadi opsi.

Dengan predikat sebagai salah satu lokasi wisata ‘eksklusif’, tidak heran memang jika Pantai Ora menjadi sasaran para pelancong kelas atas. Namun, seperti semua lokasi wisata alam Indonesia, siapapun yang berkunjung bebas menikmati keindahan dan kekayaan bahari nan surgawi di tanah Maluku.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ora

Daya Tarik Pantai Ora
Image Credit: Instagram Mrs. Waas • 我是莫佳妮 – 美妙的🇮🇩

1. Lanskap yang Luar Biasa

Tidak hanya perjalanan panjang menuju pantai ini yang membuatnya menjadi pantai yang ‘menarik’ untuk dikunjungi. Pantai cantik ini memiliki beberapa keindahan yang sayang jika Anda lewatkan.

Mari kita mulai dari lanskap besarnya. Pantai Ora merupakan pantai yang memiliki beberapa tebing besar. Uniknya, Anda bisa menemukan gua-gua kecil yang bisa Anda kunjungi saat diving. Kawasan pantainya sendiri memiliki pasir putih hangat yang siap menyapa langkah kakimu saat berkunjung ke pantai ini.

2. Penataan yang Tidak Kalah dari Maldives

Saat melangkah menuju akomodasi pilihanmu, Anda mungkin akan terkejut melihat jembatan kayu yang sudah umum digunakan untuk menghubungkan resort satu dengan yang lainnya. Di bawahnya, terumbu karang berjajar dengan indahnya, menyediakan rumah bagi ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari di bawah sinar matahari.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ora
Image Credit: Instagram GalantBlack

3. Spot yang Ideal untuk Snorkeling atau Diving

Meski ombak di pantai ini bukan tipikal ombak yang tepat untuk surfing, ada akomodasi yang menyediakan perlengkapan untuk berkano. Jika tidak terlalu suka berkano, berenang santai, snorkeling, atau diving menjadi opsi olahraga air yang bisa Anda lakukan di pantai ini.

4. Kenali Biota Laut dari Dekat

Uniknya lagi, menurut beberapa sumber, Anda tidak perlu menyelam terlalu dalam hanya untuk mengenal biota laut lebih dekat. Dari kedalaman dua hingga tiga meter, Anda bisa menyaksikan betapa luar biasanya ekosistem laut di kawasan ini yang masih sangat terjaga.

Dengan keindahan lanskapnya, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan stok objek untuk difoto. Tidak cukup dengan berfoto, nikmati sunset di pantai ini yang mengantarkanmu menuju malam yang romantis. Tentunya, bermalam di penginapan sekitar Pantai Ora -apalagi yang berada di atas laut, akan memberimu pengalaman bermakna yang tidak dapat ditemukan di manapun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Lokasi Pantai Ora
Image Credit: Instagram INDONESIA | #ayodolan

Pantai yang menawan ini berada di Provinsi Maluku, tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah. Lebih tepatnya, wisata pantai ini terletak di ujung sebelah barat dari Teluk Sawai, yang berada di sebelah Desa Sawai dan Desa Saleman. Pantai ini terletak sekitar 45 km dari Taman Nasional Manusela.

Perjalanan menuju lokasi pantai bisa dibilang cukup ‘berbelit-belit’ karena lokasi pantai ini yang tersembunyi. Jadi, jika Anda berminat untuk berlibur ke pantai ini, berikut hal yang perlu Anda lakukan:

1. Lokasi Anda → Ambon

Ambil penerbangan ke kota Ambon. Jika Anda berasal dari Jakarta, ada banyak pilihan penerbangan yang bisa Anda pilih. Namun, rata-rata membutuhkan satu kali transit (umumnya di Makassar). Beberapa kota menawarkan penerbangan langsung ke Ambon, misalnya saja penerbangan dari Surabaya atau dari Makassar.

2. Perjalanan Darat Bandara Pattimura (Ambon) → Pelabuhan Tulehu

Lanjutkan perjalananmu ke Pelabuhan Tulehu. Dari bandara, Anda perlu bergerak ke bagian timur pulau, menempuh jarak sekitar 35 km.

3. Perjalanan Laut Tulehu – Amahai

Amahai merupakan nama pelabuhan yang harus Anda kunjungi sebelum ke Pantai Ora Maluku Tengah. Di Pelabuhan Tulehu terdapat ferry yang dapat mengantarkanmu ke Pelabuhan Amahai. Ferry ini tersedia setiap hari sebanyak 2 kali (pukul 09.00 WIT dan pukul 16.00 WIT untuk Senin-Sabtu), sedangkan untuk hari minggu hanya tersedia pada pukul 11.00 WIT.

4. Pelabuhan Amahai → Desa Saleman

Saat ini, Anda hanya bisa menuju Desa Saleman dari Amahai dengan menyewa kendaraan sebab transportasi umum belum tersedia. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 2,5-3 jam tergantung dari situasi perjalanan.

Perjalanan dari Amahai ke Desa Saleman mengharuskan Anda untuk melintasi Jalan Trans Seram yang melintasi jalur pegunungan yang cantik. Tak lupa, Anda juga akan melintasi kawasan Taman Nasional Manusela.

5. Desa Saleman → Pantai Ora

Untuk menuju pantai, Anda masih perlu menyewa perahu kecil yang bermesin untuk berangkat. Berjalan menyusuri jalan setapak mungkin dilakukan, namun bagi pengunjung yang belum berpengalaman mungkin akan sedikit berbahaya. Saat ini, hanya penduduk Desa Saleman yang berpengalaman melakukan hal ini.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pantai Ora
Image Credit: Google Maps Imam Kurnianto

Untuk masuk ke kawasan Pantai Ora, Anda tidak dikenakan biaya apapun-meski sebagai gantinya, Anda harus membayar biaya transportasi yang sama sekali tidak sedikit untuk berkunjung ke pantai ini. Jika dirinci, berikut gambaran harga transportasi dari Jakarta ke kawasan pantai:

  • Tiket pesawat Jakarta-Ambon (PP, harga Juli 2021): Rp 4.000.000,-
  • Biaya transport Ambon-Tulehu: Rp 200.000,- (anggaran kasar)
  • Ferry Teluhu-Amahai (PP): Rp 300.000,- s.d. Rp 500.000,-
  • Biaya sewa kendaraan dari Amahai-Saleman (PP): Rp 1.600.000,-
  • Perahu Saleman-Pantai Ora (PP): Rp 200.000,-

Jika dijumlahkan, maka biaya transportasi yang perlu Anda siapkan adalah sebesar Rp 6.300.000,- tiap orang. Perlu diingat, Anda bisa mengurangi biaya per orang jika bervakansi dalam grup. Selain itu, biaya ini masih merupakan biaya kasar yang sewaktu-waktu dapat berubah, baik turun maupun naik.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Ora

Aktivitas di Pantai Ora
Image Credit: Google Maps Yossy Okvianty

1. Menikmati Keindahan Pantai

Keindahan pantai kawasan Indonesia timur memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantai Ora adalah salah satu pantai yang keindahannya masih alami-belum banyak campur tangan manusia.

2. Berenang, Snorkeling, atau Diving

Seperti layaknya pantai, Anda tak bisa menghindar dari godaan untuk nyebur ke air, bukan? Baik sekadar berenang, snorkeling, atau diving di sekitar kawasan tebing, pantai ini punya segalanya.

3. Berburu Foto

Bagi Anda pencinta fotografi-terutama foto lanskap, siap-siap membawa memory card tambahan! Jangan sampai pulang tanpa membawa ribuan foto untuk dicetak, atau Anda bakal merasa rugi.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Image Credit: Google Maps Oka Mahendra

1. Ora Beach Resort (Mulai Rp 850.000,- s.d. Rp 3.500.000,- per Malam)

Ora Beach Resort menjadi salah satu pilihan akomodasi eksklusif Anda selama berkunjung ke Pantai Ora dan sekitarnya. Resor ini mungkin mahal, namun dengan fasilitas yang ditawarkan serta posisi yang dimilikinya, harga yang ditawarkan jadi terkesan wajar.

Kamar yang luas dan tiga pilihan lokasi resort (kamar darat, kamar laut, atau rumah laut) bisa Anda pilih tergantung budget yang Anda siapkan.

2. Oracave Eco-Lodge (Mulai Rp 1.100.000,- per Malam)

Dengan luas 25m2 untuk tiap cottage, Anda bisa merasakan pengalaman ‘menginap eksklusif’ di penginapan ini. Mungkin sedikit lebih jauh dari kawasan pantai, meski demikian Anda bisa mencoba berkano atau sekadar menghabiskan waktu di balkon yang disediakan untuk tiap cottage.

3. Kakatua Bungalow (Mulai Rp650.000,- per Malam)

Jika ingin berhemat sedikit, Kakatua Bungalow bisa menjadi pilihan akomodasi yang tepat untuk dipilih saat berkunjung. Kamar yang tersedia sedikit lebih sempit dan fasilitasnya standar, namun Anda bisa memilih lokasi kamar: yang dekat dengan pantai, atau sedikit lebih jauh di laut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai Ora
Image Credit: Google Maps jihanalkatiri28 Fahira

Tidak seperti pantai lain yang memiliki fasilitas umum seperti toilet dan warung-warung kecil yang berjejeran di tepi pantai, Pantai Ora tidak dilengkapi fasilitas apapun. Fasilitas yang tersedia adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak resort/hotel yang Anda tempati.

Pada umumnya, toilet sudah tersedia di masing-masing ruang penginapan yang Anda tempati. Restoran juga tersedia di masing-masing penginapan. Perlu diingat, karena tidak ada restoran lain yang tersedia di kawasan tersebut, bukan hal yang aneh jika harga makanan yang ditawarkan berada di atas rata-rata. Oleh karena itu, Anda butuh menyiapkan budget lebih.

Selain restoran, perahu serta alat untuk snorkeling dan diving menjadi fasilitas tambahan berbayar yang bisa Anda jumpai di kawasan pantai. Meski tidak murah, bagi kalian pencinta alam bawah laut, snorkeling atau diving jadi hal yang wajib dilakukan di pantai ini.

Bagaimana? Siap berkunjung ke Pantai Ora! Memang, perjalanan menuju pantai ini memakan biaya yang sama sekali tidak murah-malah bisa dikatakan sangat ‘eksklusif’. Namun, pengalaman yang luar biasa dan berbeda dari pantai lainnya bisa Anda dapatkan hanya di pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending