10 Wisata Pantai di Samarinda yang Paling Hits

Pantai Samarinda

Inilah List Wisata Pantai Populer di Samarinda, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Eksotis, Terhits dan Terindah yang Menarik Dieksplor untuk Petualangan Seru dan Menyenangkan.

Menjadi salah satu kota yang berada di daerah pesisir, tidak heran jika kota Samarinda terkenal memiliki beberapa wisata bahari yang menjadi destinasi terbaik untuk memanjakan mata. Pantai-pantai yang berada di kota ini menawarkan keindahan alam yang membuat siapa siapa saja yang melihatnya menjadi jatuh cinta.

Bagi anda yang masih bingung mencari tempat berlibur, berikut deretan wisata pantai terbaik di Samarinda yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Pangempang

Pantai Pangempang
Image Credit: Facebook.com @tickutaikartanegara

Pantai pertama yang harus dikunjungi ketika berada di Samarinda adalah Pantai Pangempang. Pantai yang terletak di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara ini menjadi destinasi untuk menghabiskan liburan karena menyuguhkan pemandangan yang indah.

Jika hendak menyusuri pantai, Anda akan disuguhkan dengan semak bakau dan padang rumput yang indah hingga bertemu dengan pantai. Pihak pengelola Pantai Pangempang juga membangun sebuah jembatan yang menjadi akses jalan kecil. Terbuat dari bilah kayu dan batang pohon akan menjadi keunikan tersendiri yang bisa anda nikmati.

Tidak hanya itu, pihak yang bertanggungjawab atas Pantai Pangempang ini juga menyediakan sebuah fasilitas seperti pondok atau gazebo yang dapat disewa per malamnya dengan harga kurang lebih sebesar Rp. 150.000. Ditambah lagi, pengunjung juga mendapatkan fasilitas sarapan dengan menu ikan kakap bakar atau goreng saat menginap disini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Limau, Pangempang, Muara Badak, Sambera Baru, Kec. Marang Kayu, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

2. Pantai Nipah-Nipah

Pantai Nipah-Nipah
Image Credit: Detik.com

Menjadi tujuan wisata pantai yang kerap dikunjungi wisatawan, pantai satu ini memang memiliki berbagai keindahan alam yang indah. Pantai Nipah-nipah merupakan pantai yang cocok untuk menikmati matahari terbenam saat hari hendak petang. Ditambah lagi dengan pasir yang berwarna putih, semakin membuat nyaman suasana.

Nuansa yang eksotis, lengkap dengan hamparan pasir putih menjadikan lokasi objek wisata ini menjadi tempat untuk menyelenggarakan pagelaran yang penting di Kota Samarinda. Tidak heran jika pantai ini cukup ramai karena sering ada acara yang diadakan di tempat satu ini. Penonton pun disuguhkan dua pemandangan, yakni keindahan laut dan keunikan seni yang ditampilkan pagelaran.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Coastal Road, Nipah-nipah, Kec. Penajam Paser Utara, Kab. Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

3. Pantai Beras Basah

Pantai Beras Basah
Image Credit: Facebook.com @berasbasahbtg

Air laut yang berwarna biru membuat siapa saja pasti ingin berlama-lama melihat dan menikmatinya, belum lagi ditambah dengan hembusan angina sepoi-sepoi yang semakin membuat nyaman para pengunjungnya. Dengan panorama alam yang indah serta pasir berwarna putih yang memiliki tekstur lembut menjadikan lokasi ini didatangi banyak wisatawan.

Tidak hanya berwisata menikmati keindahan hamparan permukaan laut, angin sepoi-sepoi, pasir putih yang halus, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alat yang ditawarkan oleh Pantai Beras Basah. Anda bisa berenang dan melakukan olahraga air seperti snorkeling di sini. Berbagai jenis terumbu karang juga hidup dengan baik di kawasan pantai Beras Basah.

Bagi Anda yang menyukai keindahan bawah laut wajib untuk mencoba olahraga air di pantai ini, karena selain terumbu karang yang masih tumbuh indah, airnya pun masih jernih. Tidak hanya keindahan tersebut, lokasi ini juga cocok untuk dijadikan spot foto matahari terbenam dan terbit.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

4. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru
Image Credit: Twitter.com @radiopls_mks

Posisi pantai yang memanjang dari arah utara ke arah selatan, sehingga pantai ini menghadap ke arah laut Selat Makassar. Topografi pantai yang cukup landau serta pasir yang berwarna sedikit kecokelat-cokelatan menjadi daya tarik yang unik bagi pengunjungnya. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhkan gelombang air yang tidak terlalu tinggi.

Pantai yang dikelilingi oleh pohon cemara semakin membuat suasananya terlihat indah dan sejuk. Pohon-pohon cemara yang menjulang tinggi menjadi spot foto yang sempurna. Tiket masuk yang dibandrol di kawasan Pantai Lamaru kurang lebih berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 75.000 per orang.

Terdapat pula tarif sewa untuk ban renang yang diberi harga kurang lebih sebesar Rp. 10.000. Untuk wisatawan yang tidak membawa tikar, wisata ini juga menyediakan persewaan tikar dengan harga murah. Selain itu, pengunjung bisa menikmati wisata lain selain melihat pemandangan laut yakni berkuda, flying fox, andong dan sebagainya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

5. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Image Credit: Instagram.com @therealerwin26

Suasana nyaman dan santai menjadi salah satu daya ikat bagi pengunjung untuk berwisata ke Pantai Kemala. Selain suasana yang demikian, pantai ini juga menawarkan beberapa olahraga air yang cukup menyenangkan, seperti jet ski, flying fox hingga banana boat. Harga yang dibandrol untuk bisa menikmati olahraga air tersebut, Anda hanya perlu menyiapkan uang berkisar Rp. 25.000 saja.

Namun, wisata air yang disediakan oleh pihak Pantai Kumala baru mulai beroperasi sekitar pukul 4 sore. Sehingga pengunjung jika ingin mendapatkan kesempatan berolahraga air, disarankan untuk berkunjung pada jam yang sudah ditentukan tersebut. Disarankan untuk berkunjung bersama banyak keluarga, karena olahraga air seperti banana boat bisa beroperasi jika penumpang berjumlah 6 orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

6. Pantai Panrita Lopi

Pantai Panrita Lopi
Image Credit: Google Maps (Miftah M Noer)

Pantai yang memiliki banyak aktivitas olahraga air ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Bagaimana tidak, pengunjung dimanjakan dengan berbagai macam olahraga air yang menyenangkan seperti, diving, snorkeling, bermain pasir hingga berenang. Tidak hanya itu, pengunjung juga diizinkan untuk berkemah di sepanjang pinggir pantai.

Tidak hanya itu, para wisatawan juga bisa membakar ikan dan membuat api unggun selama berkemah di sana. Hal tersebut menjadi daya tarik utama dari pantai ini, karena jarang sekali ditemukan pantai yang menawarkan wisata alam sebagaimana yang dilakukan oleh pihak Pantai Panrita Lopi. Sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Muara Badak – Semberah, Tanjung Limau, Kec. Muara Badak, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

7. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai yang memiliki luas kurang lebih 13.000 m2 ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Samarinda. Air laut yang bersih dan jernih, belum lagi pasir putih ditambah dengan gelombang air laut yang cukup tenang membuat pantai ini menjadi lokasi yang cocok untuk berelaksasi melepas segala penat.

Pohon-pohon yang memenuhi lokasi pantai membuat suasana semakin sejuk dan teduh, ditambah angin sepoi-sepoi yang melengkapi segalanya. Siapapun yang berkunjung pasti ingin berlama-lama menikmati suasana nyaman tersebut. Di sini Anda juga bisa merasakan sensasi bermain bola voli di pinggir pantai.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

8. Pantai Biduk-Biduk

Pantai Biduk-Biduk
Image Credit: Google Maps (Mas Wahjoe)

Pantai ini disebut dengan pantai Pesona Matahari Terbit karena memiliki lokasi yang strategis untuk menikmati matahari terbit dan juga terbenam. Sepanjang pantai juga terdapat pasir putih yang membentang cantik dan bersih. Pasir yang terbentuk dari kombinasi temburu karang mengharuskan setiap pengunjung untuk menggunakan alas kaki agar lebih aman.

Selain keindahan pantai yang sudah dijelaskan di atas, Pantai Biduk-biduk menyediakan fasilitas seperti menaiki sampan dan juga berkemah di sepanjang pantai tersebut. Hal tersebut juga menjadi daya ikat bagi wisatawan yang ingin mencoba menaiki sampan di laut lepas. Dengan menaiki sampan, pengunjung diberi kesempatan untuk memandangi laut lebih dekat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Giring-Giring, Kec. Biduk Biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur.

9. Pantai Tanah Merah

Pantai Tanah Merah
Image Credit: Facebook.com @tickutaikartanegara

Selain menikmati hamparan pantai dan air laut yang jernih, jika berkunjung ke Pantai Tanah Merah Anda bisa menikmati pula pohon-pohon cemara yang berjejer indah di sekitar pantai tersebut. Banyaknya pohon cemara yang berjejer membuat pantai ini menjadi favorit bagi kalangan orang.

Nama Pantai Tanah Merah tidak serta merta hanya pemberian nama biasa. Namun, karena memang tanah yang ada di pantai ini berwarna merah. Warna merah yang berasal dari pantai ini membuatnya sedikit unik dari pantai-pantai lainnya. Ditambah lagi, tanah berwarna merah tersebut juga dikombinasikan dengan pasir yang berwarna putih yang semakin membuat cantik lokasi ini.

Pengunjung yang memiliki hobi memotret, bisa menjadi pantai ini sebagai tujuan berwisata selanjutnya. Selain perpaduan pasir merah dan putih, serta dikelilingi oleh pohon cemara berwarna hijau yang menjulang tinggi, pengunjung juga dapat menikmati senja dengan duduk nyaman di tenda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Pantai Ambalat

Pantai Ambalat
Image Credit: Wikipedia.org

Tidak kalah indahnya, Pantai Ambalat satu ini juga menyediakan beberapa olahraga air yang menyenangkan seperti banana boat, berenang, memancing hingga berlayar. Untuk memasuki kawasan pantai ini Anda harus menyiapkan uang kurang lebih sekitar Rp. 2.500 untuk roda dua dan Rp. 15.000 untuk roda 4.

Harga yang dipatok termasuk murah membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung khususnya pada hari-hari libur. Pantai yang memiliki kepanjangan nama Amborawang laut ini memiliki warna pasir yang kecoklatan serta pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Dengan kondisi alam yang demikian membuat lokasi pantai ini cocok untuk jadikan tempat berfoto-foto.

Banyaknya pohon pinus di sekitaran pantai membuat pengunjungnya bisa lupa waktu. Karena suasana sejuk dan teduh yang dihasilkan oleh pepohonan tersebut membuat siapa saja yang berkunjung ingin berlama-lama di sana sambil menikmati hamparan pantai yang elok serta pasir yang putih dan bersih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Amborawang, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Itulah beberapa pantai favorit di Samarinda yang bisa Anda jadikan tujuan berwisata bersama keluarga atau teman-teman. Setiap lokasi yang menawarkan keelokkan masing-masing, sehingga Anda bisa mengunjunginya sesuai dengan keinginan Anda. Tidak lupa untuk tetap menjaga kebersihan selama berkunjung di berbagai pantai tersebut akan keindahan masih tetap terjaga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending