Air Terjun Bantimurung Maros, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona

Air Terjun Bantimurung Maros, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona
Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

Melancong ke Sulawesi Selatan tidak perlu merasa bingung untuk menentukan mana lokasi wisata yang harus dijelajah. Wisatawan bisa berkunjung ke Air Terjun Bantimurung yang berada di Maros. Kata “cantik” merupakan satu kata yang paling pas untuk menggambarkan indahnya pemandangan yang disajikan. Wisatawan tidak akan mendapatkan pemandangan biasa setitik pun ketika berkunjung kesini.

Selain menyajikan pemandangan cantik, air terjun yang berlokasi di Maros ini juga memiliki latar belakang cerita yang cukup menarik untuk dibaca. Konon katanya, air terjun ini ditemukan oleh seorang penguasa dari Kerajaan Simbang yang bernama Karaeng Simbang. Cerita awalnya berasal dari pihak penguasa yang berencana untuk memperbesar lokasi kerajaan ini dengan cara membuat jalan.

Jalan yang direncanakan ini mengambil lahan dari hutan. Saat para pekerja sedang melaksanakan tugasnya, terdengar suara gemuruh yang jika didengar terkesan sedikit menakutkan. Lalu diutuslah seseorang untuk mengecek keadaan tersebut dan di dapatlah air terjun. Hingga akhirnya penguasa raja menamakannya Benti Merrung yang berarti air bergemuruh lalu jadilah nama Air Terjun Bantimurung.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Bantimurung

Daya Tarik Air Terjun Bantimurung
Image Credit: Google Maps (Emhaer_1811)

Ternyata Air Terjun ini tidak hanya menyuguhkan keindahan panorama yang akan memikat siapapun yang melihatnya, tetapi juga memiliki asal-usul dari penemuan namanya. Lengkap sudah semua hal yang terdapat di air terjun ini. Akan tetapi tidak sampai disitu saja, air terjun yang berlokasi di Maros ini juga memiliki beragam daya tarik lain yang akan membuat anda semakin tertarik datang kesini.

1. Gua Mimpi dan Gua Batu

Air terjun Bantimurung dengan pemandangan indah ini memiliki destinasi tambahan yang bisa dijadikan sebagai obyek wisata lain selain air terjun. Tempatnya berada di sebelah kiri air terjun terdapat sepasang gua yang terlihat sangat megah jika dipandang dari kejauhan. Sepasang gua ini bernama Gua Mimpi dan Gua Batu yang letaknya berdekatan di sebelah kiri air terjun dengan sajian pemandangan yang tak kalah indah.

Gua pertama yaitu Gua Mimpi yang memiliki kedalaman berkisar antara 1500 meter. Gua Mimpi ini mempunyai rute yang dimana rute tersebut menembus ke sumber mata air terjun yang berada di atas pegunungan. Gua yang kedua ialah Gua Batu yang terdapat makam di dalamnya. Stalaktit yang terlihat cantik pun dapat dengan mudah wisatawan temukan di Gua Batu ini, tentunya dengan bantuan senter.

2. Habitat Bagi Berbagai Jenis Kupu-kupu

Air terjun ini terkenal juga dengan lokasinya yang dijadikan sebagai habitat bagi berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan air terjun ini disebut dengan Kingdom oh Butterfly karena banyaknya kupu-kupu yang meninggali tempat ini. Kupu-kupu yang tinggal disini juga bukan sembarang kupu-kupu, melainkan jenis kupu-kupu langka dengan corak sayap yang pastinya jarang wisatawan lihat.

Semua hal yang menyangkut mengenai kupu-kupu di lokasi wisata ini dapat wisatawan temukan secara lengkap di museum yang lokasinya berada tidak terlalu jauh dari pusat air terjun. Sehingga, wisatawan akan mengenal dalam mengenai kupu-kupu terutama yang berada di air terjun ini. Museum yang membahas mengenai kupu-kupu ini dapat menjadi wisata edukasi setelah obyek wisata utama berupa air terjun.

3. Kecantikan Air Terjunnya yang Memikat

Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini memiliki aliran air yang terlihat jernih dengan arus aliran yang terbilang cukup deras. Namun, jangan hanya membayangkan mengenai deras airnya saja karena air terjun ini bisa digunakan sebagai tempat pemandian. Hal ini disebabkan oleh keberadaan bebatuan kapur yang terletak di bawahnya yang bisa digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat pemandian.

Bebatuan kapur yang letaknya berada di bawah Bantimurung ini sudah berusia cukup lama yaitu sekitar ratusan tahun. Sehingga bebatuan kapurnya yang keras itu sudah ditutupi oleh lapisan mineral yang disebabkan oleh aliran air yang lama. Selain itu, air terjun ini memiliki kadar udara yang cukup bersih sebab lokasinya yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Jadi, akan menciptakan suasana sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Bantimurung
Image Credit: Twitter.com @RadioPLS_mks

Air terjun dengan sejuta daya tarikny ini tentu menjadi spot terbaik untuk menghabiskan waktu liburan. Hingga tak jarang, banyak wisatawan dari luar daerah yang memilih untuk berlibur disini. Mengetahui persis letak lokasi tujuan merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum menyambanginya. Seperti Air Terjun yang berlokasi di Maros tepatnya Kecamatan Bantimurung, Sulawesi Selatan.

Wisatawan bisa menempuh perjalanan dari pusat Kota Makassar selama 1 jam menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sejauh 140 km. Atau mungkin ada wisatawan yang berada lebih dekat bisa memulai perjalanan dari Bandara Hasanuddin yang berada di Kabupaten Maros dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit menuju destinasi wisata air terjun tujuan.

Wisatawan dapat memulai dari Bandara Hasanuddin menuju Jalan Arrival. Lalu, belok ke arah kiri menuju Jalan Poros Bandara Baru hingga menemui bundaran dan teruskan ke Jalan Poros Bantimurung. Lurus hingga ke Jalan Jend. Sudirman belok ke arah kanan ke Jalan Andi Pangerang dan ketemu bundaran lalu menuju Jalan Ahmad Yani. Setelahnya, belok ke kanan dan lurus hingga menemui tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Bantimurung
Image Credit: Google Maps (Rizki Ekananda)

Keindahan pemandangan yang disajikan oleh Air Terjun Bantimurung mampu membuat siapa saja rela datang dari jauh daerah hanya untuk merasakan fakta mengenai suguhan alamnya. Mulai dari habitat dari beragam jenis kupu-kupu langka hingga keberadaan lokasi wisata tambahan berupa dua buah gua akan sangat sayang jika dilewatkan terlebih untuk anda yang hobby melancong ke berbagai daerah.

Wisatawan yang berencana untuk menyambangi air terjun ini bisa mempersiapkan dana sebesar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 sebagai biaya perjalanan dari Bandara Hasanuddin menuju lokasi tujuan. Biaya perjalanan ini menggunakan kendaraan beroda empat berupa taxi, wisatawan tinggal memilih hendak menggunakan taxi offline maupun taxi online yang bisa dipesan ketika di Bandara Hasanuddin.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun

Aktivitas Seru di Air Terjun
Image Credit: Facebook.com @(Wahyuddin Halim)

1. Menelusuri ke Kedalaman Gua Mimpi dan Gua Batu

Lokasi mulut gua yang berada tidak terlalu jauh dari pusat air terjun menjadikan obyek wisata gua disini juga tak kalah populer dari obyek wisata utama. Wisatawan bisa menelusuri ke kedalaman gua tentunya dengan ditemani oleh seorang pemandu yang akan memandu wisatawan sembari memberi peringatan mengenai semua hal di gua ini. Seperti halnya jangan berisik di Gua Batu karena disini terdapat makam.

Gua Batu yang letaknya berada 800 meter dari air terjun ini dapat wisatawan tempuh hanya dengan berjalan kaki. Wisatawan akan disambut dengan mulut gua yang terbuat dari batu besar lengkap dengan sahut-sahutan kelelawar dari dalam gua. Selain Gua Batu, wisatawan juga bisa menyambangi Gua Mimpi yang tak kalah cantik dari Gua Batu. Stalagtit dan Stalagmit dapat dengan mudah wisatawan temukan.

2. Melihat Cantiknya Kupu-kupu Sembari Memperkaya Ilmu

Wisatawan tidak hanya menikmati kupu-kupu dari air terjun saja tetapi juga dari museum. Wisatawan dapat menyambangi museum yang lokasinya tidak jauh dari air terjun dan dapatkan beragam hal terkait kupu-kupu disini. Jadi, saat memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan di air terjun ini, wisatawan tidak hanya mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan tetapi juga sembari memperkaya ilmu.

3. Merasakan Segarnya Aliran Air Terjun

Berkubik-kubik air yang dijatuhkan dari ketinggian 15 meter ini akan membuat siapa saja merasa tertantang untuk merasakan kesegaran airnya. Lokasinya yang dilengkapi dengan landasan batu kapur menjadikan air terjun ini cocok jika dijadikan sebagai area pemandian. Jadi, wisatawan bisa merasakan kesegaran airnya dengan mandi disini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Bantimurung

Fasilitas di Air Terjun Bantimurung
Image Credit: Google Maps (Rista Nanda Sari)

Obyek wisatanya yang memiliki sejuta daya tarik menarik seperti habitat kupu-kupu dan dua buah gua menjadikan ketersediaan fasilitas yang berada disini tidak perlu diragukan lagi. Beragam fasilitas yang berfungsi untuk menunjang berbagai aktivitas para pengunjungnya sudah tersedia di kawasan Air Terjun Bantimurung. Sehingga wisatawan yang berkunjung tidak perlu merasa khawatir mengenai keberadaan fasilitasnya.

Masjid yang berada disini berada tidak terlalu jauh dari pintu masuknya tepatnya berada di sebelah kanan, jadi mudah untuk ditemukan. Masjid ini juga memiliki beragam fasilitas lengkap di dalamnya layaknya sebuah masjid makmur dengan fasilitas yang memadai. Gazebo yang tersedia bisa wisatawan manfaatkan untuk bersantai.

Selain masjid dan gazebonya, air terjun ini juga memiliki fasilitas berupa tempat pemandian anak dan museum kupu-kupu. Sehingga bisa dikatakan bahwa air terjun menawan ini cocok jika dijadikan sebagai area rekreasi yang ramah keluarga. Buah hati bisa berenang di pemandian anak-anaknya dan kemudian memperkaya ilmu di museum kupu-kupunya.

Itulah beragam hal menarik terkait Air Terjun Bantimurung. Sangat disayangkan untuk melewati obyek wisata alam satu ini. Beragam hal menarik mulai dari kupu-kupu, gua hingga pemandian alamnya tentu memikat siapa saja untuk berlibur disini. Aliran airnya yang jernih dengan udara di sekitar yang sejuk juga akan menemani wisatawan selama berlibur disini. Tertarik untuk ke Air Terjun Bantimurung?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending