Curug Ciherang Bogor – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Curug Ciherang Bogor - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Curug Ciherang salah satu wisata air terjun favorit di Bogor yang menarik dieksplor. Curug betingkat dengan ketinggian 30 meter, dikelilingi bebatuan dan hutan rindang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Curug Ciherang termasuk dalam wisata alam yang tergolong anti mainstream di wilayah Bogor yang kini sedang trending. Tempat tersebut kini banyak dicari oleh wisatawan. Khususnya mereka yang ingin berfoto dengan latar belakang berupa rumah pohon. Sebelum memasuki kawasan wisata, pengunjung harus berjalan dengan medan yang menanjak.

Untuk sampai di curug membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki di jalan setapak. Meskipun demikian, tidak menurunkan minat wisatawan untuk datang ke tempat ini. Bahkan destinasi wisata yang satu ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan daerah setempat saja, melainkan juga di berbagai daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti wisata air terjun pada umumnya, tempat wisata ini memiliki panorama yang mampu membuat terpesona siapapun yang melihatnya. Sehingga, ketika memasuki musim liburan, tempat ini cukup ramai. Curug Ciherang berada di wilayah hutan, maka di sekelilingnya terdapat banyak sekali pohon yang hijau dan rindang. Hal tersebut menjadikan suasana di lokasi wisata menjadi teduh.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciherang

Daya Tarik Curug Ciherang
Image Credit: Twitter.com @christian239_

1. Keunikan Bentuk Curug

Tempat wisata ini mempunyai keunikan tersendiri sehingga mempunyai daya tarik yang cukup kuat. Keunikan tersebut terletak pada jumlah tingkatan yang ada di air terjun, yang mana terdapat tiga tingkatan. Pada masing-masing tingkatan tersebut dialiri dengan air yang jernih.

Di tempat ini, Anda dapat merasakan betapa sejuknya air terjun yang mengalir. Air terjun di tempat ini memiliki ketinggian yang mencapai 30 meter, sehingga debit airnya cukup deras. Dengan adanya aliran tersebut menyebabkan terbentuknya kolam tepat di bawah arah jatuhnya air terjun tersebut. Pada tepian kolam terdapat bebatuan yang mempunyai ukuran yang beragam.

2. Cerita Mitos

Destinasi Curug Ciherang ini terkenal dengan cerita mitos yang dimilikinya. Banyak masyarakat yang tinggal di daerah sekitar mempercayai bahwa air terjun tersebut digunakan oleh raja dan para bidadari sebagai tempat pemandian. Selain itu, mereka juga mempercayai jika di lokasi wisata tersebut terdapat satu titik tempat yang misterius, di mana menjadi tempat bertapa orang sakti.

Tak hanya itu, di sekitar lokasi wisata ini, pengunjung yang datang pernah diperlihatkan dengan penampakan makhluk halus. Bahkan ada pula keyakinan dari banyak penduduk sekitar bahwa air yang ada di curug ini suci dan dipercaya mempunyai khasiat untuk memudahkan pengunjung yang ingin segera menemukan jodohnya.

Tersebar cerita bahwa apabila seseorang mencuci muka menggunakan air yang ada di tempat ini, maka dalam waktu dekat orang tersebut akan bertemu dengan jodohnya. Itulah mengapa pengunjung di tempat wisata ini didominasi oleh para muda-mudi yang belum menikah.

BACA:  22 Curug (Air Terjun) di Bogor yang Populer & Terindah

3. Panorama Alam yang Begitu Indah

Sebagian besar orang-orang yang tinggal di perkotaan biasanya hanya melihat pemandangan berupa lalu lalang kendaraan di jalan raya. Tak hanya itu, suasana yang dirasakan kerap terasa begitu padat dan ramai. Di sini, mereka bisa menikmati pemandangan alam yang begitu eksotis.

Bahkan, di sepanjang di perjalanan menuju lokasi wisata, Anda dapat melihat ikon dari Kota Bogor yakni Pangrango dan Gunung Gede. Di samping itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan di pedesaan yang masih tampak asri.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Curug Ciherang

Alamat Wisata Curug Ciherang
Image Credit: Twitter.com @GoelaxTeguh

Wisata Curug Ciherang berlokasi di Kabupaten Bogor, tepatnya ada di daerah yang bernama Sirnajaya yang masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Sukamakmur. Akses yang ada untuk bisa sampai di lokasi wisata dapat ditempuh dari Bogor. Jarak di antara kedua tempat tersebut kurang lebih 43 kilometer.

Dengan demikian, dalam waktu dua jam, Anda akan sampai di destinasi wisata curug tersebut. Jika Anda ingin berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini akan lebih baik jika Anda mengendarai kendaraan pribadi. Sebab di sekitar lokasi wisata belum terdapat akses kendaraan umum dengan rute yang langsung sampai di Curug Ciherang.

Selain dari Bogor, wisatawan juga bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan rute yang lain, yakni Depok maupun Jakarta. Apabila Anda memilih untuk berangkat dari salah satu kota tersebut, maka Anda akan berada di perjalanan selama kurang lebih 3 jam. Perjalanan bisa diawali dari daerah Sentul ataupun Cibinong. Kemudian lanjutkanlah perjalanan hingga sampai di Pasar Jonggol.

Di dekat pasar tersebut, Anda akan melihat pintu gerbang untuk masuk ke kawasan wisata tersebut. Sedangkan apabila Anda bertolak dari daerah Bandung, maka Anda akan melalui daerah Ciranjang untuk sampai di lokasi wisata. Dari tempat ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju daerah Jonggol. Ketika sudah memasuki daerah tersebut, Anda bisa menanyakan letak tempat wisata kepada masyarakat.

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang Bogor

Harga Tiket Curug Ciherang Bogor
Image Credit: Instagram.com @curug_ciherang

Sebelum Anda berangkat untuk berlibur di tempat ini, perlu dipastikan terlebih dahulu terkait dengan biaya tiket masuk serta waktu operasional yang berlaku. Jangan sampai perjalanan Anda sia-sia karena setelah sampai ternyata lokasi wisata sedang tutup.

Oleh karena itu, perlu Anda pahami bahwa destinasi wisata ini dibuka setiap hari sejak pukul 07.00 pagi sampai pukul 18.00. Pengunjung yang datang akan dikenai tarif masuk. Tarif tersebut dikenakan pada wisatawan yang telah berusia di atas 9 tahun hingga dewasa, sedangkan anak usia 9 tahun kebawah dibebaskan biaya masuk.

Tiket masuk yang ditetapkan di destinasi wisata curug ini cukup terjangkau. Setiap orang yang berkunjung hanya akan dikenai tarif Rp 10.000. Namun, apabila pengunjung menggunakan kendaraan untuk sampai di lokasi wisata, maka juga akan dikenai biaya parkir. Untuk setiap mobil yang diparkir, maka tarif parkir yang ditetapkan yakni senilai Rp 25.000, sedangkan motor hanya Rp 15.000.

Dengan adanya tempat parkir tersebut, tentunya Anda sudah tak perlu lagi khawatir meninggalkan kendaraan. Di samping itu, bagi Anda yang ingin menginap, maka Anda perlu menyiapkan budget tambahan kurang lebih berkisar Rp 100.000 sampai Rp 1.000.000 untuk tiap malamnya. Harga sewa tersebut bergantung pada tempat menginap yang dipilih beserta kelengkapan fasilitasnya.

Terdapat beberapa pilihan tempat menginap, diantaranya yaitu hotel, villa, bungalow, dan homestay. Tentunya di setiap tempat memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Jika Anda ingin menggunakan tempat menginap dengan fasilitas yang lengkap, maka budget yang disiapkan juga harus lebih banyak.

Selain itu, jika Anda tertarik untuk ke rumah pohon, makan akan dikenai biaya masuk. Namun Anda tak perlu khawatir, karena tarif yang ditetapkan sangatlah terjangkau, yakni hanya senilai Rp 2.000. Hasil dari pembayaran yang diberikan oleh pengunjung akan dialokasikan pada berbagai kepentingan yang terkait dengan kelestarian dan kemajuan tempat wisata Curug Ciherang.

BACA:  15 Curug (Air Terjun) di Bandung yang Populer & Terindah

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Ciherang

Aktivitas di Curug Ciherang
Image Credit: Instagram.com @curug_ciherang

1. Bermain Air dan Berenang di Sekitar Lokasi Wisata

Seperti yang Anda ketahui, curug termasuk dalam kawasan wisata yang digunakan untuk bermain air, sehingga dapat dipastikan nantinya pakaian Anda akan basah. Oleh karena itu, sebelum berangkat, harus dipersiapkan terlebih dahulu pakaian ganti.

Di Curug Ciherang ini, Anda tidak hanya dapat bermain air di kolam di bawah guyuran air terjunnya saja, melainkan juga bisa berenang di sebuah kolam yang memang sengaja dibuat untuk berenang para wisatawan yang berkunjung. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih puas bermain air di tempat ini.

Anda tak perlu khawatir dengan kebersihan air di curug maupun di kolam ini. Sebab air yang ada di curug maupun di kolam merupakan air yang jernih dan terasa begitu sejuk. Karena temperature air yang cukup dingin, maka Anda harus memastikan jika Anda dalam keadaan yang sehat sebelum berangkat agar tak jatuh sakit sepulang dari berwisata.

2. Menikmati Pemandangan dari Wahana yang Populer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rumah pohon menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata yang satu ini. Ternyata, selain itu masih ada tempat yang juga menjadi favorit banyak wisatawan, yang tidak lain adalah jembatan gantung. Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan berupa landscape Bogor.

Perlu Anda pahami, jembatan tersebut terbuat dari kayu, sehingga menjadi perpaduan yang pas dengan rumah pohon. Jembatan ini terbentang di antara dua buah pohon yang berukuran besar. Pohon ini tertanam di tebing, sehingga letaknya cukup tinggi.

3. Berfoto di Berbagai Spot Keren di Sekitar Curug

Spot foto menjadi salah satu hal yang menjadi faktor utama dipilihnya sebuah destinasi wisata. Begitu pula di tempat ini, wisatawan yang berkunjung memang mencari spot foto yang menurut mereka menarik.

Karena pemandangan yang indah, maka destinasi wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang gemar berfoto ataupun mereka yang berprofesi sebagai fotografer. Beberapa hal yang menjadikan tempat ini tampak begitu eksotis yakni pepohonan yang hijau dan rindang yang dikombinasikan dengan bebatuan yang ada di sekitar air terjun.

4. Camping ataupun Menginap di Villa

Bagi Anda yang suka dengan alam bebas, maka bisa mencoba menginap di sekitar Curug Ciherang. Anda dapat mendirikan tenda sendiri di lahan yang tersedia ataupun menginap di sebuah villa. Untuk menginap, diperlukan adanya biaya. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena biaya untuk mendirikan tenda ini cukup murah, yaitu hanya senilai Rp 15.000.

Bahkan dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati berbagai wahana yang ada. Beberapa wahana yang dimaksud diantaranya yaitu rumah pohon, jembatan gantung, air terjun, kolam renang, odong-odong, kebun strawberry, spot foto, dan alat panggang.

Akan tetapi, apabila Anda ingin menyewa camping ground, maka harus membayar sejumlah Rp 60.000. Perlu dipahami, tarif tersebut diberlakukan untuk satu orang. Sehingga, semakin banyak orang yang ikut dalam acara tertentu, maka biaya yang harus dibayarkan juga akan semakin besar.

5. Bersantai Sembari Menikmati Kuliner

Bagi Anda yang tidak membawa bekal makanan dan minuman tak perlu risau. Sebab di sekitar lokasi wisata sudah tersedia berbagai kedai makanan serta minuman yang bisa Anda kunjungi. Harga yang ditetapkan pun tidak terlalu mahal, sehingga cukup terjangkau oleh semua kalangan.

BACA:  Curug Malela Bandung - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Anda bisa memesan menu tertentu dari kedai yang ada. Kemudian, dapat menikmati sajian tersebut di beberapa gazebo yang ada di sekitarnya. Di sini, Anda bisa bersantai sembari menikmati sajian makanan serta minuman yang dipesan sebelumnya.

Namun, perlu diperhatikan, untuk memakai gazebo tersebut, Anda harus membayarkan sejumlah biaya. Sehingga jika Anda tidak berkenan membayar, Anda bisa menggunakan tikar yang telah dibawa sebelumnya. Dengan demikian, bisa sedikit menghemat pengeluaran untuk kegiatan wisata tersebut.

6. Menyewa Kostum Hanbok Khas Korea

Pihak pengelola wisata memang cukup lihai menarik minat wisatawan untuk berkunjung di tempat ini. Salah satu upaya yang dilakukannya yakni dengan menyediakan tempat untuk menyewa kostum hanbok, yang mana merupakan pakaian khas tradisional dari Korea. Bahkan kostum tersebut didesain dengan warna-warna yang beragam, sehingga terlihat sangat menarik.

Sehingga, bagi wisatawan yang tertarik untuk menggunakan kostum tersebut, mereka dapat menyewa ke pihak pengelola. Dengan demikian, pengunjung bisa mendapatkan style foto yang cukup unik dengan adanya kostum tersebut. Mereka diperbolehkan untuk mengambil foto di sekitar air terjun.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Ciherang Bogor

Fasilitas Curug Ciherang Bogor
Image Credit: Instagram.com @shifput_

1. Toilet

Seperti tempat wisata pada umumnya, Curug Ciherang Bogor juga menyediakan toilet bagi para wisatawan yang berkunjung. Tentunya hal ini cukup penting untuk disediakan oleh pihak pengelola wisata. Sebab, suhu yang dingin dapat memicu seseorang ingin buang air kecil.

Dengan demikian, ketika Anda berkunjung di tempat ini, Anda tak perlu risau ketika mencari toilet. Sebab, telah disediakan dengan jumlah yang cukup memadai. Keberadaan fasilitas ini menunjukkan pelayanan yang baik kepada para pengunjung tempat lokasi ini.

2. Kamar Ganti

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di curug ini, wisatawan bisa berenang ataupun bermain air. Setelah selesai beraktivitas, tentunya mereka ingin membersihkan diri. Oleh sebab itu, petugas pengelola juga menyediakan kamar mandi untuk ganti maupun membersihkan diri.

Dengan demikian, wisatawan tak perlu bingung ketika pakaian yang dikenakannya menjadi basah kuyup setelah bermain air. Perlu Anda pahami, tidak semua tempat menyediakan fasilitas ini, sehingga hal tersebut termasuk keunggulan yang dimiliki oleh destinasi wisata yang satu ini.

3. Tempat Ibadah

Keberadaan tempat ibadah di sebuah lokasi wisata terbilang cukup penting. Sebab, jika tidak ada akan menyebabkan seseorang akan kesulitan ketika ingin menunaikan ibadah tepat waktu. Oleh karena itu, di sekitar lokasi wisata telah dibangun sebuah tempat yang bisa digunakan untuk beribadah, khususnya untuk umat Islam.

Sebab, bisa jadi ketika sedang berwisata, memasuki waktu shalat tertentu. Apalagi bagi mereka yang ingin menginap di tempat ini, maka keberadaan tempat ini sangatlah utama. Karena pengunjung tersebut akan menjumpai banyak waktu shalat ketika berada di lokasi wisata.

4. Lahan Parkir yang Luas

Bagi Anda yang datang beserta rombongan tak perlu khawatir dan bingung untuk memarkirkan kendaraan. Sebab, petugas di sini telah mempersiapkan kapasitas lahan parkir yang cukup luas. Hal ini dilakukan supaya kendaraan yang digunakan wisatawan untuk sampai di tempat ini dapat tertampung secara keseluruhan.

Dengan demikian, mereka tidak perlu jalan terlalu jauh. Ditambah lagi di sekitar tempat wisata tersebut juga belum dilalui oleh kendaraan umum, sehingga mengharuskan pengunjung membawa kendaraan sendiri.

Perlu Anda ketahui, Curug Ciherang ini mempunyai luas lahan 73 hektar. Ketinggiannya mencapai 900 mdpl, sehingga udara yang terasa di tempat ini terasa seperti udara yang ada di pegunungan. Untuk itu, sebelum pergi, Anda harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan seperti pakaian yang cukup tebal, untuk menghalau rasa dingin yang menusuk.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending