Air Terjun Teroh-Teroh, Pesona Air Terjun & Kolam Alami Eksotis di Langkat

Air Terjun Teroh-Teroh, Pesona Air Terjun & Kolam Alami Eksotis di Langkat
Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Sumatra Utara seolah tidak pernah kehabisan objek wisata untuk ditawarkan kepada pelancong dari berbagai penjuru. Termasuk salah satu provinsi terbesar di negara ini, tidak heran jika potensinya begitu diperhitungkan. Baik itu atraksi berbasis sejarah, alam, budaya, atau sekadar aktivitas kuliner, semua yang Anda cari bisa ditemukan di sini.

Salah satu dari sekian banyak alternatif destinasi di provinsi ini, Anda akan mendapati Air Terjun Teroh-Teroh yang memiliki daya tarik tinggi di kalangan wisatawan. Suasana alami dengan kejernihan air tak kalah memukau, berkunjung ke sana sama halnya seperti mencari ketenangan di antara padatnya aktivitas harian.

Destinasi natural itu menghadirkan nuansa kesegaran yang kental bahkan sejak pertama kali Anda berada di jalur pendakiannya. Terletak di tengah hutan dengan pohon-pohon menjulang di sekelilingnya, barangkali inilah sumber penyebab munculnya kesan lestari. Dari air, tanah basah, hingga daun yang gugur, perpaduan ini tampak indah dipandang mata.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Teroh-Teroh

Daya Tarik Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps Nuansa Indah Tour

1. Keindahan Air Terjun

Ada sebuah air terjun yang diberi nama Tongkat oleh warga setempat karena keunikannya. Bukan tanpa alasan itu dinamakan demikian melainkan adanya tongkat kayu membentuk horizontal di antara tebing dan kolam alami.

Di samping keindahan Air Terjun Teroh-Teroh sendiri secara umum, pancaran air yang jatuh dari atas tebing memang terbilang memukau. Terutama bagi pelancong dengan hobi mendatangi pemandian, destinasi eksotis ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Disinyalir ketinggian air terjunnya mencapai 12 meter yang artinya memiliki debit cukup keras. Jadi, jika disarankan untuk menghindari posisi langsung di bawah air terjun karena itu bisa berbahaya. Sebaiknya Anda mencukupkan diri bermain di dalam kolam yang terbentuk secara natural, alih-alih mendekati pusat jatuhnya air.

2. Lanskap Alam Eksotis

Tidak ada yang lebih menarik dibandingkan lanskap eksotis yang terbentuk secara natural lewat ikon-ikon khusus. Adanya kolam, air terjun, hutan rimbun, semuanya saling terintegrasi sehingga menciptakan suasana berkesan.

Kapan pun Anda datang dan di mana pun tempat beraktivitas selama momen liburan, keindahannya tidak berubah. Justru sebaliknya, semakin lama dinikmati maka semakin bertambah pula rasa kagum di hati.

Khususnya para pelancong yang datang dari jauh dan tinggal di kawasan perkotaan, liburan di Air Terjun Teroh-Teroh bisa menjadi pelipur lelah terbaik. Ambil waktu Anda dan nikmati segala suguhan di destinasi cantik ini.

3. Kolam Alami

Kolam alami yang terbentuk akibat pertemuan Air Terjun Pelaruga dan Air Terjun Tongkat menciptakan estetika tersendiri. Oleh masyarakat sekitar disebut Kolam Abadi, suasana di sini memang begitu memukau.

Airnya jernih sehingga memungkinkan Anda melihat ke dasar tanpa menggunakan alat bantu. Kolam cantik ini terus dijaga dan dirawat agar kelestariannya tidak rusak oleh ulah oknum iseng.

Berkat pesonanya itu, sering kali wisatawan berfoto di dalam air dan memamerkannya di kanal media sosial. Bagaimanapun, kecantikan alam Indonesia memang patut diabadikan, bukan?

Daya Tarik Air di Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps Didit Aja

4. Jalur Pendakian

Agar bisa sampai di pusat Air Terjun Teroh-Teroh, Anda harus melewati jalur pendakian khusus. Bagi para pecinta petualangan, medan menuju wisata natural ini pasti akan menguji adrenalin.

Meskipun tidak begitu ekstrem, tetapi pendakiannya layak dinantikan. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati pohon-pohon menjulang tinggi, daun yang gugur dan mengotori tanah, serta ditemani suara serangga atau burung.

5. Aspek Keamanan yang Sangat Diperhatikan

Sedikit berbeda, destinasi alam Air Terjun Teroh-Teroh memberlakukan kewajiban menyewa pemandu bagi para pelancong. Anda tidak diizinkan melakukan perjalanan mandiri menuju pusat air terjun kecuali dengan ditemani oleh seorang guide. Bahkan, setiap pengunjung akan diberikan pelampung sebelum memulai petualangan.

Barangkali aturan semacam ini terdengar sedikit merepotkan, tetapi kenyataan di lapangan itu merupakan bentuk jaminan keamanan. Mengingat rute di sepanjang perjalanan cenderung rawan, memang sangat masuk akal jika pihak pengelola menetapkan aturan ketat.

Di sisi lain, hal seperti itu juga dapat menjadi daya tarik terutama bagi wisatawan keluarga. Artinya, Anda tidak perlu khawatir berlebihan ketika harus membawa anak kecil karena ada pemandu berpengalaman yang siap sedia membimbing. Jadi, wisatawan akan mendapatkan pengarahan terlebih dahulu setelah membayar retribusi atas Air Terjun Teroh-Teroh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps Nazaruddin M. Pd

Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Sungai Wampu dari Jalan Tol Medan-Binjai. Setelah itu, teruskan hingga Anda memasuki Desa Rumah Galuh dengan melintasi Jalan Sungai Wampu.

Air Terjun Teroh-Teroh pasalnya beralamat di Kabupaten Langkat, terpisah sejauh 48 km dengan pusat Kota Medan. Persisnya di Kecamatan Sei Bingai, pelancong setidaknya butuh 1,5 jam agar benar-benar tiba di lokasi tujuan.

Untungnya, perjalanan akan dihiasi oleh semilir angin di antara perkebunan, sawah yang menghijau, hingga jalanan pedesaan. Kondisi ini sedikit banyak mampu mengurangi potensi kelelahan dan menjadi hiburan bila Anda menyetir sendiri.

Meski demikian, tetaplah berhati-hati saat mengemudi mengingat Kota Medan memiliki reputasi kurang baik dalam aspek lalu lintas. Sebagai informasi tambahan, barangkali termasuk hal lumrah jika melihat aksi saling serobot antara sesama pengemudi di kawasan ini.

Jika menginginkan situasi yang cenderung lebih aman, disarankan menyewa mobil beserta pengemudinya. Tidak mengapa harus mengeluarkan biaya ekstra asalkan selamat sampai destinasi tujuan, bukan?

Lagi pula, setelah melihat kecantikan alami di air terjun dan kolam nanti, kemungkinan besar semua rasa lelah Anda akan pudar.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Twitter Hard Rock FM Bali

Biaya agar dapat mengakses Air Terjun Teroh-Teroh terbilang cukup mahal untuk ukuran objek wisata alami. Anda diharuskan membayar retribusi senilai Rp40.000, tetapi ini sudah terhitung tempat penitipan barang, sewa parkiran, bermain ke Kolam Abadi, dan jasa pemandu.

Jika Anda ingin berlama-lama di destinasi air ini, disarankan datang sejak pagi hingga malam tiba jika memang diperlukan. Tidak perlu khawatir karena pihak pengelola mengatur jadwal operasional 24 jam penuh setiap harinya, jadi Anda bisa datang kapan pun dan sesering mungkin.

Di sisi lain, sebaiknya hindari berkunjung saat musim hujan karena kondisi jalanan bisa sangat licin dan ini jelas memiliki potensi bahaya tersendiri. Buatlah agenda liburan ketika musim kemarau saat matahari sedang bersinar terik.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Teroh-Teroh

Aktivitas Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps JURAI PESIRA

1. Cliff Jumping

Suka tantangan? Ingin merasakan sensasi terjun ke dalam air dengan pengaman terbatas? Jika iya, maka Air Terjun Teroh-Teroh merupakan objek wisata yang sangat cocok untuk orang seperti Anda. Di sini, pelancong dimungkinkan melompat dari atas tebing-tebing curam sesering dan sebanyak yang mereka mau.

Pasalnya, ada aliran sungai yang membentuk kolam cukup dalam, lalu di sekitarnya terhalang oleh tebing-tebing tinggi. Meski begitu, kumpulan bebatuan tersebut tetap dapat dijangkau jika Anda memang menginginkannya.

Ada rute khusus yang biasa dipakai oleh para pecinta tantangan agar dapat mengawali aktivitas cliff jumping mereka. Hanya saja, pastikan Anda cukup berani melewati rute terjal dengan lumut yang merambat di atasnya.

2. Body Rafting

Dengan mengikuti body rafting, Anda bisa menjelajahi aliran sungai dengan cara menggembirakan. Bersama rombongan, setiap pengunjung bisa saling berpegangan agar dapat menaklukan derasnya air.

Bagaimanapun, body rafting ini mengharuskan wisatawan mengarungi sungai menggunakan anggota badan sebagai perahu sekaligus dayung mereka. Sebagai persiapan tambahan, jangan lupa untuk mengenakan perlengkapan keamanan semacam pelampung terlebih dahulu demi menghindari kejadian tak diinginkan.

Lebih jauh, kegiatan seperti ini hanya direkomendasikan bagi wisatawan yang bisa berenang terutama karena kondisi sungainya cukup dalam. Selama berjalan menaklukan terusan Kolam Abadi, kehati-hatian adalah yang utama.

Aktivitas di Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Twitter Pariwisata Sumut Net

3. Piknik di Alam Bebas

Piknik juga menjadi salah satu jenis kegiatan yang banyak dilakukan oleh pengunjung ketika berada di Air Terjun Teroh-Teroh. Barangkali Anda pun tertarik untuk mencobanya, jadi sebaiknya bawalah persiapan sedari rumah.

Meskipun di lokasi sebenarnya terdapat warung makan, tetapi kondisinya akan jauh lebih menyenangkan saat menyiapkan segalanya secara mandiri. Lagi pula, ada barang lain yang patut diperhatikan seperti alas duduk atau sekadar lotion penangkal serangga agar aktivitas tetap nyaman di mana pun dan kapan pun.

4. Hunting Foto

Dari hutan, kawasan perairan, hingga tebing curam, semuanya memiliki daya tarik untuk diabadikan. Jika Anda termasuk pengguna aktif media sosial dan sering menampilkan petualangan pribadi, adanya air terjun dan terusan sungainya tidak akan mengecewakan.

Akan semakin sempurna jika peralatan fotografi Anda tetap kompatibel saat digunakan di dalam air. Pasalnya, Kolam Abadi memiliki suasana yang jernih sehingga tampak eksotis ketika ditangkap kamera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Twitter sitindaonnews

Hal paling menarik dari Air Terjun Teroh-Teroh adalah keberadaan pemandu serta aturan mengikuti briefing sebelum memulai perjalanan. Situasi ini membuat keamanan para wisatawan cenderung lebih terjamin alih-alih dibiarkan bebas bepergian begitu saja.

Di sisi lain, kebutuhan dasar seperti tempat makan dan toilet sudah terpenuhi dengan baik. Jadi, Anda tidak perlu risau kegiatan liburan menjadi terganggu karena adanya keterbatasan.

Namun demikian, kondisinya secara umum belum layak pula dikatakan sempurna dan memuaskan. Pada dasarnya, sarana liburan air ini cukup menarik untuk dijelajahi karena kondisi alamnya yang mengagumkan.

Air Terjun Teroh-Teroh sejatinya hanya sebagian kecil dari potret keindahan alam di Kabupaten Langkat. Berkunjung ke sini sama artinya dengan memajukan destinasi negeri dan bangga terhadapnya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending