Air Terjun Tesbatan, Air Terjun Eksotis dengan 7 Tingkatan di Kupang

Air Terjun Tesbatan, Air Terjun Eksotis dengan 7 Tingkatan di Kupang
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Tesbatan, Kec. Amarasi, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Tesbatan adalah salah satu tempat wisata yang cukup tersembunyi dari keramaian. Namun, tempat tersebut menyimpan berbagai macam keindahan yang tentunya tidak bisa dibandingkan dengan tempat wisata lain. Sesuai dengan namanya, air terjun tersebut berada di daerah Tesbatan, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kota Kupang memang dikenal sebagai kota yang cukup gersang dan tandus. Namun, siapa sangka di tempat tersebut menyimpan tempat wisata yang begitu mengagumkan, yaitu Air Terjun Tesbatan ini. Area wisata berupa air terjun tersebut berada di kecamatan Amarasi. Jika berangkat dari Kupang, maka jarak yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi sejauh 50 km.

Untuk Anda yang kebetulan berkunjung ke lokasi ini disarankan memakai kendaraan pribadi. Nantinya pengunjung bisa membawa sepeda motor agar lebih mudah dalam mengakses jalan. Tempat wisata ini memang masih tergolong cukup sepi, tapi destinasi wisata tersebut jadi salah satu area favorit bagi mereka yang ingin dan hobi melakukan tracking.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tesbatan

Daya Tarik Air Terjun Tesbatan
Image Credit: Google Maps Nurnaeni Rais

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Salah satu daya tarik yang disuguhkan Air Terjun Tesbatan yaitu memiliki tiga tingkatan air. Untuk tingkat paling atas di sini Anda akan menyaksikan pengunjung yang cukup banyak. Hal itu dikarenakan tingkat paling atas memang merupakan area yang paling mudah untuk dijangkau, selain itu juga terletak di jalanan setapak.

Di tingkat kedua terdapat air terjun yang memiliki panorama begitu indah. Di sanalah nantinya pengunjung akan menyaksikan dinding dengan ukuran yang begitu besar dan lebar. Namun jika Anda ingin melihat panorama yang indah tersebut, maka diperlukan usaha yang cukup besar.

Hal itu dikarenakan nantinya Anda perlu turun dan melintasi jalanan setapak yang berada di area pinggiran sungai. Ketika Anda sudah berada di area paling bawah atau di tingkatan ketiga, maka di sana nantinya bisa menemukan panorama yang begitu menarik dan sangat layak untuk diabadikan melalui foto.

2. Panorama yang Masih Begitu Asri

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi berlibur ke Air Terjun Tesbatan saat akhir pekan, maka Anda harus mengetahui bahwasanya tempat ini memang merupakan salah satu area yang masih alami. Pemandangan yang bisa Anda temukan di sana masih begitu asri. Pepohonan rimbun tumbuh menjulang tinggi akan Anda temukan sepanjang perjalanan.

Di jalanan setapak merupakan area yang cocok untuk dijadikan spot foto, karena menyajikan latar belakang yang begitu indah. Untuk pengunjung yang termasuk penghobi seni fotografi, maka akan menemukan spot indah dengan begitu mudah di sana. Selain itu, wisatawan akan menyaksikan pemandangan aliran sungai yang begitu jernih.

3. Air yang Jernih dan Bersih

Air Terjun Tesbatan selain memiliki tiga tingkat air, dari Air Terjun tersebut memang dikenal bersih serta jernih. Ada banyak pengunjung yang datang akhirnya tergerak untuk segera bermain air. Warna dari air di Air Terjun tersebut mirip seperti Green Canyon. Di area wisata yang satu ini Anda akan bisa menikmati kolam untuk berendam ataupun mandi.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Tesbatan
Image Credit: Google Maps Khoiri oke

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tesbatan maka Anda perlu memakai transportasi darat. Tempat wisata ini seperti yang sudah disebutkan di awal berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pengunjung nantinya harus melalui area pasir yang panjang melalui Jalan Timor Raya.

Setelah itu pengunjung bisa memilih jalur untuk menuju ke arah Soe. Jika telah berada di area pertigaan, maka Anda dapat mengambil arah ke kanan, yaitu menuju ke Oekabiti. Wisata alam tersebut sangat tepat untuk Anda coba. Di tempat ini Anda bisa mendapati area wisata yang begitu asri.

Tidak hanya itu saja, air Air Terjun tersebut bersih dan juga jernih, maka Anda dapat menikmati waktu yang begitu indah sambil lalu bermain air. Selain itu juga jangan lupa bagi Anda untuk mengabadikan setiap momen seru yang Anda lakukan di tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tesbatan

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tesbatan
Image Credit: Google Maps Nurnaeni Rais

Untuk tiket masuk ke wilayah Air Terjun Tesbatan ini memang hingga saat ini masih belum diterapkan. Dalam artian di sini semua pengunjung yang ingin menikmati keindahannya bisa masuk secara gratis. Sehingga dengan begitu anggaran Anda untuk berlibur ke tempat tersebut pun akan sedikit berkurang.

Uang yang nantinya akan digunakan hanya untuk membayar uang parkir saja. Karena itu bagi pengunjung yang kebetulan membawa kendaraan pribadi nantinya perlu membayar uang parkir.

Tapi untuk harga parkir pihak wisata memang tidak mematok, sehingga di sini pengunjung bisa membayar seikhlasnya. Untuk jam buka dari Air Terjun Tesbatan tersebut yaitu mulai dari pukul 8 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 6 sore.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Air Terjun Tesbatan

Aktivitas Seru di Air Terjun Tesbatan
Image Credit: Google Maps BeeDDjoo

1. Mandi dan Bermain Air

Salah satu aktivitas yang tentunya tak boleh dilewatkan ketika Anda mengunjungi Air Terjun Tesbatan yaitu mandi dan bermain air. Untuk Anda yang berniat bermain air nantinya perlu membawa baju ganti. Anda dapat langsung menuju ke kamar ganti yang sudah disediakan di area wisata.

Lokasi wisata ini terbilang cukup aman sehingga Anda bisa mandi ataupun bermain air sepuasnya. Namun bagaimanapun juga Anda tidak boleh melepaskan pengawasan dari putra-putri Anda yang mandi di kolam alami tersebut.

2. Berburu Foto

Untuk aktivitas selanjutnya yang tak kalah direkomendasikan yaitu berburu foto. Bagi pengunjung yang suka sekali dengan kegiatan fotografi maka di tempat inilah nantinya Anda akan menemukan berbagai macam spot foto yang instagramable.

Anda bisa menjadikan pepohonan yang tumbuh rimbun sebagai objek atau latar belakang foto. Tidak hanya itu saja jalanan setapak yang ada di tempat tersebut juga cukup menarik untuk diabadikan. Karena itulah, aktivitas tersebut tentu tak boleh sampai Anda lewatkan.

Anda nantinya bisa memperoleh hasil foto yang begitu luar biasa, karena hampir setiap bagian dari Air Terjun Tesbatan ini bisa dijadikan sebagai spot foto indah.

3. Bersantai di Sekitar Air Terjun Tesbatan

Untuk aktivitas terakhir yang memungkinkan untuk Anda lakukan selama berada di Air Terjun Tesbatan yaitu rileks atau bersantai. Setelah di sini Anda puas menikmati keindahan yang ada di tempat tersebut maka tak ada salahnya untuk duduk santai sambil merasakan kesejukan alam sekitar.

Ada banyak pengunjung yang datang ke area wisata ini, terutama ketika akhir pekan. Hampir mayoritas dari mereka memang tengah mencari area untuk menenangkan pikiran dan merilekskan diri setelah penat bekerja sehari-hari. Karena itu, sekalipun areanya cukup tersembunyi namun beberapa orang tak segan untuk datang ke tempat tersebut.

4. Melihat Panorama Alam

Panorama alam yang disuguhkan oleh air terjun memang begitu indah dan mampu memanjakan mata Anda. Aliran sungai yang berasal dari Air Terjun Tesbatan tersebut bisa Anda saksikan ketika menjejaki jalanan. Ditambah lagi dengan pepohonan yang begitu rindang dan berjajar rapi akan membuat panorama di area wisata sangat mempesona.

Setelah Anda melintasi pohon yang tumbuh rindang, Anda akan menyaksikan pintu masuk atau gapura menuju ke panorama air terjun tersebut. Sekalipun terasa begitu lelah, namun semua itu tentu akan terbayarkan ketika sudah berada di lokasi wisata. Keindahan yang ditawarkan begitu unik, indah dan tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Tesbatan
Image Credit: Google Maps Baktiar Mlaku

Untuk Anda yang ingin berlibur ke Air Terjun Tesbatan maka perlu diketahui terdapat banyak fasilitas yang nantinya bisa pengunjung gunakan di sana. Fasilitas ini tentu akan memudahkan beragam kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan.

Mulai dari fasilitas berupa area parkir yang tentunya luas dan aman. Selain itu Anda pun akan menemukan fasilitas lain yaitu toilet dan kamar ganti. Namun perlu diketahui jumlah toilet dan kamar ganti cukup terbatas, karena itu Anda harus mengantri.

Fasilitas terakhir yang bisa ditemukan di sana yaitu beragam area spot foto yang menarik. Tentunya hal itu akan membuat Anda semakin bersemangat untuk berlibur ke Air Terjun Tesbatan selama akhir pekan.

Air Terjun Tesbatan yang berada di area tersembunyi ini mampu menawarkan pengalaman berlibur yang seru dan tentunya tak terlupakan. Anda bisa datang ke tempat ini untuk menentramkan pikiran dan hati melalui pemandangan yang begitu menakjubkan serta air terjun yang begitu menyegarkan. Karena itu, tak perlu ragu untuk segera meluncur ke sana.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending