Air Terjun Sipiso-Piso, Pesona Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sipiso-Piso, Pesona Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Ketika mendengar nama Sumatera Utara pasti yang pertama terbayang di benak adalah Danau Toba. Danau legendaris ini memang sudah menjadi ikon wisata Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, Danau Toba juga menyimpan destinasi eksotis di dalamnya, salah satunya adalah Air Terjun Sipiso-Piso.

Air terjun yang masih berada di dalam kawasan Danau Toba ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 120 meter. Ketinggian yang dimiliki air terjun unik ini tentu menyimpan banyak pesona alam di dalamnya.

Panorama alam yang begitu menawan di balik Danau Toba ini bak sebuah permata yang tersembunyi. Keunikan serta keindahan panoramanya telah menjadi daya tarik dan memikat hati siapa saja yang berkunjung untuk berlama-lama singgah di tempat cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sipiso-Piso

Image Credit: Instagram North Sumatera Millenial TF

Sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, tentu wisata alam ini memiliki keunikan tersendiri. Salah aatu keistimewaan yang dimiliki adalah letaknya yang berada tidak jauh dari Danau Toba. Hal tersebut membuat pemandangan Air Terjun Sipiso-Piso kian mempesona dan menjadi daya tarik tersendiri.

1. Air Terjun dengan Tinggi Menjulang

Memiliki tinggi 120 meter membuat air terjun ini berdiri tegak menjulang ke atas. Fenomena tersebut tentu kian menambah keunikan dari air terjun keren ini. Ukuran air terjun yang sangat tinggi tentu menawarkan pesona alam yang tidak akan ditemukan di tempat wisata lainnya.

Ketinggian air terjun ini menciptakan aliran arus yang cukup deras, sehingga air akan terhempas kuat ke bawah. Apabila dilihat dari kejauhan, derasnya air yang jatuh ke permukaan ini nampak seperti sebuah pisau panjang yang menancap ke tanah. Tidak heran jika nama air terjun ini adalah Piso yang berarti pisau.

2. Keindahan Panorama Alam yang Tiada Tara

Air Terjun Sipiso-Piso yang berada di kawasan pegunungan dan perbukitan Danau Toba menciptakan panorama alam yang begitu indah. Jejeran bukit dengan hiasan pohon-pohon yang hijau akan menyegarkan mata siapa saja yang berkunjung ke sana.

Sepanjang perjalanan menuju pusat air terjun kece ini, anda akan disuguhkan suasana asri dan damai yang akan membuat jiwa merasa damai dan tentram. Perpaduan pemandangan yang ada di area air terjun indah ini menciptakan sebuah kesempurnaan panorama alam yang akan membuat siapa pun terpana dibuatnya.

Keindahan wisata keren ini akan semakin tampak ketika pengunjung berada di atas air terjun. Landscap panorama alam yang sangat luar biasa dapat anda nikmati dari ketinggian 120 Meter yang sejajar dengan air terjun ini.

Anda akan merasakan sensasi sedang berada di atas awan ketika menikmati pesona Danau Toba dan air terjun cantik ini. Tidak heran jika pemandangan wisata alam ini selalu menjadi daya tarik para wisatawan.

3. Fatamorgana yang Indah

Air terjun hits ini memiliki pemandangan yang begitu cantik pada saat cuaca terang di siang hari. Bias-bias sinar matahari yang masuk pada setiap tetes air terjun akan menciptakan warna yang sangat indah di setikar air terjun. Warna-warni cahaya yang muncul bak pelangi ini semakin mempercantik panorama air terjun.

Pemandangan pelangi cantik ini hanya bisa anda nikmati ketika cuaca sedang cerah saja, saat sinar matahari masuk ke dalam air terjun secara sempurna. Fenomena alam yang begitu indah yang bersanding dengan segarnya air terjun tentu akan membuat para pengunjung betah berlama-lama disini.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Facebook Discovery Komodo Adventure

4. Hijaunya Perbukitan di Atas Air Terjun

Terletak di daerah pegunungan menjadikan Air Terjun Sipiso-Piso dikelilingi oleh barisan bukit dan gunung di atasnya. Pepohonan yang tumbuh subur di atas bukit bagaikan sebuah selimut hijau yang menutupi bukit-bukit tersebut. Hijaunya perbukitan berpadu dengan keindahan air terjun semakin menambah kesan asri wisata alam ini.

Tidak hanya memberikan panorama alam yang indah, pepohonan yang tumbuh subur di area air terjun cantik ini juga turut menyumbang kelestarian alam di dalamnya. Sebuah ekosistem yang berkolaborasi begitu indah hingga membuat takjub siapa pun yang melihatnya.

5. Lokasi yang Berdekatan dengan Danau Toba

Salah satu keistimewaan dari air terjun hits ini adalah letaknya yang berada tidak jauh dari Danau Toba. Pengunjung yang berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yakni menikmati keindahan panorama air terjun yang sekaligus menyesapi pesona dari Danau Toba di bawahnya.

Aliran air terjun cantik ini pada akhirnya akan bermuara ke Danau Toba dan menjadi sumber pendukung jumlah air di danau tersebut. Fenomena tersebut menunjukkan betapa indahnya harmonisasi alam yang berjalan, tidak hanya menciptakan keindahan tapi juga kelangsungan hidup.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Sipiso Piso
Image Credit: Google Maps Yahya Goekiel

Air terjun indah ini berada tidak jauh ari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Jika anda sudah pernah pergi ke Danau Toba, maka anda hanya perlu mengikuti rute yang sama ketika pergi kesana.

Jarak Air Terjun Sipiso-Piso dengan pusat Kota Medan yakni sekitar 70 km. Apabila anda hendak pergi ke tempat wisata alam ini menggunakan motor, maka waktu yang bisa anda tempuh yakni sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di lokasi wisata.

Tidak perlu khawatir mengalami bosan selama perjalanan menuju wisata hits ini. Panorama alam yang begitu indah siap memanjakan mata anda selama perjalanan ke destinasi wisata alam ini.

Akses jalan menuju destinasi wisata juga terbilang sudah sangat baik. Kondisi jalan yang sudah beraspal dengan badan jalan yang cukup lebar menjadi nilai plus rute jalan menuju destinasi wisata cantik ini. Meskipun demikian, rute ke tempat wisata alam ini cukup berkelok, sehingga perlu dibutuhkan konsentrasi saat menyetir.

Setelah sampai di lokasi, perjalanan anda belum selesai sampai disini. Ada sekitar 1000 anak tangga yang siap mengantar perjalanan anda menuju pusat air terjun.

Untuk sampai di titik air terjun Sipiso-Piso, pengunjung harus melewati jalur anak tangga dengan cara berjalan kaki. Akses menuju pusat air terjun sudah sangat memadai, sehingga sangat mudah untuk dilalui.

Perjalanan berangkat menuju air terjun tidak akan terasa melelahkan karena hanya jalanan menurun yang dilalui. Rasa lelah itu baru akan terasa ketika anda berjalan menaiki anak tangga untuk kembali ke atas setelah dari pusat air terjun. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan pengalaman yang begitu indah dan tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Sipiso Piso
Image Credit: Google Maps dedi Suwandi

Keindahan panorama alam yang dimiliki Air Terjun Sipiso-Piso ini tidak lantas membuatnya menjadi mahal. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup membayar sebesar Rp 5.000 saja per orang, maka anda sudah bisa menikmati keindahan alam di dalamnya sepuas anda.

Namun harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya tambahan lainnya. Anda masih harus mengeluarkan uang untuk biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Meskipun ada biaya tambahan, tarif tersebut masih tergolong ramah di kantong, sehingga cocok bagi anda pecinta wisata murah.

Aktivitas yang Seru Bisa Dilakukan di Air Terjun Sipiso-Piso

Image Credit: Instagram Wonderful Indonesia

1. Menikmati Keindahan Alam

Sudah tidak bisa dielakkan lagi keindahan alam yang disuguhkan air terjun hits ini. Panorama alam yang dibalut dalam nuansa asri pegunungan semakin membuat siapa saja betah berlama-lama disini.

Duduk santai di dekat air terjun sembari merasakan hempasan air yang disertai dengan angin yang berhembus segar akan memberi sensasi rileks pada saraf-saraf anda. Menikmati keajaiban dunia yang dihiasi dengan kecantikan alam tentu akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

2. Hunting Foto

Tidak pas rasanya jika berkunjung ke Air Terjun Sipiso-Piso, namun tidak mengabadikan momen indah bersama panorama alam di dalamnya. Keunikan yang dimiliki, berupa bentuknya yang sangat tinggi tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta fotografi.

Tidak hanya keunikan yang dimilikinya, panorama alam yang saling melengkapi ini juga menciptakan sebuah spot foto yang begitu indah di setiap titiknya. Anda bisa memanfaatkan setiap sudut dari tempat wisata hits ini untuk mengabadikan momen indah anda.

Aktivitas Seru di Air Terjun Sipiso-Piso
Image Credit: Instagram SkyGrapher

3. Menjelajah

Bagi anda yang hobi berpetualang atau menjelajah, maka wisata kece ini tentu sangat cocok bagi anda. lingkungan tempat wisata yang masih tergolong sebagai alam bebas tentu sangat menarik untuk dicoba.

Selama melakukan kegiatan menjelajah, anda akan disuguhkan dengan kekayaan alam air terjun keren ini yang terbungkus sangat cantik dan menawan. Pesona alam yang ditawarkan selama perjalanan menjelajah menuju air terjun tentu akan membuat kegiatan anda tidak akan membosankan.

4. Piknik Bersama Keluarga

Berlibur bersama keluarga tentu menjadi kegiatan yang sangat seru. Piknik bersama keluarga tercinta di Air Terjun Sipiso-Piso pasti menjadi rekomendasi kegiatan yang menarik.

Suasana alam yang begitu sejuk dan asri berpadu dengan kehangatan canda tawa bersama keluarga akan menjadikan piknik anda begitu seru dan menyenangkan. Menyantap hidangan makanan dan minuman yang dibawa dari rumah sembari menikmati keindahan alam tentu akan menjadi momen yang tidak akan terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas di Air Terjun Sipiso Piso
Image Credit: Google Maps Kelvin A S

Sebagai air terjun tertinggi di Indonesia, wisata hits ini sudah memiliki pengelolaan wisata yang cukup baik. Berbagai fasilitas yang cukup lengkap telah disediakan oleh pengelola tempat wisata. Seperti area parkir yang cukup luas dan nyaman, sehingga membuat pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir.

Tempat wisata alam ini juga menyediakan toilet dan kamar mandi bagi para pengunjung yang ingin buang air atau berganti pakaian. Tidak hanya itu Air Terjun Sipiso-Piso juga telah menyediakan mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah.

Di sepanjang area parkir juga telah tersedia beberapa kios yang menawarkan makanan dan minuman. Bagi anda yang ingin bermalam juga bisa menyewa penginapan murah yang ada di sekitar tempat wisata.

Panorama alam Air Terjun Sipiso-Piso memang begitu menakjubkan, hingga siapa saja yang berkunjung kesini sulit untuk melupakan keindahan alamnya. Eksotisme air terjun tertinggi ditambah dengan pemandangan Danau Toba yang begitu elok kian menambah pesona panorama alam wisata hits ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending