Curug Cikuluwung Bogor, Air Terjun Cantik dengan Suasana ala Green Canyon

Curug Cikuluwung Bogor, Air Terjun Cantik dengan Suasana ala Green Canyon

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga TiketCurug Cikuluwung salah satu wisata alam yang hits di Pamijahan, Bogor dengan suasana ala Green Canyon. Air terjun yang memiliki 3 kolam alami, air yang jernih berwarna kebiruan dan tebing batu yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Objek wisata Cikuluwung adalah wisata alam yang saat ini cukup populer di Kota Bogor. Awalnya objek satu ini belum banyak diketahui masyarakat namun canggihnya teknologi dan aktifnya pengguna sosial media membuat tempat tersebut mempunyai pengunjung yang kian meningkat.

Keindahan air terjun Cikuluwung sudah terkenal ke masyarakat luas karena tempat dan suasananya mampu menghipnotis siapa saja yang datang. Air terjun satu ini bahkan disebut-sebut memiliki kemiripan seperti Grand Canyon.

Curug Cikuluwung ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Cikuluwung 1 yang berada di bagian atas sementara Cikuluwung 2 berada di bagian bawah. Selain itu, di tempat wisata ini telah dilengkapi dengan sarana prasarana agar pengunjung bisa menikmati liburan lebih lama dan nyaman.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cikuluwung

Daya Tarik Curug Cikuluwung
Image Credit: Instagram.com @indotravellers.co

1. Air terjun dengan Tebing Bebatuan

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh air terjun Cikuluwung ini adalah tebing bebatuan yang menjulang tinggi. Jika umumnya air terjun diapit oleh tebing tanah yang ditumbuhi pepohonan hijau maka lain dengan air terjun ini karena diapit oleh tebing bebatuan yang tinggi. Oleh sebab itu, banyak yang menyebut ini sebagai little Grand Canyon versi Indonesia.

Kehadiran tebing inilah yang membuat air terjun semakin istimewa dan populer. Tebing yang mengelilingi air terjun dan aliran air terbentang luas sehingga masyarakat sekitar memberinya julukan Lembah Batu. Bentuk batuan yang tidak beraturan menghasilkan desain abstrak yang unik seperti lukisan, apalagi jika dilihat dari kejauhan.

2. Air yang Jernih dan Biru

Curug Cikuluwung ini memang layak dijuluki dengan surga tersembunyi. Bagaimana tidak, selain tebing yang unik air terjun ini juga memiliki air yang jernih berwarna biru dimana sangat berbeda dengan warna air di air terjun kebanyakan. Anda akan terkesima saat baru menginjakkan kaki di tempat ini karena air yang mengalir seperti di kolam pribadi.

3. Suasana yang Sejuk

Bogor dikenal sebagai kawasan yang hang memiliki hawa cukup sejuk, begitu juga suasana di objek wisata Curug Ciku;uwung ini. Letak objek wisata ini berada di pelosok desa serta di sekeliling air terjun ditumbuhi oleh pepohonan tinggi yang rindang sehingga hawa di sekitarnya menjadi lebih sejuk. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin melepas penat.

4. Debit yang Tidak Terlalu Deras

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa air terjun ini dibagi menjadi dua bagian. Cikuluwung satu merupakan tempat air terjun sementara Cikuluwung dua merupakan aliran air terjun yang seperti sungai. Jika pengunjung ingin berenang bersama anak-anak dianjurkan ke Cikuluwung dua karena arus tidak terlalu deras sehingga cukup aman bagi yang tidak mahir berenang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cikuluwung

Alamat Curug Cikuluwung
Image Credit: Mardiaheyyy.com

Air terjun menawan ini berada di kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Bogor. Perjalanan dari Kota Bogor menuju air terjun Cikuluwung bisa memakan waktu sekitar 45 hingga satu jam tergantung kondisi lalu lintas. Meskipun cukup lama, tidak akan terasa bosan karena sepanjang perjalanan akan dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Kondisi jalan dari kota menuju perkampungan sudah cukup memadai dan mulus. Sebaliknya, medan untuk ke air terjun justru cukup terjal sehingga pengunjung yang akan datang ke tempat ini sebaiknya menyiapkan mental dan stamina yang kuat. Karena alasan itulah, sebaiknya pengunjung yang sudah berusia lanjut atau masih anak-anak tidak dianjurkan ke sini.

Meskipun jalanan yang dilalui terjal, waktu yang ditempuh cukup singkat bahkan cukup dengan berjalan kaki saja. Jika perjalanan ditempuh dari Kota Bogor akan cukup lama mengingat jaraknya cukup jauh. Dari Kota Bogor Anda bisa memilih rute ke kawasan Cikampak ke Dramaga. Setelah itu, pilih jalur ke Cibatok hingga bertemu dengan pertigaan di Camplang.

Dari pertigaan pilih jalan ke kiri hingga melewati sungai besar yakni Cikuluwung dan melewati Gang Gardu. Ikuti jalur hingga Anda bertemu papan petunjuk menuju air terjun Cikuluwung dan ikuti petunjuk tersebut hingga masuk ke perkampungan dan tempat parkir kendaraan. Anda harus berjalan kaki sekitar 5 menit menuju lokasi. Biasanya ada warga yang mengantarkan hingga sampai ke lokasi dan dibayar seikhlasnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cikuluwung

Harga Tiket Curug Cikuluwung
Image Credit: Google Maps (Riko Tampati)

Pengunjung yang datang ke Curug Cikuluwung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu yaitu sekitar Rp 20.000 per orang. Selain harga tiket masuk, bagi pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar tarif parkir sekitar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sehingga sebelum datang sebaiknya mencari informasinya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk jam operasional, air terjun Cikuluwung ini buka setiap hari, mulai jam 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB. Jika ingin menikmati air terjun ini dengan suasana yang lebih tenang sebaiknya datang pada hari biasa karena pada hari libur pengunjung jauh lebih banyak sehingga Anda tidak bisa menikmati liburan dengan leluasa.

Sebagai tips, jika Anda datang di tengah hari sebaiknya tunggu hingga jam 1 siang atau sesudah jam istirahat karena pada jam 12 siang kawasan wisata harus dikosongkan dan petugas harus beristirahat.

Ada banyak pengunjung yang datang menjelang jam makan siang dan nekat turun namun harus naik kembali karena wisata harus kosong. Jadi, lebih baik Anda turun saat jam istirahat usai agar tidak naik-turun jurang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Cikuluwung

Aktivitas di Air Terjun Cikuluwung
Image Credit: Google Maps (Dha Firda)

1. Berenang Menikmati Kesegaran Air

Satu kegiatan menarik yang tidak boleh terlewatkan adalah berenang di aliran air terjun Cikuluwung. Jernih dan segarnya air terjun membuat para pengunjung tidak bisa melewatkan kegiatan satu ini. Rasa lelah setelah menuruni jurang yang cukup terjal seakan terbayarkan dengan segarnya air terjun yang bersih dan kebiru-biruan.

Saat berenang, pengunjung dianjurkan ke Cikuluwung 2 karena arusnya cukup tenang sehingga tidak berbahaya bagi Anda yang tidak mahir berenang. Jika tak ingin berenang tapi tetap ingin bermain air, Anda bisa menyewa ban. Bersantai di atas air dengan ban ditemani pemandangan yang memukau akan membuat liburan semakin berkesan.

Selain berenang, pengunjung juga bisa berendam atau mengapung di aliran air terjun. Tak perlu khawatir Anda bisa menyewa pelampung dan berendam di kolam air terjun karena titik kolam tidak terlalu dalam sehingga aman bagi pengunjung.

2. Body Rafting

Pengunjung juga dapat melakukan olahraga air seperti body rafting di Curug Cikuluwung ini. debit yang tidak terlalu deras menjadikan tempat ini ideal sebagai tempat liburan baik bersama teman atau keluarga. Pengunjung yang ingin menikmati wahana ini bisa menyewa alat perlengkapan di tempat yang sudah sediakan jadi, tidak perlu repot membawa alat dari rumah.

3. Cliff Jumping

Bagi Anda yang gemar olahraga ekstrim, tampaknya harus mencoba cliff climbing di air terjun Cikuluwung ini. Tebing yang mengelilingi tepi sungai dimanfaatkan sebagai tebing untuk atraksi loncat tinggi dan terjun sungai yang jernih. Jika melakukan atraksi satu ini sebaiknya ketika musim kemarau karena debit air tidak terlalu deras dan tebing batu tidak licin.

Aktivitas Air Terjun Cikuluwung
Image Credit: Google Maps (Nurwandi Adi)

4. Bersantai di Kawasan Air Terjun

Usai menuruni tebing yang cukup curam menuju Curug Cikuluwung, memang paling pas digunakan untuk beristirahat. Umumnya pengunjung yang ingin menikmati suasana dan panorama di sekitar air terjun lebih memilih duduk di bebatuan atau di pondok sambil merasakan semilir angin yang sangat sejuk.

Air yang mengalir dari atas dan birunya air kolam menjadi pemandangan yang akan senantiasa menemani Anda saat berada di tempat ini. Sambil bersantai, Anda juga bisa mencelupkan atau merendam sebagian kaki ke kolam untuk relaksasi.

5. Berfoto di Spot Menarik

Kegiatan menarik yang harus dilakukan di Curug Cikuluwung adalah mengambil foto. Setiap sudut di tempat wisata ini memiliki keindahan yang tidak akan ditemui dimanapun. Jadi tak heran jika banyak pengunjung selalu mengabadikan setiap spot di objek wisata ini untuk di pamerkan di sosial media. Banyaknya spot tersebutlah yang membuat air terjun Cikuluwung dikenal banyak orang.

Air kebiru-biru menjadi objek foto yang menarik karena berbeda dengan kebanyakan air yang airnya justru berwarna bening atau kehijauan. Tebing yang menjulang tinggi mengelilingi kawasan air terjun tentu tidak luput dijadikan background foto yang menarik dan berbeda dari lainnya karena tampak seperti tempat wisata di luar negeri.

Selain air terjun dan tebing yang merupakan ikon tempat wisata ini, pengelola juga tengah membangun jembatan yang menghubungkan antara tebing kanan dan kiri. Jembatan tersebut nantinya juga difungsikan sebagai salah satu spot foto. Dan sebagai pelengkap, pengelola juga akan membangun rumah pohon sebagai tempat bersantai dan menikmati pemandangan dari atas.

6. Menikmati Wisata Kuliner

Puas berenang dan bermain di kawasan air terjun Cikuluwung, pengunjung bisa mengisi energi dengan berwisata kuliner. Bagi Anda yang berniat melepas dahaga atau bahkan mengisi perut tak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah karena di area tersebut sudah banyak warung makanan dan minuman.

Namun tidak sedikit juga pengunjung yang sengaja membawa bekal dari rumah agar lebih hemat. Setelah itu, Anda bisa menikmati aneka hidangan di gazebo atau pondokan yang sudah disediakan bersama keluarga. Dengan begitu liburan di Cikuluwung ini akan jauh lebih menyenangkan dan mengesankan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Cikuluwung Bogor

Fasilitas Curug Cikuluwung
Image Credit: Google Maps (Betawi Condet)

Curug Cikuluwung merupakan destinasi wisata yang dikelola dan dikembangkan oleh swadaya masyarakat. Meskipun begitu, tempat tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk membantu dan menunjang setiap kegiatan wisatawan. Beberapa diantaranya yaitu tempat persewaan ban dan pelampung, kamar mandi, toilet, ruang ganti, mushola dan mushola.

Sementara itu, untuk pengunjung yang membawa kendaraan bermotor baik roda empat maupun dua sudah disediakan lahan parkir yang cukup luas. Sementara bagi pengunjung yang masih kebingungan dan ragu untuk melewati medan curam menuju lokasi air terjun bisa menggunakan jasa dari masyarakat setempat yaitu jasa pemandu jalan.

Itulah informasi tentang objek wisata Curug Cikuluwung yang berada di Bogor. Air terjun yang resmi dibuka pada tahun 2018 ini menjadi pilihan keluarga khususnya warga ibukota yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan karena memiliki suasana menenangkan dan dilengkapi fasilitas memadai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending