10 Air Terjun di Pacet Mojokerto yang Populer & Terindah

Air Terjun Pacet Mojokerto

Pacet di Mojokerto menyimpan beragam pesona alam yang menakjubkan untuk dieksplor dan menjadi destinasi andalan daerahnya. Inilah rekomendasi air terjun terindah di Pacet yang populer dikunjungi saat liburan dan akhir pekan.

Pacet merupakan kawasan yang wajib diperhitungkan ketika Anda sedang menghabiskan waktu liburan di Mojokerto, Jawa Timur. Pasalnya, keindahan alam yang sangat luas mendominasi berbagai macam tempat wisata, salah satunya air terjunnya. Wisata air terjun merupakan destinasi wisata yang paling terkenal dan menjadi andalan untuk kawasan tersebut.

Jumlah air terjun yang ada di kecamatan ini juga sangat banyak dengan keunikan yang berbeda-beda. Destinasi wisata berupa air terjun yang ada di sana cocok sekali untuk Anda yang menyukai panorama alam serta bebas akan polusi. Udaranya juga sangat sejuk karena kawasan ini berada di bawah lereng Gunung Penanggungan dan Welirang.

Banyak juga para wisatawan yang datang ke Pacet karena ingin berwisata ke berbagai air terjun yang ada di sana. Pengunjungnya pun ada yang berasal dari dalam negeri hingga yang berasal dari luar negeri. Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut deretan air terjun cantik di Pacet, Mojokerto yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps (Eni Retnaningsih)

Air terjun Dundlung mempunyai ketinggian yang cukup ekstrim, yaitu kurang lebih 50 hingga 60 meter. Namun, debit air yang dihasilkan oleh Dundlung ini terbilang tidak begitu deras. Oleh sebab itu, maka air terjun yang satu ini cocok sekali dijadikan untuk tempat wisata alam bersama keluarga tercinta.

Konsep yang diusunng oleh tempat wisata yang satu ini yaitu Wana Wisata. Tempat wisata ini juga mudah diakses serta mempunyai fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang dimaksud antara lain seperti tempat makan, outbond, camping ground, dan masih ada lagi lainnya.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

2. Coban Kembar Watu Ondo

Coban Kembar Watu Ondo
Image Credit: Facebook.com @wahyu.winarko

Coban Kembar Watu Ondo merupakan salah satu dari air terjun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di kawasan ini. Tempat wisata yang satu ini bisa dikunjungi mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore saja. Jadi, jika Anda ingin ke sini, maka lebih baik sudah datang sejak awal buka agar dapat menikmati liburan sampai puas.

Tiket masuk yang diterapkan oleh para pengelola air terjun ini dibandrol dengan 2.500 rupiah saja. Pemandangan alam di sini cukup cantik dengan dihiasi oleh bebatuan yang disusun menjadi anak tangga yang rapi. Salah satu namanya mengandung kata “kembar” karena di sana ada 2 air terjun yang saling bersampingan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pacet, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

3. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo
Image Credit: Google Maps (Ananta Ary)

Air terjun yang dinamakan Kakek Bodo ini selalu menarik para wisatawan untuk datang ke tempat wisata ini. Wisatawan juga tetap ramai, meskipun tanah yang ada di sekitar objek wisata ini pernah mengalami longsor. Jam buka yang diterapkan oleh tempat wisata yang satu ini yakni dari jam 7 pagi hingga setengah 4 sore saja.

Di tempat wisata air terjun Kakek Bodo ini juga terkenal dengan sarat akan mitos yang berkaitan dengannya. Namun, hal tersebut tidak bisa mengurungkan niat para wisatawan yang ingin melihat keindahan alam disajikan. Tiket masuk untuk orang dewasa dibandrol dengan 10 ribu rupiah, sedangkan gratis untuk anak-anak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Wisata No.541, Prigen, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

4. Air Terjun Watu Gedhek

Air Terjun Watu Gedhek
Image Credit: Google Maps (Andriyan Aji Permono)

Watu Gedhek merupakan salah satu yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk acara gathering dengan keluarga maupun komunitas. Alasannya karena tempat wisata air terjun Watu Gedhek ini sudah dilengkapi dengan area berkemah. Sehingga, para wisatawan bisa melakukan acara gathering sambil bermalam di tempat ini.

Dengan begitu, acara gathering pun bisa semakin terasa intim dan nyaman. Selain itu, untuk Anda yang menyukai ketenangan juga bisa mengunjungi air terjun Watu Gedhek ini. Tiket masuk yang harus dibayar sebelum memasuki tempat wisata yaitu sebesar 15 ribu rupiah untuk satu orang.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nogosari, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

5. Coban Jubel

Coban Jubel
Image Credit: Facebook.com @bastardyouall

Keistimewaan yang dimiliki oleh tempat wisata air terjun Coban Jubel ini yaitu dapat diakses kapan saja. Hal itu karena tempat wisata ini menerapkan sistem buka selama 24 jam penuh. Bahkan, para wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini juga tidak akan dikenakan biaya masuk sama sekali alias gratis. Tak heran apabila termasuk dalam daftar air terjun terindah yang wajib Anda kunjungi.

Meskipun lokasi air terjun Coban Jubel ini terbilang sedikit tersembunyi, namun panorama alami yang disuguhkan cukup membuat mata Anda kagum saat melihatnya. Akases jalan yang dilalui pun juga sudah tergolong mudah untuk dijangkau. Adanya hutan pinus di sana juga membuat tempat wisata ini menjadi favorit para pemburu foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Claket, Claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

6. Coban Waru

Coban Waru
Image Credit: Instagram.com @pesona_pasuruan

Coban Waru juga masuk dalam daftar air terjun yang wajib Anda kunjungi saat bingung akan berlibur kemana. Coban Waru merupakan tempat wisata air terjun yang belum terlalu dikenal oleh para kalangan traveler. Alasannya karena tempat wisata yang satu masih tergolong baru di buka.

Akan tetapi, keindahan alam yang ditawarkan oleh air terjun yang satu ini tidak kalah dengan berbagai tempat wisata alam lain yang ada di Pacet. Meskipun masih tergolong baru, fasilitas di tempat wisata ini juga sudah beragama. Fasilitas yang dimaksud yaitu berupa wahana seperti panahan, flying fox, paintball, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tempat wisata alam tersebut dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore. Sedangkan, tiket masuk yang perlu dibayar oleh setiap pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan di sini yaitu sekitar 35 ribu rupiah.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wisata Coban Waru, Pdorejo, Sajen, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

7. Air Terjun Grenjengan

Air Terjun Grenjengan
Image Credit: Google Maps (Suhendro Brontoseno)

Tempat wisata air terjun Grenjengan ini sudah bisa diakses dengan mudah dengan ditempuh dari pusat Kota Mojekorto. Waktu yang akan dihabiskan untuk perjalanannya sendiri sekitar 30 menit saja. Anda juga bisa membawa kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Tak heran apabila banyak yang bilang bahwa Grenjengan ini adalah salah satu tempat wisata yang paling seru.

Adanya hutan lebat di tempat wisata ini akan sangat cocok untuk para pengunjung yang menyukai pemandangan yang asri dan udara yang segar. Tempat wisata ini buka pada Hari Senin hingga Jumat pada jam 8 pagi sampai 4 sore. Sedangkan, untuk Hari Sabtu dan Minggu akan buka dari jam 7 pagi hingga 4 sore. Tiket masuknya sendiri sekitar 8 ribu rupiah saja untuk satu orang.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

8. Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu
Image Credit: Google Maps (Nana Carlinao)

Wisata alm berikutnya yaitu disebut dengan Air Terjun Surodadi. Destinasi yang satu ini tidak boleh hanya dilewatkan begitu saja oleh Anda. Pengunjung dijamin ingin berlama-lama di sini karena adanya pemandangan air terjun yang eksotis dengan rimbunan pohon yang hijau.

Meskipun jalan yang dilewati cukup sulit karena harus menaiki dan menuruni pegunungan. Namun, dalam perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan bambu yang bagus. Menariknya lagi, bahwa air terjun ini ternyata mempunyai dulunya dijadikan sebagai tempat bersembunyi para serdadu dari Jepang lho. Itulah alasan dari dinamakannya Serdadu Mini ini.

Tempat ini buka pada Hari Senin sampai Jumat pada pukul 8 pagi hingga 4 sore. Sedangkan, pada Hari Sabtu dan Minggu akan buka pada pukul 7 pagi hingga 5 sore. Untuk tiket masuk ke tempat wisata yang satu ini dibandrol dengan sangat murah, yaitu 3 ribu rupiah saja untuk satu orang.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Mligi, Desa Claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

9. Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang
Image Credit: Google Maps (Fauzan 1995)

Watu Lumpang juga termasuk air terjun terindah yangmenarik dieksplor pesonanya. Tidak ingin kalah oleh berbagai air terjun lain yang ada di Pacet, Watu Lumpang ini juga menawarkan pemandangan alamnya yang cantik dan memukau. Walaupun ketinggian yang dimiliki oleh air terjun ini hanya sekitar 10 hingga 15 meter saja, namun para wisatawan banyak yang datang ke tempat ini.

Sebagai salah satu nominasi tempat wisata alam paling indah yang ada di Mojokerto, tak heran apabila akses jalan menuju ke sana juga sangat mudah. Apalagi, area air terjun Watu Lumpang ini berada di perbatasan Malang, Batu, dan Mojokerto menjadikan tempat wisata alam ini sering dipilih sebagai lokasi berwisata alternatif di Jawa Timur.

Lokasinya yang mudah dijangkau dan berdekatan dengan fasilitas parkir kendaraan membuat tempat wisata ini cocok untuk Anda yang mengajak keluarga untuk berlibur. Watu Lumpang ini buka dari jam 7 pagi sampai dengan jam 4 sore. Tiket masuknya sendiri hanya sekitar 5 ribu rupiah untuk satu orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

10. Coban Canggu

Coban Canggu
Image Credit: Google Maps (Cahyo Purwanto)

Daftar selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu Coban Canggu. Air terjun yang satu ini ada di ketinggian 800 mdpl. Akses jalannya mudah serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo dan anak tangga membuat tempat wisata ini disebut paling bagus.

Bahkan, dilihat dari pemandangannya saja, air terjun ini dihiasi oleh banyak bebatuan cadas alami yang sangat cantik. Oleh karena itu, banyak sekali para fotografer yang sering melakukan hunting foto di Coban Canggu ini.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Itulah beberapa air terjun terindah di Pacet yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Sudah dilengkapi dengan penjelasannya satu persatu agar Anda dapat mengetahui detail dari setiap air terjun yang disebutkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending