Pantai Coro Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Coro Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Coro, surga tersembunyi di Tulungagung yang menyuguhkan pemandangan indah. Pantai pasir putih yang menarik dijelajahi saat berlibur ke Tulungagung.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Mendengar kata Tulungagung mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Tulungagung merupakan suatu wilayah di provinsi Jawa Timur yang memiliki sebuah pantai cantik dan alami yang bernama Pantai Coro. Bagi Anda yang berkunjung ke Tulungagung cobalah untuk datang ke pantai ini. Pemandangan eksotis pantai akan menyambut pengunjung bahkan saat pertama kali menginjakkan kakinya. Berbagai spot cantik dan menarik untuk mengambil foto dengan latar belakang pantai yang indah.

Para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas di sekitar pantai seperti berjalan santai atau bermain pasir yang lembut. Selain itu, untuk menunjang aktivitas para pengunjung sudah tersedia beberapa fasilitas yang bagus dan memadai. Berkunjung ke Pantai Coro akan mengembalikan dan tenangkan pikiran dari jenuhnya kegiatan sehari-hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Coro

Daya Tarik Pantai Coro Tulungagung
Image Credit: Twitter.com @fikriaa

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia coro bermakna kecoa, namun bukan berarti pantai ini sebagai tempat hidup kecoa. Sebaliknya justru pantai ini memiliki sejuta pesona alam yang asli dan belum terjamah oleh tangan nakal manusia. Berikut ini adalah beberapa daya tarik Pantai Coro yang mampu membuat wisatawan berdatangan.

1. Pemandangan Pantai yang Memukau

Pantai ini terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah. Berlibur ke tempat ini akan mengembalikan mood dan pikiran agar kembali jernih. Sejauh mata memandang setiap pengunjung akan dimanjakan dengan pantai lepas laut selatan Jawa.

Airnya yang jernih dan biru juga menjadi daya tarik Pantai Coro ini. Gradasi warna tiga lapis antara biru tua, tosca dan putih adalah pemandangan yang tak boleh dilewatkan. Pemandangan eksotis tersebut membuat para pengunjung banyak mengabadikannya dalam foto.

2. Pasir Putih yang Bersih

Satu lagi daya tarik yang memikat para pengunjung untuk datang ke pantai yang terletak di Tulungagung ini. Pasirnya yang putih bersih membuat tempat ini memiliki nilai yang istimewa bagi pengunjungnya. Memang garis pantai ini tak begitu luas namun jangan salah, justru hal tersebut yang membuat pantai ini bak milik pribadi.

Pasir yang halus membuat para pengunjung betah berlama-lama untuk bermain di sekitar pantai baik itu hanya sekadar berjalan santai atau bermain pasir. Tempat ini tidak terlalu terjamah oleh manusia, hal tersebutlah yang membuat pesisir pantai Coro ini jarang sekali terdapat sampah berserakan.

Daya Tarik dari Pantai Coro Tulungagung
Image Credit: Twitter.com @gnfi

3. Tepi Karang dan Bebatuan di Pesisir Pantai

Hal yang menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai lainnya yaitu terdapat batu karang yang mengelilingi pantai. Batuan ini yang menjulang ke perairan dan beberapa batu karang yang menghiasi bibir pantai menjadi pemandangan khas dari pantai cantik di Tulungagung ini.

Ombak pantai umumnya menghantam batu karang yang berada di tepian. Situasi tersebutlah yang menjadikan objek menarik yang patut diabadikan. Menariknya ketika air telah surut beberapa batuan di bibir pantai akan mulai nampak sehingga para pengunjung bisa melihat secara langsung.

4. Pepohonan yang Rindang

Pantai Coro merupakan salah satu pantai yang masih sangat alami dan hijau. Letaknya yang agak terpencil dan banyak ditumbuhi pepohonan rimbun menjadikannya memiliki suasana sejuk.

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki garis pantai luas dan lepas, pantai ini justru dikelilingi pepohonan di batu karang yang tumbuh subur membuatnya nampak seperti pantai pribadi. Suasana alami dan asri tersebut membuat para pengunjung betah berlama-lama hingga enggan meninggalkan area pantai.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Coro

Alamat Pantai Coro
Image Credit: Facebook.com @azalia sarange

Pantai ini merupakan salah satu wisata bahari populer yang berada di kabupaten Tulungagung tepatnya di daerah Popoh kecamatan Besuki. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor roda dua ataupun empat menuju ke pantai indah ini.

Jika berangkat dari kota, maka perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Boyolangu yang berada di barat daya. Kemudian dilanjutkan dengan melewati daerah Pogoh, lalu ikuti beberapa petunjuk papan jalan menuju ke Pantai Coro. Waktu tempuh dari kota Tulungagung ke lokasi pantai sekitar satu jam saja.

Meskipun lumayan lama, pengunjung tidak akan bosan selama perjalanan menuju pantai karena banyak pepohonan rindang dan pemandangan alam yang indah. Berangkat saat pagi adalah waktu yang tepat untuk meminimalisir kemacetan selain itu durasi menikmati keindahan pantai bisa lebih lama.

Sama hal dengan wisata lainnya, memasuki area pantai cantik ini harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Meskipun begitu harga tiket masuk pantai ini sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 perorang. Sedangkan untuk parkir tarif yang dikenakan bagi sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan kendaraan roda empat sebanyak Rp10.000 saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Coro

Aktivitas di Pantai Coro
Image Credit: Google Maps (Adi Firmansyah)

1. Berfoto di Sekitar Pantai

Kegiatan yang tak boleh terlewatkan ketika berada di area pantai adalah berfoto-foto. Di setiap sudut pantai ini mempunyai titik yang bisa dijadikan spot menarik untuk foto. Para pengunjung biasanya mengambil foto dengan latar belakang pantai lepas yang jernih dan biru.

Tebing karang yang mengelilingi pantai juga spot yang indah untuk berfoto. Di pantai ini juga terdapat ayunan yang menghadap laut lepas, tempat tersebut juga merupakan titik menarik untuk berfoto. Tak jarang, bagi beberapa pengunjung yang pernah ke tempat ini menjadikannya sebagai tempat untuk foto prewedding mereka.

2. Berjalan Santai Menyusuri Pantai

Cara yang tepat untuk menikmati keindahan pesisir pantai yaitu dengan berjalan santai mengelilingi bibir pantai. Menikmati hembusan angin dan pemandangan eksotis pantai Coro adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran. Meskipun garis pantainya tidak terlalu luas, pengunjung bisa leluasa menikmati pemandangan dan bersantai disini dengan nyaman.

Berjalan santai di bibir pantai sambil merasakan deburan ombak yang menyentuh kaki menjadi kegiatan yang digemari para pengunjung. Ombak yang menggulung dan deburan yang mencapai tepi karang menjadi kegiatan rutin yang akan disaksikan ketika sampai di tempat indah ini.

3. Bermain Pasir

Saat pertama kali menyentuhkan kaki di pantai ini, pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut. Kegiatan yang tak bisa terlewatkan yaitu bermain-main dengan pasir yang bersih, seperti membuat rumah pasir, mengubur diri dengan pasir atau kegiatan menyenangkan lainnya.

Selain bermain dan membuat kreasi dari pasir, pengunjung juga bisa bersantai sambil berjemur di tepi pantai dengan alas pasir yang masih bersih dan terjaga. Pasir yang masih putih tersebut membuktikan bahwa tempat ini masih alami dan tidak banyak tangan manusia yang ikut campur.

4. Bermain Layang-Layang

Letaknya yang berada di lautan lepas membuat tempat ini memiliki hembusan angin yang cukup kuat. Oleh karena itu, para pengunjung memanfaatkannya dengan bermain layang-layang di area pantai. Kegiatan menarik ini paling pas dilakukan ketika cuaca cerah dan saat terik matahari berada di atas.

5. Berburu Hewan Kecil di Bebatuan Karang

Setelah air surut bisanya banyak hewan-hewan laut kecil yang menempel dan bersarang di batu karang. Pengunjung bisa berburu hewan laut seperti kerang laut, bintang laut atau jenis lainnya di batu karang tepi pantai.

Di Pantai Coro ini pengunjung hanya diperbolehkan berenang dan bermain di tepi pantai. Sangat tidak diperkenankan berenang jauh dari bibir pantai karena ombak laut selatan cukup kuat. Meskipun begitu pengunjung tetap bisa menikmatinya dengan bermain di bibir pantai dan mencari hewan lucu setelah air surut dan ombak yang tak terlalu besar.

6. Menikmati Wisata Kuliner

Puas bermain dan menjelajah pantai, pengunjung bisa melepas dahaga atau mengisi perut di warung-warung yang berada di sekitar pantai. Banyak para penjual es kelapa muda yang menyegarkan atau minuman segar lainnya. Menikmati minuman segar dengan hamparan laut lepas yang indah menjadi perpaduan pas saat liburan.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Coro

Penginaapan Pantai Coro
Image Credit: Booking.com

1. Pondok Prigi

Penginapan yang cukup dekat dengan kawasan pantai adalah Pondok prigi. Penginapan dengan fasilitas yang lengkap dan view pantai lepas di bagian belakang menjadi daya tarik tempat ini. Suasana yang asri dan adem menjadikan tempat ini sebagai pilihan penginapan saat ingin bermalam di sekitar pantai dengan nyaman.

Menariknya penginapan ini mempunyai akses langsung menuju pantai hanya dengan menyebrangi jembatan. Selain itu tersedia pula penyewaan perahu motor yang bisa menjemput pengunjung untuk mengelilingi area pantai.

2. Lugano Hotel

Satu lagi penginapan yang cukup terjangkau dengan pemandangan langsung ke pantai lepas. Lugano Hotel menawarkan view pantai biru yang eksotis. Sambil bersantai pengunjung bisa melihat lalu lalang kapal nelayan yang kerap kali lewat.

Penginapan yang cukup asri dan sejuk ini juga menawarkan beberapa fasilitas bagus dan memadai. Beberapa diantaranya seperti tempat parkir, kamar mandi yang bersih serta kamar yang sudah dilengkapi dengan AC. Selain itu penginapan ini juga menyediakan makanan lezat dengan harga yang cukup terjangkau. Maka tak heran banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan bermalam di Tulungagung.

3. Hotel Prigi

Hotel Prigi merupakan penginapan yang letaknya cukup strategis karena berada tepat di samping jalan raya. Meskipun begitu tempat ini cukup nyaman serta tenang dan tidak terganggu bising kendaraan dari jalan. Hotel dengan harga terjangkau ini menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjungnya seperti kamar mandi dengan air panas, kamar ber-AC serta area parkir.

4. Karanggoso Indah Hotel

Hotel dengan harga yang cukup terjangkau yang berada di sekitar Pantai Coro yakni Karanggoso Indah Hotel. Bangunan hotel yang simpel dan elegan ini menyediakan fasilitas Wi-Fi yang bisa terkoneksi ke seluruh kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Coro Tulungagung

Fasilitas Pantai Coro Tulungagung
Image Credit: Google Maps (Nafa Nuristiana)

Pantai ini bisa dikatakan pantai yang cukup baru jika dibandingkan dengan pantai di sekitarnya. Meskipun begitu bukan berarti pantai cantik ini kalah dari segi fasilitas. Tersedia beberapa fasilitas untuk menunjang aktivitas pengunjung yang telah disediakan oleh pengelola. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya area parkir, kamar mandi bilas, toilet, tempat beristirahat hingga warung makan yang bisa dijadikan tempat untuk berburu kuliner.

Pengelola objek bahari ini sangat selektif terhadap sampah yang berserakan di sekitar pantai. Maka jangan heran jika berkunjung, Anda menemukan banyak tong-tong sampah tersebar di area sekitar pantai.

Itulah beberapa ulasan tentang Pantai Coro yang terletak di Tulungagung. Tak hanya cantik dan eksotis, pantai tersebut juga sangat terjaga kebersihannya agar tak tercemar sampah. Selain itu, sudah terdapat fasilitas yang memadai untuk memanjakan para pengunjung pantai tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending