Curug Ciparay, Pesona Air Terjun Cantik & Telaga Biru Eksotis di Tasikmalaya

Curug Ciparay, Pesona Air Terjun Cantik & Telaga Biru Eksotis di Tasikmalaya
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun parentas, Cidugaleun, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Curug Ciparay merupakan salah satu wisata alam yang sangat terkenal di kawasan Tasikmalaya. Ini menjadi wisata air terjun yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, bukan hanya wisatawan berasal dari dalam kota saja, melainkan juga wisatawan yang berasal dari luar kota. Seluruh wisatawan yang berkunjung ke sana akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang luar biasa.

Oleh karena itu, masyarakat setempat menjadikan curug tersebut sebagai salah satu ikon wisata andalan di sana. Tentu saja, wisata alam ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda pecinta alam. Ketika berwisata ke sana, dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang cukup menyenangkan dan tentu saja tidak akan terlupakan. Apalagi, pesona alam yang disuguhkan di sana masih tergolong natural.

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut, maka ajaklah teman maupun keluarga. Hal ini tentu saja bertujuan supaya waktu liburan Anda bisa terasa semakin seru. Selain itu, alangkah lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan tempat wisata unik tersebut. Berikut ini terdapat beberapa hal mengenai Curug Ciparay.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciparay

Daya Tarik Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Iqbal Jalalludin

1. Ada Telaga Biru yang Indah

Tidak jauh dengan lokasi curug, ada sebuah telaga yang terbilang cantik sekali. Telaga tersebut mempunyai air yang berwarna biru kehijauan. Walaupun terlihat tenang, akan tetapi telaga tersebut mempunyai pusaran air yang cukup deras. Karena kondisi telaga yang cukup beresiko untuk keamanan, maka seluruh wisatawan dilarang untuk berenang di sana, melainkan hanya dapat melihat keindahannya.

2. Bebatuannya yang Berwarna Merah

Air yang dimiliki oleh Curug Ciparay ini mengalir ke 3 sungai, yakni Sungai Ciparay, Sungai Cikelung, dan Sungai Cikuluwung dengan bebatuan besar yang berserakan. Nah, Sungai Cikelung dapat dikenali secara mudah karena memiliki ciri khas berupa bebatuan yang berwarna kemerahan. Hal ini disebabkan oleh kandungan belerang yang mengalir berasal dari Kawah Ratu.

3. Pepohonan Hijau nan Lebat

Ketika datang ke curug ini, Anda akan disuguhkan dengan pesona keindahan dari air terjun yang mengalir pada tebing yang tingginya 50 m. Ditambah lagi oleh pepohonan hijau dan lebat yang membuat udara di sekitar tempat wisata masih sejuk dan bersih. Tentu saja, ini menjadi tempat yang sangat pas dikunjungi oleh Anda yang mulai jenuh dengan kondisi perkotaan yang hiruk pikuk.

Daya Tarik Dimiliki Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Ael Sura

4. Airnya Tidak Pernah Surut

Hal menarik lain yang dimiliki oleh Curug Ciparay ini yaitu airnya yang tidak pernah surut walaupun sedang pada musim kemarau. Apabila musim kemarau telah tiba, maka aliran air yang ada di sana tidak akan terlalu deras, sehingga wisatawan masih bisa melihat bebatuan tebing yang dialiri oleh air. Pastinya ini menjadi pemandangan yang sungguh memukau serta jarang dijumpai di tempat wisata lain.

5. Memiliki Dua Aliran

Curug yang unik ini memiliki dua aliran air terjun yang sama-sama indah. Oleh karena itu, wajar apabila wisatawan kerap menyebutnya sebagai Curug Kembar. Dua air terjun tersebut dikelilingi dengan dinding bebatuan yang berdiri secara tegak serta menimpa bebatuan besar yang berada di bawahnya. Masing-masing dari kedua aliran curug tersebut memiliki ketinggian yang berbeda, yaitu 50 m dan 75 m.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Rumah Natura

Curug Ciparay lokasinya ada di kaki Gunung Dinding Ari dan Gunung Karacak. Lokasinya masih terletak di kawasan KPH Tasikmalaya dan BKPH Singaparna. Untuk alamatnya sendiri ada di Kabupaten Tasikmalaya. Lebih tepatnya lagi yaitu di Dusun Parentas, Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang.

Seluruh wisatawan dapat menggunakan kendaraan untuk menuju ke lokasi wisata tersebut dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Hal ini dikarenakan lokasi wisata sendiri hanya berjarak sekitar 28 km saja apabila Anda melakukan perjalanan mulai dari pusat Kota Tasikmalaya.

Apabila Anda melakukan perjalanan mulai dari Kabupaten Garut, maka akan melewati perjalanan dengan jarak kurang lebih 40 km. Apabila Anda melakukan perjalanan dari Tasikmalaya, maka arahkan kendaraan hingga menuju ke Singaparna, yang dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 30 km.

Dari bundaran Singaparna, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju ke arah Utara hingga menuju ke Gunung Galunggung. Setelah itu, kurang lebih akan menempuh perjalanan 1 jam lamanya dan Anda akan menjumpai pintu masuk untuk memasuki kawasan wisata yang dituju.

Apabila Anda masih merasa bingung mengenai rute yang terbaik untuk berkunjung ke Curug Ciparay, maka dapat dengan mengakses peta lokasi yang ada di smartphone. Selain itu, jangan malu untuk bertanya kepada orang di jalan apabila Anda tersesat saat ada di tengah perjalanan. Dengan begitu, perjalanan Anda menuju ke lokasi wisata bisa ditempuh dengan lebih mudah dan tentunya seru.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Fathur Romdhoni

Tempat wisata di Tasikmalaya memang cukup rekomended bukan hanya karena keindahannya saja, akan tetapi juga karena banyaknya tempat wisata yang ramah di kantong dan cocok sekali untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. Nah, salah satu tempat wisata alam yang terbilang murah meriah di kawasan Tasikmalaya yakni Curug Ciparay.

Hal tersebut dikarenakan untuk dapat menikmati pemandangan indah yang disajikan di curug ini, maka wisatawan tidak perlu merogoh banyak biaya. Tiket masuk ke wisata tersebut dibanderol dengan harga 5 ribu rupiah untuk satu orang. Harga tersebut tentu saja tergolong sangat murah, sehingga akan sayang sekali jika Anda melewatkan untuk berlibur di hari libur maupun akhir pekan.

Selain itu, masih terdapat biaya tambahan lainnya yang perlu Anda keluarkan saat berwisata ke curug indah ini. Biaya tambahan tersebut berupa tiket parkir kendaraan, yaitu sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat dan 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua. Harga dari tiket masuk wisata dan retribusi yang lainnya dapat berubah setiap saat tanpa adanya pengumuman terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk Anda menyiapkan uang lebih sebelum berkunjung ke sini. Namun, jika ingin memastikan mengenai biaya untuk memasuki kawasan wisata tersebut, maka Anda dapat bertanya dengan menghubungi pengelola wisata melalui call center yang telah tersedia. Setelah itu, Anda bisa mulai datang ke curug tersebut mulai pukul 06.30 hingga 7.00 WIB.

Aktivitas yang Seru Bisa Dilakukan di Curug Ciparay

Aktivitas Seru Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Mr. Gumilang

1. Bermain Air

Bermain air merupakan salah satu kegiatan menarik yang jarang sekali dilewatkan oleh wisatawan di Curug Ciparay. Kolam penampungan air dari curug tersebut memiliki ukurannya yang tidak terlalu besar.

Wisatawan dilarang untuk memasuki ke dalam kolam dimana tempat air mengalir yang lebih besar. Oleh karena itu, untuk bermain air di sana, Anda dapat memilih spot di kolam yang memiliki aliran tidak terlalu besar maupun aliran air yang tidak jauh dengan area curug.

Kegiatan ini sangat menyenangkan dikarenakan air di sana jernih sekali, bersih, serta menyegarkan. Akan tetapi juga terasa dingin, sehingga jika Anda tidak tahan dengan dinginnya air lebih baik tidak perlu bermain air dalam waktu yang lama.

2. Hunting Foto

Jangan pernah lupa untuk melakukan kegiatan hunting foto ketika berkunjung ke tempat wisata alam ini. Dengan demikian, siapkan pula kamera maupun smartphone memadai yang dapat mendukung kegiatan berburu foto. Di area parkir kendaraan ada berbagai spot foto bertema alam yang mengarah secara langsung ke Curug Ciparay yang ada di bawahnya.

Menariknya, Anda bisa melakukan hunting foto di sana sambil menikmati segala keindahan alam menakjubkan yang disuguhkan oleh tempat wisata tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melakukan foto yang unik dengan latar belakang berupa deburan air yang mengaliri curug dari dekat. Dijamin Anda dapat menghasilkan foto yang bagus dan juga menarik.

Setelah mendapatkan hasil foto yang bagus, Anda bisa mengunggahnya ke media sosial pribadi. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga ikut dalam mempromosikan tempat wisata tersebut kepada banyak orang.

Aktivitas Seru di Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Heruman Sidik

3. Menikmati Pemandangan Alam yang Indah

Di area Curug Ciparay terdapat suara deburan air yang sangat deras dan ditambah lagi dengan terpaan angin yang bercampur air yang menyegarkan, meredam segala rasa penat di dalam diri. Tentu saja hal ini bisa menambah semangat dalam diri serta menyejukkan hati Anda yang sedang resah.

Kedamaian, ketenangan, dan rasa syukur yang bercampur akan menjadi sebuah rasa membuat Anda merasa bahagia. Selain itu, udaranya yang sejuk dan juga alam yang hijau di sekitar sana menjadikan seluruh wisatawan merasa betah untuk menghabiskan waktu liburan secara berlama-lama.

4. Trekking

Curug ini cocok sekali dijadikan sebagai tujuan melakukan kegiatan trekking. Pasalnya, lokasinya tidak dapat dicapai hanya dengan menggunakan kendaraan saja. Wisatawan masih harus melewati jalanan setapak serta barisan anak tangga demi bisa tiba di sana.

Trekking dimulai dari area parkir kendaraan dengan estimasi waktu kurang lebih 30 menit. Untuk jalur yang akan dilewati yaitu berupa sedikit turunan dan tanjakan yang berbatu. Selain itu, ada pula beberapa bagian jalan yang masih berupa tanah merah. Nah, tentu saja jalan tersebut akan susah untuk dilalui saat musim hujan tiba.

Jalan setapak yang perlu dilewati oleh wisatawan pun berdampingan dengan tebing batu. Bahkan, jalannya pun tergolong sempit, jadi wajib hati-hati supaya tidak terpeleset.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Ciaparay
Image Credit: Google Maps Dedi Koswara

Walaupun sudah populer, namun Curug Ciparay memang masih menjadi tempat wisata yang tergolong baru. Oleh karena itu, fasilitas pendukung wisata yang terdapat di sana juga masih minim sekali.

Akan tetapi, tersedia beberapa fasilitas yang umumnya akan dibutuhkan oleh wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain berupa area parkir kendaraan yang luas, spot foto yang sangat instagramable, warung wisata, dan kamar mandi.

Fasilitas-fasilitas tersebut tentunya dalam kondisi yang baik dan terawat. Walaupun fasilitas yang terdapat di tempat wisata tersebut masih tergolong minim, tetapi keindahan alam yang ditawarkan di sana dapat memanjakan liburan Anda.

Demikianlah berbagai hal yang berhubungan dengan Curug Ciparay yang ada di Tasikmalaya. Dijamin kunjungan Anda ke sana tak akan menyisakan sesal sedikit pun saat menghabiskan waktu liburan.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending