Curug Cilember Bogor, Air Terjun yang Indah dengan 7 Tingkatan

Curug Cilember Bogor, Air Terjun yang Indah dengan 7 Tingkatan

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Curug Cilember salah satu air terjun yang indah di Puncak Cisarua, Bogor. Curug dengan 7 tingkatan ini menyuguhkan panorama alam yang menawan dan menyegarkan, taman kupu-kupu dan jembatan cinta.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Puncak-Gadog No.KM.15, Cisarua, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Cilember adalah suatu kawasan wisata di daerah Bogor yang seringkali menjadi tujuan utama orang-orang untuk berwisata curug. Tempat wisata ini memang menjadi tempat favorit bukan tanpa alasan, sebab tempat ini memang begitu mudah untuk diakses berbeda dari tempat wisata curug yang lain.

Selain itu, pesona keindahannya pun bisa dibilang sangat memukau dan tidak akan mengecewakan Anda. Dengan pemandangan yang sangat indah dan cantik, tempat ini pun menjadi pilihan yang sangat disukai oleh kebanyakan wisatawan.

Oleh karena itu, Curug Cilember adalah tempat wisata yang paling sempurna apabila Anda berkunjung ke Bogor. Tidak hanya indah, namun tempat ini pun juga akan menawarkan beragam daya tarik lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cilember

Daya Tarik Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Yusuf Syakir Salasa)

Cilember merupakan wisata air terjun yang senantiasa diminati oleh banyak wisatawan. Ada berbagai daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata ini, yang tentunya mampu memikat banyak sekali wisatawan untuk mengunjunginya.

1. Wahana Jembatan Cinta

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Curug Cilember adalah wahana Jembatan Cinta yang begitu menarik. Jembatan ini memiliki bentuk yang sangat menarik untuk ukuran jembatan gantung. Selain itu, sesuai dengan namanya jembatan ini pun juga sangat cocok untuk digunakan sebagai latar pemotretan untuk para pasangan yang ingin mengabadikan momen bersama di tempat wisata ini.

2. Penangkaran Kupu-Kupu

Tidak hanya menawarkan pemandangan indah, namun tempat ini pun juga memiliki spot yang sangat berguna untuk membantu wisatawan teredukasi oleh hewan di area penangkaran kupu-kupu. Di area tersebut, pengunjung dapat melihat berbagai jenis kupu-kupu yang dikembangbiakkan oleh pengelola.

Area penangkaran ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk memperluas pengetahuan bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Hal ini karena mereka dapat belajar mengenai siklus kehidupan kupu-kupu dari awal sampai akhir.

Apabila masih merasa kebingungan, maka Anda tidak perlu khawatir sebab akan ada petugas bersifat ramah yang membantu menjelaskan proses metamorfosis itu kepada anak Anda. Mulai dari telur hingga berubah menjadi kepompong dan kupu-kupu, semua proses tersebut akan dijelaskan dengan detail sambil menggunakan bahasa sederhana yang mudah dimengerti.

3. Terdapat 7 Curug

Hal yang membuat wisata Curug Cilember ini begitu berbeda dengan tempat wisata curug lain adalah karena terdapat beragam curug yang terpisah. Semakin tinggi lokasi curug, maka akan semakin susah pula untuk dicapai sehingga kebanyakan pengunjung hanya mampu menaiki curug sampai pada level 5 saja.

Curug level 7 memiliki akses yang paling mudah untuk dijangkau sebab berdekatan dengan pintu masuk. Karena itulah banyak pengunjung yang berkumpul di area ini untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh curug ini.

Bagi Anda yang menginginkan suasana damai dan sepi, maka Anda bisa naik menuju ke curug level 5. Aksesnya pun cukup mudah, dan suasana yang ada di curug tersebut pun sangat mendamaikan hati siapapun yang mengunjunginya.

Daya Tarik Cilember
Image Credit: Google Maps (Fitri Yuliama)

4. Mitos yang Menarik

Bisa dibilang, tempat wisata ini begitu terkenal karena memang ada beberapa mitos menarik yang menyelimutinya. Berdasarkan cerita warga sekitar, curug ini diketahui merupakan tempat pemandian putri kerajaan Pasundan yang baik hati dan memiliki paras yang jelita. Sampai akhir hayatnya, dia tetap menggunakan tempat ini sebagai tempat pemandiannya.

Karena cerita rakyat tersebut, banyak yang meyakini bahwa siapapun yang mandi di curug ini maka niscaya akan memperoleh bentuk kulit yang lebih bagus dan menjadi awet muda. Selain itu, ada pula yang percaya bahwa mereka bisa menemukan jodoh sehidup semati atau terobati segala penyakitnya apabila mandi di curug yang satu ini.

5. Taman Cinta

Sebelum menemui Jembatan Cinta, maka Anda pasti akan melewati Taman Cinta terlebih dahulu. Taman ini merupakan sebuah taman yang terdiri atas beberapa bunga yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk hati.

Karena bentuknya yang lucu, maka tempat ini pun juga menjadi spot yang sangat disukai oleh para pengunjung bersama dengan pasangannya masing-masing. Selain lucu, taman ini pun juga diberi papan ucapan yang penuh oleh tulisan kata-kata manis dan sangat penuh perasaan.

6. Dikelilingi Oleh Hutan Lebat

Karena berlokasi di hutan yang cukup lebat, maka tak mengherankan apabila curug ini memiliki beberapa area yang cukup sulit untuk diakses. Akan tetapi, hal tersebutlah yang membuat tempat wisata ini begitu menarik. Pengunjung yang memang menyukai fenomena alam dan ingin mendapatkan ketenangan jiwa dari udara segar pun akan menganggap tempat ini sebagai surga.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Alamat Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Fauzan Fidadi)

Air terjun cantik ini memiliki lokasi yang tidak sulit untuk ditemukan sebab berada di Desa Cilember, salah satu desa yang ada di Puncak Bogor. Selain itu, apabila Anda ingin menuju ke tempat wisata ini pun tidak perlu merasa kebingungan karena akan ada beberapa petunjuk yang dapat Anda temukan di jalan sekitar menuju tempat ini.

Untuk rutenya sendiri, Anda dapat memulai perjalanan dari pusat kota Bogor. Anda dapat menyewa mobil ataupun menggunakan jasa transportasi lain, dan bergerak menuju ke arah Puncak Bogor. Setelah itu, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke Taman Matahari dan Anda pun akan segera sampai ke lokasi tujuan.

Perjalanan untuk mencapai lokasi ini bisa dibilang tidak terlalu mudah sebab Anda harus menghadapi jalan yang penuh kerikil dan banyak kelokan yang berbahaya. Akan tetapi, pemandangan yang menyambut di lokasi tujuan pasti tidak akan membuat Anda menyesal meskipun merasa sedikit kelelahan di perjalanan.

Untuk memasuki tempat wisata Curug Cilember, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 6 ribu rupiah. Apabila Anda membawa kendaraan pribadi seperti motor, maka Anda akan dikenai biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah dan 10 ribu rupiah apabila Anda membawa mobil.

Selain itu, apabila Anda ingin memasuki area penangkaran kupu-kupu maka Anda harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu per orang. Bagi Anda yang ingin berkemah pun juga akan dikenai biaya sewa lahan camping sebesar 30 ribu rupiah. Anda pun juga harus membayar biaya sewa untuk tenda yang ingin Anda gunakan ketika kemah sesuai dengan kapasitas dan ukurannya.

Aktivitas Seru yang Dilakukan di Air Terjun Cilember

Aktivitas di Air Terjun Cilember
Image Credit: Instagram.com @deanjtankian

1. Bermain Flying Fox

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Curug Cilember yang pertama adalah menggunakan beberapa fasilitas outbound yang sudah disediakan oleh tempat ini. Salah satu fasilitas tersebut adalah flying fox, yang mampu menantang adrenalin Anda di ketinggian sambil memberikan sensasi yang begitu seru.

2. Fotografi

Tentu saja kurang afdol rasanya apabila tidak mengabadikan momen yang ada ketika mengunjungi tempat wisata ini. Karena ada berbagai spot foto yang menarik sambil dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan, melakukan pemotretan di tempat ini pun menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan.

3. Mandi di Curug

Air yang mengalir di curug ini bisa dibilang sangat bersih dan juga segar. Bagi Anda yang sudah merasa lelah melakukan perjalanan menuju tempat ini, mandi di curug merupakan pilihan yang sangat tepat agar Anda bisa mengembalikan kondisi tubuh menjadi seperti semula lagi.

Terlepas dari mitos yang beredar, air yang ada di tempat ini memang memiliki kualitas yang tinggi sebab berasal dari mata air pegunungan. Mandi di air yang segar tersebut tentu mampu membuat Anda merasa rileks dan mampu menghilangkan beban pikiran dalam waktu sejenak.

4. Menjelajahi Keindahan Semua Curug

Karena tempat ini memiliki beberapa curug yang ada di lokasi berbeda, mungkin akan ada pengunjung yang merasa tertantang untuk menaklukan semua curug yang ada hingga sampai puncak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, curug tersebut memiliki area yang sulit untuk ditempuh.

Oleh karena itu, Anda masih memerlukan bantuan dari pemandu untuk membimbing Anda mencapai puncak curug yang paling tinggi. Meskipun terasa sulit dan agak berbahaya, namun pemandangan menakjubkan yang dapat Anda temui pasti mampu mengusir rasa penat tersebut.

Aktivitas Air Terjun Cilember
Image Credit: Google Maps (Aris Fadillah)

5. Berkemah di Kawasan Air Terjun

Tidak hanya melakukan fotografi atau menikmati pemandangan saja, pengunjung pun dapat melakukan kemah di Curug Cilember. Telah disediakan lahan yang luasnya cukup untuk dibangun beberapa tenda dalam ukuran yang bervariasi, serta keamanannya pun sangat terjamin.

Banyak wisatawan yang menggunakan area camping tersebut untuk tempat beristirahat ketika mereka tidak sempat menemukan tempat penginapan. Tidak hanya itu, banyak pula lembaga pendidikan yang menyewa tempat ini sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan kemah Pramuka.

6. Duduk Santai di Bawah Pohon Pinus

Di tempat wisata ini terdapat berbagai pohon pinus berukuran besar yang sangat tinggi. Hal tersebut jugalah yang membuat tempat ini begitu sejuk dan memiliki udara segar yang tidak akan bisa dirasakan di kota-kota manapun.

Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk duduk santai di bawah pohon pinus yang sebelumnya sudah tersedia tempat untuk beristirahat. Tidak hanya mendapat ketenangan, namun Anda pun juga bisa merasakan sensasi dikelilingi oleh pohon pinus lebat yang bisa membuat beban pikiran Anda menghilang.

7. Trekking Menikmati Keindahan Sekitar

Karena lokasi curug ini memang cukup sulit untuk dicapai, maka satu-satunya cara yang harus ditempuh oleh wisatawan adalah dengan melakukan trekking atau berjalan kaki dari area parkir menuju lokasi utama. Gunakanlah alas kaki yang nyaman sehingga Anda pun tidak akan merasa terlalu lelah dan Anda pun tidak akan terpeleset oleh jalan yang licin dan berliku.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Cilember Bogor

Fasilitas Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Sulaiman Al-Abdullah)

Tidak kalah dengan wisata populer yang lainnya, Curug Cilember pun sudah memiliki fasilitas yang begitu lengkap dan memadai. Di tempat ini, sudah terdapat beberapa fasilitas umum seperti jalan-jalan setapak, kamar mandi, area parkir, tempat ibadah, dan petunjuk jalan yang mempermudah Anda ketika menjelajahi tempat ini.

Selain itu, bagi Anda yang ingin beristirahat pun bisa duduk di bangku-bangku yang ada di taman terdekat. Tidak perlu khawatir apabila Anda merasa kelaparan sebab sudah ada beberapa warung makan yang menjual beberapa kuliner khas daerah Bogor dan makanan lain yang mampu membuat Anda merasa kenyang.

Nah, begitulah beberapa informasi yang dapat ketahui mengenai Curug Cilember. Tempat wisata ini memang sangat indah dan menyenangkan, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi ketika ingin liburan bersama dengan keluarga Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending