Curug Pangeran Bogor – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Curug Pangeran Bogor – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Curug Pangeran salah satu air terjun terindah di Bogor yang berada dalam Taman Nasional Halimun Salak. Curug eksotis yang masih asri, tenang dan memiliki cerita mitos yang menarik dieksplor pesonanya.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Terkenal sebagai kota hujan, kawasan Bogor mempunyai tempat wisata yang unik dan menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah wisata Curug Pangeran yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kawasan ini sedang menjadi tempat wisata baru di kalangan pelancong luar.

Istilah curug ini diambil dari bahasa jawa, yang memiliki arti ‘air terjun’. Setiap harinya banyak pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini, sekedar untuk merasakan kesegaran airnya. Adapun fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola bagi para pengunjung.

Rute yang akan Anda ambil untuk menuju wisata Curug Pangeran ini mudah dijangkau. Jaraknya yang dekat dari pusat kota, akan membuat perjalanan Anda lebih cepat. Setelah sampai di tujuan wisata ini, Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menarik.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Pangeran

Daya Tarik Curug Pangeran
Image Credit: Twitter.com @larisia_larisia

1. Suasana yang Asri

Curug Pangeran ini terletak tersembunyi di balik pepohonan lebat. Suasana yang masih asri akan terasa saat memasuki kawasan ini. Dengan rimbunnya pohon yang berada di sekitar curug, udara sejuk terasa begitu segar untuk di hirup.

Udara yang sejuk ini akan membuat pikiran dan tubuh Anda lebih rileks. Saat Anda sudah penat dan bosan dengan keadaan kota yang padat penuh sesak, tidak ada salahnya untuk mendatangi air terjun ini.

Gemricik air yang turun dari ketinggian, tertampung pada sebuah cengkungan yang terlihat seperti kolam. Dibeberapa titik sekitar curug, terdapat batuan yang tertanam secara alami. Pemandangan ini akan semakin menambah suasana curug yang lebih asri.

2. Aliran dari Mata Air

Air yang mengaliri curug ini berasal dari sumber mata air Gunung Salak, yang letaknya memang berdekatan dengan wisata air ini. Karena berasal dari sumber mata air alami, kejernihan dari air akan tampak jelas ketika Anda melihatnya dari dekat.

Konon katanya, air yang berada di Curug Pangeran ini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Hal ini disangkut pautkan dengan keberadaan mata air yang sudah ada sejak dulu, yang kemudian mengalir di curug ini.

Daya Tarik dari Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Ka Koy)

3. Mitos-Mitos Area Curug

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, curug ini dulunya digunakan sebagai tempat berendam oleh para pangeran dari kerajaan di Jawa Barat. Curug ini dipilih karena air yang mengalir berasal dari sumber mata air yang suci.

Karena hal inilah air terjun ini kini banyak didatangi wisatawan yang bertujuan khusus untuk berendam di dalam airnya. Dikatakan bahwa air yang berada di tempat ini memiliki manfaat khusus bagi tubuh siapa saja yang telah berendam.

Selain cerita tersebut, ada juga mitos berbau horor yang dimiliki wisata curug ini. Masyarakat sekitar wisata curug sering mendengar suara gamelan jawa pada malam hari. Tak hanya suara alat musik dari Jawa ini yang terdengar, tetapi suara sinden yang melengking juga ikut terdengar berbarengan.

Cerita mengerikan tersebut membuat curug ini menjadi tempat yang ditakui oleh masyarakat. Para masyarakat percaya bahwa Curug Pangeran ini dijaga oleh peri yang berasal dari alam lain.

Namun mitos-mitos tersebut sekarang sudah dianggap biasa, dan kini curug tersebut dijadikan tempat wisata yang menarik untuk didatangi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Pangeran

Alamat Curug Pangeran
Image Credit: Twitter.com @wisata_tanahair

Curug ini terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan. Dimana lokasi tersebut masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, barat dari sisi Gunung Salak.

Rute yang akan Anda lewati jika berangkat dari arah ibu kota adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju Ciampea. Kemudian berbelok ke arah Jalan Bojong Rangkas, jalan ini sudah tidak asing lagi bagi pengunjung luar kota.

Perjalanan setelah ini hanya akan mengikuti arah jalan yang menunjukkan ke tempat wisata Curug Pangeran. Namun jika kendaraan Anda sudah sampai di Jalan Raya Segog, struktur jalanan akan mulai menanjak dan berkelok.

Di kawasan jalan seperti ini, Anda harus berhati-hati dalam membawa kendaraan. Beberapa jalan memiliki kelok yang tajam, jika Anda kurang berkonsentrasi, Anda bisa keluar dari jalur jalan raya. Apalagi jika curah hujan sedang tinggi, jalanan akan lebih licin dan suasana sekitar sedikit gelap.

Namun, jika Anda sudah berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Anda akan menyewa kendaraan umum untuk bisa melanjutkan perjalanan sebelumnya.

Jika Anda memilih berangkat menggunakan kendaraan umum sejak awal, Terminal Bubulak akan menjadi tempat transit pertama Anda. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan menggunakan angkot yang bertujuan ke kawasan Leuwiliang.

Harga Tiket Masuk Curug Pangeran Bogor

Harga Tiket Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Ainul Ma)

Tiket masuk wisata Curug Pangeran ini dikenakan biaya Rp 10.000 per orangnya. Harga tersebut cukup terjangkau, mengingat dimana letak wisata ini berada di kawasan dekat ibu kota.

Ada biaya lain yang harus Anda bayar sebelum menuju lokasi wisata. Para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi saat menuju wisata air terjun, diharuskan membayar biaya parkir Rp 5000 untuk kendaraan roda dua.

Jika Anda membawa mobil, lahan parkir yang disediakan cukup luas untuk menempatkan mobil Anda. Cukup dengan biaya Rp 10.000 mobil Anda sudah bisa mendapat tempat yang aman dan tentu saja luas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Pangeran

Aktivitas di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Curug Pangeran)

1. Camping

Kegiatan satu ini diminati oleh banyak pengunjung yang mengunjungi Curug Pangeran. Berkemah di kawasan perbukitan dengan pemandangan hijaunya pepohonan, membuat beberapa pengunjung menyempatkan bermalam di tempat ini.

Berkemah di kawasan Camping Ground ini akan menyajikan keindahan perbukitan hijau yang menyapa Anda saat bangun di pagi hari. Suasana yang tidak dapat ditemukan pada tempat lain ini, akan menjadi pengalaman menarik bagi Anda yang belum berkemah sebelumnya.

Camping Ground yang menjadi tempat untuk mendirikan tenda kemah ini hanya berjarak 1 km dari curug. Pengunjung yang menuju kawasan untuk berkemah ini, akan membutuhkan waktu 5 menit saja.

Anda tidak perlu susah payah membawa peralatan kemah sendiri, karena tempat ini sudah menyediakan keperluan yang Anda butuhkan untuk berkemah. Namun biaya sewa untuk satu tenda terbilang cukup mahal, Anda akan merogoh kocek sekitar Rp 1.200.000.

2. Berenang

Bermain air kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba untuk berenang, apalagi untuk merasakan kesegaran air dari Curug Pangeran.

Kedalaman dari curug ini beragam, di tengah tempat terjunnya air dari atas, memiliki kedalaman hingga 4 meter. Bagi para pengunjung yang belum terbiasa berenang di kedalaman tertentu, disarankan untuk berenang dipinggiran curug saja.

Namun, terdapat juga tanda bahaya agar para pengunjung tidak salah dalam memilih tempat untuk berenang. Pihak pengelola wisata setempat sengaja memasang tanda ini, karena untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Tracking

Area yang disediakan untuk kegiatan tracking para pengunjung berada di tempat sebelum menuju lokasi Curug Pangeran. Pengunjung yang akan tracking, bisa melakukan kegiatan seru ini di waktu pagi hari atau sore hari.

Jika Anda berangkat di pagi hari, suasana sejuk akan menemani perjalanan Anda. Pepohonan yang masih berembun akan menambah semangat Anda saat melakukan tracking ini. Selain itu, kicauan burung juga terdengar seperti musik dari alam yang dapat menyejukkan hati.

Anda akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja jika memilih tracking untuk menuju lokasi curug. Namun jika Anda ingin lebih lama lagi menyusuri keindahan alam sekitar curug, Anda bisa memutar terlebih dahulu melewati perbukitan.

Persiapan fisik menjadi modal utama saat Anda akan melakukan tracking di kawasan Curug Pangeran ini. Medan yang naik akan membuat tenaga Anda mudah terkuras. Oleh karena itu, fisik yang kuat perlu Anda siapkan sebelumnya.

Aktivitas Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (An Nawaan)

4. Terjun dari Tebing

Untuk Anda yang menyukai hal-hal ekstrim, terjun dari ketinggian tebing perlu Anda coba. Dengan menaiki pinggiran tebing terlebih dahulu agar sampai diatas, kemudian Anda bisa mencari tempat pijakan yang pas.

Setelah dirasa sudah siap untuk melompat ke bawah, lakukan hal tersebut sambil berteriak melepaskan beban pikiran. Selain sensasi berbeda saat Anda terjun dari ketinggian, cara ini bisa juga digunakan untuk mengeluarkan beban pikiran dengan cara berteriak.

Perlu diingat bahwa hal ini hanya dilakukan oleh orang yang mempunyai nyali tinggi dan sudah berpengalaman. Jika Anda sama sekali tidak memiliki nyali yang siap untuk terjun dari ketinggian, urungkan niat Anda untuk melakukan kegiatan ekstrim ini.

5. Berfoto di Perbukitan

Bosan dengan wisata air? Bisa Anda coba naik ke perbukitan yang terletak di dekat Curug Pangeran. Di kawasan perbukitan ini, Anda bisa menemukan beberapa spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan sebuah foto.

Ada satu spot foto yang menjadi favorit para pengunjung wisata curug, yaitu terdapat papan berbentuk hati yang diletakkan di pinggir bukit. Jika dilihat dari kejauhan, papan ini terlihat seolah melayang di atas udara.

Dengan latar belakang pemandangan bawah yang hijau asri dari pepohonan, hasil foto Anda akan tampak lebih indah. Spot satu ini bisa menampung beban hingga 100 kg, itu berarti tempat ini bisa digunakan berfoto hingga 4 orang.

Sebelum berfoto di tempat ini, Anda diharuskan memasang alat keamanan berupa tali dan helm untuk kepala yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Pangeran Bogor

Fasilitas Curug Pangeran
Image Credit: Twitter.com @dira_diooo

Kawasan wisata Curug Pangeran ini sudah menyediakan banyak fasilitas yang mendukung pariwisatanya. Terdapat toilet yang bisa digunakan oleh para pengunjung, cukup dengan membayar Rp 2000 Anda bisa menggunakan fasilitas satu ini.

Untuk pengunjung yang ingin mencari makanan atau minuman, bisa membelinya di warung yang tersedia di sekitar curug. Jadi para pengunjung ini tidak perlu susah payah mencari tempat untuk membeli pasokan makanan dan minuman.

Di beberapa titik area air terjun Pangeran, berdiri sebuah gasebo yang biasa digunakan untuk beristirahat. Namun, bangunan kecil ini kondisinya kurang terawat, dimana tumbuh lumut di sekitar kayu gasebo. Mungkin karena area yang lembab, lumut ini akhirnya muncul menutupi permukaan gasebo.

Beberapa informasi tersebut mengenai fasilitas, kegiatan dan daya tarik dari Curug Pangeran yang berada di Bogor. Dengan mengunjungi tempat wisata di daerah Jawa Barat, Anda juga dapat membantu mengenalkan nama daerah tersebut sebagai tempat wisata.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending