Curug Cipeuteuy Majalengka, Pesona Air Terjun Cantik Nan Alami

Curug Cipeuteuy Majalengka, Pesona Air Terjun Cantik Nan Alami
Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Cipeuteuy menjadi salah satu tujuan wisata yang berada di Majalengka. Menyuguhkan keindahan air terjun yang cantik dengan suasana sekitar yang masih sangat asri dan alami, membuat Cipeuteuy selalu ramai pengunjung. Airnya yang segar memanjakan siapa saja yang berenang atau sekadar berendam di area Cipeuteuy.

Untuk bisa mencapai titik pasti curug ini, wisatawan harus melewati jalanan hutan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada tepat di tengah hutan. Dengan lokasi curug yang semacam ini mendukung para pecinta Jungle Trekking untuk menyusuri kawasan hutan di Cipeuteuy. Pepohonan yang ada di hutan sekitar masih sangat asri dan rindang.

Dengan berlibur menuju Curug Cipeuteuy ini, pengujung juga diberi kesempatan untuk mengunjungi wisata lain yang berada di sekitar dan tidak jauh dari lokasi curug. Berbagai fasilitas pun disediakan oleh pengelola curug dan bisa dinikmati pengunjung kapan saja saat berlibur ke wisata ini. Pasti akan sangat mengasyikkan dan seru berlibur ke mari.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cipeuteuy

Daya Tarik Curug Cipeuteuy
Image Credit: Twitter.com @cool4myeyes

Cipeuteuy merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang berada di Majalengka, Jawa Barat. Memamerkan keindahan curug atau air terjun yang menawan, membuat curug satu ini banyak diminati wisatawan. Berada di tengah hutan, membuat nyaman dan tenang wisatawan yang datang. Wisata ini cocok bagi pengunjung yang berasal dari kota.

1. Pemandangan Alam yang Mempesona

Pemandangan alam curug satu ini cukup terkenal karena sangat asri dan rindang. Berada di tengah hutan dan jauh dari perkotaan menjadikan suasana sekitar masih sangat alami. Ibaratnya, seperti belum pernah tersentuh oleh manusia. Keindahan curugnya pun juga tidak kalah cantik. Air terjunnya dapat menjadi spot foto yang unik, juga kece.

Biasanya sebagian dari wisatawan yang berkunjung adalah seorang fotografer. Kebanyakan dari mereka memang menyukai fotografi konsep alam. Itulah sebabnya Cipeuteuy selalu ramai pengunjung, utamanya di hari libur, musim liburan, dan tahun baru. Wisata curug ini bisa menjadi referensi liburan Anda saat mengunjungi Majalengka.

2. Pesona Kolam Bertingkat

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Curug Cipeuteuy adalah adanya kolam yang dibuat bertingkat. Sebelum memasuki area curug atau air terjun yang sebenarnya, wisatawan akan dibuat takjub dengan adanya kolam di area Cipeuteuy. Kolam ini menjadi ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh wisata air di Majalengka ini.

Jauh berbeda dengan kolam-kolam pada umumnya, kolam ini dibuat dengan bentuk yang unik dan menarik. Tempat berenang umum ini dibangun dengan bentuk yang bertingkat dengan masing-masing kedalaman yang berbeda. Tentu kolam yang berada di tingkat paling bawah merupakan kolam dengan kedalaman rendah, pun sebaliknya.

Daya Tarik Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Dhimas Angga)

3. Sensasi Mengunjungi Lebih dari Satu Objek Wisata Lain

Sedikit informasi, area Curug Cipeuteuy merupakan destinasi wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dengan wisata lain di Majalengka. Ada beberapa objek wisata lain selain curug yang bisa sekalian wisatawan kunjungi saat berlibur ke wisata curug ini. Tentu ini akan menghemat biaya liburan karena langsung datang ke lebih dari satu wisata.

Ini menjadi alasan utama para pecinta liburan wisata alam untuk datang ke Cipeuteuy. Selain bisa menikmati indahnya curug Kabupaten Majalengka ini, wisatawan juga bisa menikmati wisata lain yang tidak kalah indah dan cantik dari wisata curug. Dijamin liburan Anda bersama dengan keluarga atau teman akan terasa semakin riang dan seru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cipeuteuy

Alamat Curug Cipeuteuy
Image Credit: Instagram.com @ariswisnu26

Curug Cipeuteuy menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang berlokasi di Majalengka. Tepatnya beralamat di Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi. Wisatawan dapat berkunjung ke Cipeuteuy dengan menempuh jarak yang diperkirakan kurang lebih 25 km dari pusat Kota Majalengka.

Rute umum yang biasa dilewati wisatawan Cipeuteuy adalah melalui jalur Jalan Raya Majalengka. Dari jalan raya tersebut, arahkan kendaraan Anda untuk menuju Desa Sindangwangi. Sesampainya Anda di kawasan Sidanwangi, Anda tinggal menuju desa terakhir, yakni Desa Bantaragung. Setelahnya tinggal mengikuti petunjuk jalan.

Perkiraan waktu tempuh sendiri akan memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Waktu tempuh tersebut merupakan waktu tempuh dari pusat Kota Majalengka. Namun, perkiraan tersebut bisa saja lebih jika terjadi perpadatan pengunjung. Jalanan menuju kawasan curug bisa sangat macet akibat membludaknya pengunjung yang datang.

Untuk antisipasi, ada baiknya Anda berangkat lebih awal dari jam yang telah ditetapkan. Hal tersebut tentu untuk mengurangi resiko keterlambatan di lokasi curug. Biasanya situasi semacam ini, umumnya terjadi di musim liburan menjelang liburan sekolah atau saat tahun baru. Pengunjung yang datang akan jauh lebih meningkat dari hari biasa.

Akses maupun jalur yang biasa digunakan wisatawan untuk bisa sampai di lokasi Curug Cipeuteuy, bisa dikatakan sudah cukup bagus dan dalam kondisi yang baik. Dengan akses jalan semacam ini, memungkinkan wisatawan yang datang untuk menggunakan kendaraan pribadi. Pergi bersama rombongan agar perjalanan Anda menjadi lebih seru dan asik.

Sedikit informasi, meski jalanan menuju curug cukup baik dan bagus, beberapa jalan disebut cukup sempit dan berbahaya. Ada baiknya sebelum berangkat, periksa terlebih dahulu kendaraan pribadi Anda untuk menghindari resiko di jalan, seperti mogok atau pun rem blong. Periksa klakson, lampu, juga kopling sebagai antisipasi supaya tetap aman.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cipeuteuy

Harga Tiket Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Tidak jauh berbeda dengan wisata curug lainnya di Jawa Barat, pengelola membebankan biaya tiket masuk kepada seluruh pengunjung Curug Cipeuteuy tanpa terkecuali. Besaran biaya masuk ini bergantung pada usia pengunjung. Ada dia kategori tiket, yakni tiket bagi kalangan anak-anak, antara 1 sampai dengan 4 tahun, serta usia remaja dan dewasa.

Untuk usia anak-anak pengelola menetapkan harga sebesar Rp 5.000,00 per orang. Sedang bagi kalangan remaja hingga dewasa pengelola menetapkan tarif Rp. 15.000,00 per orang. Tentu dengan biaya yang murah dan terjangkau tersebut, pengunjung bisa menikmati indahnya Cipeuteuy yang menakjubkan dan eksotis, serta alami.

Bagi yang membawa kendaraan pun juga akan dikenai biaya parkir dengan yang cukup murah, yakni sekitar Rp 5.000,00 sampai dengan kisaran Rp 20.000,00 per kendaraan. Tentu harga yang ramah di kantong bagi suatu tempat liburan atau tempat wisata. Tidak heran jika wisata Cipeuteuy cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga Anda.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Cipeuteuy

Aktivitas di Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Twins Adventure Channel)

1. Melihat Secara Langsung Konservasi Elang Jawa

Satu hal menarik yang belum banyak diketahui pengunjung Cipeuteuy ialah dijadikannya kawasan ini sebagai tempat konservasi langka yang punah, seperti Elang Jawa. Hewan ini merupakan salah satu spesies hewan asli Pulau Jawa yang populasinya sudah sangat minim dan terancam punah. Populasinya pun bisa dihitung di luaran sana.

Kepunahan ini disebabkan oleh perburuan manusia, hingga rusaknya habitat asli mereka. Pengujung Cipeuteuy dapat melihat spesies langka ini secara langsung, namun tidak diperkenankan untuk mendekat secara langsung. Hewan ini akan merasa terganggu dan menganggap dirinya terancam jika didekati oleh makhluk hidup lain, kecuali sejenisnya.

2. Berenang di Kolam Bertingkat

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ialah berenang di kolam bertingkat yang terletak dekat pintu masuk area Curug Cipeuteuy. Kolam ini memang sengaja dibuat bertingkat agar siapa pun bisa berenang dengan santai dan nyaman. Duduk santai di pinggiran kolam pun juga akan menjadi kegiatan yang seru dan mengasyikkan.

Kolam ini akan menjadi spot favorit bagi pengunjung yang menyukai kegiatan berenang. Anda bisa berenang dengan keluarga maupun buah hati Anda. Air kolam yang sangat segar dan sejuk, pasti akan sangat ramai di waktu suasana sangat panas. Maka jangan heran jika menjelang siang hari, kolam akan sangat ramai atau pun penuh.

Aktivitas Curug Cipeuteuy
Image Credit: Twitter.com @nuriman_mohamad

3. Berenang di Area Curug

Air terjun ini memilki ketinggian yang diperkirakan sekitar 5 meter. Ketinggian ini tentu relatif rendah. Namun, walaupun tidak terlalu tinggi, curug ini tetap memberi sensasi segar. Selain itu, kondisi perairan curug yang bersih menjadi nilai tambah yang dimiliki oleh wisata curug yang ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini.

Untuk membuat wisatawan yang berenang di air terjun langsung merasa nyaman, pengelola membangun sebuah bundaran, lebih tepatnya seperti pembatas yang melingkar agar bisa dibuat spot khusus untuk berenang. Dengan adanya pembatas ini, wisatawan tetap bisa berenang dengan menikmati arus curug yang tenang.

4. Hunting foto

Kegiatan terakhir yang tidak bisa dilewatkan adalah mengambil foto di spot-spot alami yang tersedia. Salah satu yang paling menarik adalah jembatan yang berada tepat di atas kolam bertingkat. Ini menjadi spot foto favorit pengujung. Jangan lupa untuk berfoto di spot-spot lainnya. Dijamin foto Anda akan sangat cantik dan instagramable abis.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Cipeuteuy Majalengka

Fasilitas Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Ikwan Maulana)

Fasilitas yang paling banyak diminati di sini ialah adanya gazebo yang tersebar luas di seluruh kawasan Curug Cipeuteuy. Gazebo ini biasa digunakan sebagai tempat beristirahat bagi para pengunjung yang baru sampai di area Cipeuteuy. Menariknya lagi, pengelola menambahkan rooftop agar pengunjung tidak kepanasan dan tetap sejuk.

Selain gazebo, setelah pengunjung sudah puas berenang, berendam, hingga bermain air, pengelola telah menyediakan fasilitas toilet untuk membilas diri. Kondisi toilet yang bersih, serta nyaman menjadi daya tariknya tersendiri. Toilet ini juga dibuka untuk umum dan bisa digunakan kapan saja saat berada di area curug.

Selain itu, pengelola juga menyediakan tempat persewaan ban atau pun pelampung, serta alat berenang lainnya yang bisa disewa kapan saja. Dengan mengenakan biaya sewa yang murah dan terjangkau agar semua pengunjung bisa menikmati fasilitas tersebut. Anda akan merasa puas dan nyaman selama berada di wisata curug satu ini.

Terakhir, yang tidak boleh ketinggalan, adalah tersedianya rumah makan yang menyediakan makanan khas Majalengka yang enak dan lezat. Seharian beraktifitas di air terjun tentu akan membuat perut terasa lapar. Jangan khawatir, Anda bisa mengganjal dengan kuliner khas Majalengka yang tersedia di rumah makan terdekat.

Itu tadi beberapa informasi singkat mengenai Curug Cipeuteuy yang perlu Anda ketahui. Informasi ini dapat menjadi acuan dan juga referensi Anda sebelum mengunjungi air terjun ini sebagai tempat berlibur Anda bersama dengan keluarga, teman, kerabat, atau pun orang tersayang. Berlibur ke mari pasti akan sangat seru dan asik.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending