Curug Citambur Cianjur, Pesona Air Terjun Cantik Nan Eksotis

Curug Citambur Cianjur, Pesona Air Terjun Cantik Nan Eksotis
Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia memang terkenal menyimpan banyak tempat yang indah, salah satunya adalah tempat wisata alam. Jika Anda berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat, Anda akan menemukan air terjun yang cantik dan indah, yang diberi nama sebagai Curug Citambur.

Untuk Anda yang penasaran dengan pemandangan dan fasilitas yang ada di sana, berikut adalah informasi lengkap mengenai objek wisata tersebut. Curug ini dikenal karena memiliki pemandangan yang hijau dan tidak bisa Anda temukan di tempat lainnya.

Mengetahui informasi, terutama alamat, rute perjalanan, hingga daya tarik tempat wisata ini penting untuk dilakukan. Sehinga Anda tidak kesulitan ketika hendak mencapainya ataupun mengajak keluarga kesana untuk berlibur dan menikmati indahnya tempat wisat atersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Citambur

Daya Tarik Curug Citambur
Image Credit: Twitter.com @alampriangan

1. Pemandangan Air Terjun yang Tinggi

Air terjun umumnya memang memiliki ukuran yang tinggi, sehingga memberikan pemandangan khas air jatuh dari bebatuan atau tebing. Hal yang sama untuk Curug Citambur yang satu ini, ia memiliki ketinggian yang fantastis sehingga air yang jatuh indah dipandang.

Ketinggian dari air terjun ini mencapai 100 sampai 120 meter, sehingga menjadi spot yang tepat untuk bermain air dan menikmati pemandangan yang ada disana. Curug ini juga menjadi salah satu air terjun yang memiliki ketinggian diatas 100 meter di Indonesia, sehingga saya untuk dilewatkan.

2. Pemandangan Alami Khas Hutan Jawa

Tidak banyak menemukan hutan yang ada di Pulau Jawa, namun berbeda jika Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Anda bisa menemukan dan merasakan bagaimana hutan yang ada di Jawa seharusnya ditemukan.

Pemandangan alam yang ada di sekitar Curug Citambur masih alami, terlihat dengan hijaunya rerimbunan tanaman dan sejuknya udara yang ada. Pemandangan yang ada di sekitar air terjun Citambur ini juga hijau segar, menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat.

Ketika sampai setelah perjalanan jauh, maka kelelahan Anda terbayarkan hanya dengan pemandangan yang ada. Hutan yang asri, udara yang sejuk khas pegunungan, serta lumut dan tanaman yang saling beradu menjadikannya sebagai surga yang tersembunyi.

3. Air yang Jernih

Daya tarik lain yang membuat air terjun ini didatangi oleh banyak orang adalah air yang ada. Air terjun tersebut memiliki warna yang jernih dan merupakan sumber mata air pegunungan yang asli. Anda bisa menggunakannya untuk bermain atau sekedar membasuh tangan dan kaki setelah perjalanan jauh.

Berbeda dengan suhu air yang ada, air yang ada di air terjun ini tidak begitu dingin, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk bermain disana. Seperti yang diketahui, cuaca di sekitar Jawa Barat, khususnya untuk Cianjur cukup dingin, namun Anda tidak perlu khawatir karena airnya tidak sedingin suhu yang ada.

Daya Tarik dari Curug Citambur
Image Credit: Twitter.com @piknikcianjur

4. Debit Air yang Melimpah

Daya tarik Curug Citambur lainnya adalah debit air yang banyak dan melimpah, sehingga wisatawan yang datang bisa bermain air atau sekedar mencuci tangan dan kaki. Bahkan Anda tetap diperbolehkan mandi dengan air yang ada disana sebab bersih dan mudah didapatkan.

Namun jika Anda ingin mandi, Anda tidak dianjurkan untuk mandi dibawah air terjun, melainkan di hulu sungai yang ada. Ini dikarenakan arus yang cukup deras, sehingga bisa menyeret wisatawan ke hulu sungai secara mendadak.

Debit air yang banyak ini tidak hanya terjadi di musim hujan saja, melainkan juga di musim kemarau. Jadi Anda tidak perlu khawatir hendak datang di musim hujan atau kemarau sebab debit air tetap melimpah.

5. Memiliki Spot Foto yang Menarik

Selain cantik karena memiliki pemandangan alam yang masih asri, pengelola dan masyarakat juga memberikan tambahan fasilitas berupa dek ataupun tempat foto yang menarik untuk digunakan.

Jadi ketika Anda berkunjung ke Curug Citambur, Anda tidak hanya menikmati pemandangan, namun juga bisa mengabadikan dokumentasi dengan menarik. Spot fotografi bisa Anda temukan di pinggiran air terjun, sehingga Anda bisa berfoto tanpa khawatir basah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Citambur

Alamat Curug Citambur
Image Credit: Google Maps (Hasan Sadiq Syahab)

Untuk Anda yang penasaran ingin ke wisata alam Curug Citambur, jangan khawatir, lokasinya bisa dengan mudah ditemukan dalam peta. Berlokasi di Cianjur Selatan, Anda bisa menuju ke tempat wisata air terjun Citambur ini di Desa Karangjaya.

Agar bisa sampai dengan mudah di lokasi tersebut, terdapat dua rute yang bisa digunakan untuk menuju tempat wisata ini, diantaranya adalah:

1. Lewat Cianjur

Jalan pertama adalah dengan lewat Cianjur, yang dimulai dari pusat kota Cianjur menuju arah Cilaku. Dari sana, Anda akan melewati beberapa kecamatan, terus lewati sampai Anda masuk ke arah Simpang Sinagar. Dalam waktu 40 menit, Anda akan sampai di jalan berbatu bernama Pasir Kuda.

Akan ada plang yang memberitahukan Anda bahwa sudah dekat dengan air terjun yang ini. Cukup ikuti plang tersebut dan tanpa waktu yang lama, Anda bisa menemukan pintu gerbang dari curug ini.

2. Melalui Cidiwey

Jika Cianjur terlalu jauh untuk Anda, Anda bisa lewat Cidiwey, ini merupakan rute yang tepat jika Anda datang dari arah Bandung. Setelah sampai di Cidiwey, Anda hanya perlu mengikuti plang yang bertuliskan Wisata Alam Situ Patengan.

Namun sebelum sampai ke lokasi wisata tersebut, akan ada belokan menuju Perkebuna Teh Sinumbra. Ikuti plang yang ada dan Anda akan sampai di Desa Karangjaya, jika sudah sampai disana, maka Anda sudah sampai di tempat wisata curung tersebut.

Apabila Anda kesulitan mengakses jalan menuju tempat wisata ini, sekarang sudah tersedia agen travel yang menjadikannya sebagao destinasi wisata. Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju air terjun ini, sebab jalannya yang masuk ke dalam pedesaan, sehingga tidak ditemukan kendarana umum.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Citambur

Harga Tiket Curug Citambur
Image Credit: Google Maps (Ihsan Waluyo Ihsan)

Jam operasional dari tempat wisata ini adalah 24 jam, namun Anda disarankan untuk berkunjung ketika pagi sampai sore hari saja untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan. Hal yang sama terjadi jika Anda berkunjung di musim hujan, ketika cuaca kurang baik maka tempat wisata ini akan ditutup.

Kemudian mengenani harga tiket masuk yang cukup terjangkau dibandingkan dengan tempat wisata lain pada umumnya. Untuk satu orang, Anda cukup membayar 7 ribu rupiah saja, harga yang sama untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Citambur

Aktivitas di Curug Citambur
Image Credit: Google Maps (Faridrizqi09)

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, diantaranya adalah:

1. Menikmati Pemandangan

Karena tempat wisata Curug Citambur memiliki pemandangan yang indah, maka menikmati keindahan sambil menghirup udara khas pegunungan bisa Anda lakukan. Tersedia bangku-bangku yang bisa diduduki oleh wisatawan guna menikmati keindahan pemandangan yang ada.

Selanjutnya jika Anda merasa lapar, jangan ragu untuk menikmati makanan khas yang tersedia di sekitaran air terjun ini. Harga yang ditawarkan untuk makanan yang dikelola oleh penduduk lokal cukup terjangkau, Anda bisa membeli makanan lokal ataupun camilan saja.

2. Menelusuri Hutan

Karena letak air terjun ini dekat dengan hutan, jika ingin Anda bisa dengan mudah melakukan penelusuran hutan di sekitar tempat wisata. Jangan khawatir, hutan yang ada di sekitar air terjun bisa dijamah manusia asalkan Anda tidak melakukan penelusuran terlalu jauh.

Di dekat air terjun Anda bisa menemukan tanaman dan hewan khas hutan yang ada di Cianjur dan desa tersebut. Jalan di sekitar tempat tersebut belum sebaik jalan setapak menuju air terjun, jadi Anda harus memastikan menggunakan alas kaki yang nyaman jika hendak menjelajahi Curug Citambur tersebut.

Aktivitas Curug Citambur
Image Credit: Instagram.com @onizarkoni10

3. Berburu Selfie

Karena pemandangannya yang indah, maka Anda bisa berburu foto selfie atau pemandangan yang ada di sekitar air terjun. Pemandangan yang indah dan alami membuatnya tepat menjadi spot fotografi, baik untuk mereka yang tertarik dengan pemandangan alam ataupun kecantikan pesona lingkungan yang ada.

Tersedia beberapa spot yang bisa ditemukan oleh wisatawan yang berkunjung, spot tersebut, Spot foto yang tersedia bisa digunakan secara gratis oleh wisatawan tanpa perlu khawatir menambah biaya untuk tiket masuk.

4. Bermain Air dan Mandi

Sebagai air terjun, Anda diperbolehkan bermain air dan mandi di tempat wisata ini. Jika tertarik untuk mandi atau bermain air, sebaiknya lakukan di tempat yang dangkal dan dekat dengan tepian.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindarkan wisatawan agar tidak terbawa arus dari Curug Citambur tersebut. Apalagi jika Anda membawa anak kecil dan masih kesulitan untuk berenang dan bermain air. Anda bisa bermain di hulu sungai agar tidak hanyut dibawa arus air terjun setinggi 100 meter ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Citambur Cianjur

Fasilitas Curug Citambur
Image Credit: Google Maps (Big Daddy Sugar Kecut)

Fasilitas yang tersedia di air terjun ini cukup lengkap, sebab ia sudah buka sebagai tempat wisata dalam kurun waktu yang lama. beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola dan dirawat baik oleh masyarakat adalah:

1. Lahan Parkir yang Luas

Untuk memfasilitasi tingginya wisatawan yang berkunjung, terutama di hari libur dan akhir pekan, maka lahan parkir disediakan lebih luas. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir jika hendak berkunjung membawa rombongan yang besar.

2. Toilet yang Bersih

Kebutuhan lain yang diperlukan oleh wisatawan adalah kamar mandi dan fasilitas toilet yang bersih. Di air terjun Citambur, fasilitas toilet yang disediakan sudah cukup memadai dan bisa digunakan secara leluasa oleh wisatawan yang datang berkunjung.

3. Mushola

Bagi wisatawan yang beragama Islam, mushola merupakan fasilitas penting dalam setiap tempat wisata. Di Curug Citambur sudah tersedia mushola yang disediakan tidak hanya untuk sholat, namun juga sebagai tempat untuk melepas penat setelah bermain air.

4. Warung dan Stall Makanan

Terakhir untuk Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini, jangan takut kelaparan karena sudah tersedia warung dan stall makanan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika berkunjung ke tempat wisata ini.

Demikianlah berbagai informasi penting yang perlu Anda ketahui apabila hendak berkunjung ke Curug Citambur. Semoga informasi tersebut dapat memudahkan Anda, terutama yang hendak kesana dalam waktu dekat, baik bersama dengan keluarga ataupun dengan teman-teman.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending