Pantai Baru Bantul – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Baru Bantul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Baru salah satu wisata pantai memukau di Bantul, Jogja yang menawarkan panorama sunset. Pantai yang dikelilingi pepohonan cemara cocok bagi wisatawan yang membutuhkan suasana tenang dan sepi.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06:00-17:00, Alamat: Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Bantul merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sejuta pesona yang dimiliki oleh alamnya. Sebab itu, tempat ini memiliki tempat wisata alam yang beragam, yang mana tempat wisata alam ini terus digali hingga setiap tahunnya terdapat wisata baru. Salah satunya adalah Pantai Baru.

Pantai ini memiliki pesona yang luar biasa cantiknya. Tempat wisata ini dikatakan tersembunyi disebabkan sepinya wisatawan yang datang ke tempat ini. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya promosi, sehingga tidak di ketahui oleh para wisatawan. Padahal spotnya sangat bagus dan instagramable dan sayang untuk di lewatkan saat berada di Bantul.

Banyak sekali spot foto menarik yang bisa Anda di jumpai di Pantai Baru ini. Diantarannya adalah pantai dengan laut biru disertai pasir hitam dan gulungan ombak berpadu dengan langit biru. Selain itu adapula kincir angin, hutan cemara, dll. Wisata ini sangat cocok untuk berlibur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Baru Bantul

Daya Tarik Pantai Baru Bantul
Image Credit: Google Maps (Ardiyanto Abu Hamzah)

1. Pohon Cemara

Pantai Baru memiliki pohon cemara yang cukup banyak. Pohon ini sudah di tanam sejak tahun 1999. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya abrasi.

Pengunjungpun biasa memanfaatkan pohon ini untuk berteduh istirahat bahakan mengambil foto. Adapun orang piknik santai dibawahnya sambil melihat keindahan alam sekitar.

2. Hiburan di Dalam Pantai

Pantai cantik di Bantul ini juga memiliki aneka hiburan di dalamnya. Tentunya tidak akan membuat Anda bosan. Hiburan tersebut seperti penyanyi lokal daerah yang membawakan lagu-lagu campur sari, ataupun band-band lokal daerah.

Dengan adanya hal ini Anda juga membantu penghasilan warga setempat yang menyediakan jasa persewaan tikar agar Anda bisa menonton hiburan di kawasan Pantai Baru. Tentu Anda bisa menikmati pula hiburan ini sambil duduk-duduk santai.

Hiburan lainnya di dalam pantai yang menjadi daya tarik adalah Anda bisa menikmati wahana ATV. ATV merupakan kendaraan yang memiliki roda empat yang biasa digunakan untuk berkeliling area pantai dengan medan yang cukup sulit. Namun untuk menikmati fasilitas ini, Anda harus membayar sebesar Rp 30.000.

BACA:  Pantai Goa Cemara Bantul - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

3. Kuliner

Kuliner memang menjadi salah satu hal wajib dalam daftar liburan. Nah, di Pantai Baru banyak sekali warung-warung yang menyediakan kuliner hasil laut yang sangat sedap. Tentu wajib sekali untuk dicoba.

Beberapa diantaranya memiliki tambak sendiri loh. Sehingga makanan yang dihasilkan masih segar. Hasil laut yang di olah pun cukup bervariasi seperti ikan cakalang, cumi, kerang, dll. Selain itu harga per porsinya juga relatif murah.

Namun jika Anda memiliki alergi dengan makanan laut, maka tempat ini pun menyediakan menu lainnya. Diantarannya adalah Tumis kangkung, dan kacang. Tak lupa minuman khas pantai sebagai pelengkapnya, yakni es kelapa. Tentunya menarik sekali bukan?

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Baru

Alamat Pantai Baru
Image Credit: Instagram.com @riyanti.nurul

Alamat Pantai Baru berada di Desa Poncari yang terdapat di Kecamatan Srandakan, yang mana tempat tersebut berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini aksesnya cukup mudah sebab terletak di kawasan pantai terkenal di Bantul yang lain. Jalannya tidak becek maupun penuh bebatuan tajam, tapi jalan di tempat ini sangat ramah untuk kendaraan Anda. Hal tersebut dikarenakan jalannya yang landai serta teraspal dengan rata. Selain itu ada beberapa rute untuk sampai ke tempat ini.

Rute pertama Anda bisa menggunakan GPS atau google maps untuk mengetahui lokasi ini. Selain itu adapula papan petunjuk arah yang terpasang di pinggir-pinggir jalan. Sehingga tempat ini cukup mudah untuk di temukan.

Jika Anda ingin naik kendaraan umum boleh saja seperti bus atau angkutan umum. Akan tetapi, Anda tetap harus membayar jasa ojek sebab Anda hanya bisa sampai di terminal bus yang ada di kota Bantul. Sedangkan untuk sampai ke lokasi Pantai Baru ini Anda masih butuh waktu sekitar 45 menit bahkan sampai satu jam waktu tempuh dari pusat kota.

Nah, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat ataupun roda dua seperti ini rutenya. Jika Anda berangkat dari pusat Yogyakarta Anda bisa pergi ke jalan Bantul di arah sebelah selatan.

Kemudian Anda bisa melanjutkan ke bundaran Srandakan, yang mana tempat ini adalah tempat yang menghubungkan Kulonprogo dengan Bantul. Setelah itu ambil jalur kiri dan silahkan lanjut ke arah selatan. Saat sampai di tempat ini Anda sudah bisa melihat petunjuk arah yang di kelola dengan baik. Sehingga tidak perlu takut tersesat.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Baru

Harga Tiket Wisata Pantai Baru
Image Credit: Instagram.com @aayu_riesda

Dibanding pesona alam yang dimilikinya Pantai Baru menarik tiket masuk yang cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 per orang. Murah sekali bukan? Anda pun bisa menikmatinya mulai jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

BACA:  Pantai Sendiki Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Selain itu, adapun tarif yang di kenakan untuk parkir kendaraan Anda. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka Anda di kenakan tarif sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Bukan itu saja, Area parkirnya yang luas, juga bisa memuat bus maupun minibus. Sehingga Anda pun dikenakan tarif untuk parkir bus ataupun minibus bagi Anda yang datangnya berombongan menggunakan transportasi ini. Tarifnya adalah Rp 10.000 untuk minibus dan Rp 15.000 untuk bus.

Semua harga yang tertera sewaktu-waktu bisa berubah. Hal ini disebabkan kebijakan dari pengelola setempat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Baru

Aktivitas di Pantai Baru
Image Credit: Instagram.com @teguhsuprayogi

1. Bermain Layang-Layang dan Berjemur

Untuk mengisi liburan Anda agar lebih berkesan terutama bersama keluarga, Anda bisa bermain layang-layang di tempat ini. Anginnya pun cukup mendukung untuk Anda melakukan aktivitas ini.

Selain itu, matahari pantai yang terik bisa Anda manfaatkan untuk berjemur. Hal ini seperti yang dilakukan oleh kebanyakan wisatawan asing.

2. Piknik Dibawah Pohon Cemara Udang

Hutan cemara yang banyak mencapai ratusan pun bisa juga dimanfaatkan untuk piknik kecil. Dengan beralaskan tikar dan beberapa camilan bisa Anda bawa. Tentu hal ini bisa Anda lakukan saat Anda mulai lelah dengan aktivitas lain, sehingga bersantai di bawah cemara inilah yang paling sempurna dilakukan.

Apalagi di tambah keseruan bersama keluarga tercinta. Menceritakan hal menarik bersama sehingga menimbulkan keakraban dan kedekatan dengan keluarga.

3. Berburu Foto Keren

Tempat ini memiliki banyak sekali spot foto yang bagus. Salah satunya adalah kincir angin. Meskipun sebenarnya kincir angin di tempat ini digunakan sebagai tenaga angin yang diubah menjadi energi hybrid, tapi tempat ini sangat sering digunakan sebagai spot foto.

Sekadar informasi saja listrik di tempat ini digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan akan listrik di area pantai. Selain itu kincir angin juga dimanfaatkan sebagai freezer yang menghasilkan es batu. Wisatawan pun bisa melihat cara pembuatan es batu tersebut.

4. Wisata Edukasi

Selain pesona pantainya, tempat ini juga memiliki suatu pengetahuan baru yang dikembangkan oleh pemerintah. Selain kincir angin yang sudah di sebutkan, adapun edukasi lainnya yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah biogas.

Berhubung warga setempat memiliki banyak hewan ternak maka tempat ini pun berpotensi sebagai pengembangan Biogas. Biogas dihasilkan dari kotoran hewan ternak, namun saat sudah menjadi energi biogas kotoran tersebut tidak memiliki bau. Selain itu kotoran tersebut juga dimanfaatkan sebagai pupuk.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Baru

Penginapan Pantai Baru
Image Credit: Agoda.com

Ketika rumah Anda jauh dari Kabupaten Bantul ini, lebih baik jika Anda menginap di tempat ini. Berikut ini beberapa referensi mengenai 3 penginapan terdekat dari Pantai Baru.

BACA:  Pantai Sendang Biru Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

1. Grand Rohan Jogja

Hotel ini memiliki fasilitas yang beragam dan cukup lengkap. Fasilitas tersebut seperti free wifi, restaurant, room service dan cleaning servis, AC, TV, Gym, dll.

Selain itu sarapan di tempat ini sudah tervertifikasi kehalalannya oleh MUI dan untuk menginap dalam satu kamar pun hanya boleh untuk pasangan suami istri yang memiliki sertifikat nikah asli.

Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, jika di bandingkan fasilitas dan pelayanan ramah yang diberikan. Harga per kamar dalam waktu menginap semalam mulai dari Rp 392.616 dan sudah termasuk pajak. Ulasannya cukup bagus, sehingga hotel ini sangat rekomendasi untuk Anda.

2. Srikandi Hotel Inn

Tempat ini memiliki fasilitas yang cukup menunjang seperti sarapan, free wifi, dan kebersihan. Selain itu tempatnya juga terlihat rapi dan nyaman. Untuk harganya pun relatif murah. Sehingga cocok untuk Anda yang berlibur ke Pantai Baru dengan budget yang minim.

Untuk satu kamar harganya hanya Rp 100.000 saja dalam waktu menginap semalam. Letaknya juga strategis dengan pelayanan yang ramah.

3. Hotel Desa Puri Syariah

Hotel ini memiliki kamar sebanyak 24 kamar dengan fasilitas yang cukup menunjang kebutuhan Anda. Fasilitas tersebut seperti Ac, Flat screen Tv, handuk, shower panas ataupun dingin, dan free wifi yang bisa di akses di seluruh areanya.

Harga per kamar dalam waktu inap semalam sangat murah, yakni mulai dari Rp 81.880. Harga tersebut juga sudah termasuk pajak loh. cocok untuk Anda yang ingin liburan dengan biaya minim.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Baru Bantul

Image Credit: Instagram.com @stephanus_dicky

Panti Baru memang masih tergolong baru sebagai tempat wisata, tapi hal ini bukan berarti fasilitasnya tidak dapat menunjang kebutuhan Anda. Justru tempat ini memiliki banyak sekali fasilitas yang memadai. Baik berbayar ataupun gratis.

Pertama ada toilet umum, dimana Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000. Adapun area parkir yang luas hingga muat untuk Bus maupun Minibus, sehingga Anda tak perlu khawatir jika berlibur dengan keluarga besar menggunakan transportasi ini.

Selain itu, ada pula sport ATV yang akan membuatmu bisa menyusuri pantai ini dengan mudah. Tempat sampah pun sudah banyak di temukan sehingga tak ada alasan untuk tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Andapun tak perlu khawatir untuk beribadah, sebab wisata Pantai Baru Bantul ini memiliki mushola untuk beribadah umat muslim. Tempat wisata ini juga memiliki warung-warung dengan menu khas laut yang tersedia, sehingga Anda tak perlu repot-repot menyiapkan bekal.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Baru yang ada di Bantul. Sehingga Anda bisa menjadikannya referensi untuk persiapan Anda sebelum akhirnya memutuskan berlibur ke tempat ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending