Pantai Batu Bolong Bali, Pantai Cantik yang Unik Favorit Peselancar

Pantai Batu Bolong Bali, Pantai Cantik yang Unik Favorit Peselancar

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Batu Bolong salah satu pantai yang unik di kawasan Canggu, Badung, Bali dengan pesona batu karang yang bolong. Pantai berpasir yang menjadi tujuan favorit peselancar dan tempat menikmati sunset yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Terkenal akan kekayaan wisata pantainya, pulau Bali memang menjadi tujuan wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara. Pantai Batu Bolong menjadi salah satunya, mendengar pertama kali namanya pasti Anda membayangkan sebuah pantai dengan batuan karang yang berlubang.

Benar sekali jika Anda membayangkan hal tersebut, karena di pantai ini terdapat sebuah batu karang dengan lubang di tengahnya. Dan yang membuatnya lebih istimewa lagi, diatasnya terdapat pura suci yang masih digunakan untuk beribadah umat Hindu dari masyarakat sekitar.

Selain itu, masih banyak lagi daya tarik yang dimiliki pantai ini. Wisatawan yang berdatangan pun akan dibuat terpesona dengan pemandangan alamnya. Jika Anda sedang berada di Bali dan ingin mengunjungi wisata pantai tersebut, berikut ini ada informasi lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bolong

Daya Tarik Pantai Batu Bolong
Image Credit: Google Maps (Tjandra Mahayana)

1. Batu Karang yang Berlubang

Di pantai ini, Anda akan menemukan hal unik yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Salah satu sisinya terdapat batu karang yang berukuran besar, yang letaknya menjorok ke arah pantai. Di tengah batu karangnya, ada sebuah lubang yang tampak seperti pintu.

Saat matahari tenggelam, sinarnya akan menembus melewati lubang tersebut. Pemandangan dengan pesona luar biasa ini menjadi momen yang banyak ditunggu oleh banyak wisatawan. Banyak yang mengabadikan momen tersebut melalui sebuah foto.

Jika dilihat lebih jeli lagi, lubang pada batu karang ini mirip dengan salah satu tempat dalam sebuah film animasi terkenal. Oleh karena itu, keunikan batu karang tersebut menjadi ikon utama yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini.

2. Pura Suci di Atas Batu Karang

Tempat beribadah umat Hindu yang berupa pura ini terletak di atas batu karang yang berada di Pantai Batu Bolong. Pura ini bernama Pura Ratu Bolong, pemberian nama tersebut hampir sama dengan nama pantai itu sendiri.

Pura ini masih aktif digunakan masyarakat sekitar untuk beribadah dan menggelar beberapa upacara adat. Selain itu, pura tersebut dibuka untuk umum untuk tempat wisata. Tak jarang para wisatawan pantai pun menyempatkan diri untuk mengunjungi pura ini.

Sebelum memasuki kawasan tempat suci ini, wisatawan akan diberi sebuah kain berwarna kuning untuk dipakai sebagai selendang. Setelah memasuki kawasan pura, Anda dapat menyaksikan keindahan alam berupa laut lepas dan panorama pantai yang disuguhkan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Batu Bolong

Alamat Batu Bolong
Image Credit: Google Maps (Charlie Whiskey)

Terletak di Canggu, Kuta Utara, pantai ini memiliki jarak 14 km dari pusat kota Denpasar. Rute dari kota tersebut dapat Anda ambil melewati Jalan Gn. Agung, lalu berbelok memasuki kawasan jalan dengan banyak gang kecil di sekitarnya.

Setelah melewati Jalan Raya Canggu, kendaraan Anda diharuskan berbelok kiri memasuki Jalan Pantai Batu Bolong. Tak membutuhkan pada jalan terakhir ini, karena kawasan pantai akan terlihat setelah terdapat banyak cafe dan restoran yang menyambut kedatangan Anda.

Lokasi pantai juga dekat dengan bandar udara internasional di pulau Bali yang hanya berjarak sekitar 21 km saja. Wisatawan asing yang berdatangan pun tidak mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi pantai tersebut. Dengan rute perjalanan yang akan melewati By Pass Ngurah Rai.

Untuk harga tiket memasuki kawasan Pantai Batu Bolong, wisatawan akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 per orangnya. Biaya yang terbilang murah tersebut, menjadi nilai lebih yang dimiliki oleh pantai ini. Mengingat pantai tersebut sudah menyediakan banyak fasilitas bagi para pengunjungnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Batu Bolong

Aktivitas di Pantai Batu Bolong
Image Credit: Kompas.com

1. Berselancar

Kegiatan yang satu ini menjadi favorit bagi banyak wisatawan, terutama bagi para wisatawan asing. Wisatawan tersebut banyak yang datang pada saat pagi hari, karena sinar matahari pagi masih hangat jika terkena tubuh.

Bagi wisatawan yang tidak mempunyai papan untuk berselancar, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tempat penyewaan papan selancar. Pantai Batu Bolong memang memiliki ombak yang besar, dan ombak ini cocok untuk menantang adrenalin dengan cara berselancar.

2. Berjemur

Di pantai yang memiliki kawasan landai tersebut, akan sangat pas jika digunakan untuk berjemur saat pagi menjelang siang hari. Kawasan pantai dengan sedikit pepohonan ini akan mempercepat sinar matahari yang mengenai tubuh Anda secara langsung.

Kegiatan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin D yang berperan penting untuk kesehatan kulit. Namun sebelum Anda melakukan kegiatan tersebut, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, agar tidak terkena paparan sinar UV dari matahari.

3. Mencicip Kuliner Khas Bali

Disekitar pantai ini dapat Anda temukan beberapa pedagang dari masyarakat sekitar yang menjual makanan atau camilan khas Bali. Wisatawan luar daerah atau luar negri, wajib mencoba makanan dengan dominasi rasa manis tersebut.

Ada makanan lak-lak yang dijual oleh pedagang sekitar Pantai Batu Balong ini. Pada bagian tengah dari kue ini, ditaburkan parutan kelapa yang memberikan rasa gurih pada makanan. Tak lupa parutan gula merah sebagai pelengkap agar rasanya semakin manis.

Satu lagi camilan yang wajib Anda coba, yaitu jeje bantal. Dari namanya sendiri, sudah dapat ditebak jika camilan ini memiliki bentuk seperti bantal. Dengan ketan putih sebagai bahan dasar jeje bantal, mencicipi satu buah saja perut Anda akan terasa kenyang.

Berisi potongan pisang atau kacang merah yang sudah ditumbuk, rasa manis bercampur gurihnya ketan akan berpadu lezat di mulut Anda. Dari semua makanan tersebut harga yang dibandrol cukup murah, jadi jangan sampai terlupakan mencicipi kuliner khas Bali ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Batu Bolong

Penginapan Batu Bolong
Image Credit: Agoda.com

1. Aston Canggu Beach

Penginapan pertama yang berdekatan dengan kawasan wisata pantai adalah Aston Canggu Beach. Karena lokasinya yang strategis, penginapan ini sering dijadikan tempat bermalam bagi wisatawan yang ingin menyusuri Pantai Batu Bolong lebih lama lagi.

Fasilitas restoran dan bar juga disediakan di penginapan ini, bagi Anda yang menyukai hiburan malam, bar tersebut wajib Anda datangi. Tidak hanya itu, beberapa sajian menu yang dihidangkan memiliki kelezatan yang dapat menggugah selera makan Anda.

2. 68 Rooms Canggu

Berjarak kurang lebih 450 meter dari kawasan pantai, Anda hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 2 menit untuk mencapai pantainya. 68 Rooms Canggu ini termasuk penginapan dengan biaya yang murah, dan hal ini tentu saja tidak akan menguras kantong Anda.

Harga yang murah bukan berarti fasilitas yang diberikan kurang maksimal. Di penginapan ini, ada sebuah fasilitas sewa sepeda untuk wisatawan berkeliling sekitar Pantai Batu Bolong. Fasilitas lain yang telah disediakan diantaranya penyediaan air conditioner tiap kamarnya.

3. Frii Bali Echo Beach

Terakhir ada Frii Bali Echo Beach, yaitu penginapan yang mengusung tema modern minimalis pada setiap kamarnya. Penginapan satu ini sangat disarankan bagi Anda yang membawa keluarga saat liburan, karena kamar yang diberikan memiliki ukuran yang cukup luas.

Kolam renang yang berada di depan kamar Anda, serasa seperti kolam renang pribadi. Anda dapat dengan mudah menjangkau fasilitas kolam renang ini, apalagi saat pagi hari.

Sembari menikmati sejuknya udara pagi, Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar. Tak lupa memesan sarapan dengan menu sajian yang beragam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Bolong Bali

Fasilitas Pantai Batu Bolong
Image Credit: Google Maps (Nazeer Khan Kundukooli)

Pantai yang terletak dekat dengan pusat perbelanjaan ini memiliki banyak fasilitas pendukung untuk para wisatawannya. Misal saja seperti rumah makan, Anda dapat dengan mudah menemukannya. Sajian yang ditawarkan pun beragam, mulai dari makanan khas Bali hingga sajian berkelas internasional.

Lalu di kawasan pantainya sendiri, ada beberapa warga yang membuka sewa papan selancar bagi wisatawan yang tidak membawa peralatan surfing tersebut. Dengan harga sewa kisaran Rp 100.000, papan selancar dengan berbagai gambar dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Setelah selesai berselancar, menikmati air kelapa muda bisa menjadi pilih untuk mengembalikan kesegaran tubuh Anda. Banyak pedagang di kawasan Pantai Batu Bolong yang akan menjual kelapa muda tersebut, sembari Anda menikmati air kelapa, Anda juga akan ditemani semilir angin laut.

Jika Anda memiliki jadwal berwisata yang cukup panjang, tidak ada salahnya untuk bermalam di beberapa penginapan yang dekat dengan pantai tersebut. Mulai dari resort mewah, hotel berbintang, hingga villa dengan suasana pedesaan bisa Anda pesan bersama teman atau keluarga.

Selain itu, parkir untuk kendaraan pribadi wisatawan tersedia dengan lahan yang cukup luas. Semua fasilitas ini diberikan oleh pihak pengelola untuk kenyamanan para wisatawan. Dan ke depannya lagi, beberapa fasilitas tambahan akan dibangun dalam waktu dekat ini.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Batu Bolong yang menjadi destinasi baru bagi wisatawan Pulau Bali. Daya tarik dan banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di pantai tersebut, membuat namanya kian dikenal kalangan wisatawan luar daerah hingga wisatawan asing.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending