Pantai Nusa Dua, Pantai Pasir Putih di Kawasan Elit Bali

Pantai Nusa Dua Bali

Daya Tarik, Aktivitas Liburan & Rute Lokasi Pantai Nusa Dua salah satu pantai pasir putih terbersih yang berada dalam kawasan elit di Badung, Bali. Pantai yang menawan dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang cocok untuk kegiatan bermain air dan berenang.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Nusa Dua berlokasi di Bukit Peninsula, Bali. Membentang dari kawasan timur Bukit Sawangan hingga semenanjung Tanjung Benoa. Jika berbicara mengenai pariwisata Nusa Dua, maka pembahasan akan merujuk pada sebuah wilayah yang terkenal dengan sebutan BTDC Nusa Dua. Menawarkan liburan bernuansa mewah dan kepopulerannya menyentuh wisatawan mancanegara.

Aneka fasilitas dan pelayanan memikat bisa Anda temukan di sini, mulai dari lapangan golf, pusat perbelanjaan, teater, rumah sakit, hingga pantai. Nusa Dua terletak di kawasan elit sehingga kondisi pengelolaannya tidak perlu diragukan. Lanskap dari pantai yang satu ke pantai lainnya begitu menawan, megah, dan bersih.

Pantai Nusa Dua terdiri dari sejumlah tempat yang bersifat privat dan umum. Privat artinya pantai tersebut hanya boleh dinikmati oleh tamu hotel, sementara umum berarti terbuka luas untuk seluruh kalangan masyarakat. Tidak ada tiket masuk untuk bilangan pantai umum, siapa saja bisa menjajal keindahannya dari pagi hingga malam tiba.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nusa Dua

Daya Tarik Pantai Nusa Dua
Image Credit: Instagram.com @darria.me

1. Arena Jogging di Tepi Pantai Sambil Menunggu Mentari Terbit

Lanskap Pantai Nusa Dua di pagi buta sungguh memesona. Pengunjung dimungkinkan untuk melakukan jogging terlebih dahulu sembari menunggu datangnya mentari pagi. Ada jalan setapak berupa paving block yang dibangun di atas hamparan pasir. Jalanan tersebut tampak membelah kawasan berpasir sehingga Anda akan tetap merasa nyaman saat berlari.

Seiring bias kuning keemasan yang merebak di langit ufuk timur, terlihat penduduk lokal sedang bersiap-siap menjalankan aktivitas harian, di antaranya beranjak memancing di area pesisir. Saat sang surya perlahan meninggi, pantulan sinarnya menyebar di atas permukaan air laut. Kilaunya yang bergerak mengikuti arah ombak begitu tampak eksotis.

Pengunjung pun mulai memadati pantai seiring waktu yang berlalu. Sebagian mengambil posisi di atas hamparan pasir atau kursi santai untuk berjemur, sebagian sekadar berjalan tak tentu arah sembari menikmati air kelapa muda, sisanya memang datang dengan tujuan memancing. Karena itu, semakin pagi Anda datang, maka semakin besar pula peluang merasakan suasana tenteram di pantai ini.

2. Spot Pulau Peninsula atau Pulau Nusa Gede

Ada spot yang disebut Pulau Peninsula atau Pulau Nusa Gede, di mana letaknya masih di sekitar Pantai Nusa Dua. Berkat adanya pengembangan pariwisata, pulau yang semula terpisah dengan daratan Bali ini berakhir disatukan oleh hamparan pasir. Membentang di atas lahan seluas 7,4 hektare, semua pengunjung bisa masuk tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Tanaman merambat di atas tanah dengan penataan sedemikian apik. Suasana hijau tampak amat segar dipandang mata. Pepohonan tersebar hampir di seluruh kawasan sehingga menghadirkan kesan sejuk. Tanah di Pulau Peninsula tidak dibiarkan membentang begitu saja, melainkan dibentuk bagai terasering. Anda bisa duduk berjam-jam di sini dan menikmati semilir angin.

Pada momen tertentu, Pulau Peninsula sering kali dialihfungsikan sebagai area pengadaan festival. Salah satu event menarik yang patut Anda kunjungi adalah Light Festival. Pulau ini akan didesain dengan aneka ornamen berkilauan yang berasal dari lampu hias berwarna-warni.

Mengingat Light Festival diadakan pada malam hari, tingkat estetis pulau ini semakin bertambah tinggi berkat perpaduan suasana gelap dan aneka lampu hias. Cahaya yang terpancar dalam berbagai warna dan bentuk memenuhi hampir seluruh area. Hanya saja, Anda harus memesan tiket lebih dahulu secara luring maupun daring jika tertarik mengikuti festival.

Daya Tarik Nusa Dua
Image Credit: Google Maps (Vaibhav Srivastava)

3. Lanskap Menawan dan Garis Pantai yang Panjang

Perpaduan air laut berwarna biru berpadu dan butiran pasir putih sedikit kecokelatan menciptakan kesan artistik. Menawarkan garis pantai yang panjang diikuti hamparan pasir yang terbilang luas. Ketika memperhatikan gradasi air secara saksama, Anda akan menyadari adanya campuran saturasi biru muda di bagian tepi pantai dan semakin pekat saat ke tengah lautan.

Pepohonan lebat tumbuh subur di sekitarnya sehingga memungkinkan pengunjung untuk berteduh dari sengatan terik sang surya. Selain itu, intensitas ombaknya relatif tenang, sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas di air seperti berenang atau sekadar berendam. Namun demikian, banyak bertebaran ganggang hijau di perairannya.

Pandangan pengunjung menjadi terkesan lapang dan bebas karena minimnya batu karang atau perbukitan di sekitar sini. Sejauh mata memandang, yang tertangkap oleh indra justru jajaran resort mewah nan berkelas. Deretan kursi santai menyebar rapi di atas hamparan pasir dari sisi kanan ke sisi kiri. Sejumlah speed boat dan perahu siap melengkapi petualangan Anda.

4. Terkenal hingga ke Mancanegara dan Termasuk Pantai Terbaik di Asia

Di mana lagi Anda bisa menyambangi salah satu pantai terbaik di Asia secara cuma-cuma? Keindahan destinasi satu ini memang tidak hanya mengandalkan panorama alam semata, melainkan dilengkapi oleh pengelolaan yang menyeluruh. Itulah mengapa Anda akan kesulitan menemukan sampah berserakan selagi asyik bertamasya.

Mengikuti lokasinya yang berada di kawasan elit, tak pelak menjadikannya begitu tertata apik. Pantai Nusa Dua bahkan menyabet posisi 20 besar sebagai pantai terbaik dalam ajang Traveler’s Choice yang diselenggarakan oleh TripAdvisor. Ajang tersebut melibatkan 322 pantai dari Karibia, Eropa, Afrika, dan Asia.

Menyongsong kesuksesan tersebut, destinasi ini sering dijadikan sebagai arena acara berskala internasional. Salah satu contohnya adalah konvensi International Monetary Fund pada tahun 2018 yang digelar oleh World Bank. Tidak hanya itu, selebriti dan tokoh penting dunia juga kerap menjadikan Nusa Dua sebagai alternatif persinggahan ketika menyambangi Pulau Dewata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Nusa Dua

Alamat Pantai Nusa Dua
Image Credit: Google Maps (Muhamad Jabir Sjah)

Pantai Nusa Dua berada di BTDC Area, Jalan Nusa Dua, paling mudah diakses menggunakan jalur udara jika Anda datang dari luar Pulau Bali. Berangkat dari Bandar Udara Ngurah Rai, setidaknya butuh waktu kurang lebih 20 menit untuk melewati perjalanan sejauh 14 km ke arah Benoa, Kecamatan Kuta Selatan.

Arahkan kendaraan menuju Jalan Tol Mandala begitu Anda keluar dari Bandar Udara Ngurah Rai. Sejauh 10 km, teruskan hingga melewati Jalan By Pass menuju destinasi tujuan. Ikuti arus lalu lintas sepanjang 4 km dan Anda akan segera memasuki kawasan pantai.

Alternatif kendaraan yang bisa dimanfaatkan meliputi transportasi umum berupa taksi online. Harga sewa taksi dari bandara berkisar Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Tidak sulit menemukan destinasi ini terletak di tengah kota. Kalaupun Anda menggunakan kendaraan pribadi dan mengalami hambatan menemukan arah, masih ada Google Maps sebagai solusi.

Wisatawan tidak akan dikenai tiket masuk dan hanya perlu membayar sewa parkir jika membawa kendaraan pribadi. Untuk mobil dipatok senilai Rp10.000, sedangkan motor Rp5.000. Inilah poin paling unggul di Nusa Dua.

Siapa saja bebas menikmati keindahannya tanpa perlu pusing soal retribusi. Padahal, fasilitas di sini tak kalah memadai. Karena itu, rugi rasanya jika Anda datang ke Pulau Dewata, tetapi melewatkan destinasi penuh pesona satu ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nusa Dua

Aktivitas Pantai Nusa Dua
Image Credit: Instagram.com @liyad22

1. Piknik

Beroperasi selama 24 jam, Anda bisa mengajak kawan sepermainan atau keluarga piknik di sini. Deretan pepohonan rindang siap mengamankan pengunjung dari sengatan terik matahari. Siapkan perbekalan sebelum meninggalkan rumah demi menghemat biaya pengeluaran.

Apabila Anda enggan menggelar tikar di atas timbunan pasir, ada Pulau Peninsula yang bisa jadi alternatif penggantinya. Situasi di spot ini lebih sejuk dibandingkan area pantainya. Di mana saja pilihan Anda, semua spot memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan kesepakatan bersama.

2. Berjemur

Tak ada salahnya mencoba berjemur walau Anda tinggal di negara tropis. Hitung-hitung memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh pihak pengelola. Ada seperangkat kursi lengkap dengan payung pelindungnya. Kursi-kursi tersebut di tata secara berjajar di atas hamparan pasir putih cenderung kecokelatan, serta menghadap ke lautan.

Perpaduan birunya samudera dan embusan angin yang menerbangkan percik air garam merupakan situasi terbaik untuk merelaksasi diri. Meski kawasan Pantai Nusa Dua terbilang sangat padat pengunjung, tetapi kondisi lingkungannya benar-benar bersih dan terjaga sehingga kecil kemungkinan bisa membuat Anda risih.

Aktivitas di Pantai Nusa Dua
Image Credit: Instagram.com @lucia_siswati

3. Mengajak Si Kecil Bermain

Sebagai orang tua, Anda tentu memiliki kekhawatiran tersendiri ketika mengajak anak-anak ke objek wisata bahari. Manifestasi kekhawatiran tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari ombak yang kencang, serpihan kerang tersebar di kawasan pesisir, hingga bebatuan keras nan tajam. Untungnya, ada pantai yang ramah anak kecil di bilangan Nusa Dua, yakni Pantai Sumuh.

Pantai Sumuh memiliki intensitas ombak relatif tenang sehingga aman untuk dipakai bermain oleh anak-anak sekalipun. Di samping itu, hamparan pasirnya lembut dan memungkinkan siapa saja berlarian kesana-kemari tanpa menggunakan alas kaki. Tak perlu risau anak akan terluka atau tergulung ombak asalkan Anda tetap melakukan pengawasan. Biarkan anak bereksplorasi sesuka hati.

Selain ramah bagi anak kecil, Pantai Sumuh juga menawarkan panorama senja yang luar biasa. Posisinya yang berada di sisi timur Bali, membuatnya menjadi spot terbaik untuk menyaksikan detik-detik sang surya tenggelam di ufuk barat, di balik luasnya samudra. Ini tentu akan menjadi pengalaman menakjubkan bagi para penikmat senja.

Terdapat pula arena berlumpur, di mana banyak binatang laut beragam bentuk terjebak di dalamnya. Terlihat begitu lucu dan menggemaskan untuk diajak bermain, khususnya bagi kelompok usia anak kecil. Anda jadi tidak perlu was-was kalau si kecil akan rewel.

Penginapan Murah di Sekitar Nusa Dua

Penginapan Nusa Dua
Image Credit: Google Maps (Simon Drury)

1. Melia Bali

Tarif per kamar dibanderol mulai dari Rp 800.000-an dengan fasilitas berupa AC, restoran, layanan resepsionis 24 jam, lift, parkiran, kolam renang, serta akses WiFi.

2. The Westin Resort

Menawarkan fasilitas berupa akses WiFi, lift, resepsionis 24 jam, kolam renang, parkiran, AC, dan restoran. Tarif per kamar sekitar Rp 1.100.000-an.

3. Grand Whiz Hotel

Harga per kamar ditaksir mulai dari Rp 540.000-an. Fasilitas yang disediakan meliputi restoran, AC, resepsionis 24 jam, parkir, kolam renang, serta WiFi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nusa Dua Bali

Fasilitas Pantai Nusa Dua
Image Credit: Google Maps (Igor Narbekov)

Memasuki kawasan ITDC Nusa Dua, semua pengunjung wajib melewati gerbang yang memiliki pemeriksaan security. Fasilitas di Pantai Nusa Dua mencakup area parkir luas, toilet, sewa perahu atau speed boat, taman yang indah, tempat sampah, penjagai pantai dan masih banyak lagi. Mengingat pamor yang mencapai kancah internasional, barang tentu fasilitasnya sangat memadai.

Itulah segalah hal menarik dari Pantai Nusa Dua di Bali meliputih keindahan dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Salah satu destinasi kebanggaan milik Pulau Dewata.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending