Pantai Balangan Bali – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Balangan Bali

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Balangan salah satu objek wisata favorit di Jimbaran Badung, Bali yang layak Anda jelajahi. Pantai pasir putih yang menawan, pemandangan bukit, panorama sunset dan tujuan populer peselancar.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Balangan, Ungasan, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Pantai Balangan dahulu sering dikatakan sebagai destinasi tersembunyi di Bali bagian selatan. Tidak seperti Pantai Kuta yang sudah terkenal dan ramai dikunjungi, perjalanan menuju ke sini justru cenderung sunyi dan lengang. Kontur jalanan pun cukup sempit, karena itu Anda perlu berhati-hati jika kebetulan berpapasan dengan kendaraan lain.

Deretan rumah penduduk atau kawasan vila akan menemani perjalanan pengunjung. Lebih dari sekadar wisata bahari, Pantai Balangan mampu hadirkan ketenangan bagi para wisatawan. Suasana yang relatif sepi memberikan kebebasan untuk proses eksplorasi. Di bagian pesisir jajaran tenda dan bangku telah menunggu.

Aktivitas relaksasi seperti berjemur, mendengarkan musik, meditasi, dan sebangsanya sangat direkomendasikan ketika Anda menyambangi tempat ini. Perlu diketahui, ketika siang menjelang, wisatawan yang hobi berselancar mulai bermunculan. Anda bisa menemukan banyak spot foto menarik, termasuk di antaranya tebing kokoh nan curam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Balangan

Daya Tarik Pantai Balangan
Image Credit: Instagram.com @jessicahayha

1. Karakteristik Ombak yang Cocok untuk Surfing

Termasuk salah satu tempat terbaik untuk surfing, pada bulan-bulan tertentu bahkan tidak jarang didatangi para peselancar kelas dunia. Memiliki karakteristik arus yang kuat, gelombang panjang dan besar, hingga ombak tinggi. Tidak heran, dipilah menjadi bagian dari lokasi penyelenggaraan kompetisi surfing skala internasional.

Bagi Anda yang menggilai aktivitas berselancar, menyambangi Pantai Balangan adalah pilihan cerdas. Anda bisa seharian menantang ombak dengan berdiri di atas papan selancar. Namun bagi Anda yang seorang pemula atau baru belajar surfing, disarankan untuk tidak menguji adrenalin di kawasan ini. Masih banyak aktivitas lain yang tak kalah seru untuk dijajal.

2. Hamparan Pasir Putih Memesona

Memiliki garis pantai kurang lebih 500 meter, sejauh mata memandang Anda akan disuguhi butiran pasir halus, bersih, dan putih. Panorama yang terkesan kontras dengan kawasan sekitarnya, di mana batu karang menjulang tinggi turut mengapit. Perpaduan pepohonan, birunya samudera, pasir putih, serta batu karang berhasil membentuk eksotisme tak ternilai.

Belum lagi, suasananya yang terbilang sepi, jauh dari keramaian kota, sungguh bisa membuat Anda merasa enggan pulang. Tidak heran, para wisatawan mancanegara begitu asyik berjemur dan menikmati pancaran sinar sang surya.

3. Spot Terbaik Menyaksikan Matahari Terbenam

Anda bisa menyaksikan kawasan Bandar Udara Ngurah Rai di kejauhan dari bibir pantai. Tampak kumpulan pesawat lepas landas hilir mudik menanjak ke udara. Samudera biru membentang seluas mata memandang. Ketika bias-bias jingga matahari sore memantul di ats permukaan air, panoramanya sungguh luar biasa.

Dari atas tebing batu karang, Anda bisa bersantai sambil menikmati angin sepoi. Rasakan detik-detik ketika diri seakan menyatu dengan alam. Ajaklah orang-orang terdekat agar pengalaman Anda semakin lengkap. Di hari yang sama, apabila Anda datang lebih pagi, maka perahu para nelayan selepas berlayar menjadi pemandangan lumrah.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Balangan

Alamat Pantai Balangan
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Berlokasi di Jalan Pantai Balangan, Desa Ungasan, butuh waktu setidaknya 55 menit untuk tiba ke sini jika berpatok dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Bagi Anda yang berasal dari luar Pulau Bali, tersedia alternatif kendaraan roda dua atau empat yang bisa diberdayakan begitu menginjakkan kaki di Pulau Dewata ini.

Anda bisa menyewa taksi, motor, atau rental mobil beserta sopirnya. Tarif penyewaan per 24 jam berkisar pada harga Rp 75.000 sampai Rp 100.000 untuk motor. Sementara itu, mobil dipatok mulai dari Rp 225.000 sampai Rp 250.000 tanpa sopir. Apabila Anda ingin sekaligus menyewa sopir, maka harganya berubah jadi Rp 500.000 dalam rentang waktu 10 jam.

Walau sedikit lebih mahal, namun disarankan untuk menyewa mobil dan sekaligus sopirnya bagi Anda yang baru pertama kali menyambangi Pantai Balangan di Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Ini karena lokasinya sedikit sulit dicari.

Memang bisa memanfaatkan panduan Google Maps, namun itu akan cenderung memakan waktu lama. Demi petualangan yang efektif dan efisien, tidak ada salahnya mengeluarkan biaya lebih. Pada saat bersamaan, Anda juga dapat menghemat tenaga.

Beroperasi setiap hari selama 24 jam penuh, Anda dapat menikmati pesona destinasi bahari satu ini kapan saja. Anda hanya perlu membayar sewa parkir Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan roda empat senilai Rp 5.000. Selanjutnya, Anda bebas bermain hingga puas di objek wisata ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Balangan

Aktivitas di Pantai Balangan
Image Credit: Google Maps (Damai Susanto)

1. Belajar Yoga

Pantai Balangan perlahan memikat para wisatawan, khususnya pecinta yoga. Ini karena lokasinya jauh dari kepadatan kota sehingga layak untuk dipakai merelaksasi tubuh dan pikiran. Instruktur yoga profesional tersebar di sekitaran pantai. Mulai dari pemula hingga yang sudah terbiasa, para instruktur tetap akan sabar menuntun.

2. Berburu Kuliner Khas Pantai

Aneka makanan laut seperti udang dan ikan bakar tampak begitu menggoda. Mudah saja untuk menemukannya dengan harga relatif terjangkau. Selama bertamasya di sini, es kelapa muda merupakan teman yang tepat untuk melawan teriknya sang surya.

Penduduk loka memanfaatkan daerah pantai untuk memajukan perekonomian. Tidak heran, Anda akan disajikan beragam olahan penggugah selera, baik itu daging maupun menu lokal Bali yang lain.

3. Menentukan Vanue Foto Pre-Wedding

Tak hanya aktivitas air seperti surving, berenang, atau sekadar berendam saja, Anda bahkan bisa melakukan foto pre-wedding selagi di sini. Pantai Balangan ini kerap dijadikan spot romantis bagi pasangan muda yang hendak melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. Di tepi pantai, di perbukitan nan hijau, di atas batu karang, di antara butiran pasir putih, dan lain sebagainya. Tinggal menyesuaikan keinginan.

Umumnya, pasangan lain memilih panorama sunset di bibir pantai sebagai spot favorit. Sinar kemerahan yang menyebar di atas permukaan air menciptakan suasana hangat nan romantis. Latar pepohonan kelapa juga tak lepas dari atensi. Namun demikian, jika Anda menyukai sesuatu yang berbeda, masih ada inspirasi lain, di dalam air, misal.

Aktivitas Pantai Balangan
Image Credit: Twitter.com @frenly74

4. Piknik atau Berkemah

Jadwal operasional yang berlangsung selama 24 jam merupakan keuntungan tersendiri bagi wisatawan yang suka bermalam di alam bebas. Saat malam menjelang, Anda bisa mendirikan tenda di atas hamparan pasir atau perbukitan yang bagian puncaknya cukup landai. Bersama kawan sepermainan, banyak aktivitas asyik untuk seru-seruan yang patut dijalani.

Siapkan perlengkapan logistik dan bekal memadai sedari titik keberangkatan jika Anda ingin menghemat biaya. Benda-benda seperti korek api, jaket, dan sebagainya jangan lupa dibawa. Sambil menyanyi dan bersenda gurau, rasakan ketika gemuruh ombak terdengar menghantam tepian pantai dan batu karang. Mengingat suasananya masih sepi, tampaknya melihat bintang juga bisa dilakukan.

Jika tidak ingin bermalam namun senang berlama-lama, Anda bisa beralih kepada piknik saja. Ajaklah keluarga atau pasangan untuk merealisasikan keinginan tersebut. Siapkan tikar dari rumah untuk lebih hematnya. Namun, jika Anda tak keberatan mengeluarkan biaya lebih, di Pantai Balangan sudah tersedia fasilitas-fasilitas sejenis itu.

Usahakan menggelar alas duduk di dekat pohon, hindari terlalu ke area pesisir. Siapkan topi, sunblock, baju ganti, dan sandal jepit. Topi dan sunblock akan menyelamatkan Anda dari sengatan teriknya sang surya, sementara sandal dan baju ganti sebagai bentuk antisipasi kalau-kalau Anda atau pasangan ingin bermain air. Tak lupa, bawalah kotak P3K untuk menyikapi hal-hal yang tak terduga.

5. Hunting Foto Instagramable

Pertama, usahakan smartphone Anda sudah dilapisi oleh case waterproof. Ini akan memudahkan proses eksplorasi. Anda tidak perlu merasa was-was mengenai keamanan perangkat elektronik selama di sini. Mengingat situasi terburuk mungkin bisa saja tercebur ke laut, smartphone Anda akan tetap aman.

Setelah perlengkapan fotografi siap digunakan, waktunya berkeliling ke sana-kemari. Datangi spotspot yang mungkin belum terjamah oleh wisatawan lain. Alangkah lebih baik Anda datang sepagi mungkin ketika situasi benar-benar sunyi. Ini akan membuat Anda nyaman dan santai selama mengabadikan momen. Namun demikian, tetaplah berhati-hati terutama ketika berniat memanjat batu karang.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Balangan

Penginapan Pantai Balangan
Image Credit: Traveloka.com

1. Cliff Front Villa Nakar

Menawarkan penginapan bersih, nyaman, dan masih baru dengan nuansa khas modern. Dilengkapi fasilitas penunjang seperti kolam renang, area parkir luas, akses WiFi gratis, serta AC lancar. Terletak di Jalan Pantai Balangan 10, Ciff Front Villa Nakar hanya terpaut kurang lebih 195 meter dari lokasi pantai dan bisa ditempuh 3 sampai 5 menit saja. Tarif per malam mulai dari Rp 2 jutaan.

2. White Palm Hotel Bali

Fasilitas yang ditawarkan berupa restoran, akses WiFi, kolam renang, spa, dan sebagainya. Tamu bisa membawa hewan peliharaan selagi di sini. Telah disiapkan sarapan dan baru untuk menjamin kenyamanan Anda. Masih mengusung konsep modern, tarif per malam di White Palm Hotel Bali dipatok kisaran Rp 600.000-an. Hanya selisih 345 meter dari pantai tujuan.

3. Balangan Paradise Hotel & Restaurant

Suasananya bagus, nyaman, serta tertata rapi. Anda bisa langsung melihat keindahan pantai dari balik jendela kamar. Terpaut sekitar 390 meter, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berhemat dalam aspek biaya transportasi. Fasilitas Balangan Hotel & Restaurant meliputi Parkiran, AC, akses WiFi, resepsionis stand by 24 jam.

Direkomendasikan terutama bagi Anda yang butuh penginapan murah dengan fasilitas memadai. Pasalnya, tarif per malam di sini berkisar mulai Rp 100.000-an. Cocok untuk sekadar melepas penat usai memanjakan diri di pantai.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Balangan Bali

Fasilitas Pantai Balangan
Image Credit: Google Maps (Yves Frombelgium)

Telah disediakan sejumlah fasilitas di Pantai Balangan dalam rangka mendukung kenyamanan pengunjung. Jajaran kursi panjang tersebar di sekitar kawasan pantai. Kursi yang kerap dipakai untuk berjemur dan bersantai ini dihargai sekitar Rp 50.000 per harinya. Tidak hanya kursi, namun dilengkapi pula dengan payung pelindung.

Di lain pihak, masih ada lagi yang namanya payung tenda. Patokan harga sama saja, yaitu Rp50.000-an untuk pemakaian sepanjang hari. Bisa dibilang, tarif yang cukup bersahabat mengingat lamanya penggunaan.

Pihak pengelola bekerja sama dengan warga lokal turut menyediakan sejumlah kafe. Jenis penawaran menunya cukup variatif, mulai dari masakan bercita rasa lokal, nusantara, hingga western. Ditemani es kelapa muda, Anda bisa puas memanjakan lidah selagi di sini.

Walau namanya belum begitu dikenal layaknya wisata serupa, namun Pantai Balangan mampu hadirkan panorama tak terlupakan. Menawarkan aktivitas eksplorasi sesuka hati, agaknya para penggemar wisata bahari harus mampir ke sini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending