Pantai Pulau Kodok Tegal – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Pulau Kodok Tegal - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Pulau Kodok salah satu wisata pantai unggulan di Tegal yang terkenal dengan terapi kesehatannya. Pantai yang sejuk dengan pemandangan laut biru yang menarik untuk Anda jelajahi.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07:00-18:00, Alamat: Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kota ini dikenal dengan nama kota bahari yang memiliki banyak lokasi wisata. Kota Tegal memiliki tempat wisata berupa pantai yang mendominasi. Ada beberapa pantai andalan di kota Tegal ini yaitu Pantai Alam Indah dan Pantai Purwahamba Indah. Selain itu, di Tegal juga terdapat satu pantai yang mulai dikunjungi. Pantai ini selalu ramai di akhir minggu.

Pantai Pulau Kodok, panti ini masih alami keberadaanya. Lokasinya berada cukup jauh dari pusat kota, sehingga membuat tempat ini tidak bising oleh ramainya kendaraan yang lalu lalang.

Menurut penjaga pantai di Pantai Kodok ini, pada hari libur atau weekend, pantai ini dikunjungi lebih dari 1.000 pengunjung. Pengunjung ini adalah jumlah sebelum adanya corona virus 19. Semenjak adanya pembatasan pengunjung, sekarang pantai ini hanya dikunjungi sebanyak 450 orang setiap weekend.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pulau Kodok

Daya Tarik Pantai Pulau Kodok
Image Credit: Instagram.com @fatirakbar_

1. Penangkaran Tambak Udang

Pantai Kodok Tegal ini dikenal memiliki hasil laut yang banyak dan melimpah. Salah satu hasil tangkapn nelayan di pantai ini adalah udang jenis vannamei. Udang ini dibudidayakan oleh masyarakat di sekitar pantai ini.

Masyarakat membuat sebuah penangkaran udang di dekat pantai ini. Penangkaran dan pembudidayaan udang ini dilakukan oleh KUBE atau Kelompok usaha Bersama di Pantai Kodok kota Tegal. Hasil penjualan udang vannamei oleh nelayan ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Penangkaran udang ini banyak diminati oleh pengunjung yang datang ke Pantai Kodok. Adanya penangkaran dan budidaya udang ini menjadi daya tarik utama di pantai ini. Selain itu udang vannamei ini adalah jenis udang khas kota Tegal.

BACA:  Pulau Cemara Kecil Karimunjawa - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

2. Air di Pantai Kodok Menjadi Penyembuh Penyakit

Dahulu, menurut cerita dari beberapa penjaga pantai, di Pantai Kodok ini pernah terdapat seorang yang menderita penyakit stroke. Orang tersebut merutinkan mandi dan berendam di pantai ini setiap pagi dan sore hari.

Kemudian setelah beberapa kali berendam di Pantai Kodok ini, orang tersebut pun sehat dan tidak menderita sakit lagi. Mendengar cerita tersebut, masyarakat sekitar pun mulai ramai berdatangan.

Daya Tarik Pantai Pulau Kodok Tegal
Image Credit: Instagram.com @agussussanto

Cerita tersebut menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berendam. Masyarakat mulai melakukan rutinitas berendam di pantai ini, berharap penyakit-penyakitnya dapat sembuh atau mereda.

3. Pantai Indah dan Sejuk

Pantai Kodok ini menjadi salah satu tempat favorit untuk liburan bersama keluarga. pantai dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Terdapat tempat duduk dan tempat istirahat di pinggiran pantai ini. Lokasi ini sangat bagus dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri.

Jika ingin datang saat pengunjung sedikit, Anda bisa datang pada hari kerja seperti weekdays. Saat jam kerja, pantai ini hanya didatangi beberapa orang saja. Anda bisa bebas melakukan banyak hal saat pantai sepi.

Keindahan dan kesunyian pantai ini membuat banyak pengunjung berduyun-duyun datang. Pengunjung yang datang umumnya membawa keluarga. Bermain air dan bersantai bersama.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Pulau Kodok

Alamat Pantai Pulau Kodok Tegal
Image Credit: Instagram.com @mr_zhally21

Pantai yang menjadi primadona di kota Tegal ini berlokasi di kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur. Jika ingin berkunjung ke pantai ini, Anda bisa memesan ojek atau mobil dari bandara. Setelah itu Anda bisa meminta drivernya untuk mengantar Anda ke pantai indah ini.

Keindahan dan kesejukan di Pantai Kodok ini hanya memberikan tarif masuk untuk membayar parkir saja. Pantai yang dijadikan destinasi agrowisata ini tidak perlu membayar tiket masuk.

Untuk parkit motor hanya membayar Rp 2000 saja, sedangkan untuk mobil membayar Rp 5000. Namun pantai ini hanya buka sampai dengan jam enam sore saja. Tidak melayani orang-orang yang berdatangan di luar jam datang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pulau Kodok

Aktivitas di Pantai Pulau Kodok
Image Credit: Instagram.com @agussussanto

1. Memancing

Memancing menjadi kegiatan utama beberapa pengunjung datang ke Pantai Pulau Kodok. Pantai ini dikenal dengan kekayaan jenis ikannya yang banyak. Sehingga bayak para bapak-bapak yang hobi memancing datang khusus untuk mencari ikan di pantai ini.

BACA:  Pulau Panjang Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pantai ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk berlibur, namun pecinta kegiatan memancing ini juga turut meramaikan pantai ini setiap harinya.

Di pinggir pantai terdapat bebatuan yang dijadikan tempat untuk memancing oleh para pemancing yang datang. Setiap para pemancing biasanya akan mendapatkan ikan kakap dan ikan jenis lainnya di pantai ini.

2. Mandi dan Bermain Air

Di Pantai Kodok ini Anda bisa bermain air bersama teman dan anak-anak dengan aman. Airnya cukup jernih, selain itu di pantai ini juga bersih. Di pantai ini disediakan tempat sampah di beberapa sudut.

Sehingga pantai ini menjadi tempat yang nyaman untuk mandi dan bermain air bersama-sama. Selain mandi, di pinggir pantai berpasir lembut ini juga dijadikan tempat bermain bola oleh anak-anak.

3. Mengunjungi Hutan Mangrove

Di dekat pantai ini terdapat hutan mangrove. Selain menambah sejuk Pantai Kodok ini, adanya hutan mangrove ini juga banyak dijadikan spot foto yang keren dan bagus oleh para pengunjung.

Hutan mangrove ini sering dijadikan tempat berkeliling jika bosan di pantai. Umumnya hutan ini di jadikan tempat penelitian bagi beberapa mahasiswa yang datang.

4. Mengunjungi Penangkaran Tambak Udang

Tempat penangkaran dan budidaya udang di Pantai Pulau Kodok ini sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah. Wisata pantai Kodok ini tidak hanya memiliki keindahan yang mengagumkan, namun tempat budidaya udang vannamei ini juga dijadikan wisata edukasi oleh beberapa sekolah dan universitas.

Menurut hasil laporan dari data buku kunjungan, pengunjung wisata edukasi di tempat ini yaitu dari sekolah perikanan, dan juga dari UNPAD Bandung.

Pengunjung yang datang ke Pantai Kodok untuk liburan juga bisa membawa anak-anak untuk jalan-jalan dan melakukan beberapa aktivitas di tempat ini. Anda bisa berlibur dan mendapatkan ilmu di tempat ini. Membawa anak-anak untuk belajar dan bermain adalah kegiatan yang seru.

5. Camping

Di dekat pantai ini ada area yang dikhususkan untuk pengunjung yang ingin bermalam di pantai. Bermalam di pantai menjadi salah satu kegiatan menarik dan seru bersama teman-teman.

Bagi Anda yang datang dari tempat yang jauh, bisa mendirikan tenda di dekat pantai ini. Menikmati keindahan Pantai Kodok saat malam adalah hal yang seru. Semilir angin pantai ditambah kerlip bintang menambah suasana semakin syahdu.

Anda bisa membuat api unggun dan bernyanyi bersama di dekat tenda. Selain itu Anda juga bisa membeli beberapa ikan atau udang vannamei hasil tangkapan para nelayan dan membakarnya bersama teman. Kegiatan ini akan menambah erat persahabatan Anda.

BACA:  Pantai Kartini Jepara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Pulau Kodok

Penginapan Pantai Pulau Kodok
Image Credit: Booking.com

1. Karlita Hotel Tegal

Hotel ini memiliki lokasi yang bersih dan aman, hotel ini juga telah mendapatkan sertifikat dari pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Anda bisa bermalam di hotel ini hanya dengan Rp 424.149. Hotel ini memberikan beberapa fasilitas berupa tempat parkir, ruang tempat rapat, ada lift, ada wifi, kolam renang. Ada kesehatan dari Indonesia CARE, ada restoran dan terakhir ada pelayanan dari resepsionis yang siap selama 24 jam untuk Anda.

2. Mr. J Suites Hotel

Hotel ini menyediakan ruangan khusus untuk orang-orang yang ingin merokok. Selain itu ada ruangan untuk rapat. Anda bisa bermalam di hotel ini hanya dengan Rp. 253.299 dengan fasilitas kamar yang lengkap.

Anda bisa parkir gratis di hotel ini, jika Anda tidak membawa mobil di hotel ini menyediakan penyewaan mobil. Jadi Anda tidak perlu berlama-lama untuk menunggu mobil atau taksi dari luar hotel. Uniknya di hotel ini memberikan layanan antar, jemput bagi tamu. Namun ada beberapa s&k yang berlaku.

3. PrimeBiz Hotel

Hotel bintang tiga PrimeBiz Hotel Tegal ini memiliki beberapa layanan menarik. Layanan yang ditawarkan sama-sama menarik dengan hotel lainnya. namun uniknya di hotel ini menyediakan layanan spa bagi tamu yang menginginkan.

Dengan harga Rp 610.590 untuk satu malam, Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas hotel. Kelengkapan dan kenyamanan yang di sediakan hotel untuk tamu. Fasilitas umum dan fasilitas pribadi di kamar cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia Pantai Pulau Kodok Tegal

Fasilitas Pantai Pulau Kodok Tegal
Image Credit: Instagram.com @dheawidyasariputri

Meskipun terkenal dengan pantai yang masih baru, Pantai Pulau Kodok ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk Anda. Fasilitasnya berupa tempat parkir dengan bayaran yang murah. Ada toilet gratis, tempat bilas dan beberapa tempat makan. Ada tempat duduk di bawah pohon yang dapat membuat nyaman pengunjung.

Selain itu, di sekitar pantai ini terdapat area camping yang bagus. Di Pantai kodok juga tersedia beberapa hammock di pinggir pantai. Ada warung yang menyediakan berbagai jenis makanan beserta minuman di pinggir pantai. Selain lengkap, warung di pantai ini memberikan harga yang murah.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending