Pantai Jayanti, Cianjur

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti di Cianjur merupakan wisata bahari yang menyajikan pesona alam yang mengagumkan. Ombak yang besar dan hamparan pasir hitam kecoklatan membuat pantai ini tampak eksotis. Apalagi jika ditambah dengan pemandangan sunset di waktu senja.

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.
Map: Cek Lokasi

Waktu liburan memang paling menyenangkan jika dihabiskan dengan mengunjungi tempat wisata. Wisata pantai bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan penat. Salah satu pantai yang memiliki pemandangan laut yang mempesona yaitu Pantai Jayanti Cianjur. Meluangkan waktu untuk mengunjungi pantai satu ini, tentu tidak akan mengecewakan. Ada banyak keseruan yang bisa diperoleh saat liburan ke pantai indah ini. Berikut ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jayanti

Daya Tarik Pantai Jayanti
Image Credit: Facebook.com @Wisatajayanticdn

Pesona pantai satu ini seakan tidak akan ada habisnya. Bahkan Pantai Jayanti bisa dikatakan sebagai pantai terindah yang ada di Cianjur. Sebagaimana pantai yang lain, pantai satu ini juga memiliki kekhasan tersendiri. Singgah di pantai satu ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan ombak besar, baru batu karang yang besar dan kokoh serta keindahan sunset saat senja. Pesona pantai di sini memang benar benar memanjakan mata.

Hamparan pasir yang membentang hingga bibir pantai turut menambah daya tarik panti satu ini. Berbeda dengan pasir pantai yang umumnya berwarna putih, pasir di pantai ini berwarna hitam kecoklatan. Selain itu, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang cukup besar. Di sekitar pantai, pengunjung akan menemukan bentuk palung berada di sekitar perahu yang dijangkarkan. Palung ini sering disebut dengan “lawang” yang berarti pintu.

Daya Tarik Pantai Jayanti Cianjur
Image Credit: Twitter.com @idcikadu

Tak hanya keindahan alam yang mengagumkan, deretan perahu yang berjajar di sekitar pantai juga menjadi pemandangan unik yang bisa ditemukan saat mengunjungi pantai satu ini. Menariknya lagi, perahu kayu di sini sudah digantikan dengan perahu fiber. Pantai ini memang juga difungsikan sebagai pelabuhan tradisional. Namun, hal ini tidak mengurangi sedikitpun pesonanya. Justru dengan adanya pelabuhan tersebut, suasana di pantai ini terasa lebih berbeda.

Pantai ini membentang mulai dari Cipakis bagian barat hingga Cisela bagian timur. Bagian barat tampak landai dan hanya ada beberapa area yang terdapat palung dalam. Namun, mengingat ombak yang cukup besar maka pengunjung sebaiknya tidak berenang saat berada di pantai satu ini. Selain besar, ombak yang ada di pantai ini juga cukup deras. Namun, menikmati alam di sini tentu sangat memuaskan. Apalagi jika liburan dilakukan bersama keluarga maupun sahabat.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Jayanti

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Jayanti
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai ini terletak di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jika berangkat dari Sukabumi atau Bogor, perjalanan menuju pantai ini tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar dua atau tiga jam. Mengunjungi pantai ini bisa dengan mengendarai motor atau mobil pribadi melalui Ciwidey, menuju Naringgul, kemudian ke Cidaun. Selanjutnya, sesampai di pantai ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan bahari yang tampak eksotis.

Jika berangkat dari Jakarta, rute dapat ditempuh dengan melewati perjalanan menuju Cianjur, kemudian ke Cibeber, Sukanagara, Tanggeung, Sindangbarang dan terakhir ke Cidaun. Namun, rute ini bisa ditempuh jika menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, sebaiknya Anda menuju ke terminal Pasir Hayam lalu dilanjutkan ke Terminal Cidaun. Lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berganti transportasi menuju pantai.

Sebenarnya ada banyak rute yang bisa ditempuh menuju ke pantai satu ini. Anda bisa memilih rute yang lebih sesuai dengan alamat rumah tinggal untuk mendapatkan jarak terdekat. Selain itu, rute yang mudah juga menjadi salah satu kunci keamanan dan kenyamanan saat perjalanan. Jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh, Anda perlu memastikan agar kendaraan dalam kondisi yang baik, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan di tengah perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti, Cianjur

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti, Cianjur
Image Credit: Kompasiana.com

Berkunjung ke pantai satu ini, membutuhkan biaya yang berbeda beda setiap pengunjung. Jika berangkat dari luar kota, mungkin Anda perlu menambah biaya perjalanan. Akan lebih murah lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi tentunya. Untuk tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga yang terjangkau. Cukup mengeluarkan uang Rp 5 ribu, Anda sudah bisa menikmati pemandangan di pantai terindah Cianjur ini.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan mobil akan dikenakan tarif yang lebih tinggi yaitu Rp 15 ribu. Harga tiket masuk yang ditetapkan bisa berubah sewaktu waktu. Mungkin saja akan mengalami kenaikan pada musim liburan atau hari hari besar. Namun jika dibandingkan dengan berbagai keindahan yang ditawarkan oleh pantai satu ini, tentu tarif tersebut tergolong murah. Apalagi panti satu ini masih terlihat asri, karena belum tersentuh oleh industri wisata.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Jayanti

Kegiatan di Pantai Jayanti
Image Credit: Pasirpantai.com

Salah satu keuntungan mengunjungi wisata pantai adalah melakukan berbagai kegiatan menarik. Hal tersebut juga berlaku ketika mengunjungi pantai yang satu ini. Karena keindahan pantainya yang mempesona, menikmati pemandangan dan suasana di pantai ini menjadi salah satu kegiatan andalan para pengunjung. Tak hanya mengagumi pesonanya, pantai satu ini juga sangat mendukung untuk berburu foto bagi Anda yang menyukai kegiatan berpose di depan kamera.

Ada banyak spot yang instagramable yang bisa Anda jadikan sebagai latar untuk selfie. Beberapa diantaranya benteng beton di tepi pantai yang tampak unik. Deretan perahu nelayan juga bisa dijadikan spot yang tak kalah menarik. Jika ingin mendapatkan pemandang yang lebih sempurna, Anda bisa menunggu hingga sore hari. Menghabiskan waktu senja dengan menyaksikan matahari yang perlahan terbenam di pantai ini menjadi momen yang tak terlupakan.

Walau tak bisa berenang dan membaurkan diri dengan air yang ada di pantai ini, Anda masih bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan lainnya seperti bermain di tepian pantai sembari menunggu air laut yang terbawa ombak menuju ke bibir pantai. Menulis nama atau membuat bangunan pasir di tepian pantai juga tak kalah menyenangkan. Duduk santai menggelar tikar sembari menikmati makan siang bersama keluarga juga bukan ide yang buruk.

Ingin mengeksplor pantai satu ini lebih jauh, Anda bisa menyewa perahu milik nelayan sekitar. Menikmati angin semilir sambil menaiki perahu yang tergoyang oleh ombak pantai menjadi kegiatan menantang yang sangat cocok untuk para petualang. Apalagi jika ditemani dengan alat pancing untuk mencari ikan di tengah pantai. Beragam ikan yang ada di pantai ini, sehingga sangat memungkinkan jika Anda pulang ikan ikan yang besar.

Puas menikmati pesona pantai, Anda bisa berburu kuliner di sekitar pantai. Seafood menjadi hidangan favorit yang diburu oleh para wisatawan untuk menghilangkan rasa lapar. Apalagi pantai satu ini juga berperan sebagai pelabuhan, yang artinya potensi perikanannya juga cukup besar. Menikmati makanan laut tak hanya memanjakan lidah, kandungan protein yang tinggi menjadi amunisi untuk memperbaiki gizi selama liburan.

Penginapan Dekat Pantai Jayanti

Penginapan Dekat Pantai Jayanti
Image Credit: Iklantravel.com

Memang untuk hotel bintang lima atau penginapan dengan fasilitas yang mewah belum tersedia di pantai satu ini. Mengingat pantai ini belum disentuh oleh para pelaku industri pariwisata. Namun, penginapan yang ada bisa dibilang cukup memadai dan nyaman untuk ditinggali. Menariknya lagi, harga penginapan juga tergolong murah. Dengan demikian, Anda bisa lebih berhemat biaya liburan selama di pantai satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jayanti

Fasilitas di Pantai Jayanti
Image Credit: Simparda.cianjurkab.go.id

Wisata satu ini memang masih dalam tahap perkembangan, sehingga fasilitas yang tersedia belum sepenuhnya lengkap. Namun, beberapa fasilitas penunjang tampak mulai ditambah untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Tentu hal ini didorong karena keinginan untuk memajukan objek wisata satu ini. Fasilitas yang bisa ditemukan meliputi tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau roda empat.

Selain itu, pengunjung tidak akan kesulitan mendapatkan tempat makan di sekitar pantai. Harga makanan di wisata ini juga cukup murah dengan menu yang lumayan. Warga sekitar juga menyediakan perahu yang dapat disewa jika pengunjung ingin menjelajah ke tengah laut. Selain itu, Anda juga bisa sekalian menyewa alat pancing dari nelayan untuk mencoba keberuntungan menangkap ikan di pantai satu ini.

Rekreasi bersama orang orang tercinta dengan mengunjungi pantai satu ini, akan memberikan pengalaman liburan yang benar berbeda. Apalagi pantai satu ini memiliki keunikan yang belum tentu dimiliki oleh pantai yang lain. Berbagai kegiatan yang menarik juga bisa Anda lakukan selama liburan di pantai satu ini. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan, mengingat ombak pantainya yang cukup besar.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending