Pantai Apra Sindangbarang, Cianjur

Pantai Apra Sindangbarang, Cianjur

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.
Map: Cek Lokasi

Dikenal dengan negara kepulauan membuat Indonesia memiliki ratusan pantai yang indah nan mempesona. Dari banyaknya pantai yang dimiliki Indonesia, baru sebagian saja yang telah dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik banyak pengunjung domestik maupun mancanegara. Sehingga masih banyak pantai lainnya yang masih asri dan eksotis. Dimana salah satunya adalah pantai Apra Sindangbarang di Cianjur. Penasaran dengan pantai Apra? Yuk simak ulasan ini.

Daya Tarik Pantai Apra

Daya Tarik Pantai Apra
Image Credit: Komunitasaleut.com

Pantai yang terletak di Cianjur ini merupakan salah satu pantai yang masih asri dan belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga bisa menjadi salah satu destinasi pantai eksotis yang wajib untuk dikunjungi jika tengah mampir ke kota Cirebon. Tak hanya itu, karena jarang adanya pengunjung membuat pantai Apra sangat cocok jika digunakan sebagai tempat menyendiri untuk menenangkan pikiran sejenak dan melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Seperti pantai Selatan lainnya yang ada di pulau Jawa, pantai Apra memiliki ombak yang cukup besar. Namun tidak perlu khawatir, ombak di pantai tersebut terbilang aman bila dibandingkan dengan pantai lainnya di Cianjur. Tidak hanya itu, ternyata pantai Apra merupakan muara dari sungai Cisadae sehingga membuat keindahan pantai tidak diragukan lagi. Sebab terdapat bentang alam yang semakin variatif yakni perpaduan dari pantai, laut, dan juga batu karang.

Selain bisa melihat pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan muara sungai. Yang lebih menarik lagi, adanya aktivitas warga di sekitar sungai dan pantai. Apalagi mereka masih menggunakan rakit tradisional untuk mencari ikan membuat pengunjung merasakan suasana tradisional. Sehingga daya tarik dari pantai Apra tersebut memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Daya Tarik Pantai Apra Sindangbarang
Image Credit: Doyanjalan.com

Selain karena sebagai muara, salah satu daya tarik dari pantai Apra adalah sejarahnya. Pernahkah Anda mendengar cerita angkatan perang ratu Adil? Menurut masyarakat setempat, nama pantai Apra tidak lepas dari adanya cerita pemberontakan yang dilakukan oleh angkatan perang ratu Adil. Karena konon katanya pantai Apra digunakan sebagai basecamp angkatan perang tersebut. Sehingga tidak jarang ada beberapa pengunjung datang karena tertarik dengan sejarah tersebut.

Karena tempatnya berada di selatan, membuat pantai Apra Sindangbarang menjadi salah satu pantai di Cianjur yang memiliki pemandangan sunset yang indah. Tak hanya itu, pantai Apra juga memiliki sebutan pantai romantis. Sehingga tak jarang jika saat malam hari atau malam minggu tiba, akan ada banyak muda mudi yang berkunjung di pantai untuk sekedar menghabiskan waktu atau menikmati sunset di spot yang tepat.

Mengetahui fakta bahwa pantai Apra Sindangbarang jarang dikunjungi, sehingga menyebabkan plakat penunjuk arah ke pantai jarang dan sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda memang benar benar ingin berkunjung, maka tidak perlu khawatir. Pasalnya ada masyarakat sekitar yang akan dengan suka rela dan ramah memberikan petunjuk jalan menuju ke pantai.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Apra

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Apra
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Apra Sindangbarang berlokasi di Cianjur, lebih tepatnya selatan Cianjur yang berjarak sekitar 300 meter dari alun alun Sindangbarang. Sehingga dapat dikatakan jika pantai tersebut cukup dekat untuk pengunjung dari wilayah Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Jika pengunjung datang dari Jakarta, maka rute yang dilewati bisa langsung menuju arah Cianjur, kemudian dari Cianjur bisa langsung ke kecamatan Sindangbarang.

Sedangkan untuk pengunjung yang berasal dari wilayah Bandung, maka bisa saja langsung menuju arah Cianjur melalui jalur Bogor-Cianjur yang terkenal akan keindahan alamnya. Namun khusus untuk Anda yang ingin menuju pantai Apra melalui jalur Bandung-Cianjur, ada baiknya selalu lebih meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. Sebab meskipun di kanan dan kiri jalan memiliki pemandangan yang menakjubkan, namun jalur tersebut rawan akan kecelakaan.

Selain itu, jangan lupa selalu mengutamakan keselamatan. Jangan sampai memacu kendaraan dengan kecepatan yang terlalu tinggi. Pasalnya menurut beberapa pengunjung, jalan menuju pantai terbilang cukup susah sehingga ada perlunya selama perjalanan selalu berhati hati. Selain itu, jika ingin mengunjungi pantai Apra sebaiknya jangan melakukan perjalanan di malam hari karena terlalu berisiko.

Harga Tiket Masuk Pantai Apra

Harga Tiket Masuk Pantai Apra
Image Credit: Trepelin.com

Pantai Apra Sindangbarang merupakan salah satu pantai di Cianjur yang masih sangat asri dan jarang pengunjung. Pantai tersebut juga bisa dikatakan masih termasuk baru, sehingga pengelolaan tiketnya masih dikelola swadaya. Dimana hal tersebut membuat harga tiket masuknya tidak terlalu mahal. Harga tiket masuk pantai di hari biasa hanya sekitar Rp. 2000 hingga Rp. 5000 saja, itupun belum dengan tiket parkir.

Namun harga tersebut akan mengalami kenaikan apabila sudah masuk dalam masa masa liburan panjang. Mungkin akan ada beberapa persen kenaikan harga, namun tidak terlalu signifikan. Sedangkan untuk biaya parkir sendiri hanya sekitar Rp. 2000 untuk tiap sepeda motor dan Rp. 5000 untuk setiap mobil. Sangat murah bukan untuk sebuah tiket masuk ke pantai?

Kegiatan Menarik di Pantai Apra Sindangbarang

Kegiatan Menarik di Pantai Apra Sindangbarang
Image Credit: Instagram.com @djajulian

Meskipun pantai Apra disebutkan masih jarang dikunjungi, namun hal tersebut tidak membuat pengunjung di pantai Apra tidak memiliki kegiatan menarik. Dengan adanya ombak yang tinggi akan sangat memungkinkan jika digunakan untuk berselancar. Sehingga jika Anda gemar berselancar, tidak salah jika memutuskan untuk berkunjung ke pantai Apra dan menaklukkan ombak disana. Akan tetapi, Anda harus selalu waspada dan memerhatikan keselamatan. Sebab ada batu karang di beberapa titik.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat satu musim yang terkenal di kalangan warga sekitar sungai Cisadae dan pantai Apra, yakni musim Impun. Menurut bahasa sekitar, Impun merupakan ikan ikan kecil yang memiliki bentuk seperti ular namun memiliki cita rasa yang sangat enak dan menjadi favorit warga sekitar. Diketahui musim impun selalu terjadi setiap akhir bulan, yakni sekitar tanggal 21 hingga 25.

Jika Anda ingin mendapatkan kegiatan yang menarik dan berbeda di pantai Apra Sindangbarang, maka bisa berkunjung di tanggal tanggal tersebut. Pasalnya saat musim Inpun dimulai, pantai akan ramai dengan pengunjung yang ingin menyaksikan warga sekitar menangkap Impun dan ingin merasakan langsung bagaimana rasa dari Impun tersebut. Menarik bukan?

Mengesampingkan ombak dengan gelombang tinggi, pantai Apra memiliki pemandangan yang menarik untuk memanjakan mata. Selain dapat berenang di laut, pengunjung juga bisa berjemur, melakukan olahraga pantai, atau hanya sekedar menikmati pemandangan saja. Jika Anda gemar dengan fotografi, pantai Apra juga bisa dijadikan objek alam yang begitu cantik dan mempesona.

Pantai Apra memiliki hamparan pantai yang begitu luas disertai dengan angin yang cukup kencang, jadi akan sangat cocok untuk kegiatan festival layang layang dan kegiatan lain. contohnya seperti voli pantai. Tidak hanya itu, pantai di selatan Cianjur tersebut juga memiliki suasana rerumputan yang hijau. Sehingga dapat digunakan untuk sekedar tidur tiduran di sekitar rerumputan.

Penginapan di Pantai Apra

Penginapan di Pantai Apra
Image Credit: Arocki.com

Seperti tempat wisata lain, di sekitar pantai Apra juga ada berbagai tempat penginapan yang ditawarkan. Meskipun agak sedikit jauh dari area pantai, namun ada beberapa penginapan yang bisa disewa oleh pengunjung yang ingin menghabiskan malam di pantai. Banyak penginapan yang menyediakan berbagai fasilitas, termasuk juga di dalamnya memiliki lahan parkir yang luas. Tidak perlu khawatir dengan biaya, kebanyakan penginapan tersebut akan menawarkan harga yang terjangkau.

Fasilitas yang Dimiliki Pantai Apra

Fasilitas yang Dimiliki Pantai Apra
Image Credit: Simparda.cianjurkab.go.id

Meskipun pantai Apra dikelola secara swadaya, namun pantai tersebut sudah memiliki berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh seluruh pengunjung. Selain adanya area parkir kendaraan yang luas, di pantai Apra juga sudah tersedia banyak kamar mandi atau MCK dan juga telah ada mushola. Tidak hanya itu, untuk pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan pantai di malam hari juga ada penginapan yang bisa disewa.

Tidak hanya itu, di pantai Apra Sindangbarang juga masih ada fasilitas lainnya yang bisa digunakan oleh pengunjung seperti warung dan juga rumah makan. Tidak hanya menyajikan berbagai masakan dari laut, beberapa rumah makan juga menyajikan makanan lain. selain itu, jika Anda ingin menikmati makanan Sunda ada berbagai rumah makan tersedia. Namun jika ingin makanan lain, ada juga rumah makan Padang di sekitar pantai.

Nah itulah informasi seputar pantai Apra Sindangbarang yang perlu Anda ketahui. Pantai yang terletak di selatan Cianjur tersebut memiliki daya tarik yang bisa membuat pengunjung menjadi betah berlama lama, apalagi jika di pantai tersebut pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik. Terutama adanya kegiatan musim Impun yang menarik banyak pengunjung. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Sending