Pantai Dewi Mandapa, Pantai Cantik di Pesawaran dengan Pesona Hutan Bakau

Pantai Dewi Mandapa Lampung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Dewi Mandapa salah satu destinasi wisata yang populer di Pesawaran, Lampung yang menyuguhkan panorama pohon bakau yang memukau. Warna perairan yang cantik, pulau cinta dan dermaga asmara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pantai Dewi Mandapa menjadi salah satu wisata yang banyak diburu, baik oleh wisatawan domestik atau pun mancanegara. Berada di Lampung, pantai ini seolah memiliki keindahan alam yang tak akan mengecewakan para penikmatnya. Membuat siapa pun dibuat takjub oleh kecantikannya.

Memiliki perairan yang berwarna biru jernih seolah menjadi ikon paling menonjol yang dimiliki Dewi Mandapa. Tak hanya itu, birunya laut pun beradu warna dengan hijaunya pepohonan hutan bakau yang sengaja ditanam di area pantai tersebut. Perpaduan ini memperlihatkan sempurnanya pantai ini dari sisi tertentu.

Seolah tidak puas dengan keindahan tersebut, terdapat sebuah pulau yang diberi nama Pulau Cinta yang berada di tengah pantai ini. Terbentuk karena adanya tumpukan pasir-pasir putih, pulau ini memiliki bentuk hati yang menjadi cikal bakal pemberian nama Cinta.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Dewi Mandapa

Daya Tarik Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Twitter.com @unimalofficial

Pantai Dewi Mandapa cocok dijadikan referensi liburan keluarga saat berkunjung ke Lampung. Penampakan birunya air laut yang begitu jernih, serta hijaunya pepohonan hutan bakau, seolah memberi gradasi warna yang menakjubkan. Inilah yang membuat kawasan pantai ini menjadi tujuan destinasi wisata yang banyak dituju wisatawan.

1. Dermaga Asmara

Dermaga ini merupakan primadona Dewi Mandapa. Sesuai dengan namanya, Dermaga Asmara seolah memberi suasana romantis lengkap dengan aksen kayu yang begitu khas. Wisatawan akan menjumpai banyak bakau di sekeliling dermaga dan hampir menyelimuti seluruh pinggiran dermaga.

Agar bisa menikmati keindahan Dermaga Asmara, tiap orang akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 15.000,00. Dermaga ini bisa dijadikan salah satu spot foto yang instagramable abis. Kunjungi spot satu ini di waktu pagi atau ketika menjelang sore. Hal ini untuk menghindari teriknya paparan sinar matahari.

2. Hamparan Pepohonan Hutan Bakau

Selanjutnya yang tak kalah ciamik dari Dermaga Asmara ialah pepohonan hutan bakau. Hampir sebagian area pantai ditanami tumbuhan bakau. Selain membantu area pantai untuk mencegah abrasi, tanaman bakau juga menjadikan kebersihan udara sekitar terjaga.

Mengunjungi hutan bakau saat berkunjung ke Dewi Mandapa bersama dengan keluarga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki anak-anak. Ini bisa dijadikan sebagai sarana edukasi anak sejak dini. Tentang bagaimana pentingnya menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon bakau.

Daya Tarik Dewi Mandapa
Image Credit: Instagram.com @sigitekocsudarto

3. Pesona Pulau Cinta

Daya tarik utama pantai ini yang tak lain dan tak bukan adalah Pulau Cinta. Pulau ini menjadi tujuan spot foto yang paling diminati selain Dermaga Asmara. Berdasarkan namanya, pulau ini memiliki bentuk yang unik, yakni berbentuk hati. Pantai ini terbentuk secara alami dan masih ada sampai sekarang.

Pasti banyak wisatawan yang mengabadikan moment saat mengunjungi Pulau Cinta. Pengambilan gambar di ambil dari sisi yang seolah menunjukkan kecantikan pulau ikonik Dewi Mandapa ini. Bagi Anda yang ingin merasakan kecantikan Pulau Cinta, bisa menyeberang melalui jembatan kayu yang disediakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Dewi Mandapa

Alamat Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps (Fajar Hengki Wijaya)

Pantai romantis ini terletak di Kota Bandar Lampung. Lebih tepatnya berada di Desa Gebang, yang masuk Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Sebelum memasuki area Dewi Mandapa, wisatawan akan melewati Pantai Sari Ringgung. Tak hanya itu, Anda juga akan melewati Dermaga Ketapang.

Akses jalur darat untuk bisa sampai di lokasi pantai masih dalam kondisi baik. Wisatawan yang berasal dari luar Lampung, bisa membawa kendaraan pribadi, berupa kendaraan roda empat. Pengunjung bisa melewati Jalan Laksmana RE Martadinata dari arah Bandar Lampung.

Untuk bisa sampai di destinasi ini, wisatawan harus menempuh jarak sejauh 26 kilometer dari Kota Bandar Lampung dengan perkiraan waktu satu jam perjalanan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Dewi Mandapa akan mempengaruhi waktu perjalanan yang ditempuh. Bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Pantai ini sudah dikenal banyak orang berkat eksisnya kecantikan Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Akan dipastikan pengunjung akan meningkat di masa liburan, seperti akhir semester atau peringatan hari besar. Untuk itu, wisatawan diharapkan dapat memperkirakan waktu berangkat untuk menghindari antrian.

Harga Tiket Masuk Pantai Dewi Mandapa Lampung

Harga Tiket Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Twitter.com @unimalofficial

Pantai Dewi Mandapa menetapkan biaya masuk sebesar Rp 10.000,00 per orang bagi wisatawan yang berkunjung. Beberapa fasilitas juga dikenai tarif, seperti jasa parkir dan kunjungan ke Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Tarif yang dibandrol pun berbeda antara kunjungan di hari biasa dengan hari libur atau hari besar.

Di hari libur atau perayaan hari besar, jasa parkir akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan hari biasa. Saat hari libur, penjaga parkir menarik uang parkir sebanyak Rp 15.000,00 untuk motor dan Rp 50.000,00 untuk mobil. Sedangkan, di hari biasa hanya Rp 10.000,00 untuk motor dan Rp 30.000,00 untuk mobil.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Dewi Mandapa

Aktivitas di Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Twitter.com @samsulArifskom

1. Camping di Kawasan Pantai

Menikmati camping ala-ala di pantai akan menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung dengan keluarga atau teman. Pantai Dewi Mandapa pun bisa Anda gunakan sebagai tempat camping bersama. Anda bisa menyewa perlengkapan camping yang sudah disediakan pengelola pantai dengan biaya Rp 100.000,00 per tenda, per malam.

2. Menikmati Keindahan Sunset

Menikmati fenomena matahari terbenam menjadi hal yang tidak akan bisa dilewatkan saat berlibur ke pantai, tak terkecuali saat berada di kawasan pantai ini. Pengunjung dapat menikmati sunset di sore hari sambil bersantai. Jangan lupa mengambil foto di saat menikmati fenomena sunset.

3. Berenang di Tepi Pantai

Dewi Mandapa masih masuk dalam kategori pantai yang aman dipakai sebagai tempat berenang. Wisatawan bisa berenang di sekitaran area pantai dengan melihat keindahan pemandangan perairan pantai sekitar. Tetap ikuti aturan berenang yang berlaku agar tetap aman dan nyaman.

Aktivitas Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Instagram.com @chandra_triadhie

4. Snorkling

Pihak pengelola menyediakan fasilitas sewa snorkling bagi pengunjung yang menyukai kegiatan satu ini. Untuk satu kali snorkling, pengunjung akan dikenakan biaya sewa peralatan sebesar Rp 40.000,00 per hari. Wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang ada di perairan pantai ini.

5. Berburu Foto yang Keren

Pantai Dewi Mandapa memiliki tempat yang harus dan wajib dikunjungi pengunjung, yakni Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Banyak spot-spot menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto. Hamparan pohon bakau di sekitar pantai dapat menambah kesan aesthetic pada foto.

6. Edukasi Tanaman Bakau

Kegiatan satu ini akan sangat cocok dilakukan anak-anak usia sekolah dasar. Tidak hanya berlibur, namun mereka juga bisa sambil belajar. Pembelajaran sederhana mengenai bakau ini pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka. Anda bisa menjelaskan tentang pentingnya tanaman bakau untuk area pesisir pantai.

Penginapan Murah Terdekat dari Dewi Mandapa

Penginapan Dewi Mandapa
Image Credit: Booking.com

1. OYO 3994 Wisma Amalia

Bermalam di penginapan satu ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda selama berada di Dewi Mandapa. Bertempat di Jalan H. Umar, penginapan ini menyediakan fasilitas berupa layanan full 24 jam, hingga Wifi. Pelayanan room service yang ramah dan telaten juga sangat membantu wisatawan yang bermalam di OYO 3994 Wisma Amalia.

2. Rumah Pahoman Waroeng Diggers Guest House

Penginapan ini banyak direkomendasikan wisatawan yang sudah mengunjungi Dewi Mandapa. Interior yang hampir keseluruhan berbahan kayu, membuat penginapan ini terlihat begitu tradisional. Pelayanan yang ramah dengan tatanan kamar yang selalu bersih dan tapi membuat wisatawan banyak memilih penginapan satu ini.

3. Rumah Delima

Rumah Delima terletak di lokasi yang cukup strategis, tepatnya di Jalan Amir Hamzah. Tampak begitu sederhana dari luar, siapa sangka fasilitas yang ditawarkan ternyata cukup mewah dan memadai. Berapa fasilitas pun juga disediakan, mulai dari tempat parkir, Wifi, dan kamar yang dilengkapi AC.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Dewi Mandapa

Fasilitas di Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Instagram.com @andy.motret

Fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung selama berada di Pantai Dewi Mandapa sudah cukup lengkap. Mulai dari lahan parkir yang luas, sampai sewa menyewa peralatan snorkling atau camping pun sudah disediakan. Tarif yang dikenakan pun masih dalam bats wajar dan bisa dibilang terjangkau.

Area sekitaran pantai ini pun juga sudah banyak rumah makan, warung, hingga mini restoran jika wisatawan merasa lapar. Toilet umum pun dapat dengan mudah ditemukan di area sekitaran pantai. Fasilitas tersebut tentu sengaja disediakan untuk membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan senang.

Fasilitas cuma-cuma yang juga tak kalah menarik untuk dinikmati, yaitu pepohonan hutan bakau. Indahnya bakau menjadi ciri khas Dewi Mandapa itu sendiri. Rimbunnya pohon bakau yang ditanam di sekitaran pantai, membuat pantai ini terlihat alami dan cantik. Ditanamnya bakau bermaksud untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

Objek wisata Pantai Dewi Mandapa di Pesawaran bisa menjadi pilihan Anda sebagai destinasi liburan keluarga atau kantor. Dengan biaya yang terjangkau para pengunjung bisa menikmati indahnya pantai nan romantis ini yang memiliki pesona Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Bisa dipastikan, Anda akan betah menghabiskan waktu selama berlibur ke destinasi satu ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending