Pantai Sari Ringgung Pesawaran – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Sari Ringgung Pesawaran - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Sari Ringgung salah satu destinasi wisata yang favorit di Pesawaran, Lampung dengan keunikan masjid terapung di tengah laut dan dikelilingi perbukitan yang indah.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Way Ratai No.KM.14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Wisata pantai di wilayah Lampung memang sedang naik daun beberapa waktu ini. Bukan hanya tentang kekayaan kuliner yang syarat akan bumbu rempah khas Lampung, tetapi juga bagaimana para pengunjung dimanjakan dengan pemandangan lautnya.

Pantai yang memiliki nama Sari Ringgung ini terletak di dekat Kota Bandar Lampung. Pengunjung yang akan datang ke pantai ini, tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup panjang saat akan berangkat dari pusat kota. Bahkan waktu yang Anda tempuh tak lebih dari satu jam perjalanan.

Karena lokasinya yang strategis, nama Pantai Sari Ringgung kian dikenal oleh masyarakat luas. Ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan beragam, pantai ini bisa menjadi menjadi wisata pilihan bagi Anda saat memilih pantai sebagai tempat berlibur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sari Ringgung

Daya Tarik Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Diana Afrillian)

1. Tempat Bersih dan Nyaman

Lingkungan wisata yang bersih menjadi salah satu faktor pemilihan oleh para pengunjung yang akan datang di suatu destinasi. Suasana yang bersih dari sampah akan membuat nyaman dan tentu saja udara sekitar lebih sehat.

Wisata Sari Ringgung ini mengedepankan salah satu faktor tersebut, lingkungan sekitar pantai ini jauh dari kata kotor. Mulai dari pintu masuk pertama hingga sampai di bibir pantai, tidak akan ditemukan sampah plastik/ kardus berserakan.

Pengelola setempat telah menyediakan tempat sampah di setiap sudut lokasi pantai, mereka juga membedakan setiap jenis dari sampah itu sendiri. Pemilahan sampah secara langsung ini agar nantinya pembuangan pada akhir akan lebih menghemat waktu.

Lingkungan yang asri ini akan membuat pengunjung betah dan ingin berlama-lama di Pantai Sari Ringgung.

2. Masjid Unik

Kebanyakan masjid di Indonesia didirikan diatas permukaan tanah bukan? Namun, di Pantai Sari Ringgun ini memiliki satu bangunan masjid unik yang menjadi ikon tersendiri dari pantai tersebut. Namanya Masjid Al-Aminah, memiliki warna dominan putih dan hijau tua.

BACA:  Teluk Kiluan Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan & Lokasi

Tempat ibadah bagi para umat muslim ini telah diresmikan oleh pemerintah Lampung sejak tahun 2015. Keramba ikan yang berada di dekat masjid juga dimiliki oleh masyarakat sekitar yang digunakan sebagai pencaharian sehari-hari.

Daya Tarik dari Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Lampung.co

Awalnya masjid ini hanya digunakan oleh para masyarakat yang memiliki rumah apung dekat dengan dengan keramba ikan. Agar masyarakat tidak perlu hilir-mudik dari pantai ke tengah laut, mereka akhirnya membangun sebuah tempat ibadah yang bisa dekat dengan rumah mereka.

Di sisi kiri masjid apung ini terdapat warung kecil yang menyediakan berbagai minuman. Penjual dari warung ini adalah marbot masjid, yang setiap harinya tinggal dan menjaga Masjid Al-Aminah.

Karena tempatnya yang terapung di lautan lepas, kemudian para pengunjung Pantai Sari Ringgung banyak yang mendatangi tempat ibadah tersebut. Hal ini bisa menjadi pengalaman baru bagi Anda, dimana berdiri di sebuah masjid yang terapung mengikuti arus laut.

Namun jangan khawatir akan terjatuh ke air, keramba di masjid ini sudah aman diberi pengikat. Pengikat yang dipasang ini diberi ruang agak longgar agar tidak terguncang saat terkena hempasan ombak besar.

Masjid terapung ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para pengunjung pantai. Karena keunikanya, banyak pengunjung rela menunggu dan bergantian untuk masuk ke masjid karena luasnya tidak terlalu besar.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sari Ringgung

Alamat Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Twitter.com @wawanherdianto

Berada pada Desa Sidodadi yang masuk dalam Kecamatan Padang Cermin. Lokasi pantai ini mudah ditemukan, apalagi jika Anda sudah sering berwisata di daerah Bandar Lampung.

Jika Anda berangkat dari Kota Bandar Lampung, perjalanan yang akan Anda tempuh sekitar 40-50 menit. Tinggal mencari lokasi Padang Cermin, di sepanjang jalan Anda akan menemui banyak wisata pantai yang lain.

Saat melewati Jalan Way Ratai, perhatikan lingkungan sekitar. Karena jalan ini merupakan jalan yang mengarahkan ke gerbang masuk pantai. Terus cari plakat yang bertulisan Pantai Sari Ringgung, jangan sampai terlewatkan.

Wisata pantai yang masih berada di Kabupaten Pesawaran ini memiliki jalan yang kurang bagus setelah memasuki gerbang utama. Jadi sebelum berangkat, pastikan kendaraan Anda sudah siap betul untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tiket masuk dikenakan tarif sebanyak Rp 20.000 per orang. Ada biaya parkir yang harus Anda bayar juga saat pembayaran tiket masuk, untuk kendaraan roda dua Rp 5000.

Total biaya yang dikeluarkan dengan berangkat menggunakan sepeda motor adalah Rp 25.0000. Untuk mobil sendiri dikenakan tarif Rp 70.000- Rp80.000 per mobil. Cukup mahal memang, jika Anda memilih berangkat dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Lahan parkir di pantai ini tidak jauh dari bibir pantai, jadi kendaraan akan langsung berhadapan dengan laut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sari Ringgung

Aktivitas di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Den’s Vlog)

1. Voli Pantai

Olahraga satu ini banyak dilakukan oleh pengujung wisata di Pantai Sari Ringgung. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif Anda untuk mencari teman baru. Karena membutuhkan anggota yang tidak sedikit, maka pengunjung lain akan ikut dalam permainan bola voli Anda.

BACA:  10 Wisata Pantai di Dekat Bandung yang Paling Hits Buat Liburan

Tidak perlu bingung mencari bola untuk digunakan bermain, pengelola pantai sudah menyediakannya agar pengunjung tidak perlu repot membawa bola sendiri.

Bermain voli di pinggiran pantai bersama teman akan membuat liburan Anda lebih asik. Kegiatan yang membakar kalori ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Bermain namun juga membakar kalori, manfaat tersembunyi saat memainkan olahraga ini.

2. Wahana Air

Penunjung yang hobi naik wahana ekstrem banana boat akan dimanjakan saat berada di Pantai Sari Ringgung. Jetski juga disediakan bagi Anda yang suka memacu adrenalin dengan kecepatan hingga 45 km/jam.

Waterboom di pinggir laut dibangun untuk anak-anak yang sedang bermain pasir dan air laut. Terdapat tong air yang sewaktu-waktu akan menumpahkan debit air dalam jumlah yang banyak.

3. Berkemah

Bermalam di pinggiran pantai merupakan hal yang perlu Anda coba saat berkunjung. Anda bisa mendirikan tenda di dekat bibir pantai atau di perbukitan yang berada di sisi kiri pantai. Kedua spot ini sama bagusnya, pemandangan biru dari lautan akan Anda dapatkan.

Anda akan ditemani indahnya senja saat sedang mendirikan tenda untuk berkemah pada malam hari. Setelah menjelang malam, kegiatan seperti bakar ikan, jagung atau menyalakan api unggun bisa menambah suasana kemah menjadi lebih hangat.

Suara deburan ombak akan terdengar saat pertama kali Anda bangun di pagi hari. Kali ini Anda harus bangun sebelum fajar muncul, karena inilah kesempatan melihat pesona sunrise di Pantai Sari Ringgung.

Aktivitas di Pantai Sari Ringgung Lampung
Image Credit: Twitter.com @ina_nty

4. Pasir Timbul

Gundukan pasir yang tampak seperti pulau jika dilihat dari pinggir pantai ini bernama pasir timbul. Saat air laut pasang, pasir timbul ini akan hilang karena tinggi air laut membuatnya tenggelam.

Jarak destinasi ini dari lokasi pantai sekitar 2 km ke tengah laut, Anda bisa menggunakan kapal untuk berkendara mengunjungi pasir timbul tersebut. Perahu nelayan dialih fungsikan untuk mengangkut para pengunjung yang tertarik menginjakkan kaki di pasir timbul.

Biaya yang dikeluarkan untuk transportasi laut ini akan lebih murah jika Anda berangkat secara rombongan. Karena kapasitas perahu bisa mencapai 10 hingga 15 orang sekaligus.

Sesampainya di lokasi pasir timbul, akan disediakan beberapa spot foto untuk para pengunjung. Kayu yang dibentuk hati dengan ukuran besar, atau ayunan yang semuanya memiliki latar belakang lautan lepas.

Pasir timbul di Pantai Sari Ringgung ini juga sering digunakan sebagai spot foto prewedding oleh banyak pasangan. Pemandangan eksotis laut biru dan langit yang cerah, mampu menghasilkan foto yang lebih cantik tanpa harus melewati proses editing.

BACA:  Pulau Mengkudu Lampung - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

5. Olahraga Air

Ternyata banyak juga olahraga yang bisa dilakukan saat berlibur di pantai, sembari bermain Anda juga bisa berolahraga.

Olahraga sambil menikmati cantiknya pemandangan bawah laut bisa dilakukan dengan snorkling. Peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan ini sudah tersedia, Anda tinggal memasangnya saja kemudian menceburkan diri di air laut.

Bagi Anda yang kurang puas jika hanya melihat ikan-ikan di pinggiran pantai, kegiatan diving adalah pilihan yang tepat. Memasuki kawasan laut yang lebih dalam, Anda akan menemukan ekosistem bawah laut yang lebih kompleks.

Ikan-ikan yang lebih besar akan berenang menemani perjalanan Anda. Setiap pengunjung yang melakukan kegiatan diving di pantai ini akan didamping oleh yang sudah ahli. Walaupun ada pengunjung yang sudah terbiasa diving di kedalaman laut, pendamping akan tetap menemani.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Sari Ringgung

Penginapan di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Traveloka.com

Terdapat 3 penginapan yang dapat Anda sewa untuk beristirahat setelah lelah berlibur di Pantai Sari Ringgung.

1. Homestay Sari Ringgung

Homestay ini terdapat di Jalan Hanura, Padang Cermin. Jarak dari pantai hanya sekitar 4,4 km saja, waktu yang Anda tempuh dari pantai ke penginapan ini 12-13 menit. Harga sewa kamar yang Anda dapatkan ditempat ini juga terbilang murah.

2. Homestay Meisya

Penginapan kedua yaitu Homestay Meisya dengan jarak 5,4 km dari arah pantai. Terdapat banyak homestay di kawasan wisata pantai ini, Anda bisa memilih dengan kelengkapan fasilitas yang Anda butuhkan.

3. D’nitte Cottage Anda Resort

Jika bosan menginap di homestay, D’nitte Cottage and Resort bisa Anda pilih jika mencari penginapan yang lebih mewah. Namun, jarak 9,5 km terbilang cukup jauh jika Anda memilih penginapan satu ini.

Butuh waktu hampir 25 menit saat Anda berangkat dari resort menuju Pantai Sari Ringgung. Tetapi fasilitas yang disediakan resort ini tidak mengecewakan, mulai dari taman hingga lahan parkir yang luas bisa Anda dapatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sari Ringgung Lampung

Fasilitas di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Andri Surya Praja)

Membicarakan fasilitas yang ada di Pantai Sari Ringgung, pertama Anda akan mendapatkan lahan parkir kendaraan yang luas dan menatap langsung ke arah laut lepas.

Di pinggir pantai, berdiri beberapa gasebo yang dapat disewa oleh para pengunjung. Anda bisa bersantai sambil menikmati angin laut yang sepoi-sepoi yang menerpa wajah. Atau jika terlanjur lelah di perjalanan, Anda bisa merebahkan tubuh Anda di gasebo yang memiliki atap dari daun kelapa ini.

Menapaki wisata pantai dengan panorama bukit di wilayah Lampung ini bisa menjadi rencana liburan Anda bersama teman atau keluarga. Pantai Sari Ringgung di Pesawaran Lampung bisa dikategorikan sebagai wisata yang sempurna untuk menghabiskan waktu seharian.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending