10 Wisata Pantai di Kalimantan Timur yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Pantai di Kalimantan Timur yang Wajib Dikunjungi

Tertarik Liburan di Pantai? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Pantai Populer di Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Kalimantan Timur menawarkan beragam potensi wisata alam yang menakjubkan. Terutama wilayah pantai yang terkenal dengan pesonanya yang luar biasa. Disini Anda akan menjumpai nuansa alam yang asri, karena sebagian besar kawasan masih terbungkus hutan rimbun. Berikut rekomendasi wisata pantai terbaik di Kalimantan Timur yang bisa Anda kunjungi untuk petualangan yang menyenangkan.

1. Pantai Melawai

Pantai Melawai
Image Credit: Ksmtour.com

Di Kota Balikpapan terdapat Pantai Melawai yang namanya sudah populer di kalangan wisatawan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota sehingga Anda dapat menempuhnya dengan mudah. Baik menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, sepanjang perjalanan pun Anda akan disuguhi area hutan rimbun dan perbukitan.

Keistimewaan dari pantai ini ialah panorama indah saat matahari terbenam, dimana horizon langitnya tampak sangat cantik. Semburat senjanya menampilkan siluet-siluet perbukitan serta kapal-kapal yang sedang berlayar. Tak hanya pesona waktu senja, lanskap alam sekitar Pantai Melawai begitu memanjakan mata. Di sekelilingnya masih terasa alami dengan hutan hijau, serta hembusan angin yang sejuk.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Babi yang letaknya di seberang pantai. Jika air laut sedang surut Anda tinggal berjalan kaki, tidak perlu menyebrang dengan perahu. Selain itu, Anda dapat melakukan agenda snorkeling sebab keindahan lautnya sangat menggoda. Setelah puas bermain cobalah untuk mencicipi olahan seafood dari beberapa warung di tepian pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru
Image Credit: Twitter.com @radiopls_mks

Biasanya wisatawan yang datang kesini ingin menghabiskan liburan singkat saat akhir pekan. Letaknya berhadapan dengan arah Laut Sulawesi, atau sebelah timur Pantai Manggar Segara Sari. Jika berangkat dari pusat Kota Balikpapan posisinya berada di pinggiran kota. Oleh karena itu area pantainya memberikan suasana yang kontras dengan hiruk pikuk Kota Balikpapan.

Hamparan pasir putihnya memanjang dengan kontur pantai landai. Ombak lautnya termasuk bersahabat sehingga wisatawan bisa berenang atau bermain air. Ada pula lokasi strategis untuk memancing sebab Pantai Lamaru terkenal dengan beragam jenis ikan. Untuk fasilitas pantai ini sudah lengkap karena memang dibenahi untuk lokasi pariwisata.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

3. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Image Credit: Instagram.com @therealerwin26

Tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan terdapat Pantai Kemala yang cocok untuk tempat liburan keluarga. Hal ini karena destinasinya menyediakan banyak wahana yang menyenangkan. Nuansa Bali yang dihadirkan memberikan suasana yang nyaman untuk bersantai. Bisa dikatakan lanskap pantainya hampir mirip seperti Pantai Kuta Bali.

Anda akan merasakan hamparan pasir putih dan halus sepanjang pantai, jadi Anda aman berjalan diatasnya. Air lautnya kebiruan membuat kombinasi panorama yang ditawarkan terlihat luar biasa. Ombaknya tergolong tenang sehingga wisatawan bisa melakukan snorkeling atau menyelam. Sembari melihat keindahan bawah lautnya yang memiliki beragam biota laut.

Pihak pengelola juga menyediakan wahana air seperti parasut terbang dan sewa perahu untuk berkeliling. Saat sore hari Anda akan menyaksikan langit senja yang begitu cantik. Selain itu banyak tempat romantis yang kerap dijadikan spot foto prewedding atau momen lainnya. Malam hari menjadi waktu terbaik untuk menikmati suasana pantai, dengan kilauan cahaya lilin dari warung sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

4. Pantai Beras Basah

Pantai Beras Basah
Image Credit: Facebook.com @berasbasahbtg

Konon di pinggir pantai ini ditemukan beberapa karung beras yang basah. Cerita yang beredar beras tersebut adalah bawaan kapal asing yang tersesat di pulau ini. Demi keselamatan para penumpang karena takut gelombang tinggi, maka muatan berat terpaksa diturunkan. Itulah alasan mengapa tempat wisata ini diberi nama Pantai Beras Basah.

Lokasi pantai berada di Kota Bontang dan cukup dekat dengan pusat kota, tak heran selalu ramai didatangi wisatawan dari segala penjuru. Untuk sampai di tempat ini Anda perlu menyewa kapal di dermaga Bontang Kuala, dengan memakan waktu sekitar 40 menit. Atau bisa menaiki kapal kelotok khas Kalimantan apabila ingin merasakan sensasi naik perahu tradisional.

Mengenai keindahan bawah lautnya tak perlu diragukan lagi, Anda bisa puas menyelam untuk melihat kekayaan biota laut. Selain itu Anda akan menemukan menara pantau yang misterius, karena tidak jelas siapa pembuatnya. Saat siang hari menjadi waktu yang pas untuk mengambil foto, sebab paduan panoramanya dengan sinar matahari cukup instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

5. Pantai Biduk-Biduk

Pantai Biduk-Biduk
Image Credit: Google Maps (Mas Wahjoe)

Bagi Anda yang menyukai suasana liburan tenang seperti di pulau pribadi, maka Pantai Biduk-Biduk menjadi pilihan tepat. Nuansa pantai masih alami karena jarang pengunjung yang datang kesini. Meskipun sepi Anda tetap bisa menemukan beberapa warung penjaja makan, sehingga dapat memenuhi isi perut setelah lelah bermain.

Air lautnya berwarna biru jernih hingga Anda dapat melihat beberapa ikan yang berenang di dalamnya. Kondisi terumbu karang juga terlihat seperti belum terkontaminasi sama sekali. Terdapat pula jembatan yang membentang hampir ke tengah laut, biasanya para pengunjung akan mengambil foto disini dengan latar belakang pantai secara keseluruhan.

Anda bisa melakukan beragam kegiatan di pantai ini, salah satunya naik perahu kecil untuk mengelilingi area laut dekat bibir pantai. Berkemah bersama keluarga atau teman-teman juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Sembari menyalakan api unggun dan menikmati suasana pantai saat malam hari, serta mendekatkan diri dengan alam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Giring-Giring, Kec. Biduk Biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur.

6. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai ini merupakan tempat wisata favorit bagi para pengunjung, karena menawarkan banyak wahana air. Apabila Anda berangkat dari arah Bandara Internasional Sepinggan, maka perlu menempuh jarak sekitar 9,5 kilometer. Begitu tiba di lokasi Anda akan disuguhi pemandangan laut yang eksotis dan hamparan pasir putih yang panjang.

Jika ingin bermain air Anda bisa menyewa pelampung atau perahu karet agar bisa mengapung. Atau bermain beberapa ayunan yang sudah disediakan oleh pengelola di pinggir pantai. Tidak lupa ada beberapa spot unik untuk lokasi berfoto, serta terdapat payung teduh di pinggir pantai untuk tempat bersantai sambil menyantap bekal.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimatan Timur.

7. Pantai Benua Patra

Pantai Benua Patra
Image Credit: Twitter.com @kotabalikpapan

Destinasi satu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu berupa beberapa tumpukan batu yang menyerupai pulau. Tumpukan batu tersebut berasal dari serpihan kapur dan debu yang mengendap selama ribuan tahun. Endapan itulah yang membuat pantai mempunyai ribuan pulau hingga menyerupai benua. Namun pulaunya tidak luas seperti pada umumnya, hanya berupa bebatuan saja.

Meskipun begitu lanskap alam yang ditawarkan begitu menawan, perpaduan gugusan batu dengan lautan yang membentang luas. Kawasan pantai masih dikelilingi oleh pepohonan rimbun, seakan menambah suasana syahdu dan damai. Anda bisa duduk di pinggir pantai sembari menikmati semilir angin yang menenangkan. Sembari menanti pesona matahari terbenam yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

8. Pantai Ambalat

Pantai Ambalat
Image Credit: Wikipedia.org

Jenis pasir Pantai Ambalat memiliki warna agak coklat dan bertekstur lembut. Meskipun berbeda namun tetap memberikan pesona yang elok dan cukup teduh. Anda bisa mengajak si kecil untuk membangun istana diatas pasir, atau mengubur diri di dalam tumpukan pasir untuk agenda seru-seruan saja. Ombaknya begitu tenang sehingga wisatawan aman berenang disana.

Tidak seperti pantai lain yang dikelilingi pohon rimbun, Pantai Ambalat justru jarang adanya pohon. Sehingga sinar matahari yang masuk terlihat jelas apalagi saat sore hari, semburat senjanya benar-benar menyinari area pantai. Meskipun kurang pohon-pohon tinggi lantas tak membuat suasana panas. Justru semilir anginnya sejuk dan membuat pikiran Anda lebih rileks.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Amborawang, Kec. Samboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

9. Pantai Tanah Merah

Pantai Tanah Merah
Image Credit: Facebook.com @tickutaikartanegara

Jika Anda sedang berkunjung ke daerah Kutai disarankan untuk menuju ke wilayah Samboja. Anda akan menemukan Pantai Tanah Merah dengan bentangan pasir cantik berwarna putih. Di sepanjang pesisir ditumbuhi pohon cemara yang semakin menampilkan keindahan dari pantai ini. Bentuk bibir pantainya menjorok ke laut sehingga menampakkan area pantai yang lebih luas.

Karakteristik pantai yang landai dan luas membuat Anda betah berjalan-jalan diatasnya. Agenda berkemah bersama keluarga atau teman-teman menjadi kegiatan alam yang menyenangkan. Apabila enggan berkemah Anda bisa melakukan rekreasi kecil disini sambil membawa bekal. Jangan terlewat untuk memancing ikan dan berburu kepiting di area tepian pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Pantai Segajah

Pantai Segajah
Image Credit: Instagram.com @borneocampadventure

Keunikan dari pantai ini ialah keberadaan pulau kecil di tengah laut, yang dapat dijangkau dengan menaiki kapal atau berenang. Pantai Segajah sering menjadi tujuan wisata para pengunjung untuk menghabiskan liburan. Alasannya karena suasana pantai sangat asyik dan menyediakan beberapa fasilitas. Salah satunya tenda-tenda penjaja makanan yang berada di pinggiran pantai.

Hamparan pasir putihnya membentang panjang dengan tekstur pasir yang lembut. Anda bisa berjalan-jalan diatasnya tanpa khawatir terkena karang-karang kecil. Air laut disini sangat jernih hingga dapat melihat ikan-ikan dari permukaan air. Kedalamannya pun cukup dangkal hanya sebatas lutut. Namun tetap tidak boleh merusak terumbu karang meskipun Anda bisa berjalan diatas air.

Harga Tiket: Rp 500.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur menyimpan banyak keindahan wisata pantai yang tak terduga. Pengunjungnya selalu datang silih berganti terutama saat musim liburan mulai tiba. Ada beberapa destinasi pantai yang direkomendasikan, rata-rata menawarkan pesona alam yang memukau. Dijamin liburan Anda kali ini akan membuat banyak momen berkesan. Sudahkah tertarik untuk berkunjung?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending