Pulau Maratua Berau – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pulau Maratua Berau - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Maratua salah satu wisata bahari tersembunyi dalam gugusan Kepulauan Derawan, Berau. Pulau eksotis yang kaya pesona, utamanya keindahan bawa lautnya.

Biaya Wisata: Mulai Rp 150.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Maratua, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Map: Cek Lokasi

Kalimantan tidak hanya menyimpan keasrian hutannya yang menjadi paru-paru bumi, namun juga beberapa daerahnya dapat menjadi pilihan destinasi untuk berlibur. Beberapa pulau di sekitarnya banyak yang memiliki keindahan alam yang dapat dikunjungi, salah satunya Pulau Maratua Berau.

Pulau yang ada di bagian luar Indonesia tersebut tidak terlalu luas. Namun, panoramanya tidak dapat diragukan lagi. Pemandangannya dapat membuat takjub siapapun yang singgah. Wisatawan yang datang ke sana tidak akan kecewa untuk menjelajahi lebih dalam pulau tersebut.

Terdapat beberapa titik di pulau mungil tersebut yang dapat dieksplor lebih jauh lagi. Mulai dari pesona wisata bahari yang terbentang hingga objek alam lainnya dapat menjadi pilihan berlibur Anda. Akses ke Pulau Maratua pun juga tidak terlalu sulit sehingga mudah bagi wisatawan untuk datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Maratua Berau

Daya Tarik Pulau Maratua
Image Credit: Twitter.com @JeannyTSY

1. Keelokan Teluk Harapan

Daerah yang satu ini sebenarnya merupakan nama dari sebuah perkampungan yang ada di pulau tersebut. Kampung ini merupakan Ibukota dari Kecamatan Maratua. Kawasan tersebut terkenal dengan wisata bawah airnya yang indah. Pengunjung dapat dengan leluasa menjelajahi tidak hanya pinggir pulau, namun juga bawah permukaan lautnya.

Terdapat sebuah pantai di pinggir pemukiman tersebut. Ialah Pantai Teluk Harapan yang membentang memanjang dengan keelokan pasir putihnya. Objek wisata tersebut memang tidak memiliki hamparan pasir yang lebar menjorok ke dalam, namun panjangnya cukup jauh mengelilingi tempat tersebut.

Pengunjung akan merasakan kedamaian ketika singgah ke sana karena terdapat banyak vegetasi yang tumbuh di sekitar sana. Pepohonan yang tertanam tidak jauh dari bibir pantai membuat alunan nyiur melambai ketika tertiup oleh angin. Nuansa tersebut akan membuat para wisatawan nyaman dan tubuh pun menjadi rileks.

BACA:  Pulau Kapoposang Pangkep - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Pada objek wisata di Pulau Maratua tersebut terdapat sebuah dermaga yang tersusun dari kayu memanjang ke arah laut lepas. Dermaga itu bak sebuah jembatan yang ada di pantai menuju beberapa resort. Resort-resort di sana memang kebanyakan terletak di atas air sehingga membuatnya menarik siapapun untuk menyinggahinya.

Lautan di sekitarnya nampak begitu bening menunjukkan kejernihan airnya. Pengunjung pun dapat melihat permukaan dasarnya dengan mata telanjang. Banyak fauna bisa ditemukan seperti ikan-ikan yang berenang bebas menyusurinya hingga penyu sisik hijau yang lewat.

2. Pesona Danau Unik

Pulau Maratua yang berbentuk melengkung tersebut memiliki dua danau yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang hadir ke sana. Danau yang berada di sebuah pulau kecil, memang dapat membuat siapa saja tertarik untuk menyinggahinya. Kedua objek wisata tersebut pun memiliki keunikan yang membedakannya dengan danau-danau yang ada di tempat lain.

Salah satu danau yang ada di tempat tersebut adalah Danau Haji Buang. Objek ini memiliki keunikan yang dapat menarik pengunjung untuk datang. Keunikan tersebut adalah terdapatnya banyak populasi ubur-ubur yang hidup di sana. Selain ubur-ubur, di tempat itu juga terdapat ikan julung-julung yang cukup langka.

Dengan pesonanya yang relatif masih asli tersebut, danau ini sering disamakan dengan danau ubur-ubur yang berada di Pulau Kakaban. Meski askes menuju ke sana tidak terlalu mudah, namun tetap saja ada beberapa wisatawan yang hadir karena ingin melihat secara langsung pemandangannya yang elok.

Selain danau tersebut, area yang berbatasan dengan Filipina bagian selatan tersebut juga mempunyai satu lagi danau yang tidak kalah eksotis. Ialah Danau Tanah Bamban yang berisi air payau sama halnya dengan Danau Haji Buang. Bentangan alam tersebut memiliki panorama yang tidak kalah indahnya untuk dinikmati.

Daya Tarik Pulau Maratua Berau
Image Credit: Twitter.com @yuk_berwisata

3. Menikmati Kesegaran Air Gua Haji Mangku

Tempat kecil dengan berbagai keindahan ini memiliki sebuah gua di dalamnya. Letaknya berada di beberapa puluh meter dari tepi pantai utara pulau. Objek wisata yang terbilang baru tersebut cukup mudah untuk diakses oleh pengunjung yang hendak menyinggahinya. Berbagai hal dapat diperoleh oleh siapapun yang datang mengunjungi tempat ini.

Goa itu berada di tengah hutan sehingga tentu terdapat banyak pepohonan yang tumbuh mengelilinginya. Pada bibir goa tersebut terdapat sebuah kolam yang memiliki air jernih sehingga membuatnya berwarna biru cerah. Air tersebut merupakan air payau sama halnya dengan danau-danau yang terdapat di sekitarnya.

BACA:  Pulau Cangkir Tangerang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Waktu yang disarankan untuk mendatanginya adalah ketika siang hari. Karena pada saat itu sinar matahari dapat menerangi tempat tersebut hingga menembus ke dalamnya. Hal itu membuat air lebih berwarna biru dan cocok untuk dinikmati. Untuk mencapainya, pengunjung harus melewati beberapa lintasan.

Dimulai dari penyusuran pengunjung ke hutan di sekitar goa. Jalurnya memiliki karang tajam membuat Anda harus berhati-hati ketika melewatinya. Perjalanan tersebut ditempuh kurang lebih 10 menit hingga sampai ke lokasi. Anda akan dibuat ternganga karena pesonanya yang menakjubkan.

4. Titik Penyusuran Bawah Laut

Sudah diketahui bahwa terdapat banyak tempat untuk menikmati keindahan bahari yang ada baik di dalam maupun di sekitar pulau ini. Banyak titik di sekelilingnya yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi penyelaman. Bagi para pecinta diving, tentu saja ini merupakan sesuatu yang sangat menarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Maratua

Lokasi Pulau Maratua
Image Credit: Instagram.com @chaidarammar

Destinasi wisata ini adalah salah satu dari sekitar 94 pulau terluar yang ada di Indonesia. Letaknya cukup strategis karena berbatasan dengan lebih dari satu negara. Di bagian utara hingga timur laut dari pulau mungil tersebut berpapasan langsung dengan area selatan Negara Filipina. Sementara itu, di bagian barat laut berbatasan dengan Malaysia.

Letaknya berada di lautan Sulawesi, namun termasuk dari bagian Provinsi Kalimantan Timur. Hal inilah yang menjadi salah satu keunikan tersendiri. Pulau yang berpenghuni sekitar 3.600 jiwa tersebut berada di sisi selatan Kota Tarakan. Tempat ini merupakan salah satu dari gugusan kepulauan Derawan yang ada di Kabupaten Berau.

Untuk sampai ke sana, pengunjung dapat menggunakan jalur laut ataupun udara. Pada tahun 2017 silam, telah berdiri sebuah bandara di tempat tersebut. Dengan adanya tempat tersebut, tentu membuat siapapun yang hendak berlibur ke sana menjadi lebih mudah. Sebelumnya, pengunjung harus menggunakan jalur air agar sampai ke sana.

Agar sampai ke Pulau Maratua dengan melewati laut, wisatawan dapat menggunakan fastboat dari sebuah pelabuhan khusus wisata yang ada di Tanjung Redep. Waktu tempuhnya selama kurang lebih 3 jam.

Biaya Wisata ke Pulau Maratua Berau

Biaya Wisata Pulau Maratua
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Mendatangi pulau seluas kurang lebih 384 km2 ini tentu memerlukan sejumlah biaya. Jika pengunjung ingin menggunakan pesawat, maka harus memakai maskapai Susi Air. Sejak sekitar awal tahun 2020, maskapai tersebut membuka rute penerbangan perintis menuju pulau tersebut dengan biaya yang tidak terlalu mahal, yakni berkisar 400-500 ribu rupiah.

Selain itu, jika ingin menggunakan speedboat maka dapat membayar biaya yang lebih murah daripada itu. Pengunjung harus berada di Pelabuhan Tanjung Batu untuk menyewa kapal-kapal cepat tersebut menuju pulau tujuan. Perahu cepat berkapasitas sekitar 10 orang tersebut memiliki tarif sekitar 150 hingga lebih dari 200 ribu rupiah.

BACA:  Pulau Harapan Jakarta - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Maratua

Aktivitas Pulau Maratua
Image Credit: Twitter.com @WeGotLoves

1. Menyusuri Keindahan Pantai

Banyak hal bisa dilakukan ketika mengunjungi pulau ini, salah satunya yaitu dengan singgah di beberapa pantai yang ada di sana. Objek wisata tersebut dapat dinikmati dengan bebas oleh wisatawan yang datang ke sana. Keberadaan pulau yang terletak di tengah-tengah laut membuat pantainya terlihat indah sehingga sayang untuk dilewatkan.

2. Menikmati Lautan

Banyak aktivitas bisa dilakukan di wisata bahari Pulau Maratua. Beberapa diantaranya yakni bermain-main air di bibir pantai, berenang di laut sekitarnya, hingga menyelami keindahan dasar laut di sekelilingnya. Pengunjung tidak akan kehabisan cara untuk dapat menikmati kesegaran air laut yang ada di sekitar pulau.

Dasar laut sekitar yang indah dengan terumbu karang menghiasi keelokan panorama alamnya. Berbagai jenis ikan hingga fauna laut lainnya seperti penyu dan ubur-ubur pun dapat ditemukan sehingga membuat lautnya menarik untuk dijelajahi lebih dalam lagi.

3. Berfoto-Foto Ria

Mendatangi tempat tersebut tentu tidak akan lengkap jika tidak mengabadikan setiap momennya dengan beberapa jepretan foto. Banyak titik di dalam objek wisata tersebut cocok untuk menjadi latar belakang foto-foto yang diambil.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Maratua

Penginapan Pulau Maratua
Image Credit: Google Maps (Ayu Yuniar)

1. Pratasaba Resort

Tempat inap yang satu ini terbilang mewah dengan harga sewa tiap malamnya mencapai jutaan rupiah. Fasilitasnya lengkap seperti AC hingga restoran.

2. Borneo Cottage Maratua

Wisma ini berkelas menengah dengan harga kurang dari satu juta rupiah. Lokasinya ada di Teluk Harapan dengan fasilitas yang cukup lengkap.

3. Noah Maratua Resort

Penginapan kelas atas ini berada di area Teluk Harapan dengan fasilitas lengkap seperti AC hingga restoran.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Maratua Berau

Fasilitas Pulau Maratua
Image Credit: Twitter.com @catperku

Berbagai fasilitas disediakan di pulau wisata tersebut. Diantaranya yaitu penyewaan mobil dan kapal hingga peralatan diving. Jalanan di sana relatif mulus dan tersedia berbagai sarana seperti toilet dan tempat ibadah pada objek-objek wisata yang menarik dikunjungi disana.

Indonesia memiliki berbagai pulau yang belum banyak diketahui. Tak jarang diantara beberapa tempat tersebut memiliki pesonanya tersendiri yang layak untuk didatangi. Pulau Maratua di Kabupaten Berau yang ada di sisi luar negeri ini salah satu dari destinasi indah tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending