Pulau Panjang, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Berau

Pulau Panjang, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Berau
Biaya Wisata: Mulai Rp 300.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Derawan, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Map: Cek Lokasi

Salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan berada di Kabupaten Berau yaitu Pulau Panjang. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki luasan area mencapai 565 hektar. Namun sekalipun termasuk dalam pulau yang memiliki ukuran kecil, pulau tersebut menawarkan sensasi berlibur yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat wisata lain.

Berlibur ke pulau eksotis ini Anda akan menemukan banyak sekali keindahan. Seperti contohnya pasirnya yang berwarna putih dan hutan mangrove yang tampak begitu eksotis. Pulau Panjang tersebut berada di Provinsi Kalimantan Timur. Anda yang para pecinta seni fotografi, maka sangat disarankan untuk mengunjungi pulau tersebut.

Pasir putihnya yang begitu lembut akan membuat Anda merasa rileks ketika berjalan-jalan santai di area sepanjang pantai. Selain itu, deburan ombak serta semilir angin yang begitu menyejukkan, akan membuat siapa saja bisa rileks ketika datang ke tempat ini. Berikut akan diulas dengan lebih lengkap mengenai daya tarik, fasilitas, harga tiket dan lain sebagainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Panjang

Daya Tarik Pulau Panjang
Image Credit: Google Maps Mutiara Andani

1. Pantai dengan Pasir Putih

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh Pulau Panjang sehingga membuat banyak wisatawan, baik itu dalam negeri maupun luar negeri yang terpikat oleh kecantikannya. Daya tarik utama yang dimiliki yaitu pantai ini memiliki pasir putih. Pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai menjadikan pulau tersebut tampak begitu apik.

Menyaksikan pasir putih, baik itu dari dekat ataupun kejauhan, akan membuat siapa saja merasa dimanjakan. Anda bisa berjalan di atas pasir putih tersebut tanpa harus menggunakan alas kaki. Karena memang pasirnya yang halus sehingga tidak akan membuat kaki Anda luka karena kerang.

Dengan keindahan pasir putih yang ditawarkan tentu akan membuat para wisatawan merasa betah berada di tempat ini. Karena itu, disarankan bagi Anda untuk mengajak serta anak-anak Anda supaya mereka bisa berlarian di tempat tersebut.

2. Lansekap Hutan Mangrove yang Eksotis

Untuk daya tarik selanjutnya yang juga ditawarkan Pulau Panjang ini yaitu panorama hutan Mangrovenya. Di tempat inilah nantinya Anda bisa melihat dengan jelas kemegahan Hutan Mangrove yang lebat dan hijau di area pinggir pantai.

Selain bisa mempercantik pantai, keberadaan dari Hutan Mangrove ini nyatanya juga berguna sekali dalam menjaga pantai dari abrasi. Selain itu juga di hutan tersebut nantinya para wisatawan bisa melakukan dan belajar bagaimana cara melakukan cocok tanam yang benar dan baik.

3. Ombak yang Tenang dan Kecil

Perlu untuk Anda ketahui, kawasan pulau ini memiliki ombak yang relatif tenang dan kecil. Karena ombak yang tidak terlalu besar tersebut, maka pantai disini relatif aman digunakan untuk para pengunjung yang ingin bermain air. Selain ombaknya yang kecil, nyatanya perairan pantai juga relatif dangkal.

4. Keindahan Bawah Laut

Daya tarik terakhir yang bisa Anda temukan dan nikmati ketika berada di Pulau Panjang yaitu keindahan alam bawah lautnya yang begitu memukau. Di pulau cantik ini memang Anda bisa menyaksikan berbagai macam spesies bawah laut serta keindahan dari terumbu karang yang masih terjaga dengan begitu alami.

Ombak kecil serta arus air yang begitu tenang sangat mendukung kegiatan diving maupun snorkeling. Selain itu, lokasi pulau memang termasuk dalam lokasi yang dilindungi. Itu membuat Anda masih bisa menemukan banyak sekali spesies hewan laut yang beraneka ragam ketika menyelam di perairannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Panjang
Image Credit: Google Maps zabrifire 113

Seperti yang telah di singgung di atas, bahwasanya Pulau Panjang berada di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Tepatnya yaitu terdapat di Kecamatan Kepulauan Derawan. Jika Anda berangkat dari Kota Samarinda ke lokasi pulau, maka jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih sejauh 341 km.

Mengenai rute untuk menuju lokasi pulau, Anda bisa berangkat dari Kota Samarinda kemudian menuju Kota Bontang. Sesampainya di Kota Bontang, Anda bisa mengambil jalur menuju Muara Wahau. Barulah setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Tanjung Redep.

Dari Tanjung Redep inilah para pengunjung nantinya dapat mengambil jalan untuk bisa menuju ke kawasan Tanah Kuning. Setibanya di Tanah Kuning Anda perlu menyewa perahu ataupun kapal kecil untuk menyeberang ke wilayah Pulau Panjang.

Dari Tanjung Redeb para wisatawan bisa mengambil jalan menuju Tanah Kuning. Setelah sampai di Tanah Kuning, para wisatawan harus menyewa perahu atau kapal untuk menyeberang ke kawasan pulau eksotis ini.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Panjang
Image Credit: Google Maps zabrifire 113

Untuk mengunjungi Pulau Panjang nan indah ini, Anda tidak akan dikenakan harga tiket. Dalam artian Anda bebas mengunjunginya tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Biaya yang harus Anda keluarkan tersebut akan dianggarkan untuk menyewa perahu ataupun kapal, supaya bisa sampai ke lokasi pulau.

Untuk menyewa perahu atau kapal tersebut, Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 300.000 hingga Rp 350.000 per harinya. Dengan Anda menyewa kapal nelayan, nantinya Anda akan diantar ke beberapa pulau yang terdapat di perairan kabupaten tersebut.

Selama Anda menikmati keindahan pulau ataupun melakukan penyelaman di perairan laut, Anda akan ditunggu oleh pemilik perahu. Perlu untuk Anda ketahui, di lokasi ini masih belum tersedia warung makan.

Maka dari itu, bagi Anda yang memang berencana untuk datang ke Pulau Panjang, sebaiknya membawa serta bekal supaya Anda tidak kelaparan ketika berada di tempat tersebut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Panjang

Aktivitas Seru Pulau Panjang
Image Credit: Google Maps Yogha Oga

1. Berenang dan Bermain Air

Ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan setibanya di pulau eksotis Berau. Aktivitas-aktivitas tersebut tentu akan membuat liburan Anda terasa jadi lebih menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan Anda berenang ataupun bermain air.

Ombak tenang dan kecil di daerah pantai, serta kedalamannya yang cukup dangkal membuat kegiatan yang satu ini terasa aman untuk dilakukan. Namun tidak hanya cukup sampai disitu saja, air yang jernih juga akan membuat aktivitas bermain air di pulau tersebut jadi terasa begitu menyenangkan. Pastikan Anda mengawasi anak-anak selama bermain air.

2. Menikmati Alam Sekitar

Keindahan alam yang ditawarkan Pulau Panjang ini memang patut untuk Anda nikmati. Anda bisa duduk santai sambil lalu melihat alam yang tampak begitu jelita dan menyejukkan mata. Terlebih ketika Anda datang ke tempat ini saat sore hari, maka penampakan matahari tenggelam akan menambah syahdu suasana.

3. Snorkeling dan Diving

Aktivitas berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu snorkeling dan diving. Seperti yang telah dijabarkan di atas, bahwa panorama bawah lautnya memang begitu apik. Karena itulah, Anda jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri melalui aktivitas snorkeling dan diving tersebut.

Terumbu karang yang terdapat di pulau benar-benar dijaga dengan begitu baik. Sehingga Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang masih benar-benar alami, seolah belum terjamah oleh tangan-tangan manusia.

4. Memancing

Bagi Anda yang hobi sekali melakukan aktivitas memancing, maka Anda bisa menjalankan hobi tersebut selama di Pulau Panjang. Spesies ikan yang ada di pulau ini memang sangat beraneka ragam. Tak berlebihan jika tempat ini dikatakan sebagai surga bagi para pemancing.

Sekalipun di pantai ini tidak banyak ikan ganas yang dapat Anda jumpai, namun Anda pasti akan memperoleh ikan-ikan yang begitu eksotis selama memancing di perairan tersebut. Memancing sambil lalu menikmati keindahan panorama sekitar tentu merupakan ide menarik yang patut untuk Anda lakukan.

5. Berfoto

Berlibur tanpa melakukan aktivitas satu ini tentunya dirasa tidak sah. Apalagi ketika Anda berkunjung ke Pulau Panjang Berau tersebut. Spot foto yang begitu indah dan instagramable bisa Anda dapatkan selama berada di tempat tersebut.

Hutan Mangrove serta pasir putihnya yang bagus tentu akan sangat menarik jika diabadikan dalam jepretan foto. Karena itulah, ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi kawasan pulau ini, maka pastikan Anda tidak lupa membawa perangkat kamera. Atau setidaknya pastikan juga memori HP Anda benar-benar mencukupi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Panjang
Image Credit: Instagram Aguzt

Pulau Panjang Berau memang masih belum diberdayakan secara optimal untuk dijadikan tempat wisata. Karena itu, fasilitas yang bisa ditemukan di tempat ini memang tergolong kurang begitu lengkap. Namun meski begitu, Anda masih bisa menemukan adanya toilet umum.

Sehingga tidak perlu khawatir ketika ingin buang besar ataupun kecil saat berada di sana. Toilet umum yang tersedia di sekitar pulau ini memang tidak hanya dimanfaatkan oleh para wisatawan saja, melainkan juga digunakan oleh petugas yang mengelola dan mengurus Hutan Mangrove di tempat tersebut.

Untuk Anda yang ingin menginap dan bermalam di tempat ini, maka juga sudah tersedia beberapa penginapan dengan fasilitas yang lengkap. Harga penginapan di tempat ini juga relatif terjangkau.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pulau Panjang di Berau yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur, maka sebaiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Kabupaten Berau. Di tempat tersebut Anda akan menemukan banyak keseruan yang tidak bisa didapatkan di tempat lainnya.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending