10 Pulau Terindah yang Ada di Sumatera Utara

Pulau Terindah Sumatera Utara

Inilah Rekomendasi Destinasi Pulau Terindah di Sumatera Utara. Objek Wisata Bahari yang Eksotis dan Populer yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan yang Berkesan.

Indonesia merupakan negara yang dijuluki dengan sebutan Seribu Pulau. Wajar saja, karena hampir seluruh provinsi di Indonesia, terbagi lagi beberapa pulau beserta pulau-pulau kecil disekitarnya. Tak terkecuali di Provinsi Sumatera Utara yang nyatanya memiliki banyak surga tersembunyi. Pulau-pulau disekitarnya, menyuguhkan lanskap panorama yang sangat mengagumkan. Berikut deretan destinasi pulau cantik di Sumatera Utara yang memiliki pesona bak surgawi menarik untuk Anda jelajahi.

1. Pulau Nias

Pulau Nias
Image Credit: Jdlines.com

Pada beberapa tahun lalu, pulau ini sempat luluh lantah dengan tanah karena terkena imbas bencana tsunami yang melanda wilayah sekitarnya. Namun, pulau cantik Nias dengan cepat pulih dan kembali menyuguhkan keindahan alam, serta wisata budayanya yang selalu mencengangkan. Memiliki pantai yang sering digunakan untuk surfing, Nias sering disebut sebagai salah satu spot surfing terbaik di dunia.

Selain keindahan alamnya, Pulau Nias juga masih kental akan budaya dan juga adatnya yang terus dipertahankan hingga kini. Salah satu yang terkenal adalah tradisi Hombo batu, atau lompat batu di Desa Adat Bawomataluo yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau ini. Tradisi ini dilakukan sebagai penanda bahwa laki-laki yang mampu melompati susunan batu, berarti sudah memasuki usia siap menikah.

Lokasi: Bawomataluo, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan.

2. Pulau Samosir

Pulau Samosir
Image Credit: Indonesia.go.id

Wisata Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di Indonesia. Salah satu hal yang menarik dari Danau Toba, karena di tengahnya terdapat sebuah pulau yang cantik dan wajib untuk dikunjungi, yakni Pulau Samosir. Banyak wisatawan yang akan menyempatkan untuk berkunjung ke pulau ini, dengan menggunakan kapal ferry yang sudah banyak disewakan di sekitar danau.

Tidak hanya mengandalkan keindahan saja, di pulau ini juga terdapat warisan budaya yang juga perlu dilestarikan, diantaranya adalah Kampung Huta Siallagan. Kampung adat ini menjadi titik awal sejarah peradaban Samosir ketika pertama kali dilakukan penegakan hukum. Suasana kampung ini begitu menyejukkan, ditambah dengan suguhan pemandangan alam yang dapat menentramkan jiwa wisatawan.

Lokasi: Sijambur, Kec. Ronggur Nihuta, Kab. Samosir.

3. Pulau Mursala

Pulau Mursala
Image Credit: Traverse.id

Pulau Mursala menjadi salah satu pulau populer yang bisa dikunjungi ketika Anda sedang berlibur ke Sumatera Utara. Di sekeliling pulau ini, terdapat hamparan pantai dengan pasir putih yang membentang luas. Tak heran pulau yang dihuni oleh 60 kepala keluarga ini sangat dikenal dengan keindahan lautnya yang dapat memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Pulau ini, juga banyak dikelilingi oleh tebing granit berwarna coklat kemerahan yang terlihat kontras dengan pepohonan hijau yang banyak ditanam di sekitar pulau. Di tengah pulau, Anda akan menemukan air terjun yang tak kalah cantik dan langsung bermuara ke laut dan juga keindahan pulau lainnya. Keindahan pulau ini menarik sutradara film King Kong untuk melakukan syuting disini.

Lokasi: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

4. Pulau Berhala

Pulau Berhala
Image Credit: Ksmtour.com

Pulau Berhala masuk kedalam daftar destinasi wisata di Sumatera Utara yang tidak boleh kelewatan untuk dikunjungi. Kondisi pulaunya masih perawan dan sangat asri, sehingga air laut di pulau ini begitu terlihat jernih kebiruan. Pemandangan sekitarnya berupa perbukitan, dengan hiasan pantai berbatu yang banyak ditemui menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung kesini.

Pulau yang memiliki air laut begitu jernih ini, sering dijadikan sebagai tempat snorkeling di pagi hari. Kondisi pulau yang sungguh asri, juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang tak kalah indah. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam rupa biota laut yang hidup dengan subur di perairan Pulau Berhala. Disini, Anda juga dapat melihat penyu-penyu menggemaskan yang ada di penangkaran sekitar.

Lokasi: Kec. Tanjung Beringin, Kab. Serdang Bedagai.

5. Pulau Tello

Pulau Tello
Image Credit: Mudanews.com

Selain Nias, Sumatera Utara juga menyimpan surga surfing bagi para peselancar dunia yakni di Pulau Tello. Pulau ini, mungkin masih terdengar cukup asing bagi wisatawan lokal dari Indonesia. Namun, pulau ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri khususnya para pecinta surfing, yang ingin menantang ombak gahar yang terdapat pada pantai di Pulau Tello.

Ombak indah yang datang di pulau ini, merupakan kiriman dari Mentawai dan juga Nias yang berada tepat di sebelahnya. Pulau yang masih menjadi gugusan Pulau Nias ini, juga memiliki pantai yang begitu indah dengan airnya yang sangat bening. Sesekali, wisatawan akan dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari dengan cantik di pesisir pantai Pulau Tello.

Lokasi: Kec. Pulau Pulau Batu, Kab. Nias Selatan.

6. Pulau Sibaranun

Pulau Sibaranun
Image Credit: Lmhbnet.wordpress.com

Ketika menginjakkan kaki ke Pulau Sibaranun, Anda tidak akan berhenti berdecak kagum dengan keindahan lukisan alamnya. Menjadi salah satu surga tersembunyi di Sumatera Utara, pulau kecil ini sering dikunjungi oleh wisatawan asing yang berasal dari Australia. Tujuan wisatawan asing ini adalah untuk menikmati serunya berselancar di Pulau Sibaranun dengan pemandangan yang sungguh indah.

Biasanya, bule-bule ini akan banyak berkunjung pada medio Bulan Maret hingga Bulan Oktober. Di masa-masa itulah ombak terbaik Sibaranun muncul, dan sangat cocok digunakan untuk melakukan surfing. Para wisatawan yang berkunjung kesini, pasti akan sangat betah dan ingin berlama-lama untuk menghabiskan waktu liburan di Pulau Sibaranun yang sangat tenang dan damai.

Lokasi: Sibaranun, Kec. Pulau Pulau Batu, Kab. Nias Selatan.

7. Pulau Pandang

Pulau Pandang
Image Credit: Wisatahits.id

Pulau Pandang menjadi salah satu mutiara yang sangat indah di antara Selat Malaka. Meski kecil, nyatanya pulau ini memiliki potensi keindahan wisata yang sangat besar. Ketika pertama kali berkunjung kesini, Anda akan disambut dengan panorama bawah laut yang luar biasa cantik. Ikan kecil berwarna-warni, serta terumbu karang dan biota laut lainnya akan menggoda siapapun yang berkunjung.

Pulau ini juga terbilang cukup unik, di bagian sisi timurnya wisatawan akan menemukan pantai dengan hamparan pasir putih halus dengan berhiaskan batuan granit kemerahan. Sedangkan jika menghadap sisi utara, wisatawan akan disambut dengan ombak yang cukup besar yang menyapu pasir berbatu besar dengan bentuk-bentuk yang cukup unik dan terlihat eksotis.

Di sebelah barat pulau, wisatawan akan mendapati pantai pasir putih yang membentuk sebuah cekungan layaknya teluk dengan hiasan bebatuan yang cantik. Ombaknya pun, tergolong lebih tenang dibanding pantai yang ada di kedua sisi lainnya. Daya tarik lainnya dari pulau ini adalah terdapat sebuah batu yang dikenal dengan sebutan “batu belah” yang dianggap sebagai benda dengan aroma mistis.

Lokasi: Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batubara.

8. Pulau Hinako

Pulau Hinako
Image Credit: Sumatrasurftrip.com

Surga tersembunyi lainnya yang berada di Kawasan Sumatera Utara adalah Pulau Hinako yang memiliki keindahan bawah laut bak kerajaan laut pada negeri dongeng. Tempat ini memiliki daya magis untuk snorkeling yang dapat menarik banyak wisatawan karena keeksotisannya. Bahkan, tak sedikit orang yang membanding-bandingkan keindahan alam bawah laut disini, dengan Raja Ampat.

Sama seperti pulau lainnya, pulau ini menonjolkan pantai alami dengan ombak gahar yang seakan menantang para wisatawan yang ingin melakukan surfing. Tak ayal. Pulau ini juga kerap menjadi destinasi surfing kelas dunia. Anda tidak akan dibuat bosan dengan pilihan ombak di pantai itu-itu saja. Karena Pulau Hinako memiliki banyak pantai yang tak kalah indah yang bisa dijajal untuk destinasi surfing.

Lokasi: Lahawa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

9. Pulau Salah Nama

Pulau Salah Nama
Image Credit: Ksmtour.com

Di pulau ini, terdapat banyak nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi pada malam hari. Sehingga ketika berjalan menyusuri pulau, Anda akan disuguhkan pemandangan cantik laut lepas yang dihiasi dengan warna-warni lampu nelayan. Pemandangan seperti ini akan membuat suasana malam Anda di Sumatera Utara menjadi lebih syahdu dan kaki seakan enggan untuk melangkah pergi.

Pemandangan di sekitar Pulau Salah Nama seakan tidak pernah berhenti membuat siapapun yang mengunjunginya merasa terkagum-kagum. Tidak hanya keindahan lautnya, pulau ini juga memiliki puncak bukit yang sering dinaiki oleh wisatawan yang ingin melihat keelokan pemandangan keseluruhan Pulau Salah Nama.

Pulau ini bahkan sudah ditata dengan sangat rapi. Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan banyak jembatan batu yang dihiasi pot keramik antik berisi bunga-bunga yang menawan. Pengelola setempat juga sudah menyediakan pondok-pondok di sekitar pantai untuk pengunjung yang kelelahan setelah seharian bermain air, atau menunggu datangnya waktu matahari tenggelam tiba.

Lokasi: Desa Bogak, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara.

10. Pulau Wunga

Pulau Wunga
Image Credit: Gifarigraphy.blogspot.com

Ketika hari cerah, Anda dapat menikmati pemandangan pulau Wunga yang memiliki panorama yang sangat luar biasa. Pantainya dibingkai dengan hamparan pasir putih yang lembut yang sesekali basah terkena sapuan ombak. Air pantainya sangat jernih berwarna biru kehijauan, dan sesekali terlihat mengkilap karena mendapatkan pantulan dari sinar matahari yang menghangatkan.

Pulau cantik yang masuk gugusan pulau Nias ini, memang sangat sepi karena hanya dihuni oleh delapan kepala keluarga saja. Meski begitu, keindahan pemandangan yang ada di pulau ini, layak untuk terus dikembangkan dan dipertahankan agar dikenal lebih luas lagi oleh wisatawan. Tak heran, pulau cantik satu ini juga termasuk kedalam daftar pulau sejuta pesona yang ada di Nias, Sumatera Utara.

Lokasi: Lauru I Afulu, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara.

Terletak di negara Kepulauan, membuat Indonesia memiliki banyak pulau-pulau kecil yang belum terjamah dan masih sepi penduduk, seperti beberapa pulau terindah di Sumatera Utara. Meski begitu, pemandangan yang disuguhkan amatlah mengagumkan. Sehingga, tak jarang pulau-pulau kecil ini disebut sebagai pecahan kecil dari surga yang terpendam di kawasan Indonesia.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending